Kandang entok untuk bertelur

Untuk memulai beternak entok yang menguntungkan, terdapat beberapa perkara yang perlu kamu ketahui seperti kandang entok untuk bertelur. Nah, disini akan kami berikan beberapa tips dan cara membuat kandang entok petelur, yang bagus dan sederhana.

Menentukan Lokasi Kandang Entok

Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah, menentukan lokasi yang baik untuk kandang entok. Salah satu perkara yang harus diingat dalam menetapkan lokasi, adalah memilih tempat yang jauh dari kerumunan warga setempat.
Karena pada umumnya, tidak semua orang dapat bertahan dengan aroma entok, atau memiliki alergi tersendiri. Meskipun sekiranya, lokasi memang cukup padat dan terbuka, pastikan kalian selalu membersihkan kandang entok, untuk mencegah tersebarnya aroma tidak sedap di lingkungan warga.

2. Luas Kandang Entok

Salah satu faktor penentu dalam kesuksesan beternak adalah, dengan memperhatikan ukuran kandang yang ideal untuk entok. Luas kandang yang diperlukan entok, bisa disesuaikan dengan jumlah entok yang akan dibudidayakan.
Namun, kami menyarankan kepada kalian, buatlah kandang entok dengan ukuran yang cukup luas. Supaya, ketika entok sudah mulai bertelur. Kalian tidak perlu repot lagi membuat kandang baru, karena kapasitas kandang yang kalian miliki masih luas.

3. Membuat Pagar Kandang Entok

Mengingat entok merupakan hewan ternak yang sering diumbar, dan berkeliaran pada siang hari, dan seolah kandang hanya sarana tempat beristirahatnya pada malam hari. Jadi, alangkah baiknya, kalian membuatkan pagar di sekeliling kandang, agar entok hanya dapat berkeliaran disekitaran kadang.
Biasanya, para peternak membuat pagar kandang, dengan menggunakan bambu. Namun, seiring berkembangnya zaman, sudah semakin banyak bahan untuk pagar kandang modern, yang dibuatkan secara mudah untuk dipasang. Seperti halnya, jaring kandang yang sudah banyak dijual di pasaran

4. Bahan Untuk Dinding Kandang

Untuk menjaga entok dari cuaca yang tidak baik, kalian harus membuatkan dinding kandang, dengan bahan-bahan kokoh, agar tidak roboh pada saat tertiup angin. Bahan yang biasa digunakan itu seperti, bambu, papan, dan juga triplek.
Pembuatan dinding juga, dapat membantu kalian dalam merawat entok. Yaitu dengan membuatkan, sekat-sekat pada kandang, yang digunakan untuk memisahkan entok berdasarkan umur, maupun memisahkan entok yang sedang sakit.

5. Bahan Untuk Atap Kandang

Sudah pasti setiap bangunan rumah, harus memiliki atap. Sama halnya dengan kandang entok. Pemilihan bahan untuk atap kandang, memang suatu hal yang sangat perlu diperhatikan. Karena pada umumnya, atap merupakan bagian kandang yang berfungsi, sebagai pelindung entok dari hujan maupun terik sinar matahari.
Kami menyarankan kalian, agar tidak menggunakan bahan seng. Karena, pada saat musim kemarau, suhu di dalam kandang akan menjadi panas. Jadi, gunakanlah bahan seperti terpal atau asbes, agar dapat menciptakan kenyamanan dalam beternak.

6. Tempat Bertelur Entok

Sebenarnya, tempat yang bagus untuk entok bertelur ini, mencangkup setiap bagian di area kandang. Karena dengan keseluruhan lingkungan yang baik, entok pun akan lebih sempurna memproduksi telurnya.
Namun untuk alas kandang entok yang baik, kami sarankan gunakanlah pasir. Selain mudah dibersihkan, pasir juga merupakan media yang mudah kering, sehingga sulit untuk ditumbuhi jamur, maupun benih penyakit yang berbahaya bagi kesehatan entok.

7. Membuat Tempat Pakan dan Minum Entok

Tahap selanjutnya adalah, membuatkan tempat pakan dan minum entok. Mungkin kalian sering melihat beberapa peternak, yang memberikan pakan entok dengan menggunakan baskom. Namun menurut kami, penggunaan baskom untuk tempat pakan entok, sedikit tidak baik.
Karena, cara makan entok dikenal memang sangat rusuh. Jadi, dengan jumlah entok yang banyak, akan membuat pakan bertumpah-tumpahan, sehingga dapat mengotori sekeliling kandang.
Jadi akan lebih baik, jika kalian menggunakan bahan yang lebih besar dan juga panjang, lalu dipotong menggunakan mesin pemotong. Tujuannya supaya, entok bisa makan teratur sembari berbaris.
Dan untuk tempat minum, biasanya para peternak modern sering menggunakan DOQ, atau jika ingin lebih sederhana, kalian bisa membuatkannya dengan botol bekas dan tutup toples.

8. Buat Saluran Air Dalam Kandang

Langkah yang terakhir adalah, pembuatan saluran air pada kandang entok. Tahap ini dilakukan bertujuan agar, kandang entok tidak dipenuhi dengan bendungan air, dan mencegah aroma kotoran entok, agar tidak tercium ke pumukiman warga.
Setelah terbentuknya saluran air, pastikan kalian selalu menjaga kebersihan pipa paralon, agar tidak ditumbuhi kotaran seperti lumut, lendir, dan juga jamur.

Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Cara membuat kandang entok dari bambu. Kandang adalah komponen penting ketika beternak entok. Kandang merupakan sebuah rumah bagi bebek. Meskipun hanya kandang entok sederhana, namun tetap harus diperhitungkan dengan tepat agar entok nyaman dan tidak mudah stres dalam kandang.

Sehingga entok bisa menghasilkan daging dan telur yang berkualitas unggul. Memperhatikan kandang merupakan salah satu cara beternak entok yang baik. baca juga Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur.

Lokasi Yang Cocok Untuk Kandang Entok

  1. Jauh dari keramaian dan suara bising
  2. mudah dilewati transportasi, hal ini untuk memudahkan pengangkutan hasil ternak
  3. Dekat dengan sumber air bersih
  4. Aman dari hewan buas
  5. Atap kandang harus bisa melindungi dari panas dan hujan. asbes merupakan atap yang direkomendasikan karena bisa awet sampai beberapa tahun.
  6. Kandang sebaiknya menghadap ke timur atau arah matahari terbit. Hal tersebut bertujuan supaya sinar matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang dan mengurangi bau karena kotoran entok. Selain itu, kandang tetap terjaga dalam kondisi kering sehingga entok tidak mudah terserang penyakit.
  7. Kandang yang terlalu sempit tidak bagus untuk entok, karena pertumbuhan mereka akan terhambat. Dan kandang yang terlalu lebar juga tidak baik, karena energinya akan terbuang saat berlarian atau bermain sehingga proses petumbuhannya bisa terhambat. Tidak harus menggunakan kandang entok modern, kamu bisa membuat kandang yang ekonomis artinya kandangnya tidak harus mahal, yang paling penting adalah memenuhi syarat kandang entok yang baik
  8. Dinding kandang terbuat dari tembok atau bambu dengan tinggi dinding 60 cm dari tanah, sisanya biarkan terbuka saja. Bisa kamu tutup dengan kawat atau bilah bambu. Cara membuat kandang entok dari bambu sangat mudah.

Beberapa Langkah Pembuatan Kandang Entok Dari Bambu

Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Ada beberapa tipe kandang yang digunakan untuk beternak entok. banyak peternak membuat kandang entok dari bambu. Tidak hanya karena cara membuat kandang entok dari bambu yang mudah,

sebab modal untuk membuat kandang dari bambu cukup terjangkau. Yang perlu anda siapkan dalam membuat kandang entok adalah bahan utama yaitu bambu. Sebab bambu disini memiliki peran sebagai dinding dan tiang.

Dalam pemilihan bambu sebaiknya pilihlah yang memiliki struktural kuat sehingga tidak cepat keropos. Meskipun dinding dan tiang kandang terbuat dari bambu, tetapi untuk atap kandang tetap memakai genteng karena supaya menahan panas matahari dan hujan serta tahan lama.

Kandang entok dari bambu juga memiliki kekurangan yaitu tidak terlalu tahan lama, mungkin masa berlakunya sekitar 5 thn. Untuk ukuran kandang entok bisa menyesuaikan luas lahan.

Aspek Dalam Pembuatan Kandang Entok Dari Bambu

1. Ukuran Kandang

Dalam pembuatan kandang biasanya ukuran kandang menyesuaikan dengan berapa jumlah bebek yang akan diternakan. Selain disesuaikan dengan banyaknya hewan ternak juga harus disesuaikan dengan anggaran biaya pada peternak.

2. Letak Kandang

Untuk letak pembuatan pada kandang sebaiknya buat kandang jauh dari pemukiman warga, jarak anatar kandang dengan rumah sebaiknay 10 meter. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan orang atau hewan ternak terkena infeksi virus menular.

3. Arah Kandang

Untuk arah pembuatan kandang sebaiknya menghadap ke timur atau barat. Kandang dengan arah timur atau barat bertujuan agar hewan ternak dapat terkena sinar matahari secara langsung sehingga hewan ternak terhindar dari serangan penyakit.

4. Konstruksi Kandang

Konstruksi pada kadang umumnya paling banyak adalah penggunaan bambu, paku dan kawat. Namun dapat memanfaatkan bahan – bahan bekas, kamu bisa menggunakan mesin dari Cv. Rumah Mesin

a. Atap Kandang

Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Atap kandang merupakan tempat untuk berlindung bebek dari hujan, panas dan tiupan angin. Pada pembuatan atap ini dapat terbuat dari bahan – bahan alami seperti ijuk, jerami, rumbai serta bahan buatan manusia berupa terpal, seng, asbes

b. Dinding Kandang

Dinding merupakan komponen yang tidak akan terpisah pada sebuah bangunan. Bahan yang dapat di gunakan untuk membuat dinding kandang  yaitu anyaman bambu, bilah – bilah bambu, kawat kasa serta triplek. Bahan tersebut dapat digunakan sebagai sekat pemisah antara kandang satu dengan kandang yang lainnya juga.

c. Lantai Kandang

Lantai pada kandang dapat berupa lantai yang langsung terhubung dengan tanah maupun dialasi dengan semen. Dalam pembuatan kandang mengugunakan semen sangat dianjurkan karena mempermudah dalam pembersihan tetapi jika tidak

memadahi bisa juga dicampur dengan serbuk gergaji, sekam dan kapur. Bahan ini digunakan agar untuk menjaga kadang agar tetap bersih dan tidak becek akibat terkena air.

Untuk menjaga agar kandang tidak menimbulkan bau, sebaiknya lantai kandang dibersihakan secara rutin. Penggunaan sekam padi serta bahan lainnya sebagai alas lantai sebaiknya diganti agar terhidar dari infeksi virus.

Cara Membuat Kandang Puyuh Petelur Bagi Pemula

Cara membuat kandang puyuh petelur. Kandang adalah hal yang sangat penting dalam usaha ternak burung puyuh sebab digunakan sebagai tempat puyuh diternakkan, beraktivitas dan bertelur setiap hari.

Cara Membuat Kandang puyuh Petelur

Kandang yang nyaman berguna untuk menjaga kestabilan produksi puyuh petelur. Kandang yang bebas dari berbagai gangguan membuat ternak puyuh lebih sehat dan tidak mudah stres sehingga memiliki produksi telur bagus.

Peternak puyuh harus mengetahui cara membuat kandang puyuh petelur berbeda dengan kandang entok yang baik beserta perlengkapan yang dibutuhkan. Faktor kandang sangat berpengaruh terhadap produksi ternak puyuh.

Sebab, kandang merupakan tempat yang bersentuhan langsung dengan puyuh oleh sebab itu anda perlu mengetahui standar pembuatan kandang yang sesuai. Apalagi jika salah posisi, bentuk desain dan pengelolaan maka dapat mendatangkan masalah lingkungan setempat.

Masih banyak para peternak yang tidak mengetahui bentuk kandang yang bagus untuk puyuh petelur karena asumsi membuat kandang puyuh petelur rumit dan susah. Sebenarnya yang terjadi bukanlah seperti itu karena membuat kandang puyuh petelur tergolong mudah.

Melalui artikel cara membuat kandang puyuh petelur disertai bahan dan contohnya diharapkan peternak yang tau bentuk dan contoh kandang puyuh petelur sesuai dengan kenyamanan puyuh sehingga produksi puyuh tinggi dan mendatangkan keuntungan.

Syarat Lokasi Kandang Puyuh

Syarat lokasi menjadi hal penting untuk dipenuhi karena sangat menunjang dalam keberhasilan beternak puyuh. Lokasi yang tidak memenuhi syarat dalam menjalankan usaha ternak puyuh terbukti menghambat perkembangan ternak puyuh, baik yang ditimbulkan dari internal maupun eksternal

Persyaratan lokasi ternak puyuh yang baik adalah :

  • Lokasi ternak puyuh cukup jauh dari pemukiman warga dan usahakan lokasi kandang cukup tenang. Karena tingkat kebisingan lingkungan yang cukup tinggi mengakibatkan puyuh mudah stress dan berpengaruh langsung terhadap produksi telur yang kurang baik
  • Lokasi strategis mudah di jangkau transportasi, terutama jalur pemasaran
  • Lokasi pada kandang bebas dari wabah penyakit
  • Berada pada daerah yang aman dari banjir
  • Lokasi kandang dengan suhu dan kelembapan yang sesuai serta ditunjang dengan sirkulasi udara yang baik.

Perkandangan

Kandang sebagai tempat nantinya puyuh tinggal sepanjang hidup sehingga peternak harus menyiapkan kandang yang nyaman dan sesuai dengan kondisi yang diperlukan puyuh. Kondisi kandang yang nyaman untuk puyuh ialah memiliki suhu kandang yang ideal 20-25 C, kelembaban kandang sekitar 50-80%.

Penerangan kandang juga penting untuk puyuh petelur karena untuk stimulasi organ reproduksi, maka dari itu penerangan kandang pada siang hari cukup 25-40 watt dan malam hari 40-60 watt.

Cara Pembuatan Kandang Puyuh

Bahan penyusun kandang sebaiknya menggunakan material yang kuat, murah dan mudah untuk didapatkan. Pemilihan bahan bangunan memperhatikan aspek kekuatan bahan sehingga jangan saja berpikir harga murah, namun tidak awet.

Alat dan Bahan yang digunakan adalah kayu reng, balok reng, paku, kawat galvanis (batere), paralon 3″, palu, triplek, gergaji dan alat lainnya. Langkah pembuatan diawali dengan menentukan ukuran sekaligus memotong sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Contoh ukuran petakan yang digunakan adalah pxlxt = 200 cm x 60 cm x 60 cm yang disusun tingkat maksimal 5. Sesuaikan ukuran kawat galvanis (atau kawat loket) untuk menjadi dinding dan alas kandang.

Lantai sangkar sebaiknya memiliki kemiringan + 15˚ supaya telur dapat menggelinding keluar. Jangan lupa buatlah pintu untuk memudahkan perawatan. Untuk tempat pakan gunakan pipa paralon 3″ yang dibelah menjadi 2 bagian dan tempelkan di bagian depan.

Tempat pakan juga bisa menggunakan segitiga yang dibuat dari bahan triplek. Untuk alas bawahan sebaiknya gunakan triplek sesuai dengan ukuran sehingga kotoran pada sangkar di atasnya tidak jatuh pada sangkar bab bawah.

Peralatan Kandang

Perlengkapan kandang berupa tempat makan, tempat minum, tempat telur. Masing-masing perlengkapan kandang tersebut memiliki kapasitas dan jarak instalasi yang harus diperhatikan agar semua ternak puyuh dapat memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pakan dan minum.

Sanitasi Peralatan Kandang

Perawatan alat ternak harus diiringi dengan sanitasi alat ternak yang bagus. Sanitasi alat ternak dapat dilakukan pada kandang, tempat pakan, tempat minum. Tempat pakan dan minum sebaiknya dicuci setiap hari dengan menggunakan air.

Jangan lupa gunakan atau semprotkan desinfektan yang telah dilarutkan. Kandang dicuci setelah masa afkir puyuh dengan menggunakan air, deterjan dan desinfektan.

Demikian artikel cara membuat kandang puyuh petelur disertai perlengkapannya. Lingkungan kandang yang bersih, nyaman, dan bebas penyakit akan membuat ternak puyuh sehat dan bebas dari penyakit sehingga dapat mendukung produksi telur yang tinggi.

Kandang Entok Yang Baik Dan Benar

kandang entok yang baik adalah hal yang penting dalam Cara ternak entok. Entok menjadi salah satu usaha yang potensial,  terutama untuk masyarakat pedesaan. Entok memiliki daya tahan terdapat serangan penyakit dan sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu entok dapat dipelihara bersamaan dalam kandang hewan unggas lainnya, seperti ayam, itik dan angsa.

Penjelasan Tentang Entok

Entok, ayam dan itik dapat dipelihara secara bersamaan karena sifat unggas pada umumnya tidaklah jauh berbeda. baik itu dari segi pembuatan pakan ataupun cara pemeliharaannya. Disamping itu, kita Akan memperoleh keuntungan ganda,

misalnya, entok dapat mengerami telur itik atau ayam di samping telur entok sendiri. Demikian juga dalam pemberian pakan, dapat dilakukan secara bersamaan di dalam satu tempat. Entok termasuk hewan yang aktif bergerak,

oleh sebab itu dalam membuat kandang harus disesuaikan dengan kondisi yang disenangi oleh entok yakni kandang umbaran. Selain membuat kandang yang disukai entok, kita juga harus memperhatikan keamanan entok itu sendiri.

terutama ancaman dari hewan pemangsa seperti anjing, ular, kucing dan lain sebagainya. Jangan lupa sediakan kolam genangan agar entok dapat berendam. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kandang ternak entok

1. Membuat pagar untuk kandang Entok

Pagar yang melindungi kandang ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga keamanan entok dari serangan pemangsa, dan supaya entok tidak keluar dari areal kandang. Dalam membuat pagar kita dapat menggunakan kayu, bambu, beton semen, seng, atau menggunkan asbes.

Agar entok tidak keluar kandang Usahakan tinggi kandang tidak kurang dari 2 meter. Apabila pagar kandang terbuat dari bambu berilah plastik, untuk menghindari cuaca yang sangat dingin ketika musim hujan, hal ini akan mengurangi resiko entok terserang penyakit.

2. Lantai Kandang Entok

Lantai kandang dapat anda cor plaster semen atau hanya dengan tanah saja. itu semua tergantung dengan keputusan Anda. Apabila Anda cor semen maka buatlah lantai yang agak miring hal ini bertujuan agar air kotoran entok tidak menggenang sehingga tidak banyak lalat yang berkumpul. Kotoran yang tergenang ini juga dapat menimbulkan berbagai penyakit untuk entok.

3. Buat Kandang Khusus Untuk Bibit Entok

Kandang untuk entok anakan biasanya dibuat panggung hal ini bertujuan untuk menghindari dari hewan pemangsa. Biasanya kandang ini terbuat dari papan kayu, bambu, atau tripleks. Usahakan dinding dan lantai kandang dibuat agak rapat supaya tikus tidak dapat masuk.

4. Lokasi Kandang

Tidak dipungkirilagi jika kandang entok selalu dalam kondisi becek dan kotor. Kandang yang kotor akan menimbulkan bau yang kurang sedap, apabila lokasi kandang berada di daerah yang tidak padat penduduk maka tidak menjadi masalah. Tetapi jika lokasi kandang berada di daerah yang padat penduduk ini dapat menimbulkan masalah seperti Anda akan dikomplain warga sekitar kandang karena menimbulkan aroma bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu sebaiknya anda membatasi jumlah dan ukuran kandang entok.

5. Buat Kolam di pekarangan kandang

Kandang Entok Yang Baik

Entok sangat senang berenang,  dengan diberi kolam entok dapat minum dan mandi di kolam tersebut. fungsi lain dari pembuatan kolam adalah ketika cuaca panas entok dapat mengatur suhu tubuhnya dengan cara berendam di kolam.

6. Sanitasi Lingkungan dan Pengendalian Penyakit

Entok merupakan jenis unggas yang bisa dibilang cukup kebal terhadap serangan penyakit, terlebih jika telah diberi vaksin. Meski demikian, kamu tetap perlu menjaga kebersihan lingkungan kandang entok sebagai bentuk pengendalian penyakit.

Kandang yang kotor karena jarang dibersihkan bisa meningkatkan risiko penyebaran penyakit pada entok.

sekian dulu tentang kandang entok yang baik, terima kasih

Cara Ternak Entok Agar Cepat Bertelur

Cara ternak entok cepat bertelur. Entok adalah jenis unggas yang sudah cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Meskipun tidak sepopuler ternak ayam, entok juga merupakan unggas yang diternak secara konvensional sebagai bisnis yang cukup menguntungkan untuk pemula.

Entok

Banyak orang tidak suka daging entok karena daging mereka keras dan memiliki bau tengik. Entok juga memiliki postur yang lebih tinggi dan lebih besar dari bebek, jadi tentu saja daging yang dihasilkan juga lebih besar. Entok daging memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan jenis unggas lainnya.

Inilah yang kemudian membatasi konsumen untuk makan daging ini. Tentunya mereka yang memiliki beberapa jenis penyakit seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Meski demikian daging entok juga mengandung lemak, protein dan kalori juga memiliki manfaat.

Salah satunya sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan program diet dan mengalami anemia. Daging entok umumnya tidak dijual dan tersedia di semua restoran atau rumah makan. Berbeda dengan daging ayam atau bebek yang bisa dengan mudah didapatkan.

Untuk mendapatkan entok olahan kadang-kadang kita harus berusaha keras untuk mencarinya. Karena pengolahan yang tidak tepat dapat membuat tekstur dan rasa daging menjadi tidak enak. Namun, tentu saja ini bukan alasan untuk tidak menjalankan cara ternak entok cepat bertelur.

1. Persiapan Kandang Entok

Langkah awal sebelum memulai ternak entok, tentu saja, kamu harus menyiapkan persiapan terpenting, yaitu kandang untuk ternak entok. Kandang entok harus dibuat dengan nyaman karena entok akan menghabiskan semua kegiatannya di dalam kandang. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar kandang kandang adalah lokasi yang ideal untuk budidaya:

  1.  lokasi kandang jauh dari rumah, atau setidaknya 10-20 meter.
  2. Ini untuk menghindari bau tak sedap yang menyebar di rumah dan lingkungan.
  3. Untuk ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah entok yang akan diternak.
  4. Semakin banyak entok yang ternak tentu membutuhkan kandang yang lebih luas.
  5. Sangkar harus memiliki dinding yang tinggi sehingga entok tidak bebas masuk atau keluar kandang.
  6. Jika luas kandang adalah 10 meter maka buat 5 meter untuk tempat berteduh dan lokasi makan, sedangkan 5 meter dibuat pemisah dan diberi genangan air.
  7. Genangan air ini adalah tempat bermain dan berjemur.
  8. Bisa menggunakan bambu sebagai bahan untuk dinding atau pagar kandang dan asbes sebagai bahan atap kandang.
  9. Sesuaikan luas kandang dengan total populasi entok.
  10. Buat drainase supaya air bisa mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan bau tak sedap.
  11. Sediakan juga tempat makan dan minum di kandang.

2. Pemlihan Bibit Entok

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

Sesudah kandang siap, maka langkah selanjutnya adalah memilih bibit unggul yang nantinya akan digunakan sebagai induk. Risiko kegagalan sangat rentan terjadi jika dibudidayakan sejak anak. Namun, hasil ini tentu akan lebih besar jika panen tiba, daripada dengan pengembangbiakan melalui induk yang selain harganya lebih mahal juga risiko induk tidak menghasilkan telur juga besar. Oleh karena itu, untuk memilih bibit dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Anakan berasal dari induk dengan asal yang jelas.
  • Anakan itu sehat, gesit dan aktif bergerak.
  • Usia ideal untuk anak entok  6-7 hari setelah menetas memiliki berat minimum 100-200 gram.
  • Pengangkuta dari lokasi ke kandang harus diperhatikan dan tidak membuat anak entok stres.
  • Setelah tiba, segera lepaskan anakan ke dalam kandang dan berikan makanan khusus yang telah disediakan.

3. Pakan Untuk Entok

Pada pemberian pakan untuk entok dalam kesehariannya dapat diberikan sebanyak 2 kali. Yakni dilakukan pada pagi hari dengan jumlah 40% dan sore hari sebanyak 60%. Ketika DOE entok berusia satu hari ternyata pakan yang dibutuhkan sekitar 30 gram. Semakin bertambahnya usia entok maka akan mempengaruhi konsumsi pakan yang akan semakin bertambah juga. Maka kamu harus melakukan perkiraan untuk penambahan pakan entok. Perlu adanya penambahan 6 gram setiap hari untuk pemberian pakannya.

a. Pakan Anak entok umur 1-14 hari

Pakan entok untuk umur 1-14 hari harus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok. Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh serta saluran pencernaan. Untuk kebutuhan nutrisi yang dibutukan oleh anakan entok antara lain seperti protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin.

Sedangkan untuk jenis pakanyang tepat dan sesuai dengan usia entok tersebut adalah jenis pakan seperti pelet atau konsentrat starter. Jenis pakan tersebut merupakan pakan kualitas pabrikan yang diformulasikan untuk anakan entok agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari entok tersebut.

b. Pakan Entok Usia 15 – 35 hari

Disaat umur 15-35 hari kebutuhan pakan sedikit menurun dibanding dengan umur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bertujuan agar laju pertumbuhan bobot cepat. Untuk jenis pakan yang dapat diberikan agar entok cepat besar yakni jenis bekatul atau dedak halus, umbi – umbian, ampas tahu, biji jagung dan anake sayur – sayur lainnya.

Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.

c. Pakan Usia 36 Sampai 60 Hari

Pada umur 36-60 hari, entok cenderung lebih membutuhkan vitamin dengan mineral dengan jumlah yang besar. Hal ini  dikarenakan untuk menjaga rangka dan kesehatan entok tetap baik. Biasanya pada umur ini peternak bisa memformulasikan sendiri jenis pakan yang akan diberikan untuk entok.

Biasanya terdiri dari  ikan runcah, menir, bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu nasi aking dab masih banyak lainnya.

Cara Membuat Pakan Fermentasi dari Gedebog Pisang 

Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan pohon pisang dapat kita temukan di seluruh daerah di Indonesia. Pohon pisang selain banyak dimanfaatkan oleh masyarakat ternyata juga dapat bermanfaat untuk entok. Banyak peternak yag memanfaatkan gedebog pisang sebagai pakan entok. Tentu pemberiannya pun tidak langsung diberikan begitu saja, tetapi sebelumnya peternak harus memfermentasikan terlebih dahulu.

Proses membuat fermentasi dari gedebog pisang ini dinilai cukup mudah dilakukan dan lebih irit jika dilihat dari sisi biaya.Untuk meghasilkan fermentasi yang berkualitas kamu perlu mencacahnya agar menjadi ukurannya lebih kecil sehingga mudah untuk dicerna. Jika kamu ingin lebih mudah mencacahnya kamu bisa menggunakan mesin. Kandungan yang terdapat dalam gedebog pisang tergolong relatif sedikit sehingga dalam pembuatan pakan fermenasi tersebut perlu adanya campuran pakan lain. Bahan pakan campuran tersebut dapat berupa jagung giling, bungkil kedelai dan bahan lain yang mudah di dapat di daerah kamu.

4. Persiapan Untuk Entok Bertelur

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

 

Untuk mempercepat proses bertelur. Maka poin yang paling penting adalah hubungannya dengan pemberian makan yang tepat. Pada tahap ini, entok membutuhkan banyak protein untuk menghasilkan telur berkualitas tinggi. Berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti siput atau siput. Kandungan protein tinggi dari makanan tambahan dari siput atau siput akan membantu tembakau menjadi lebih baik dalam menghasilkan telur. Anda tentu bisa dengan mudah mendapatkan siput di sawah.

Selain makanan, faktor lingkungan juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena lingkungan yang tepat akan dapat memicu belokan untuk dapat bertelur. Lebih baik bagi lingkungan untuk senyaman mungkin dan tidak merasa stres. Entok sangat menyukai lokasi di darat dan air, jadi Anda harus membuat kolam di kandang sehingga penyok bisa bermain di kolam.

Sekian dulu dari saya, semoga dengan ini dapat membantu anda dalam cara ternak entok cepat bertelur. Terima kasih

Makanan Olahan Dari Jagung Pada Nasi Jagung

Makanan Olahan Dari Jagung – Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi jagung ndesoan-simple, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya.

Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi jagung ndesoan-simple enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa. Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi jagung ndesoan-simple sendiri di rumah.

Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Jagung Ndesoan-simple memakai 25 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

 

Bahan-Bahan Untuk Memasak Nasi Jagung.

makanan olahan dari jagung

  1. Ambil Beras jagung.
  2. Sediakan Beras putih.
  3. Siapkan Ikan pindang.
  4. Ambil Untuk sambel :.
  5. Siapkan 1 buah terong yg besar.
  6. Gunakan gula, garam.
  7. Gunakan cabe besar.
  8. Ambil cabe kecil.
  9. Siapkan bawang merah.
  10. Siapkan terasi.
  11. Siapkan tomat.
  12. Sediakan 1 siung bawang putih.
  13. Sediakan secukupnya tahu, tempe (potong sedang).
  14. Ambil Cabe besar.
  15. Gunakan santan.
  16. Gunakan pete.
  17. Ambil daun jeruk.
  18. Gunakan kemiri.
  19. Ambil ketumbar.
  20. Ambil kaldu ayam (non msg).
  21. Siapkan bawangmerah.
  22. Gunakan bawang putih.
  23. Sediakan kunyit (bubuk).
  24. Gunakan lengkuas.
  25. Sediakan Untuk lodeh tempe tahu :.

 

Cara Penyajian Nasi Jagung:

  1. Bersihkan nasi jagung dan rendam selama 10 menit.
  2. Campur dengan nasi putih yang sudah dimurnikan. Pemasak nasi or penanak nasi. Masak dengan jari Anda.
  3. Ikan pindang: Saya bumbui dengan campuran ikan goreng lalu digoreng …
  4. Untuk Kuah: Bahan untuk sambal semuanya digoreng (kecuali gula dan garam) lalu dibubuhi bubuk. Dipenyet juga dengan terong goreng …
  5. Tempe Tahu Lodean Sederhana: Tumis bumbu halus (cabai besar, umbi bawang putih, kemiri, ketumbar) dan goreng dengan sedikit minyak panas.
  6. Setelah tercium bau nasional, tambahkan sedikit air dan santan (terpisah). Masak hingga mendidih, tambahkan sedikit kunyit (saya pakai bubuk kunyit), tambahkan geprek laos, tambahkan garam untuk yang suka asin, dan tambah cabai untuk yang suka pedas.
  7. Masukkan daun jeruk parut agar harum, pesan tempe, aduk hingga dicelupkan, dan tambahkan tahu. Tambahkan sisa santan, masak hingga airnya jenuh dan berbau harum.
  8. Tambahkan bawang goreng agar gurih. (Ini satu porsi untuk 4 orang)
  9. Padahal, dengan menggunakan teknik uap, mufin ini sangat lembut dan lembut. Topping jagung juga memberikan tekstur yang sangat menarik pada mufin ini. Di beberapa daerah, nasi jagung, nasi merah, dan thiwul enak dipadukan dengan sayur goreng dan lauk pauk. Di wilayah Blitar, kini dikenal dengan ampok, nasi jagung yang dibuat dari biji jagung kering yang digiling kemudian dikukus seperti nasi putih. Melestarikan budaya dan menyempurnakan makanan tradisional.

 

Kandungann Nutrisi Pada Nasi Jagung

Berburu sering kali dipandang sebagai alternatif yang baik bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan tidak adanya kandungan karbohidrat dari beras yang terbuat dari beras saat berburu, sehingga tidak ada resiko peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain kandungan karbohidrat tubuh sendiri, berburu juga mengandung protein nabati, artinya manfaat nasi bagi kesehatan tidak boleh dianggap remeh.

Perburuan juga kaya akan komponen pangan fungsional seperti serat, asam lemak esensial, isoflavon, antosianin, betakaroten (provitamin A), komposisi asam amino esensial dll. Perburuan juga mengandung mineral penting bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, menjadi zat besi.

Berburu merupakan sumber makanan rendah kalori dengan hanya 90 kalori per porsi. Selain itu, makanan ini kaya vitamin C dan fitonutrien lainnya, yang dikendalikan oleh jenis perburuan yang Anda ubah menjadi perburuan beras.

makanan olahan dari jagung
Perburuan beras tidak hanya dapat mencegah penyakit diabetes melitus tetapi juga tidak mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung. Manfaat Berburu Padi Lainnya Untuk Dicoba Diantaranya:
Lindungi saluran pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada perburuan padi dapat berperan sebagai agen nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat di sepanjang saluran pencernaan. Manfaat berburu nasi terkait kegiatan ini adalah menyehatkan usus besar sehingga mencegah penyakit usus, termasuk kanker usus besar.

Ditambah lagi, makan nasi berburu akan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini membuat perburuan beras layak untuk dikonsumsi melalui pola makan.
Menangkal pengaruh radikal bebas

Keripik Singkong Renyah

Keripik singkong renyah adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu digoreng. Nama makanan ini memang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ciri khas rasanya yang enak dan renyah membuat semua orang suka. Makanan ini termasuk kedalam golongan makanan ringan.

Keripik Singkong Renyah

Keripik Singkong Renyah

Keripik singkong memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat orang yang memakan nya merasa ketagihan untuk terus memakan nya, oleh karena itulah cukup banyak orang yang membuka usaha keripik singkong. Entah itu keripik singkong yang di jual kiloan hingga dengan kemasan yang menarik. Tentu keripik singkong yang memiliki kemasan yang bagus harga jual nya lebih mahal.

Bahkan keripik singkong ini ada yang di jual di pinggir jalan menggunakan gerobak hingga usaha yang memang dibuat sedemikian rupa agar keripik singkong terlihat lebih bagus dan berkelas untuk dijual. Semua nya memang tergantung dari target market para pengusaha itu sendiri, apakah kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas.

Cara Membuat Keripik Singkong

Baiklah, kali ini untuk bisa membuat keripik singkong yang enak, gurih dan lezat tentu nya anda membutuhkan resep membuat keripik singkong renyah, sehingga berikut ini kami akan mengulaskan cara membuat keripik singkong yang renyah untuk membantu anda membuat keripik singkong di rumah

Bahan:

  • 1 kg singkong yang masih segar
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air
  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah:

  1. Singkong yang sudah anda pilih dan masih segar harus anda kupas kulit nya terlebih dahulu. Kemudian cuci singkong yang sudah anda kupas tersebut dengan air hingga benar-benar bersih.
  2. Iris singkong tipis-tipis dan sama ukuran nya agar mudah ketika menggoreng nya tidak ada yang kurang matang atau gosong nantinya. Gunakan alat pemotong keripik singkong serbaguna agar potongan nya bisa bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirisnya. Jika tidak punya, anda bisa menggunakan pisau yang tajam agar irisan nya bagus. Namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
  3. Kemudian masukkan singkong yang sudah di iris tipis-tipis ke dalam air yang sudah anda tambahkan kapur sirih agar singkong tersebut nantinya akan lebih renyah rasa nya.
  4. Setelah itu haluskan bumbu yang sudah ada di atas, dan setelah halus, anda bisa memasukkan nya ke dalam rendaman singkong tersebut. Lalu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Kemudian angkatlah singkong yang sudah anda rendam tadi dan tiriskan hingga tidak ada air yang menempel atau hingga keripik tersebut kering tanpa harus di jemur di bawah matahari.
  6. Setelah itu panaskan minyak di atas api sedang, kemudian goreng singkong yang sudah kering tadi hingga matang atau krispi. Saat di goreng jangan lupa sambil di aduk agar singkong tersebut tidak menempel satu sama lain.
  7. Kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan.
  8. Setelah itu tunggu keripik singkong tersebut agar tidak ada minyak yang menempel atau hingga keripik dingin.
  9. Setelah itu anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti perasa coklat, keju atau perasa lain nya. Anda juga bisa membuat nya original dengan tidak menambahkan apapun ke dalam nya.
  10. Setelah itu anda bisa memasukkan keripik tersebut ke dalam toples penyimpanan atau ke dalam wadah plastic.

Cara Penyajian

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh. Sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang memudahkan anda dalam menggoreng keripik buah dan sayur dan tersedia produk mesin lainnya di grosir mesin.

daur ulang plastik bekas botol

daur ulang plastik bekas botol

Daur ulang plastik bekas botol – Produksi plastik meningkat tajam sejak tahun 1950-an. Kita bisa melihat bagaimana penggunaan plastik meningkat di sekitar kita. Di rumah, di mobil, di tempat kerja, di perangkat elektronik, bahkan di kemasan makanan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa plastik merupakan salah satu bahan terpenting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Semakin banyak plastik penting bagi kehidupan, semakin banyak kebijaksanaan yang dapat digunakannya.

Anda dapat meningkatkan masa pakai plastik dengan mendaur ulang dan menggunakannya kembali.

Daur ulang plastik bekas botol adalah cara efektif untuk menghentikan produksi plastik saat ini. Seperti yang kita ketahui, plastik merupakan bahan yang membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Sekarang, daur ulang sampah plastik telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir dan selalu lebih efisien. Sampah plastik daur ulang juga bisa digunakan kembali menjadi produk baru.

Proses daur ulang botol plastik

Daur ulang plastik mengacu pada proses pemulihan limbah atau plastik bekas dan memprosesnya kembali menjadi produk yang bermanfaat. Proses daur ulang sampah plastik dibagi menjadi beberapa langkah berbeda.

Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses daur ulang sampah plastik.

Langkah 1: perakitan

Sampah plastik dikumpulkan dalam ember untuk proses daur ulang plastik
Langkah pertama dalam proses daur ulang sampah plastik adalah mengumpulkan bahan atau sampah plastik yang akan didaur ulang.

Langkah ini sepenuhnya mengembalikan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah plastik di tempat yang tepat.

Jika sampah plastik dibuang ke tempat sampah non-plastik, kemungkinan besar plastik tersebut tidak akan masuk ke tempat sampah daur ulang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memisahkan sampah plastik dari sampah non-plastik.

Jika memungkinkan, kawasan tersebut membutuhkan kawasan khusus untuk pembuangan sampah plastik, terutama untuk limbah domestik dan industri.

Karena hal terpenting dalam menggalakkan daur ulang plastik adalah memfasilitasi pembuangan sampah plastik dengan benar.

Langkah 2: urutkan

Sampah plastik yang terkumpul dipilah ke dalam kantong, karena proses daur ulang plastik akan berbeda-beda tergantung jenis plastiknya.

Setelah sampah plastik dikumpulkan dan diangkut ke tempat sampah daur ulang sampah plastik, langkah selanjutnya adalah penyaringan.

Sampah plastik biasanya dipilah berdasarkan beberapa unsur, mulai dari jenis plastik (bahan pembuatannya), warna plastik, kandungan resin, bahkan cara pembuatannya.

Pemilahan ini sangat penting karena jenis plastik yang berbeda harus diproses dengan cara yang berbeda pula.

Langkah ketiga: mencuci

Seperti buah, sayur, atau barang lainnya, plastik juga harus dicuci sebelum diproses lebih lanjut.

Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk menghilangkan kotoran yang tersisa dan apa pun yang tidak terbuat dari plastik. Kebanyakan paket berisi label yang tidak dapat didaur ulang, perekat, atau bahkan sisa makanan.

Langkah 4: Ubah ukuran

Sampah plastik dipotong kecil-kecil dengan menggunakan mesin penghancur plastik yyang bisa anda dapatkan di grosirmesin.. Untuk proses daur ulang plastik.
Langkah selanjutnya dalam proses daur ulang sampah plastik adalah penentuan ukuran.

Sampah plastik yang telah disortir kemudian dipotong dan dicuci kecil-kecil. Hal tersebut akan memudahkan proses pembentukan dan memberikan kesempatan untuk dibersihkan kembali agar tidak tercampur dengan bahan non plastik.

Seringkali, tahap ini juga menggunakan detektor logam atau magnet untuk menghilangkan sisa logam, jika ada.

Langkah 5: Pilah plastik

Setelah proses pengubahan ukuran, langkah selanjutnya adalah menyortir plastik. Selama penyortiran, kualitas foil plastik diuji.

Kualitas pertama yang diuji adalah massa jenis foil plastik. Pengujian ini dilakukan dengan cara meletakkan lembaran plastik dalam wadah besar berisi air. Partikel yang kurang padat akan mengapung, sedangkan yang lebih padat akan tenggelam.

Tes selanjutnya adalah klasifikasi udara. Klasifikasi udara atau pengklasifikasi udara adalah istilah formal untuk mengukur ukuran atau kekecil partikel dengan memasukkan suatu zat ke dalam ruang yang diisi udara untuk penyaringan.

Pengujian ini dilakukan dengan menjatuhkan partikel plastik ke lokasi yang terisi udara. Partikel yang lebih kecil akan terbang lebih tinggi, sedangkan partikel yang lebih besar akan terbang lebih rendah.

Langkah 6: Mencampur

Pellet plastik merupakan sampah plastik daur ulang yang siap digunakan sebagai bahan pembuatan produk berbahan dasar plastik.
Langkah terakhir dalam proses daur ulang sampah plastik adalah konsolidasi.

Dalam proses ini, serpihan plastik dihancurkan dan dilebur menjadi pelet plastik. Setelah itu, pellet plastik tersebut dipindahkan ke perusahaan pembuat plastik

Kopi Luwak , Kopi Mahal dari Indonesia

luwak kopi

Luwak kopi – Kopi luwak merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dipanen dari kotoran musang bersih. Minuman ini memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan kopi pada umumnya, dan diduga hal ini disebabkan adanya proses fermentasi pada perut luwak.

Luwak kopi  Indonesia merupakan minuman mewah yang diekspor dengan harga yang sangat tinggi.

Kopi luwak jawaban salah satu kopi termahal di dunia karena minuman yang mempunyai aneh dan aneh yang sangat langka. Kopi luwak Indonesia laris manis dan sangat digemari di kalangan pecinta kopi karena memiliki rasa yang halus dan lembut di perut.

Tidak semua orang mengapresiasi minuman ini karena banyak yang senang dengan bahan yang berasal dari kotoran luwak.

Karena, minuman ini juga di cap buruk di berbagai negara.

Berbagai kasus miring tentang produk minuman khas Indonesia ini. Namun, industri kopi luwak Indonesia tidak perduli dan terus laku di pasaran dengan harga tinggi.

Penyebabnya Luwak Kopi Mahal

Ada tiga faktor utama yang membuat harga kopi luwak Indonesia lebih mahal dari kopi pada umumnya.

Awalnya minuman ini ditemukan saat pemerintah kolonial Belanda menerapkan penanaman kopi paksa. Orang yang tidak sadar kopi menemukan sesuatu yang sehat di kotoran musang. Mereka mengolah biji dari tanah, memanggang, dan kemudian memfermentasi.

Pemerintah Belanda menikmati minuman ini. Kemudian mereka mengumpulkan dan menjual kopi luwak Indonesia yang sangat mahal itu.

Prosesnya dimulai saat tanaman kopi memasuki masa panen. Buah yang siap dipanen berubah menjadi merah. Luwak memiliki kebiasaan dan kemampuan memilih kopi kualitas terbaik, sehingga hewan memakan biji buah dengan bijinya yang bagus.

Buah yang dimakan akan dicerna, dan sistem pencernaan hewan ini tidak bisa merusak lapisan kopi, hanya daging dan kulitnya saja. Pada hewan yang pencernaan kucing ini, bijinya akan mengalami proses fermentasi.

Kotoran atau feses dari musang ini nantinya akan dikumpulkan untuk dibersihkan. Proses pencuciannya bisa memakan waktu hingga 5-7 kali. Proses pencucian juga berlangsung di udara sehingga tetap bersih.

Setelah dibersihkan, selanjutnya dilakukan pemanggangan atau pemanggangan. Proses pemanggangan hanya mencapai tingkat pemanggangan sedang. Alasannya adalah untuk melestarikan karakter yang unik.

Gunakan mesin roasting kopi ntuk hasil pemanggangan yang lebih cepat. Biji yang dipanggang dikemas utuh (biji utuh) atau bubuk untuk dijual.

Beberapa tempat penangkaran telah membuka kedai kopi luwak sehingga pengunjung bisa menikmati kopi yang lebih mahal ini segera setelah disangrai.

 

Harga Luwak Kopi

Harga kopi  luak  Indonesia di pasaran di atas Rp1.000.000 per kilogram. Secangkir kopi luwak di Jakarta misalnya, harganya sekitar Rp70.000 per cangkir. Di luar, secangkir minuman berharga sekitar $ 35 USD. Harga benih atau bubuk adalah 100 sampai 600 USD per 450 gram.

Perbedaan kopi loak dengan kopi biasa

Proses kopi luwak Anda melalui alur yang lebih panjang sebelum mencapai cangkir Anda. Karena prosesnya yang berbeda, rasa dan kandungan di dalam kopi termahal di dunia pasti tidak akan sama dengan kopi biasa.

1. Rasa

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dari minuman ini, warna yang dihasilkan sama dengan kopi, biasanya hitam kecokelatan. Namun, jika saya Berbicara tentang bau dan rasa, mereka pasti sama.

Rasa kopi luwak sangat empuk, tidak ada sisa rasa yang pahit, dan ada sedikit asam buah yang menyegarkan. Rasa atau rasa akhir dari kopi termahal itu sangat bersih, tidak meninggalkan rasa getir.

kopi luwak Indonesia selalu memiliki rasa buah yang unik. Padahal, biji kopi di setiap daerah memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Proses fermentasi alami dalam perut musang cukup kuat, dan rasa buahlah yang telah difermentasi.

Aroma minuman mewah ini lebih harum dan lebih kuat. Tidak ada jejak bau kotoran hewan atau bau tak sedap lainnya.

2. Isi Kandungan

Menurut hasil penelitian Universitas Hasanuddin,
Tidak ada perbedaan jenis zat yang ada pada kopi luwak dengan kopi biasa. Namun ada perbedaan kadar zat yang terkandung di dalamnya:

Persentase kafein pada  Robusta Luwak 1,77% dan luwak arabika 1,74%, sedangkan proporsi kafein pada Robusta reguler 1,91% dan Arabika reguler 1,85%.
Kandungan protein pada  luwak robusta 16,23% dan yoghurt arabika 14,84%, sedangkan  robusta biasa 18,34% dan arabika polos 16,72%.

Demikian pembahasan tentang luwak kopi , kopi asli indonesia yang harganya sangat mahal. Untuk hasil yang maksimal gunakan mesin kopi berkualitas

Cara Membuat Roti Coklat Enak Murah Mudah Anti Gagal

cara membuat roti coklat

Cara membuat roti coklat-Roti dikenal hampir di seluruh dunia sebagai sajian yang mengandung berbagai macam bahan. Cara mudah membuat makanan ini banyak dikonsumsi orang.

Sejarah evolusi roti dibuat dengan gandum, ragi, lemak, gula dan garam ribuan tahun yang lalu. Roti adalah salah satu makanan tertua di dunia. Roti terkenal pada zaman dahulu karena berbagai isinya.

Tapi belum berkembang seperti sekarang, karena sekarang ada keju dan coklat yang bikin lebih enak. Cokelat dan keju tidak perlu dibuat dengan tangan, cukup beli di toko terdekat, dan harus sudah tersedia dan siap untuk menyiapkan roti yang Anda butuhkan.

Ada banyak kreasi roti coklat yang membuat berbagai jenis roti dengan menambahkan isian keju coklat. Rasanya yang manis dan gurih sangat digemari masyarakat.

Sandwich keju coklat memiliki tekstur yang halus dan memiliki adonan coklat dengan keju instan didalamnya. Anda dapat dengan mudah menemukan sandwich keju di toko roti atau supermarket.

Roti ini cocok disajikan saat sarapan atau saat kumpul bersama keluarga.

Membuat sandwich keju sangatlah mudah, kamu bisa membuatnya sendiri semudah yang dijual di toko. Jika Anda sukses membuat sandwich keju coklat, Anda bisa membuka perusahaan sandwich keju coklat dengan berbagai bentuk roti.

Kali ini kita akan membahas cara membuat roti coklat yang enak dan mudah serta berbagai jenisnya.

1. Resep roti keju coklat

Bahan:

220 gr tepung chakra
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok makan gula pasir
120 ml air hangat
1 sendok teh vermane
1/5 sendok teh garam
2 sendok makan kue biru dan biskuit / mentega
30 ml susu uht

Campurkan :
50g coklat matang cincang
75g keju parut

Bagaimana membuat:

Campur tepung chakra dengan susu bubuk dan aduk rata
Campurkan air hangat, gula dan ragi, aduk rata.

Masukkan campuran air hangat ke dalam tepung, kemudian uleni hingga lembut, tambahkan susu sedikit demi sedikit dan lanjutkan menguleni hingga lembut.

Tambahkan mentega  dan biskuit dan uleni garam hingga lembut dan elastis.
Tutup adonan dengan tisu basah dan biarkan mengembang dua kali
Setelah adonan diuleni lagi.

Bagi menjadi lingkaran besar sesuai keinginan
Simpan kembali adonan dan tutup kembali dengan handuk kertas hingga mengembang kembali
Gulung adonan dan isi dengan brown cheese, pisahkan sesuai selera atau bentuk sesuai selera.

Lalu taburkan parutan keju atau coklat diatasnya agar terlihat cantik.
Panaskan oven pemanggang roti dengan suhu 180 ° C selama 5 menit
panggang roti salma selama 30 menit (tergantung oven Anda)
Setelah matang, segera olesi mentega di atasnya agar lebih beraroma dan creamy, tunggu hingga dingin lalu sajikan.

2. Resep roti mariam dengan keju coklat

Bahan:

Satu cangkir tepung belimbing wuluh serbaguna, juga tanpa label
2 sendok makan minyak goreng
dua sendok makan gula
1 sendok teh garam
satu telur utuh
3 sendok teh susu kental manis
1/2 cangkir buah belimbing wangi
Isi roti Maryam
Massa cokelat
Keju parut

Bagaimana membuat:

Kocok telur, gula pasir, garam dan susu kental manis hingga tercampur dengan sendok kocok.
Tuang tepung serbaguna ke dalam mangkok berisi minyak goreng, aduk dengan sendok, lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga habis hingga tercampur rata, lalu uleni hingga halus dengan tangan. (Agar adonan tidak menempel di tangan).

Balik adonan menjadi 5 bagian. Tutup adonan dengan kuas minyak goreng, agar tidak terendam minyak. Asalkan adonan diolesi minyak goreng baru secara merata.

Tutupi dengan alas yang penting, tutupi dengan hati-hati, biarkan selama dua jam
Gulingkan adonan menjadi bujur sangkar tipis memanjang, dan jangan biarkan adonan sobek.

Ulangi proses horizontal menggulung adonan lagi.
Sebelum digiling. Isi adonan dengan keju atau kerang dan gulung adonan memanjang. Adonan terlihat seperti huruf S.

Susun adonan lalu gulung menggunakan mangkok belimbing hingga ketebalannya sekitar 2-3 cm.
Kemudian panggang dengan api kecil dengan teflon diolesi minyak goreng menggunakan kuas. Angkat sampai berwarna cokelat.

Toko roti cokelat skala besar membutuhkan waktu lama. Untuk itu, gunakan mesin coklat untuk mempermudah pembuatan coklat Yang anda bisa membelinya di grosirmesin.