Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Agar Berbuah Banyak

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Agar Berbuah Banyak

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik

Selain dengan menerapkan cara menanam cabe rawit secara organik sendiri anda juga bisa menjadikannya salah satu ladang bisnis yang menguntungkan.

Hal ini karena satu pohon cabe rawit mampu untuk menghasilkan banyak sekali buah cabe.

Dan agar cabe yang Anda budidaya dapat lebih sehat dan nutrisinya terjaga dengan baik, Anda bisa menerapkan cara menanam cabe rawit secara organik yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Untuk itu berikut ulasan mengenai cara menanam cabe rawit secara organik agar berbuah banyak.

Benih Cabe Rawit Organik

Hal terpenting didalam upaya penerapan cara menanam cabe rawit secara organik yang harus Anda perhatikan serta lakukan dengan baik yaitu dengan menyediakan benih cabe organik unggulan.

Untuk benih cabe organik ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan 2 cara dalam cara menanam cabe rawit secara organik berikut adalah penjelasannya :

  • Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan benih cabe organic dengan praktis yaitu dengan cara membelinya di toko benih ataupun dinas pertanian.
  • Maka dari itu Anda perlu memastikan kualitas dari benih dan kelayakan tanamnya. Anda dapat bertanya terlebih dahulu kepada penjual benih tersebut.
  • Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan benih cabe organik ini secara langsung dari buahnya.

Cara Mendapatkan Benih Cabe Langsung dari Buahnya

  • Pilihlah buah cabe yang sudah ber umur tua yang dihasilkan dari tumbuhan cabe sehat dan tidak terkena serangan hama ataupun penyakit.
  • Keringkan cabe organik tersebut pada terik matahari atau Anda juga bisa langsung untuk membelah buahnya dengan pisau secara perlahan.
  • Kumpulkan biji cabe organik tersebut kedalam satu wadah dan anginkan selama 1 hingga 2 hari.
  • Setelah itu, Anda bisa memulai melakukan proses pembibitan cabe.

Pembibitan Cabe Rawit Organic

Langkah yang selanjutnya di dalam cara menanam cabe rawit secara organik yaitu dengan melakukan proses pembibitan atau penyemaian.

Untuk melakukan proses ini, terlebih dahulu Anda bisa menyiapkan media untuk tanamnya dan berikut penjelasannya :

Pertama, Anda bisa menyiapkan mediak untulsemai dan berbagai alat yang digunakan untuk menyemai lainnya terlebih dahulu.

Untuk media tanamnya, Anda dapat menggunakan tanah gembur tanpa pupuk terlebih dahulu.

Setelah itu masukkan benih cabai kedalam sebuah mangkuk yang berukuran sedang dan lalu masukkan air hangat.

Tunggu hingga suhu air dalam wadah tersebut berubah dingin dan tiriskan benih cabe organik Anda.

Setelah itu lang kah selanjutnya adalah dengan meng angin-anginkan sebentar hingga air mengering sempurna.

Siapkan wadah untuk semai berupa polybag lalu isi dengan tanah, setelah itu taburkan benih cabe organik tersebut dan tutup benih pada media semai dengan menggunakan tanah secara tipis.

Setelah itu semprotkan sedikit air untuk melembabkan tanah yang digunakan sebagai media, dan letakkan pada ruang dengan sedikit sinar matahari.

Ini akan membantu mempercepat proses pertumbuhan benih cabe.

Media Tanam Cabe Rawit Organik

Setelah Anda selesai menyemai benih, lalu rawatlah benih cabe tersebut dengan melakukan penyiraman secara teratur untuk melembabkan kondisi dari tanah.

Di dalam cara menanam cabe rawit secara organik ini Anda harus menyediakan media tanam ketika benih cabe ini sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5- 7 cm

Perawatan dan Panen Cabe Rawit Organic

Selain Anda menanam, di dalam artikel cara menanam cabe rawit secara organik ini ada juga dapat mengetahui cara merawat cabe organik yang baik agar hasil panen Anda dapat melimpah dan berkualitas, berikut penjelasannya :

  • Penyiraman bisa untuk Anda lakukan secara rutin dan menyesuaikan dengan cuaca saat itu. Penyiraman ini dilakukan hanya untuk menjaga kelembaban dari tanah saja.
  • Lakukanlah pemupukan lanjutan setiap 2 minggu sekali untuk menjaga kesuburan tanaman cabe yang Anda tanam.
  • Lakukanlah penyiangan dan pembersihan pada media tanam setiap 2 minggu sekali.
  • Khusus untuk cabe organik ini, Anda hanya boleh menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang saja dan tidak di perkenankan menyemprotkan pestisida.
  • Untuk mengatasi ancaman serangan hama, Anda bisa menyemprotkan air kunyit dan jahe, ini membantu mengatasi hama berupa serangga.
  • Lakukan perawatan yang serupa hingga cabe yang Anda tanam memasuki masa panen. Panenlah dengan hati- hati dan jangan mencabut buah cabe secara langsung karena hal tersebut bisa merusak struktur dari tanaman.

Itulah berbagai langkah dalam cara menanam cabe rawit secara organik agar berbuah banyak. Lakukan dengan baik dan cermat, dan jangan lupa untuk memilih benih unggulan agar Anda juga mendapatkan hasil panen yang melimpah dan berkualitas baik.

Dan untuk Anda yang ingin belajar mengenai Cara Menanam Cabe Rawit Dengan Tepat Dan Mudah maka Anda bisa langsung klik saja tulisan biru tersebut sekian.