Resep Masakan Nusantara https://resepimasakan.net Portal Ide Usaha Kuliner dan Resep Masakan Tue, 03 Sep 2019 10:30:16 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 Resep Kerupuk Nasi Sederhana https://resepimasakan.net/resep-kerupuk-nasi-sederhana/ Tue, 03 Sep 2019 10:30:16 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3861 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk nasi. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk nasi yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan […]

The post Resep Kerupuk Nasi Sederhana appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk nasi. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk nasi yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

A.Pengertian Nasi

Hasil gambar untuk GAMBAR NASI

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang ‘pera’ (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

B.Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

1. Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

2. Mendukung Pertumbuhan Manusia Dari Bayi Sampai Tua

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

3. Meningkatkan Mood Baik

Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

4. Mencegah Kanker

Brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu

Resep Kerupuk Nasi Sederhana

Resep Kerupuk Nasi Kanji

Bahan-bahan:

  • 250 tepung kanji/tapioka
  • 100 gr nasi sisa (belum basi)
  • 50 ml air
  • 1 bks kecil royco
  • 1 sdt ketumbar bubu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • secukupnya pewarna merah

Cara Membuat Kerupuk Nasi Kanji:

  1. Langkah pertama timbang nasi seberat 100 gr.Kemudian rendam dengan secukupnya air hingga semua nasi terendam.Rendam selama 2 jam.Kemudian tiriskan.Perendaman ini guna hasil kerupuk lebih halus dan renyah.
  2. Setelah direndam masukkan nasi dalam blender.Tambahkan potongan bawang putih, lada bubuk dan ketumbar bubuk.Masukkan 50 ml air.Blender hingga benar benar halus.
  3. Masukkan dalam baskom.Tambahkan 1 bungkus royco.Masukkan tepung kanji 1/2 bagian.Campur rata dengan spatula.Tambahkan lagi sisa tepung kanji, uleni dengan tangan hingga padat dan tidak lengket lagi ditangan.
  4. Bagi adoanan menjadi 4 bagian.Bentuk lonjong sambil ditekan tekan dengan tangan.Rebus adonan dalam panci.Saat memasukkan adonan air harus sudah mendidih.Beri sedikit minyak goreng agar tidak lengket dipanci.Rebus selama kurang lebih 25 menit hingga terapung dan matang.Sesekali boleh diaduk.
  5. Ketika matang, angkat dan tiriskan.Biarkan hingga dingin dan uap panas hilang.Kemudian teteskan sedikit pewarna makanan warna merah pada kuas.Poles rata pada bahan kerupuk tadi.Masukkan dalam kulkas hingga mengeras.Bisa juga tidak dimasukkan dalam kulkas namun proses pengerasanya lebih lama.
  6. Setelah mengeras iris tipis tipis kemudian jemur hingga kering.Sebaiknya adonan dibuat sore hari.Malam didinginkan biar mengeras.Pagi pagi diiris, kalo sudah panas dijemur.Cepat kering atau tidaknya tergantung panas dan tebal tipisnya kerupuk.Bila dipatahkan tidak alot/lunak berarti sudah kering dan siap digoreng.

Resep Kerupuk Nasi Balado

Bahan-bahan:

  • 250 g nasi putih
  • 500 g tepung tapioka
  • Bumbu balado instan
  • Bumbu :
  • 6 siung bawang putih
  • 5 g ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Kerupuk Nasi Balado

  1. Rendam nasi 2/3jam lalu tiriskan.kemudian blender nasi dgn bumbu…krn sy pakai bumbu balado jd tdk pakai bermacam2 bumbu.dan takaran’y pun sedikit hanya cukup utk membri rs gurih pd krupuk..jk ingin rasa original,takaran bumbu bs d tambh & d beri daun bawang dll sesuai slera
  2. Campurkan tepung sedikit demi sedikit dan uleli hingga mudah d bentuk lonjong seperti lontong..besar kecil’y tergantung slera ya
  3. Kemudian rebus hingga mengapung yg arti’y sudah mtang
  4. Setelah matang tiriskan tunggu hingga dingin kemudian masukkan kulkas sampai adonan tdk empuk/sedikit mengeras agar mudah d iris.bs jg d rendam es batu.
  5. Lalu itu iris tipis dan jemur hingga kering..q ngiris’y pake irisan kripik supaya ketebalan’y sama dan lbh cepat selesai
  6. Kemudian d jemur diamkan semalam seblm d goreng agar krupuk bs mengembang sempurna..goreng dg minyak yg sudah bnr2 panas
  7. Setelah d goreng taburi dg bumbu balado sesuai slera.

Demikianlah artikel yang telah saya buah semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan.

The post Resep Kerupuk Nasi Sederhana appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Aneka Resep Kerupuk wortel Kekinian https://resepimasakan.net/aneka-resep-kerupuk-wortel-kekinian/ Tue, 03 Sep 2019 10:22:48 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3858 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk wortel. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat  kerupuk wortel yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. Aneka Resep Kerupuk wortel Kekinian 1.Cara Membuat […]

The post Aneka Resep Kerupuk wortel Kekinian appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk wortel. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat  kerupuk wortel yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Aneka Resep Kerupuk wortel Kekinian

1.Cara Membuat Kerupuk Wortel Nasi

Bahan-bahan:

  • Nasi sisa semalam
  • 1 mangkok tepung tapioka, tambah jika kurang
  • 7 siung bawang putih
  • Ketumbar bubuk
  • 1/2 kg wortel, parut dg parutan keju
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Nasi:

  1. Rendam nasi sisa semalam 1-2 jam, tiriskan nasi (jika perlu agak diperas).
  2. Masukkan nasi kedlm blender, tambahkan bawang putih, ketumbar bubuk, garam dan kaldu bubuk (jangan tambah air saat memblender). Blender hingga halus dan tercampur. Tuang dalam mangkok dan masukkan wortel parut.
  3. Aduk rata adonan nasi blender dan wortel parut. Lalu tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk dg spatula kayu. Jika sudah mendekati kalis/tdk lengket ditangan. Uleni dg tangan.
  4. Bentuk lonjong, rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Simpan dikulkas semalaman agar mudah saat diiris. Jika sudah semalaman dikulkas, keluarkan. Iris tipis2.
  6. Jemur sampai kering, 1-2 hari (saya digresik jemur cuma sehari).
  7. Goreng dalam minyak panas dan api sedang hingga merekah. Tiriskan. Masukkan dalam toples saat sudah dingin. Siap dijadikan cemilan.

2.Cara Membuat Kerupuk Wortel Nastel

Bahan-bahan:

  • 1 porsi nasi putih dan kuning
  • 2 buah wortel
  • 4 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • Sedikit ketumbar
  • Kaldu bubuk non MSG
  • 10 sdm tepung kanji
  • 8 sdm tepung beras
  • 9 sdm air panas
  • Sedikit minyak goreng

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Nastel:

  1. Kupas dan cuci bawang putih, haluskan bawang putih bersama dengan ketumbar dan garam.
  2. Lalu parut wortel dengan parutan keju
  3. Panaskan kukusan, kukus nasi putih, nasi kuning dan wortel. Setelah wortel matang, matikan api. Tuang nasi dan wortel kedalam baskom beri bumbu halus dan kaldu bubuk, lalu tumbuk hingga tercampur rata.
  4. Setelah semua tercampur rata dan agak halus, tambahkan tepung beras, tepung kanji dan air panas lalu aduk rata. Jangan lupa untuk test rasa. Untuk jumlah tepung beras dan tepung kanji bisa kurang atau lebih dari resep saya, disesuaikan saja. Yang penting sampai adonan bisa dibentuk dan tidak menempel dibaskom.
  5. Baluri tangan dengan minyak, ambil adonan secukupnya lalu bentuk bulat lonjong, lakukan hingga adonan habis. Panaskan kukusan lalu kukus adonan +/- 20 menit atau sampai adonan matang. Dinginkan lalu masukkan kedalam kulkas agar adonan menjadi padat dan agak keras.
  6. Keluarkan adonan dari kulkas lalu potong tipis-tipis, tata dalam loyang kemudian jemur hingga kering.
  7. Setelah kering, kerupuk nastel bisa kita goreng.

3.Cara Membuat Kerupuk Wortel Bawang

Bahan-bahan:

  • 125 gr terigu protein sedang (me: segitiga biru)
  • Tepung sagu/ tapioka
  • 100 gr wortel parut
  • 5 siung bawang merah, parut
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdt garam (me: tambah penyedap rasa ayam)
  • Secukupnya air
  • 2 batang seledri, cincang halus (optional)

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Bawang:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Campur semua bahan hingga merata dan kalis. Fungsi air ada pada langkah ini. Bisa digunakan atau tidak. Jika kandungan air pada wortel cukup membuat adonan kalis, maka air tidak diperlukan.
  3. Letakkan adonan pada alas datar yang bersih, lalu pipihkan adonan dengan rolling pin atau botol, setipis mungkin. Agar adonan tidak lengket pada alas, taburi terlebih dahulu dengan sedikit terigu. Saya menggunakan minyak, ternyata masih sedikit lengket.
  4. Potong-potong sesuai selera. Jika kerupuk maka lebar seperti foto di bawah.
  5. Goreng dengan api sedang dan minyak secukupnya. Biarkan mengambang, baru bisa dibolak-balik.
  6. Setelah berwarna keemasan, angkat, dan tiriskan. Simpan dalam wadah toples kedap udara. Siap dinikmati.

4.Cara Membuat Kerupuk Wortel Kriuk

Bahan-bahan:

  • 100 gr wortel,blender dengan air 100 ml
  • 50 gr tepung beras
  • 125 ml air
  • 200 gr tapioka
  • 1 sdm garam (peres)
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Kriuk:

  1. Di buat bubur dalam panci, masukkan jus wortel,bawang putih,garam,air dan tepung beras.. Aduk terus sampe kental banget dan mendidih,angkat..biarkan agak adem
  2. Selagi hangat, masukkan tapioka..aduk dengan sendok kayu..jika dirasa udah bisa di uleni tangan..uleni dengan ujung jari sampai kira kira bisa di bentuk.. Bentuk lonjong,besarnya sesuai selera ya.
  3. Didihkan air, tambahkan sedikit minyak.. Setelah mendidih masukkan adonan krupuk biarkan mengapung,angkat lalu tiriskan..diamkan di kulkas semaleman agar padat dan mudah di potong
  4. Ke’esokkan harinya, potong kerupuk tipis tipis.. Tata di wadah ceper ya.. Jemur di bawah panas matahari yang cukup..kalo aku, cukup sehari bolak balik langsung goreng..simpan di toples

5.Cara Membuat Kerupuk Wortel Homemade

Bahan-bahan:

  • 100 gram wortel, blender dengan 100 ml air
  • 50 gram tepung beras
  • 200 gram tepung tapioka
  • 125 ml air
  • 1 sdm garam
  • 2 siung bawang putih,haluskan

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Homemade

  1. Masukan jus wortel, bawang putih halus,garam,air dan tepung beras. Aduk hingga rata kemudian hidupkan kompor. Aduk terus hingga lengket dan mendidih. Matikan kompor dan biarkan dingin
  2. Selagi hangat, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni. Tambahkan terus hingga adonan bisa dipulung. Bila tepung habis, tambahkan tepung lagi sedikit demi sedikit hingga dapat dibentuk (penambahan tepung di luar resep diperlukan bila memang blm bisa dibentuk) Pulung adonan seperti lontong dan sesuaikan panjangnya dengan panci (kalo aku bagi jadi 2)
  3. Didihkan air dan tambahkan sedikit minyak (airnya dikira kira saja, pokoknya hingga adonan bisa terendam seluruhnya) Setelah mendidih, masukkan adonan kerupuk kemudian biarkan hingga mengapung dan matang. Tiriskan dan biarkan dingin,kemudian masukkan dalam kulkas semalaman agar adonan kerupuk agak padat
  4. Potong kerupuk tipis tipis dengan menggunakan pisau tajam
  5. Tata di wadah kemudian jemur 2-3 hari hingga kering (lamanya tergantung panas matahari)
  6. Kerupuk kering,siap di goreng

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

The post Aneka Resep Kerupuk wortel Kekinian appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Rambak Kerupuk Udang Balado https://resepimasakan.net/resep-rambak-kerupuk-udang-balado/ Tue, 03 Sep 2019 10:13:12 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3855 Kerupuk kulit (kerupuk rambak) merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar kulit sapi yang masih muda, sapi merupakan penghasil kulit yang berkualitas untuk bahan dasar kerupuk. Cara membuat kerupuk kulit tergolong sangat rumit dan membutuhkan pekerja yang cukup banyak. A.Pengertian Kerupuk Rambak Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang […]

The post Resep Rambak Kerupuk Udang Balado appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Kerupuk kulit (kerupuk rambak) merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar kulit sapi yang masih muda, sapi merupakan penghasil kulit yang berkualitas untuk bahan dasar kerupuk. Cara membuat kerupuk kulit tergolong sangat rumit dan membutuhkan pekerja yang cukup banyak.

A.Pengertian Kerupuk Rambak

Tips Menggoreng Rambak Sapi / Kerupuk Kulit foto resep utama

Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

B.Manfaat dari Kerupuk Rambak 

Kerupuk Rambak sendiri ternyata memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari kerupuk kulit? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kerupuk rambak :

1. Menyembuhkan Maag

Salah satu manfaat paling penting dari kerupuk kulit adalah dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Jadi, apabila anda sering mengalami gejala maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk rambak setiap gejala tersebut muncul. Hal ini terbukti, dengan mengkonsumsi kerupuk rambak

2. Sebagai Camilan dan Teman Makan

Inilah salah satu manfaat dari kerupuk rambak  yang paling cocok dengan masyarakat Indonesia. Ya, Kerupuk kulit seringkali dimanfaatkan sebagai camilan dan juga teman makan. Rasa yang gurih dan juga renyah dapat meningkatkan selera makan dan juga dapat membuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Selain itu beberapa produsen kerupuk kulit juga menambah bumbu tertentu pada kerupuk kulit dan mengemasnya ke dalam kemasan tertentu untuk dijual sebagai camilan. Camilan kerupuk  ini sangat diminati oleh anak-anak yang senang dengan jajanan semacam itu.

3. Mengobati Rasa Pedas

Apabila anda sedang makan sesuatu yang pedas dan anda kepedasan dan tidak kuat menahannya, daripada meminum air hingga merasa kembung, ada baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Kerupuk rembak memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.

Selain karena prosesnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk kulit juga memiliki pori-pori yang besar, yang menyimpan minyak dalam jumlah banyak. Minyak merupakan salah satu zat yang dapat menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh capcaisin pada cabai.

4. Bahan Campuran Makanan

Anda pernah makan sambal goreng krecek. yap, apa yang anda kenal dengan istilah krecek itu adalah kerupuk kulit. Ini merupakan salah satu pemanfaatan dari kerupuk kulit, yaitu sebagai bahan utama dalam pembuatan masakan nusantara, salah satunya adalah sambal goreng krecek.

5. Tinggi Akan Kandungan Protein

Anda dapat memperoleh asupan protein dengan mengkonsumsi kerupuk kulit. Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaaaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari protein? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein :

  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Meningkatkan massa otot
  • Pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh

6. Baik Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Ya, ternyata kerupuk kulit juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga baik bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.

C.Konsumsi Kerupuk Rembak yang Berlebihan

Meskipun ternyata kerupuk kulit memiliki manfaat yang cukup banyak dan juga baik untuk kesehatan kita, namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi kerupuk kulit bagi tubuh kita. Kerupuk kulit, pada dasarnya sudah memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan masih ditambah proses penggorengan. Hal ini menyebabkan kandungan lemak pada kerupuk kulit sangatlah tinggi, dan dapat menyebabkan obesitas, dan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Resep Rambak Kerupuk Udang Balado

Bahan-bahan:

  • 2 buah labu siam ukuran sedang… potong korek api
  • 3 buah tahu putih ukuran sedang… potong korek api
  • 1 bungkus sedang krupuk rambak siap makan
  • 1 sachet kecil santan kara
  • 2 ruas lengkuas… digeprek
  • 1 buah serai… digeprek
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis
  • Air matang secukupnya atau air kaldu
  • Garam
  • Gula
  • bumbu halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 biji kemiri yg sudah disangrai atau digoreng
  • 3 buah cabe keriting

Cara Membuat Rambak Kerupuk Udang Balado:

  1. Cuci bersih labu siam… goreng tahu setengah matang… sisihkan
  2. Panaskan minyak untuk menumis… tumis bumbu halus hingga harum… tambahkan lengkuas dan serai… masak dengan api sedang supaya ndak gampang gosong sampai harum.
  3. Masukkan air atau air kaldu secukupnya… tambahkan tahu, masak hingga mendidih
  4. Lalu masukkan labu siam, aduk rata… tambahkan air bila perlu atau selera berkuah banyak… masak hingga mendidih lagi.
  5. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasanya… matikan api kompor… masukkan santan kara, aduk rata hingga santan menyatu dengan air kuah
  6. Nyalakan lagi api kompor… masak lagi sambil diaduk hingga mendidih… masakan siap untuk disajikan.

Selamat mencoba!

The post Resep Rambak Kerupuk Udang Balado appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Seblak Kerupuk Ceker https://resepimasakan.net/resep-seblak-kerupuk-ceker/ Tue, 03 Sep 2019 09:54:02 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3852 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk seblak. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep  seblak kerupuk yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan […]

The post Resep Seblak Kerupuk Ceker appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk seblak. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep  seblak kerupuk yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

A.Pengertian Seblak

Hasil gambar untuk GAMBAR KERUPUK SEBLAK

Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

B.Manfaat Seblak

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

2.Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

3. Melancarkan Pernapasan

Jika anda mempunyai masalah dengan pernapasan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Menyembuhkan Infeksi

Infeksi bisa disebabkan salah satunya karena faktor terjangkitnya bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya dapat dilakukan dengan cara banyak mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang terdapat pada makanan ini dipercaya mampu menyembuhkan infeksi lebih cepat.

7. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan sakit kepala, amandel yang membengkak, nyeri otot dan juga batuk. Untuk meredakannya dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada pada seblak sangat efektif meredakan sakit tenggorokan.

8. Mengobati Diare

Pada umumnya, diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi seblak. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyembuhkan diare lebih cepat.

9. Melancarkan Haid

Jika anda sering mengalami proses haid atau menstruasi yang tidak lancar sebaiknya anda mulai rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan siklus haid atau mestruasi sehingga akan kembali normal seperti sebelumnya.

10. Mengurangi Stres

Stres disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu. Untuk mengurangi stres sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan rasa dan aroma yang ada pada seblak mampu mengurangi tingkat stres pada diri anda sehingga suasana hati anda akan lebih terkendali.

C.Resep Seblak Kerupuk

Hasil gambar untuk GAMBAR KERUPUK SEBLAK

Resep Seblak Kerupuk ceker

Bahan-bahan:

  • 1 ons kerupuk belang
  • Cabe bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • Penyedap rasa

Cara Membuat Kerupuk Seblak Ceker:

  1. Rendam makaroni pada air panas hingga kenyal dan setengah matang. Tiriskan.
  2. Uleg cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus.
  3. Tumis bumbu hingga aromanya harum lalu masukkan makaroni.
  4. Tambahkan garam dan gula. …
  5. Tunggu hingga air menguap habis.
  6. Tuang seblak makaroni pada piring saji yang telah disediakan.

Selamat mencoba.

The post Resep Seblak Kerupuk Ceker appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Pisang Goreng Nugget Makasar https://resepimasakan.net/resep-pisang-goreng-nugget-makasar/ Tue, 03 Sep 2019 09:41:03 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3849 Anda suka cemilan dari buah pisang? Kalau begitu, sama dong seperti saya. Buah pisang punya rasa manis alami dan tekstur lembut, sehingga mudah diolah jadi aneka kudapan atau pencuci mulut seperti pisang coklat, molen, dan pisang goreng. Intinya, pisang sangat fleksibel dibuat apapun dan bisa dinikmati kapanpun dimanapun! Ngomong-ngomong soal kudapan dari pisang, ada satu jajanan yang sedang hits sekarang ini, […]

The post Resep Pisang Goreng Nugget Makasar appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Anda suka cemilan dari buah pisang? Kalau begitu, sama dong seperti saya. Buah pisang punya rasa manis alami dan tekstur lembut, sehingga mudah diolah jadi aneka kudapan atau pencuci mulut seperti pisang coklat, molen, dan pisang goreng. Intinya, pisang sangat fleksibel dibuat apapun dan bisa dinikmati kapanpun dimanapun! Ngomong-ngomong soal kudapan dari pisang, ada satu jajanan yang sedang hits sekarang ini, yaitu nugget pisang. Dari namanya, kita bisa menebak kalau olahan pisang ini berbentuk seperti nugget tapi memakai pisang sebagai isiannya yaitu resep pisang goreng nugget. Padahal, nugget lebih identik dengan olahan daging ayam, sapi, atau seafood. Hmm, penasaran kan?

A.Pengertian Pisang Goreng Nugget

Hasil gambar untuk gambar nugget pisang

Nugget pisang adalah salah satu jajanan ikonik dari Makassar. Kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, pisang yang satu ini digoreng dengan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah di luar. Namun jangan tertukar dengan pisang pasir lho, karena nugget pisang umumnya memakai pisang raja dan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

B.Manfaat Pisang Goreng Nugget

Mau Buat Pisang Goreng atau <i>Cake</i>? Ini 5 Jenis Pisang yang Cocok

1). Mengobati Penyakit Lambung (Maag)

Terdapat mitos bahwa kandungan pada buah pisang dapat meningkatkan asam lambung dan gas lambung, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Padahal, kandungan dari buah pisang ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda dapat mengonsumsinya ketika nyeri perut karena maag anda kambuh. Konsumsilah buah pisang tersebut seperti seakan-akan obat lambung anda. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

2). Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium pada satu buah pisang seperti yang telah diketahui di atas, sangatlah tinggi jumlahnya. Kandungan kalium ternyata sangatlah bermanfaat untuk membantu kerja ginjal. Sehingga, konsumsi rutin buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

3). Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan fruktosa dengan berindeks glikemiks yang rendah. Kandungan jenis gula ini tentu sangat bagus, membuat buah pisang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya juga dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah pisang pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah buah pisang sebagai bagian dari program diet anda.

4). Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah pisang berupa potassium dan serat dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem peredaran darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah pisang ditemukan sangatlah kecil jumlahnya. Manfaat buah pisang dalam menjaga kesehatan jantung pun dapat terjaga.

5). Mengurangi Sakit yang dirasakan Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, salah satu jenis buah pisang diketahui mampu mengobati sakit diabetes. Pisang ini dikenal dengan nama pisang goroho, dari makassar. Oleh karena itu, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

6). Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam bidang kecantikan, manfaat buah pisang salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan buah pisang yang kaya akan vitamin membuatnya mampu menutrisi kulit wajah dan mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah buah pisang dengan ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada wajah. Bersihkan tempelan pisang pada wajah yang berjerawat setelah setengah jam penggunaan. Ulangi penggunaan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Resep Pisang Goreng Nugget Makasar

Bahan-bahan:

  1. 7 buah pisang matang boleh pisang apa saja klu aku pisang kapok
  2. 2 butir telur
  3. 1 saset susu dancow
  4. 5 sdm gula pasir bisa di kurangi
  5. 3 sdm tepung terigu
  6. 1/2 vanili bubuk
  7. bahan pelapis
  8. 2 butir kocok lepas
  9. secukupnya tepung roti
  10. toping
  11. keju,skm,coklat ceres

Langkah Resep Pisang Goreng Nugget Makasar:

  1. 1.Haluskan pisang masukan telur

    2.Trus masukan tepung terigu,susu bubuk,gula pasir dan vanili bubuk

  2. 3.Tuang loyang yg sdh di olesi minyak lalu kukus selama 30 menit

  3. 4.Ini fress baru matang dari kukusan

  4. 5.Potong sesuai selera saja ya..

  5. 6.Kocok lepas telur balurkan

  6. 7.Lalu ke tepung roti abaikan tangannya ya? maklum udah ga waktu gadis

  7. 8.Lakukan hingga habis lalu simpan dlm frezzer selama 30 menit ini bisa juga untuk frozzen food

  8. 9.Tadi aku goreng hanya beberapa saja buat keperluan foto besok baru di goreng semuanya karna besok mau berkunjung ke saudara jd mesti bawa oleh2

    10.Narsis lagi tdi mau ganti gaya plating cuma nanti piring kotor bakal numpu

    Selamat mencoba!

The post Resep Pisang Goreng Nugget Makasar appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Cara Membuat Keripik Singkong Biasa https://resepimasakan.net/cara-membuat-keripik-singkong-biasa/ Tue, 03 Sep 2019 09:31:02 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3846 Siapa yang tidak suka dengan keripik singkong . Keripik gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika sedang minum kopi,susu dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep keripik singkong  yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan- bahan yang mudah didapatkan. Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta merupakan tumbuhan jenis umbi […]

The post Cara Membuat Keripik Singkong Biasa appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan keripik singkong . Keripik gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika sedang minum kopi,susu dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep keripik singkong  yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan- bahan yang mudah didapatkan.

Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta merupakan tumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Pengertian Singkong

Hasil gambar untuk pengertian singkong

Singkong  adalah singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per pohon. Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tetapi tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa atau yang terus menerus sering tergenang air.Singkong juga dapat dibuat keripik singkong.
Dengan pertumbuhan yang normal, pohon singkong gajah dapat mencapai tinggi 4 sampai dengan 5 meter. Ditemukan oleh Professor Ristono, guru besar Universitas Mulawarman, pada tahun 2006.
 lalu dikembangkan pada tahun 2008. Produksi rata-rata Singkong Gajah segar jenis ini per hektar adalah 120 ton, Umur tanaman 10 bulan sudah dapat dipanen.

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

1.Singkong Manggu

Adalah singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

2.Singkong Menterga atau Singkong Kuning

Dapat  disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya. Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya lebih enak dan manis.

3.Singkong Gajah

Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm.

4.Singkong Putih

Memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong.

5.Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

6.Singkong Emas

Merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Klasifikasi Tanaman singkong

Klasifikasi tanaman singkong adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan
Divisi : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji
Sub Divisi: Angiospermae atau berbiji tertutup
Kelas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Manihot
Spesies : Manihot utilissima Pohl.; Manihot esculenta Crantz sin.
Tumbuhan singkong (Manihot esculenta) merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat alternative selain sebagai sayuran atau makanan yaitu sebagai yaitu obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, bisul, dan bisa meningkatkan stamina.
Sumber artikel diatas dari Dunia Tumbuhan

Kandungan Singkong dan Daun Singkong

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.
Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
Karena kandungannya itulah tanaman singkong sejak zaman dahulu dijadikan sebagai tanaman obat alternatif untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Cara Membuat Keripik Singkong Biasa

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • Garam
  • Bumbu:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 21 cabai merah keriting
  • 11 cabai setan/rawit
  • 10 sdm gula pasir
  • Secukupnya garam dan minyak goreng
  • Sedikit air

Langkah Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis:

  1. Kupas singkong lalu potong potong tipis lakukan hingga habis cuci hingga bersih lalu rendam dengan air dan garam selama setengah jam setelah itu cuci kembali dan beri air jika mau menggoreng tiriskan singkong goreng menggunakan minyak panas api sedang hingga matang renyah lalu angkat tiriskan lakukan hingga habis taruh di atas tisu atau kertas agar menyerap minyak sisihkan.
  2. Haluskan blender semua bumbu kecuali garam dan gula beri sedikit air.
  3. Tumis hingga harum lalu beri garam dan gula pasir tes rasa masak hingga kental sisihkan tunggu hingga dingin lalu masukkan kripik yang sudah digoreng aduk hingga tercampur rata lalu simpan dalam toples atau wadah kedap udara siap dinikmati.

Selamat Mencoba.

The post Cara Membuat Keripik Singkong Biasa appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Kerupuk Ikan Tamban https://resepimasakan.net/resep-kerupuk-ikan-tamban/ Tue, 03 Sep 2019 09:23:59 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3843 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk ikan. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk ikan yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. A.Pengertian Ikan Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)  yang hidup […]

The post Resep Kerupuk Ikan Tamban appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk ikan. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk ikan yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

A.Pengertian Ikan

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)  yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan                 ( Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), juku

B.Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi di Indonesia

7 Jenis Ikan yang Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, Gurihnya Nagih!

1. Kakap

Ikan laut khas Kepulauan Riau ini begitu populer di kalangan pecinta seafood. Kakap sendiri mempunyai banyak jenis, seperti merah dan putih. Harganya pun bervariasi tergantung kondisi cuaca dan musimnya, biasanya dibanderol antara Rp60-80 ribu per kilogram.

Banyak cara untuk mengolah kakap, biasanya diolah menjadi kakap asam manis, kakap bumbu kuning, gulai, dan sebagainya. Kakap ini sangat baik untuk tubuh, karena mengandung selenium tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.

2. Tenggiri

Pasti sudah gak asing lagi dengan ikan satu ini. Tenggiri yang hidup di laut dangkal ini termasuk karnivora yang senang memakan kumpulan ikan kecil. Ikan ini pun masih satu kerabat dengan tuna dan tongkol dengan bentuk memanjang dan

3. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Harganya cukup mahal mengingat dagingnya yang sangat lezat, apalagi untuk sushi atau sashimi. Di pasaran harganya dibanderol sekitar Rp80-120 ribu per kilo, tergantung jenisnya.

Ikan ini  sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Dagingnya juga mengandung lemak yang rendah, sehingga tidak membahayakan jantung. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan ya, kita dianjurkan mengonsumsi ikan tuna sebanyak 170 gram dalam sepekan.

4. Salmon

Dibandingkan tuna, salmon menjadi pilihan terbaik kalau mau dimakan langsung. Harganya pun terpaut jauh, yakni sekitar Rp300 ribuan per kilo. Gak heran, karena salmon memiliki rasa daging yang manis, kenyal, dan lembut.

Hebatnya lagi, salmon memiliki banyak manfaat, lho! Beberapa di antaranya seperti sumber lemak sehat, menurunkan tekanan darah, sumber vitamin, antiinflamasi, pelumas sendi, dan sebagainya. Kamu termasuk pecinta salmon gak, nih?

5. Lele

Beralih ke ikan air tawar, ada lele yang bertubuh licin dan memiliki kumis. Ikan ini begitu populer di Indonesia. Olahan yang paling favorit adalah pecel lele. Dagingnya yang lembut dan gurih sangat pas disajikan bersama sambal pedas.

Lele juga memiliki banyak manfaat, seperti sumber vitamin B-12, rendah merkuri, mengandung asam lemak sehat, serta rendah kalori dan lemak.

6. Gurami

Gurami menjadi salah satu menu wajib di rumah makan seafood. Ikan ini menjadi pilihan ekonomis jika kakap dirasa terlalu mahal. Meski lebih murah, rasanya tak kalah lezat, dagingnya padat, rasanya enak, dan gurih.

Biasanya orang Indonesia suka mengonsumsinya dalam bentuk gurami goreng, bakar, asam manis, atau semacamnya. Kalau kamu sendiri lebih suka olahan gurami seperti apa?

7. Wader

Terakhir ada ikan mungil yang sering ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, dan waduk. Wader cukup populer di Indonesia, terutama Jawa. Biasanya wader dikonsumsi dengan cara diberi sedikit tepung, lalu digoreng.

Resep Kerupuk Ikan Tamban:

Bahan-bahan:

  • 1/2 ikan tongkol
  • 13 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt soda kue
  • Telur
  • 1 butir kuning telur

Cara Membuat Kerupuk Tamban:

  1. Blender ikan tongkol (dagingnya aja ya jgn pk kulit apalagi durinya hehe). Kemudian kocok telur dan kuning telur.
  2. Lalu campurkan bumbu k dalam telur, aduk hingga rata kemudian masukan ikan yg sudah d blendeer, lalu beri soda kue dan tepung sagu dikit demi sedikit, aduk hingga kalis\
  3. Kemudian bentuk sekecil mungkin, krn klo d goreng dy akan mengembang. Klo bisa segitu d kecilin lagi ya supaya dalamnya juga matang sehingga bisa kriukk
  4. Cara menggoreng : rendam minyak yg belum panas, kemudian baru nyalakan api kecil saja, sambil d aduk2 terus ya biar mengembang dan matang merata sehingga bisa kriuk

 

The post Resep Kerupuk Ikan Tamban appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Kerupuk Tepung Beras Untuk Dijual https://resepimasakan.net/resep-kerupuk-tepung-beras-untuk-dijual/ Tue, 03 Sep 2019 09:15:44 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3840 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk terigu. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk terigu yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks […]

The post Resep Kerupuk Tepung Beras Untuk Dijual appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk terigu. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk terigu yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten, yang berperan dalam menentukan kekenyalan makanan yang terbuat dari bahan terigu.

A.Pengertian Tepung Terigu

Hasil gambar untuk GAMBAR TERIGU

Tepung terigu adalah tepung atau bubuk halus yang berasal dari bulir gandum, dan digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mi dan roti. Kata terigu dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Portugis, trigo, yang berarti “gandum”.

B.Cara Membuat Tepung Terigu

1. Pertama Seleksi Gandum

Pada tahapan-tahapan awalnya yaitu adalah proses seleksi gandum yang layak, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas.

2. Kedua Pembersihan

Proses kedua dalam cara membuat tepung terigu yaitu pembersihan harus dilakukan setelah gandum sudah di seleksi karena gandum yang baru dipanen tentunya masih kotor dan bercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya.

3. Gristing

Proses ketiga dalam cara membuat tepung terigu ialah, Gristing adalah proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Pada bagian tahapan ini itu, bertujuan untuk memperoleh kandungan-kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan kita.

4. Penggilingan

Tahapan ke empat dari cara membuat tepung terigu adalah proses penggilingan atau bisa disebut dengan milling. Dalam hal ini ada 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama adalah gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan agar kulit arinya bisa terpisah dengan bagian dalam nya yang berwarna putih, kemudian anda akan mendapatkan bagian inti gandum nya.

5. Pengemasan

Setelah gandum tadi di giling dan sudah berubah bentuk menjadi tepung, maka tahapan selanjutnya adalah pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu yang ada.

C.Jenis Tepung Terigu

Setelah melihat cara membuat tepung terigu selanjutnya yaitu kita harus mengenali 3 Jenis dari Tepung Terigu.

1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah merupakan jenis tepung terigu yang memiliki protein paling rendah. Kadar protein yang terkandung di dalamnya berkisar 6% sampai dengan 8%. Dibandingkan dengan tepung terigu lainnya, kadar gluten yang terkandung di dalamnya paling rendah.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Berbeda dengan tepung terigu protein sedang memiliki kadar protein berkisar 8% sampai dengan 11%. Tepung terigu ini biasa disebut tepung terigu serbaguna atau all-purpose flour. Ini karena penggunaannya yang fleksibel.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu ini memiliki kandungan protein yang paling tinggi, 11% sampai dengan 13%. Otomatis, kandungan glutennya pun paling tinggi. Oleh karena itu, cocok sekali untuk membuat adonan yang memerlukan tingkat elastisitas dan kekenyalan yang tinggi.

4. Tepung Self-Rising

Tepung self-rising merupakan tepung yang sudah diberikan pengembang dan garam. Sehingga ketika membuat adonan, kita tidak perlu lagi untuk menambahkan pengembang.

5. Tepung Gandum Utuh

Dalam tepung gandum utuh biasanya juga disebut dengan Whole-Meal Flour atau Whole-Wheat Flour. Tepung ini dibuat dengan menggiling biji gandum utuh, tanpa menghilangkan kulitnya. Sehingga tepung ini berwarna agak kecoklatan dan berstektur agak kasar.

6. Tepung Gluten Free

Tepung gluten free biasanya digunakan untuk pengganti tepung yang mengandung gluten yang bertingkat sesuai dengan kandungan proteinnya. Terbuat dari tepung yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian dan pati.

D.Kandungan Gizi Tepung Terigu

Hasil gambar untuk GAMBAR TERIGU

Setelah kita mengetahui cara membuat tepung terigu dan jenis dari tepung terigu yang ternyata tidak hanya satu tetapi juga ada 3 jenis dari tepung terigu. Berikut kandungan nutrisi/gizi dari tepung terigu.

  • Banyaknya Tepung Terigu yang menjadi bahan teliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian dalam Tepung Terigu yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi dalam Tepung Terigu = 365 kkal
  • Kandungan Protein dalam Tepung Terigu = 8,9 grr
  •  Karbohidrat dalam Tepung Terigu = 77,3 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium dalam Tepung Terigu = 16 mg
  • Kandungan Fosfor dalam Tepung Terigu = 106 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi dalam Tepung Terigu = 1 mg
  • Kandungan Vitamin A dalam Tepung Terigu = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 dalam Tepung Terigu = 0,12 mg
  • Kandungan Vitamin C dalam Tepung Terigu = 0 mg
  • Khasiat / Manfaat dari Tepung Terigu : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan :

Resep Kerupuk Tepung Beras Untuk Dijual

1.Cara Membuat Kerupuk Terigu Sangrai Pasir Sambal

Bahan-bahan:

  • 3 sendok Terigu biasa
  • 5 buah Cabe rawit merah dan hijau masing”
  • 2 bungkus Merica bubuk saset
  • 1/2 siung Bawang putih
  • 3 butir Bawang merah
  • 3 gelas Air
  • sesuai selera Garam,micin
  • Minyak untuk menumis bumbu
  • Bawang goreng/dari 7 siung bawang merah untuk toping

Cara Membuat Kerupuk Terigu Sangrai Pasir Sambal

  1. Haluskan bawang,merah,cabe,dan bawang putih
  2. Siapkan wajan panas beri minyak untuk menumis bumbu,tumis bumbu setengah matang,masukan air sedikit demi sedikit
  3. Jika telah mendidih masukan garam micin terigu sambil di aduk hingga mengental terakhir buburi merica bubuk aduk rata terakhir taburi bawang goreng,jadi deh selamat mencoba

2.Resep Kerupuk Terigu Ikan

Bahan-bahan:

  • 350 gr daging ikan giling (tenggiri/mayung)
  • 700 gr tepung kanji
  • 4 sdm tepung terigu
  • 250 ml air biasa
  • 300-400 ml air es
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • Berica
  • Baking soda
  • 4 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur/penyedap rasa

Cara Membuat Kerupuk Terigu Ikan:

  1. Buat biang terlebih dahulu: campur tepung terigu dengan 250ml air. Aduk rata. Masak dengan api kecil hingga mengental. Sisihkan
  2. Campur daging ikan dengan bawang putih, merica, garam, penyedap rasa dan baking soda. Masukkan adonan biang, aduk hingga rata.
  3. Tambahkan tepung kanji, aduk rata. Lalu tambahkan air es sedikit-sedikit. Aduk hingga kalis. Banyak nya penggunaan air es, tergantung kadar air pada ikan.
  4. Jika sudah kalis, bentuk adonan bulat memanjang seperti lenjer tapi agak besar.
  5. Masak air dalam panci hingga mendidih. Masukkan lenjer, rebus hingga mengapung dan besar adonan menjadi 2x lipat. Untuk mengecek kematangan, potong lenjer jadi 2, jika bagian tengahnya sudah tidak ada putih2 tandanya sudah matang.
  6. Simpan dalam kulkas semalaman +/-12 jam. Lalu iris tipis dan jemur 2-3hari tergantung cuaca. Jadinya banyak, hampir sekilo.

Selamat mencoba!

The post Resep Kerupuk Tepung Beras Untuk Dijual appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Resep Keripik Bawang Untuk Jualan https://resepimasakan.net/resep-keripik-bawang-untuk-jualan/ Tue, 03 Sep 2019 09:08:54 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3837 Siapa yang tidak suka dengan kerupuk bawang. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk bawang yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan. Tahukan anda apa itu bawang, barang (Allium cepa […]

The post Resep Keripik Bawang Untuk Jualan appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Siapa yang tidak suka dengan kerupuk bawang. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk bawang yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Tahukan anda apa itu bawang, barang (Allium cepa var ascalonicum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utara, dan kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis

Pengertian Bawang

Bawang Putih (garlic), gambar: www.iefimerida.gr

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.Simaklah artikel ini saya akan membuat resep kerupuk bawang.

Jenis Bawang  yang Mungkin Diantaranya Belum Kita Ketahui.

1. Shallot ( di Indonesia dikenal Bawang Merah)

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Karakteristik Bawang Merah:

  • Penampakan Shallot: Bawang Merah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. bawang merah barat, berukuran kecil, ramping dan ringan dengan kulit tipis berwarna merah muda-jingga dan daging berwarna keunguan. Untuk bawang merah di Asia, ukurannya lebih kecil dari bawang merah barat atau sangat kecil dan dagingnya berwarna ungu gelap.
  • Rasanya: lebih ringan dalam rasa dari Red Onion, tapi lebih tegas dari Bawang Bombai, dengan sedikit rasa bawang putih.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Menggunakan: Iris tipis dan goreng untuk taburan bumbu masak, mie, kari, bubur, atau goreng telu dan lainnya.

2. Red Onion

Red Onion atau dikenal sebagai Bawang Merah besar ini memiliki ukuran lebih besar dari bawang merah/shallot, dan memiliki daging tebal layaknya bawang bombai. Bahkan bawang merah besar ini memiliki aroma paling tajam dibanding bawang jenis lain dan memili rasa pedas.

Karakteristik Bawang Merah Besar:

  • Penampakan Red Onion: Bentuknya seukuran bola golf hingga softball (bola kasti), dengan daging merah marun terang dan merah, kulit tipis gelap.
  • Rasa: Tegas dan pedas ketika mentah, dan masih terasa kuat, tapi manis, ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Biasanya digunakan sebagai topping burger atau salad pizza.

3. Bawang Bombai (Yellow Onion)

Adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal dan memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Karakteristik Bawang Bombai:

  • Penampakan Yellow Onion: Bentuknya seukuran bola golf, dengan daging kuning muda dan keemasan, serta memiliki kulit tipis.
  • Rasa: Tegas ketika mentah, sangat manis ketika dimasak.
  • Ketersediaan: Bawang Bombai tersedia sepanjang tahun
  • Cara Memanfaatkannya: Bawang kuning/Bombai ideal untuk memasak sup, semur dan rebus.

Resep Keripik Bawang Untuk Jualan:

Hasil gambar untuk gambar kerupuk bawang

1.Resep Kerupuk Bawang Seblak Kering 

Bahan-bahan:

  • 300 gr krupuk bawang Finna (5 bungkus @60gr)
  • 1/2 liter minyak goreng
  • Bumbu tabur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 siung kencur (bisa ditambah karna aku kurang suka kencur)
  • Bubuk bawang putih (bisa goreng sendiri ya)
  • 1/2 sdm bumbu penyedap (masako)
  • 2 bungkus boncabe lvl 15

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk bawang:

  1. Rendam krupuk selama 1 jam dg minyak goreng, krupuk bener2 terendam ya bun (kalo mau lebih lama merendamnya jg bisa)
  2. Siapkan bumbu Tabur, iris tipis kencur dan daun jeruk lalu digoreng sampai kering
  3. Tumbuk daun jeruk dan kencur yg sudah digoreng ke dalam plastik (aku pake plastik es batu) setelah halus campurkan semua bahan bumbu tabur diplastik
  4. Setelah 1 jam perendaman, goreng krupuk dg api sedang di osreng2 jangan sampe gosong
  5. Tiriskan lalu masukkan ke wadah dan campurkan dg bumbu tabur.

Selamat Mencoba.

The post Resep Keripik Bawang Untuk Jualan appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Cara Membuat Makaroni Cikruh https://resepimasakan.net/cara-membuat-makaroni-cikruh/ Tue, 03 Sep 2019 08:58:27 +0000 https://resepimasakan.net/?p=3833 Libur panjang bisa jadi waktu yang tepat untuk bereksperimen di dapur. Ajak keluarga atau teman-teman kamu untuk membuat camilan makaroni lezat yang bisa menemani waktu luang kalian bersama. Yuk, simak  rekomendasi kudapan cara membuat makaroni cikruh yang enak dan mudah dibuat. A.Pengertian Makaroni Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow. Dan diolah dengan saus […]

The post Cara Membuat Makaroni Cikruh appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>
Libur panjang bisa jadi waktu yang tepat untuk bereksperimen di dapur. Ajak keluarga atau teman-teman kamu untuk membuat camilan makaroni lezat yang bisa menemani waktu luang kalian bersama. Yuk, simak  rekomendasi kudapan cara membuat makaroni cikruh yang enak dan mudah dibuat.

A.Pengertian Makaroni

Hasil gambar untuk makaroni

Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow. Dan diolah dengan saus krim dan kacang polong. Makanan ini dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera.

B.Kandungan Gizi

Makaroni
Jumlah Per
Kalori (kcal) 371
Jumlah Lemak 1,5 g
Lemak jenuh 0,3 g
Tak jenuh ganda 0,6 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 223 mg
Jumlah Karbohidrat 75 g
Serat pangan 3,2 g
Gula 2,7 g
Protein 13 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 21 mg Zat besi 1,3 mg
Vitamin B6 0,1 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 53 mg

C.Analisa Usaha Makaroni 

Asumsi

  • Lamanya penggunaan pada mesin pengaduk hexagonal selama waktu 6 tahun.
  •  kompor serta tabung gas selama waktu 5 tahun.
  • Wajan selama waktu 4 tahun.
  • Penggoreng selama waktu 3 tahun.
  • Wadah selama waktu 3 tahun.
  • Lap selama waktu 1 tahun.
  • Mesin spinner selama waktu 3 tahun.
  • Pada mesin hand sealer selama waktu 4 tahun.
  • Meja dan kursi selama waktu 5 tahun.
  • Peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan Harga 
 Mesin pengaduk hexagonal  Rp. 5,000,000
 Kompor dan gas  Rp. 400,000
 Wajan  Rp. 100,000
 Penggoreng  Rp. 70,000
 Wadah  Rp. 60,000
 Lap  Rp. 50,000
 Mesin spinner  Rp. 2,000,000
 Mesin hand sealer  Rp. 1,500,000
 Meja dan Kursi  Rp. 500,000
 Peralatan tambahan  Rp. 100,000
 Jumlah Investasi  Rp. 9,770,000

 

Biaya Operasional per Bulan
Mesin pengaduk hexagonal 1/30 x Rp. 5.000.000  Rp. 166,667
 Kompor dan gas 1/30 x Rp. 400.000  Rp. 13,333
Wajan 1/30 x Rp. 100.000  Rp. 3,333
Penggoreng 1/30 x Rp. 70.000  Rp. 2,333
 Wadah 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,67
Lap 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Mesin spinner 1/30 x Rp. 2.000.000  Rp. 66,667
Hand sealer 1/30 x Rp. 1.500.000  Rp. 50,000
 Meja dan kursi 1/30 x Rp. 500.000  Rp. 16,667
Plat tambahan 1/30 x Rp. 100.000  Rp. 3,333
 Total Biaya Tetap  Rp. 325,667

 

Biaya Variabel
 Makaroni  Rp. 200,000  x  30  =  Rp. 6,000,000
 Minyak goreng  Rp. 70,000  x  30  =  Rp. 2,100,000
 Bubuk cabe  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Penyedap rasa  Rp. 60,000  x  30  =  Rp. 2,500,000
 Gas LPG  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Listrik  Rp. 15,000  x  30  =  Rp. 450,000
 Biaya Variabel  Rp. 13,050,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 13,375,667

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
600  Bungkus  x Rp. 1,000  =  Rp. 600,000
Rp. 600,000  x 30  hr  =  Rp. 18,000,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    18,000,000  – 13,375,667  =  Rp. 4,624,333

 

Lama Balik Modal
 Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 9,770,000  : 4,624,333  = 2  bln

D.Jenis-jenis Makaroni

  • Fusilli.
  • Ravioli.
  • Alphabet pasta.
  • Angel hair.
  • Cavatappi.
  • Conchiglie.
  • Farfalle.
  • Spaghetti.
  • Elbo macaroni
  • Bucatini.

E.Cara Membuat Makaroni Cikruh

Bahan-bahan:

  • Makaroni kriuk
  • Minyak (untuk menggoreng)
  • Penyedap (opsional, saya pakai masako sapi)
  • Cabai bubuk (merk antaka)

Langkah Cara Membuat Makaroni Cikruh:

  1. 1.Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil tapi jangan sampai terlalu panas

  2. 2.Goreng makaroni sebentar saja sampai terlihat sedikit meletup (karena kalo lama bisa mengembang dan jd kaya kerupuk

  3. 3.Angkat, biarkan minyak dari penggorengan terbawa. campurkan bumbu penyedap dan cabai bubuk sesuai selera.

    F.Peluang Usaha Makaroni

    cara membuat kerupuk udang

    Camilan yang satu ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Cita rasanya yang pedas dan renyah membuat masyarakat ketagihan dengan cita rasa makaroni pedas.

    Bagi anda yang ingin bisnis makaroni yang Anda jalankan bisa lebih unggul dari pembisnis makaroni lainnya sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini.

    1.Memperhatikan Proses Penggorengan

    Proses penggorengan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dalam melakukan proses penggorengan Anda harus bisa menggoreng makaroni hingga matang dan jangan sampai gosong ataupun masih kurang matang. Jika kurang matang akan membuat makaroni yang dihasilkan kurang reyah dan tahan lama. Namun jika makaroni yang digoreng terlalu gosong akan menimbulkan rasa pahit. Untuk itu Anda harus menggoreng makaroni dengan tepat.

    2.Pencampuran Bumbu

    Setelah makaroni digoreng dan tiriskan proses selanjutnya adalah pencampuran bumbu.Proses pencampuran bumbu usahakan untuk tercampur rata. Pencampuran bumbu bisa dilakukan dengan cara manual namun jika kapasitas makaroni yang diproduksi dalam jumlah besar sebaiknya dibantu dengan penggunaan mesin usaha.

    3.Memperhatikan Pengemasan

    Perhatikan kemasan makaroni yang Anda produksi sebelum memulai memasarkannya. Usahakan kemasan rapi dan menarik Kemasan juga harus rapat supaya menjaga kualitas makaroni tetap renyah dalam jangka waktu yang lama.

    Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan anda wajib coba di rumah.

The post Cara Membuat Makaroni Cikruh appeared first on Resep Masakan Nusantara.

]]>