Manfaat dan Cara Membuat Bawang Putih Goreng

Bawang putih goreng sangat terkenal tidak hanya untuk menambah cita rasa makanan saja, tetapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan manfaat bawang putih goreng sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Sejumlah penelitian telah mengaitkan konsumsi banyak bawang putih goreng dengan menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlancar peredaran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bawang Goreng Putih

Manfaat

Menurunkan Kolesterol

Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan bahwa makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) per hari menghasilkan penurunan kolesterol yang cukup drastis dalam waktu dua bulan.

Temuan ini juga diperkuat oleh berbagai penelitian terbaru. Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada 2016. Tim peneliti dari India awalnya meminta 50 orang dengan kolesterol tinggi untuk rutin mengonsumsi 3 gram bawang putih mentah sekali dalam sehari. Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh partisipan mengalami penurunan kolesterol yang signifikan, yaitu sekitar 10-13 persen.

Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin pada bawang putih. Uniknya, allicin hanya akan dihasilkan bawang putih bila siung dipotong, dihancurkan (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

Kontrol Tekanan Darah

Jika Anda termasuk orang yang berisiko atau pernah didiagnosis hipertensi, menjaga pola makan yang sehat menjadi salah satu kunci untuk tetap sehat. Nah dari sekian banyak makanan sehat yang tersedia, bawang putih bisa menjadi andalan Anda.

Iya! Manfaat potensial bawang putih untuk menurunkan tekanan darah telah lama diketahui sebanding dengan obat hipertensi generik. Sebuah studi dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah mengonsumsi bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol.

Sekali lagi, manfaat ini berasal dari kandungan allicin yang hanya bisa didapatkan jika siung bawang putih mentah dikunyah, dihaluskan, atau dicincang. Cara ini membuat allicin lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh.

Selain itu bawang putih juga mengandung polisulfida yang berfungsi memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Jantung yang Sehat

Kabar baiknya, bawang putih juga berpotensi baik untuk mencegah risiko penyakit jantung. Bawang putih telah dikenal sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang pada gilirannya mengurangi risiko aterosklerosis.

Uniknya, manfaat yang paling konsisten ditunjukkan oleh ekstrak dari bawang putih kering (bawang putih tua). Merangkum sejumlah penelitian, ekstrak bawang putih tua mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Penelitian dari Journal of Nutrition menggunakan bawang putih tua juga menunjukkan efek penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif di arteri koroner. Endapan kalsium di arteri koroner merupakan tanda penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Sedangkan protein C-reaktif merupakan protein khusus yang memicu terjadinya peradangan.

Kedua kondisi di atas kemudian memicu terjadinya aterosklerosis. Saat aterosklerosis terjadi, Anda lebih rentan terhadap serangan jantung atau stroke.

Menurunkan Resiko Kanker

Khasiat bawang putih telah dikenal selama berabad-abad.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi bawang putih secara teratur dan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Diantaranya adalah kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker esofagus, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Bawang putih mentah kaya akan kandungan belerang aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya di dalam tubuh.

Cara Membuat Bawang Goreng Putih

Bahan :

  • 150 gram bawang putih
  • 1/3 sendok teh garam
  • 1/3 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh tepung maizena

Cara Membuat Bawang Putih Goreng :

  1. Kupas bawang putih, lalu iris tipis-tipis.
  2. Campur bawang putih bersama garam, baking soda, dan tepung maizena.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, kemudian bawang dengan api kecil.
  4. Angkat dari penggorengan jika bawang goreng hingga sudah menguning. Jangan tunggu sampai warna bawang goreng berubah kecoklatan.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan jangan lupa untuk membeli mesin untuk usaha anda di GrosirMesin disana juga mempunya barang untuk membuat usaha anda bagus.