Cara Menjadi Orang Sukses di Masa Depan

Cara menjadi orang sukses di masa depan memanglah butuh usaha yang tidak bisa datang bak seperti sulap dan secepat kilat. Ada proses dan perjuangan yang keras untuk meraihnya.
 Kamu tak perlu takut dan pantang untuk menyerah mengejar kesuksesan. Nah, bagi anda yang ingin sukses dalam berkarir, inilah rahasia yang mungkin bisa untuk anda terapkan.

Dunia saat ini telah menjadi begitu kompetitif, oleh sebab  itu, Anda harus berusaha lebih untuk meraih keberhasilan dengan mengamalkan cara menjadi orang sukses.

Meskipun saat ini Anda sudah memiliki karier, tetapi jika Anda tidak berupaya untuk mempertahankannya, bisa jadi Anda akan terkalahkan oleh orang yang berusaha lebih gigih dari Anda.

Tips Untuk Maju Anda Dalam Karier

10 tips untuk maju Anda dalam karier

1. Prioritas dan tujuan

Apa yang menjadi prioritas Anda hari ini? Untuk mengetahui cara menjadi orang sukses kita memerlukan skala prioritas. Caranya sederhana, membuat daftar dan prioritas sehari-hari. Dengan demikian, Anda dapat melalukan hal yang terpenting terlebih dulu, kemudian baru menuntaskan hal yang tidak begitu mendesak.

Demikian juga, skala prioritas dilakukan untuk menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta mengevaluasi kemajuan Anda.Cara menjadi orang sukses sangatlah dianjurkan.

2. Fokus

Dalam mengerjakan tugas, hadirkan diri Anda secara fisik dan mental. Cobalah untuk memblokir semua gangguan sehingga Anda memiliki waktu untuk benar-benar fokus pada tugas dan karier Anda.

3. Memperluas keterampilan

Segala sesuatu terus berubah, termasuk persyaratan dan kualifikasi pekerjaan. Oleh karenanya, penting untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda. Banyak cara sederhana yang dapat Anda lalukan seperti, menghadiri seminar, konferensi, membaca buku, dan lain sebagainya.

4. Rajin bersosialisasi

Untuk mengamalkan cara menjadi orang sukses, kita harus siap untuk berpartisipasi dalam masyarakat sosial. Dengan cara ini , maka akan terbuka jalan untuk mendapatkan kenalan baru. Jadilah pendengar yang aktif, maka Anda pasti akan belajar sesuatu yang baru.

5. Kenali diri

Kenali diri Anda, termasuk kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki. Jika Anda berpikir layak untuk dapat peningkatan posisi atau promosi, maka utarakan hal tersebut dengan segala alasan yang masuk akal.

6. Menerima tantangan

Melalui tantangan, Anda dapat meningkatkan kemampuan yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Tantangan adalah ide terbaik untuk melangkah menjauh dari zona kenyamanan lalu menjelajahi cakrawala baru.

Jika Anda menetap dalam rutinitas dan bermain aman sepanjang waktu, Anda tidak akan pernah maju dalam karier Anda. Jika Anda selalu melakukan apa yang menjadi rutinitas Anda, maka yang Anda dapatkan hanyalah apa yang Anda miliki saat ini.

7. Komunikasi

Belajarlah untuk berkomunikasi secara efektif dalam meraih sukses. Komunikasi efektif, akan berhasil jika Anda mau mendengarkan apa yang dikatakan orang, dan berfokus bagaimana untuk memberi dan menerima umpan balik yang konstruktif.

8. Hindari gosip

Hindari gosip kantor terutama tentang rekan kerja dan atasan Anda. Hormati setiap orang dan fokuslah bekerja untuk kepentingan perusahaan.

9. Santai

Sesekali, cobalah untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang berbeda, termasuk melakukan hobi yang Anda sukai. Ambillah waktu istirahat untuk diri sendiri. Upaya ini akan membantu meningkatkan produktivitas Anda ke depan.

10. Mencari kebahagiaan

Jika Anda kecewa dengan apa yang Anda lakukan, cobalah untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang Anda cintai. Jika Anda gagal, ide baiknya adalah untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Cara Ampuh Melawan Godaan Menunda Kerja

 

Hampir semua orang pernah merasa malas dan menunda tugas kantor, apalagi kalau deadline pekerjaan masih lama. Waktu luang yang dimiliki malah hanya dihabiskan untuk hal hal yang tidak berguna seperti bergosip dengan teman kerja, atau hanya bermain main di dunia maya.

Setelah terlena dan mengikuti hawa nafsu, di akhir hari Anda menemukan diri telah kehilangan waktu berharga. Memang, godaan untuk menunda nunda kerja sulit dihindari, tapi bukannya tak mungkin untuk dilawan.

  • Mengingat Tujuan Karir yang Lebih Besar

Salah satu hal yang dapat membuat kita menunda pekerjaan yaitu karena kesulitan. Kita tidak tahu harus memulai kerja dari mana. Sehingga kita membenarkan alasan bahwa butuh waktu untuk bersantai dulu, menenangkan pikiran demi mendapat inspirasi.

Sekarang, coba ubah pola pikir Anda dengan mengaitkan tugas yang sulit tersebut dengan hasil besar yang akan dicapai. Jika berhasil melampaui tantangan, Anda bisa saja mendapat promosi seperti yang diinginkan selama ini.

Dengan memasukkan energi positif ke dalam pekerjaan, maka Anda akan dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan bersemangat.

  • Mulai dengan yang Mudah

Kita sering memulai pekerjaan secara berurutan seperti yang diajarkan di buku panduan. Tapi, jika langkah pertama yang harus dilakukan adalah tugas sulit, maka kita akan merasa stres duluan dan menunda pekerjaan yang tersisa.

Anda bisa menyiasatinya dengan mengerjakan tugas paling mudah dari serangkaian pekerjaan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami perlawanan secara emosional dalam bekerja. Saat berhasil menyelesaikan tugas sedikit demi sedikit, Anda akan lebih bersemangat mengerjakan pekerjaan sulit berikutnya.

  • Memecah Pekerjaan Menjadi Tugas Kecil

Poin ini masih terkait dengan pembahasan sebelumnya. Jika memecah pekerjaan menjadi beberapa bagian, maka kita akan melihat beberapa tugas mudah yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

Anda bisa mengerjakan beberapa tugas ringan dan cepat terlebih dahulu. Sementara tugas sulit yang memerlukan konsentrasi penuh bisa dikerjakan di waktu berikutnya. Untuk mengerjakan pekerjaan yang menantang, pilih waktu di mana Anda merasa produktif.

  • Melawan Penyebab Gangguan Pekerjaan

Pada titik ini Anda telah tahu hal-hal apa yang akan mengganggu konsentrasi dan menunda pekerjaan anda.

Buat Anda yang gemar untuk mengobrol, biasanya dapat untuk teralihkan dengan sapaan teman kerja yang mengajak untuk bergosip. Sementara untuk Anda yang gemar untuk belanja, mudah untuk tergoda mengecek online shop tiap saat.

Buat Anda yang sering terganggu dengan ajakan gosip teman kantor, pasang earphone di telinga, sehingga orang lain menangkap sinyal “tidak bisa diganggu”. Sementara untuk pecinta belanja bisa mematikan jaringan internet di smartphone agar tidak tergoda mengecek situs belanja.

Menjadi orang sukses tenulah dambaan dan tujuan semua orang di dunia ini.Jika anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang cara menjadi orang sukses di masa depan bacalah artikel cara menjadi orang sukses.

Baca juga artikel menarik lain yang tak kalah bermanfaat cara belajar trading saham.Sekian semoga bermanfaat dan trimakasih.

Resep Tentang Cara Membuat Kue Akar Kelapa Manis yang Enak

Pada kesempatan hari ini saya akan menjelaskan tenang cara membuat kue akar kelapa manis yang gurih, nah berikut ulasan dan resep cara membuat kue akar kelapa nya guys, simak terus ya sob, semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Apa Itu Kue Akar Kelapa?

Siapa disini yang belum kenal kue akar kelapa, makanan yang muncul tahunan ini merupakan makanan legendaris orang betawi yang ada ketika hari raya idul fitri makannya dibilang makanan tahunan , Makanan ini sudah sangat legendaris sekali dan pelengkap makan kue ini adalah kopi item, teh manis anget. slurppp banget dah pokonya mah.

kue akar merupakan kue kering tradisional khas lebaran yang berasal dari Betawi dan sekitanya. Kue akar kelapa yang juga punya julukan kue akar serabut, kue akar pinang, kue kecipir, dan kue akar sampai ini memang jenis kue jadul yang kini susah di cari keberadaannya.

Makanan ini pada umumnya dihidangkan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara special, seperti ketika lebaran Idul fitri dan khajatan. Saat ini kota Bekasi adalah produsen terbesar kue akar kelapa yang kini di kreasikan dengan keju. Namun karena seiring dengan perkembangan zaman, kue ini jadi tidak lagi di produksi secara massal.

Untuk gaya modern dari resep kue akar kelapa saat ini yaitu adalah churros. Churros merupakan kue goreng yang berasal dari luar negeri yang kini populer di Indonesia. Menurut saya pribadi, cara membuat kue akar kelapa tak lain hampir sama dengan proses pembuatan churros. Yaitu sama-sama dibuat dari adonan sederhana, kemudian di olah dengan cara digoreng dengan cetakan kue atau di seprotkan dari paping bag dengan cetakan bentuk bintang.

Cara membuat kue akar kelapa yang renyah dan gurih menurut saya merupakan hal yang sama sekali tidak sulit. Hanya saja saat proses penggorengan harus sabar seperti saat mengolah, yang bertujuan agar kue akar kelapa renyah, garing dan tidak keras saat di makan.

1.Resep Kue Akar Kelapa Manis

cara membuat kue akar kelapa manis

Yang rindu dengan olahan kue akar kelapa, coba buat di rumah yuk! Berikut adalah Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Akar Kelapa tepung ketan yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan :

  • Tepung ketan 500 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Santan 150 mili liter
  • Telur 2 butir
  • Margarin 100 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanili 1 sendok teh

Cara Membuat Kue Akar Kelapa Manis :

  1. Langkah awal kocok lepas telur, tambahkan gula pasir, dan vanili.
  2. Dalam wadah besar masukkan tepung ketan, buat lubang di tengahnya lalu masukkan kocokan telur dan gula, aduk rata.
  3. Selanjutnya tambahkan margarin dan santan sedikit demi sedikit. Adoni adonan sampai kalis.
  4. Berikutnya masukkan adonan tadi ke dalam cetakan kue akar kelapa, biscuit maker (cetakan cookies bentuk bintang) atau bisa juga menggunakan piping bag yang sudah dipotong ujungnya dan diberi cetakan bintang.
  5. Lalu seprotkan adonan di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan menggunakan api kecil saja sampai kue akar kelapa matang kecoklatan. Lakukan sampai semua adonan habis, angkat, tiriskan.
  6. Biarkan dingin, masukkan ke dalam toples saji.

Tips Membuat Kue Akar Kelapa Manis :

Jika dirasa adonan agak sulit untuk di cetak karena keras, maka adonan bisa di beri tambahan santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang mudah di cetak.Mengingat sejarah kue akar kelapa, konon nama “akar kelapa” di ambil dari wujud bentuknya yang mirip dengan akar kelapa sungguhan.

Rasa yang gurih dan manis merupakan daya tarik tambahan dari kue ini. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya merupakan suatu kewajiban bahwa saat lebaran, kue tersebut harus selalu ada bersama dengan kacang goreng dan juga kue biji ketapang.

Yah, Sekiranya sekian dulu pembahasan saya tentang cara membuat kue akar kelapa manis yang enak, Eits, tunggu dulu, bagi kalian yang suka dan penasaran tentang fakta menarik pa sajakah yang terdapat pada kue terang bulan mini?,anda dapat membaca nya pada cara membuat terang bulan mini sederhana, selamat mencoba.

cara belajar trading saham

Mari ambil contoh cara belajar trading saham. Pasar saham merupakan pasar dengan perputaran uang terbesar dibanding pasar-pasar yang lain, jumlahnya diestimasinya mencapai USD 4 Triliun/Hari), masih jauh lebih besar dari perpaduan semua pasar lainnya.

Likuiditas pasar sahampun tertinggi, bila akan selalu ada permintaan untuk beli dan penawaran jual berapapun jumlahnya. Ditambah lagi, jam aktifnya 24 jam setiap hari dari Senin pagi hingga Sabtu dini hari.

Karena alasan di atas, tak salah bila Pasar saham menjadi pasar terbesar di dunia yang memiliki peluang mendapat keuntungan yang tinggi selama Anda mengetahui dasar-dasar dari Trading saham.

Anda Pemula Ingin Belajar Trading Saham? Ini Caranya!

Banyak orang memberikan pertanyaan tentang bagaimana caranya belajar trading saham untuk seorang pemula. Karna pada umumnya memanglah banyak para trader pemula yang belum begitu memahami cara belajar trading yang tepat untuk mereka melakukan trading saham. Salah satu kunci yang harus dilakukan oleh para trader pemula yaitu belajar.

1. Pahami Betul Apa Itu SahamTrading

Jika Anda memiliki kenalan dekat yang bertrading saham, cobalah untuk bertanya padanya dengan kesungguhan untuk Anda memahami apa itu trading saham.

Tetapi, pada umumnya seorang trader saham akan malas untuk menjelaskan apa yang dia lakukan kepada orang awam yang sekedar untuk hanya ingin tahu saja, maka dari itu “kesungguhan” rasa ingin tahu itu penting mengenai saham trading.

Bila Anda tidak memiliki kenalan orang dekat, sebaiknya janganlah menunjukkan keinginan bertrading saham kepada orang asing. Lebih baik, carilah informasi sendiri tentang pengertian trading forex di artikel artikel.

Setelah itu, Anda akan tahu bahwa bertrading saham tidaklah hanya mengenai profit berupa dolar atau dapat beli mobil saja. Seperti bisnis yang lainnya, trading saham juga mengandung resiko, bila salah, dapat mengancam kesejah  teraaan finansial  yang Anda miliki.

Tidak siap resikonya? Janganlah memaksakan diri, cukup tahu saja. Carilah bisnis lain yang Anda siap untuk menanggung segala resikonya.

2. Belajar Trading Dengan Akun Demo

Trading dengan akun demo, yakni melakukan trading dengan kondisi yang nyata, namun uang yang dipakai tidaklah nyata. Sehingga bila rugi, Anda tidak akan kehilangan uang yang anda miliki Anda secara sungguhan. Begitupula dengan profit, maka profitnya tidak dapat diuangkan/withdraw.

Langkah Langkah Belajar Melalui Akun Real

Langkah Langkah Belajar Melalui Akun Real

1. Temukan Broker Forex Terpercaya

Mencari broker saham yang sreg di hati itu susah-susah gampang. Karena Anda merupakan trader pemula yang berangkat dari modal yang kecil, maka broker yang cocok yaitu broker forex luar negeri.

“Aman atau tidak?” Itu konsekuensinya kalau anda salah pilih broker luar.
“Kalau begitu saya trading di broker lokal saja ah” Boleh saja, tapi perbesarlah modal Anda. Broker saham Indonesia yang sudah teregulasi Bappebti umumnya mempersyaratkan deposit yang tidaklah kecil.

Lalu gimana, dong? Kembali lagi pada konsekuensi manakah yang lebih sanggup untuk Anda tanggung. Tapi tenanglah saja, bukan berarti tak ada solusinya. Astronacci sangat menyarankan Anda untuk trading di MGR Premiere. MGR Premiere adalah broker forex yang aman dan terpercaya.

2. Registrasi Ke Broker Tersebut

Jika Anda telah menemukan broker yang pas dan terpercaya bagi Anda, yang perlu Anda lakukan yaitu membuka akun trading di broker tersebut. Bagaimana caranya ? Anda hanya perlu untuk mengisi data diri Anda dengan tepat pada broker tersebut.

3. Melakukan Deposit Dana Pada Akun Anda

Setelah akun trading real Anda telah jadi, yang Anda lakukan yaitu melakukan deposit dana atau memasukkan uang Anda kedalam akun trading Anda tersebut untuk dapat memulai trading forex.

4. Mulai Trading

Apabila registrasi dan deposit dana Anda sudah selesai, yang perlu Anda lakukan yaitu mendownload platform Metatrader di smartphone atau pc yang Anda akan pakai untuk tradingi. silahkan login memakai nomor akun trading Anda.
Apabila Anda kesulitan atau butuh bantuan di saat melakukan login atau di saat trading, segera hubungi customer care broker tersebut .
Mempelajari cara belajar trading saham itu penting jika anda ingin menjadi trader yang baik.Jika anda ingin mengetahui tentang trading bacalah artikel cara belajar trading.
Baca juga artikel menarik cara hidup hemat anak kos.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cara Mengusir Kecoa Di Kamar Gampang Dan Pakai Bahan Alami Saja

Halo guys selamat datang di website pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengusir kecoa alami. Nah gimana tuh menurut kalian yang belum merdeka dari kecoa alami. Nah oleh karena itu simak artikel berikut.

Kecoa

Cara Mengusir Kecoa Di Kamar

Kecoa merupakan serangga umum yang paling banyak ditemukan. Hanya membutuhkan sedikit adaptasi khusus, dan mungkin termasuk golongan serangga neopteran hidup yang sangat primitif.
Mereka mempunyai kepala yang bisa dikatakan kecil, tubuhnya yang lebar dan rata, serta sebagian besar spesies berwarna coklat kemerahan sampai coklat gelap. Mereka mempunyai mata majemuk yang besar, dua oselus, dan antena panjang yang bersifat lentur.
Mulut mereka terletak pada bagian bawah kepala dan termasuk mandibula yang berguna sebagai mengunyah, kelenjar ludah dan bermacam reseptor sentuh dan perasa.
Tubuh mereka dibagi menjadi tiga segmen toraks serta sepuluh segmen perut. Permukaan luar mempunyai eksoskeleton yang keras yang mengandung kalsium karbonat guna untuk melindungi organ-organ dalam dan memberikan perlekatan pada otot.
 
Next masuk langsung ke cara mengusir kecoa alami

Cara Mengusir Kecoa Di Kamar

Ya, banyak orang yang merasa sangat jijik dengan adanya kehadiran kecoa di rumah. Bukan hanya karena bentuknya saja yang mengerikan, namun hewan ini pun memiliki banyak kuman dan bakteri.
Perlu di ketahui bahwa di sekujur badan kecoa banyak tersimpan kandungan kuman, bakteri, kotoran, dan sebagainya. Bahkan pada dalam tubuhnya pun sering dikatakan terkandung cacing halus yang mengandung sangat banyak penyakit.
Selain itu, ada pula hal cukup mengerikan yang perlu kamu tahu tentang kecoa. Ternyata ada 4.000 spesies kecoa di dunia dan ada di untung cuma ada 4 jenis kecoa di Indonesia. Pasti nggak kebayang kan kalau 4.000 jenis ini menyerbu Indonesia.
Bagaimana cara mengusir kecoa yang paling tepat? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!
Saya akan memberikan 1 tips yang wajib diikuti yakni
Jangan pernah membunuh kecoa dengan cara menggepengkannya atau memukulnya sampai gepeng. Itu akan mengakibat seluruh racun serta cacing pita di dalam tubuhnya keluar, menempel, lalu akan bertebaran dan menyebar di seluruh penjuru rumah.
Setidaknya akan lebih baik apabila memakai bahan pembasmi kecoa alami dan bahan simpel dan trik lainnya seperti yang berikut ini.

Cara Mengusir Kecoa Di Kamar Dengan Bahan alami

Gunakan Daun Salam

Daun alam adalah daun rempah yang mempunyai aroma yang sangat wangi. Itu sebabnya daun salam mempunyai sebutan bay leaf  dan kerap dijadikan campuran berbagai bumbu dasar masakan yang enak dan sedap.
Di sisi lain ternyata kecoa sangat tidak menyukai aroma dari dan salam. Oleh sebab itu, kamu bisa memakainya dan menyebutnya sebagai trik cara mengusir kecoa dari rumah.
Kamu hanya perlu mengambil daun salam yang telah kering, setelah itu remukkan dan tebarkan di tempat tongkrongannya atau sarang kecoa. Jangan lupa menempatkan daun salam di area rumah yang sering dilintasi hewan kecil ini.

Gunakan Aroma Bubuk Kopi Segar

Selain punya cita rasa yang enak, bubuk kopi pun mempunyai aroma yang wangi dan menyengat. Kamu yang suka dan menjadi pecinta minuman kopi bisa memanfaatkannya sebagai trik dasar cara mengusir kecoa, lho!
Mudah saja, kamu hanya cuma menaburkan bubuk kopi di ruangan kaya dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang sering dilewati kecoa. Ingat, kopi yang dipakai ialah bubuk hitam ya, bukan kopi yang sudah dicampur gula, susu, ataupun krimer. Nanti malah kecoa nya datang terus pada ngopi dong. Wkwkwk.

Potongan Mentimun

Trik untuk cara mengusir kecoa lainnya ialah menggunakan timun. Timun yang segar mampu juga menjadi bahan mematikan bagi kecoa lho! Siapkan beberapa buah kaleng bekas dan potongan timun guna membuat perangkap kecoa sederhana.
Bisa dikatakan, aroma timun dan kaleng yang bercampur mampu bereaksi dan membunuh kecoa yang terperangkap dan masuk di dalamnya. Buat beberapa perangkap kecoa ini di daerah sekitar dapur ataupun area luar rumah ya!

Perasan Dari Lemon

Minum air jeruk lemon dingin ditambah gula batu benar – benar enak dan seger, nih! Selain enak dan seger diminum, lemon pun sangat ampuh sebagai pembersih berbagai macam kotoran dari alat makan maupun masak.
Tidak hanya itu pula ternyata, lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengusir kecoa dari rumah. Lemon mempunyai kandungan pathogenic alias anti bakteri.
Itu sebabnya, kamu bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air untuk mengepel lantai rumah. Aha, sangat mudah ya!
Oke hanya itu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Cara Membuat Mainan Tradisional Dari Barang Bekas Berupa Kertas Bekas

Selamat datang di artikel saya pada kali kita akan membahas tentang cara membuat mainan tradisional dari barang bekas. Nah barang bekas yang kita maksud ialah kertas. Berikut Refrensinya :

Cara Membuat Mainan Tradisonal Dari Barang Bekas

Cara Membuat mainan Dari Barang Bekas

Mainan Tradisional Dari Kertas

Sebelum era digital masuk ke dalam kehidupan manusia seperti sekarang, banyak hal sederhana di sekitar kita yang dimanfaatkan menjadi sebuah hiburan atau mainan yang menyenangkan.

Salah satu bahan yang paling sering dijadikan mainan adalah kertas. Tidak perlu meminta uang jajan kepada orang tua, kita bisa mendapatkan kertas dengan cara menyobek halaman tengah buku pelajaran.

Melipat kertas sendiri sebenarnya adalah sebuah seni yang berasal dari Jepang dan masih ada hingga sekarang. Di Jepang, seni melipat kertas ini sudah menghasilkan banyak sekali barang baik itu hiasan seperti tirai, dan barang-barang lainnya.

Yang perlu kita ketahui, kertas sangat bisa dijadikan media berkreasi untuk membuat berbagai macam karya. Selain itu, proses menghasilkan sebuah karya dari kertas itu sangat mampu mengasah kita menjadi orang yang lebih kreatif.

Proses itu mendorong kita untuk terus belajar dan mengingat lipatan-lipatan untuk membuat sebuah bentuk tertentu. Di kalangan kita sendiri, mainan dari kertas ini paling banyak dibuat di sekolah ketika murid-murid merasa bosan.

Salah satu jenis mainan yang paling sering dibuat adalah pesawat kertas. Selain mudah, pesawat kertas juga dapat diadu dengan milik kawan pesawat siapa yang bisa terbang paling lama.

Namun, di samping pesawat, banyak juga bentuk-bentuk lain yang bisa dibuat dari kertas seperti pistol-pistolan, kapal, topeng, dan lain-lain.

Manfaat 

Jenis permainan anak kini semakin modern, maju, dan canggih. Banyak anak-anak usia dini yang sudah mahir mengoperasikan gawai. Hal ini tentu dirasa wajar karena kita sudah hidup di zaman digital.
Anak-anak kini lebih suka bermain game yang berada di dalam gawai mereka daripada bermain game sungguhan, yang nyata di sekitar kita bersama teman-temannya. Oleh karena itu, ada baiknya jika sebagai orang tua, kita juga memperkenalkan permainan-permainan tanpa teknologi seperti anak.
Permainan tradisional yang sifatnya lebih sederhana dan spontan. Bermain memang menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak. Sehingga tidak ada salahnya jika orang tua seringkali memanjakan anak menggunakan mainan.

Tidak hanya membeli, orang tua pun bisa membuat mainan sendiri bersama anak-anaknya. Selain lebih hemat, cara ini juga sangat bisa mengasah kreativitas anak dan lebih mengakrabkan anak dengan orang tuanya.

Kemajuan teknologi tadi membuat anak-anak sekarang kurang terampil dalam membuat mainan sendiri, bahkan membuat mainan dari kertas sekalipun. Maka, kita perlu mengajarkan tentang keterampilan dalam melipat kertas.

Jangan sampai mainan sederhana ini hilang begitu saja ditelan zaman karena kemajuan teknologi. Ada banyak sekali dampak positif dari mengajarkan anak melipat kertas. Pertama, bisa membuat anak lebih terampil karena kegiatan ini mendorong motorik halusnya untuk berkembang dengan baik.

Kedua, bisa mendorong kecerdasan anak karena anak akan belajar tentang komposisi ruang, jarak, dan ketepatan. Ketiga, bisa mengembangkan kesenangan anak. Kegiatan yang mendorong rasa senang anak akan meningkatkan antusiasme mereka dalam mempelajari hal tersebut.

Serta keempat, dapat mendorong kesehatan anak. Sebab saat anak-anak bermain dengan teman-teman mereka, anggota tubuh anak akan lebih banyak bergerak dan membuat mereka menjadi lebih sehat dan segar.

Seni Origami Menjadi Sarana Mainan Tradisional Dari Bekas Kertas

Orang yang pertama kali memperkenalkan origami adalah Ts’ai Lun pada abad pertama zaman Tiongkok kuno di tahun 105 Masehi. Setelah itu, origami justru berkembang pesat di Jepang dan menjadi kebudayaan di sana. Banyak aspek kehidupan orang Jepang yang dikaitkan dengan seni origami ini.

Di Indonesia sendiri, siswa sudah banyak mengenal origami sejak memasuki play group. Bagi mereka, ber-origami artinya bermain-main dengan kertas. Hal ini tepat sekali karena origami tidak hanya menarik bagi anak usia pra-sekolah, namun juga bisa mengedukasi mereka.

Origami bisa mendorong perkembangan motorik anak dan mengasah kreativitas. Origami juga bisa meningkatkan konsentrasi dan perhatian anak apabila terus dilatih secara konsisten dan diaplikasikan dengan metode yang tepat.

Seni melipat kertas ini juga punya peran penting sebagai media komunikasi yang menyenangkan antara guru, siswa, dan orang tua.

Mainan Tradisional Dari Barang Bekas Kertas Dan Cara Membuatnya

Pesawat Tempur

Cara Membuat :
1. Siapkan kertas berukuran 20 x 27,5 cm (Anda juga bisa menggunakan kertas dari buku tulis biasa yang berukuran persegi panjang)
2. Lipat kertas secara vertikal menjadi dua bagian, lalu buka kembali
3. Bentuk segitiga kecil di bagian atas kertas
4. Lipat segitiga kecil tersebut ke arah bawah, kemudian buat dua lipatan setengah segitiga di atasnya
5. Kunci kedua lipatan tersebut dengan segitiga kecil di bagian bawah
6. Lipat ke arah atas untuk membentuk sayap
7. Pesawat Anda sudah jadi

Perahu Kertas

Cara Membuat :
1. Posisikan kertas persegi secara diagonal
2. Lipat keempat ujung kertas ke arah dalam, lalu buka kembali hingga terbentuk garis kotak di tengah
3. Lipat keempat ujung kertas masing-masing dua kali hingga terbentuk bingkai kotak
4. Bali kertas sehingga bingkainya ada di bawah
5. Lipat bagian atas dan bawah, pertemukan di garis tengah datar
6. Lipat ujung kiri dan kanan kertas secara m iring, sehingga seolah terbentuk saku
7. Buka atau tarik keluar bagian tengah saku pada dua arah berlawanan
8. Balik kertas tersebut dan bentuk perahu sudah terlihat
9. Tarik keluar lipatan di bagian ujung kiri dan kanan perahu
10. Perahu Anda sudah jadi

Merpati Kertas

Cara Membuat :
1. Siapkan selembar kertas lipat warna apa saja
2. Lipat kertas tersebut hingga mendapatkan garis tengah
3. Lipat bagian atas kertas ke belakang
4. Balikkan ke posisi depan, kemudian lipat kembali
5. Buat lipatan sementara sesuai garis putus-putus pada gambar
6. Setelah ada bekas lipatan, tarik ujung kertas sesuai arah panah
7. Satukan titik A dengan titik B kemudian bagian ujung tarik hingga ke bawah
8. Rapikan lipatan
9. Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahnya
10. Lipat bagian ujung-ujung, seperti pada gambar
11. Lipat bagian bawah dan atas, masing-masing ke arah tengah
12. Origami selesai

Burung Bangau

Cara Membuat :
1. Siapkan selembar kertas lipat.
2. Lipat kertas sesuai garis pada gambar.
3. Lipat lagi mengikuti arah garis kedua.
4. Setelah dilipat, maka kertas akan berbentuk seperti pada gambar.
5. Lipat bagian kiri dan kanan kertas.
6. Setelah dilipat, maka akan berbentuk seperti gambar di atas.
7. Setelah berbentuk seperti segitiga, langkah berikutnya adalah lipat kertas sesuai garis pada gambar.
8. Ulangi langkah yang sama untuk bagian belakang kertas.
9. Lipat kertas tersebut sesuai garis pada gambar.
10. Buka semua lipatan tersebut hingga menjadi seperti gambar di atas.
11. Angkat kertas atas dan bawah seperti pada gambar di atas.
12. Lipat kertas yang terbuka ke dalam hingga menjadi seperti gambar.
13. Setelah jadi, maka akan berbentuk seperti gambar.
14. Ulangi langkah yang sama hingga membentuk seperti gambar.
15. Buka lipatan pada bagian samping kertas hingga menyerupai bentuk seperti di gambar.
16. Lipat ke atas dan pada posisi tengah kertas yang sudah jadi sebelumnya.
17. Ulangi langkah tersebut hingga membentuk seperti pada gambar.
18. Ambil salah satu sisi untuk membuat kepala seperti pada gambar.
19. Kepala akan berbentuk seperti pada gambar.
20. Lipat sayap ke bawah dan tarik kembali sayapnya agar melebar seperti pada gambar
Tadi itu merupakan refrensi dan cara membuat mainan tradisional dari barang bekas kertas semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

 

Fakta Menarik dan Resep Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana yang Enak dan Manis

Yah, Guys pada kesempatan ini saya akan membahas seputar bagimana sih cara membuat terang bulan mini sederhana yang enak dan manis, dan juga saat dimakan akan terasa lumer dimulut, berikut penjelasan tentang cara membuat terang bulan yang enak dan manis, simak terus ya guys,

Martabak Manis Alias Kue Terang Bulan Mini

Penganan lezat ini memiliki nama berlainan di berbagai tempat. Di daerah Pontianak disebut apem pinang, sedangkan di Pangkalpinang, Bangka, dikenal dengan nama kue pangkalpinang. Orang Malaysia menamainya apam balik. Ada pula di sebagian wilayah yang mengenalnya sebagai kue terang bulan karena bentuknya mirip bulan purnama.

Kue terang bulan bisa dibilang asli Indonesia. Perintisnya adalah orang-orang turunan Tionghoa yang bermukim di Bangka Belitung. Mereka mengucapnya hok lo pan atau kue nya orang Hok Lo. Hok lo pan ini lebih dikenal dengan nama martabak bangka.Namun di Bandung dikenal dengan sebutan kue bandung. Keluarga Cen generasi keempat asal Bangka, membuka gerai mi bandung di Semarang,

Awalnya memang menamainya kue Bandung. Lambat laun, martabak manis ini justru lebih dikenal sebagai martabak bandung. Jadi sebenarnya martabak bangka dan juga martabak bandung itu tak jauh beda.Kulit dasar martabak manis ini dibentuk dari campuran tepung terigu, telur, gula, soda kue, santan, dan air.

Adonan dipanggang di atas penggorengan besi yang cukup tebal hingga matang dan berserat. Bagian luar kulit akan berubah warna kecokelatan dan terasa empuk. Untuk isi biasanya diberi taburan gula pasir, meises, kacang tanah cincang, wijen, dan keju atau campuran dua jenis bahan isi tersebut. Sebelum ditumpuk dan dipotong-potong  di atas isian disiram dengan susu kental manis.

Fakta Menarik Tentang Kue Martabak Manis

Berbeda Nama Di Setiap Daerah

Fakta yang satu ini mungkin juga banyak yang belum tau, kalo Martabak manis itu mempunyai nama yang berbeda-beda setiap daerah. Misal saja di Jawa Barat, di Bandung Martabak manis dikenal dengan nama kue terang bulan. Beda halnya dengan Semarang, disana Martabak manis lebih dikenal dengan sebutan kue Bandung. Sementara di Pontianak Apam Pinang, lalu di Medan lebih dikenal dengan nama Martabak Bangka.

Berminyak Semakin Enak

Pernahkah sejenak berfikir saat menyantap Martabak kalau semakin Martabak itu berminyak, maka semakin pula nikmat rasanya. Minyak tersebut tentu berasal dari mentega yang membuat rasanya semakin gurih dan tentunya bikin ketagihan

Variasi Toping Martabak

Manis Kehadiran Martabak seakan menghipnotis banyak pecinta jajanan ringan, khususnya para anak muda. Hal ini karena Martabak sudah banyak berkembang dibanding awal mulanya, misal saja Martabak manis yang sekarang ini punya rasa yang beraneka ragam dan toping beraneka rasa yang tentunya mempunyai rasa lezat.

Martabak Buka Malam Hari

Pernahkah kepikiran kalau makan Martabak waktu malam hari itu terasa agak nikmat. Dan juga pernahkah kepikiran kalau penjual Martabak seringnya buka pada malam hari? Ada yang tau alasannya. Mungkin karena biasanya penjual Martabak mangkal di emperan took, jadi harus nunggu tokonya tutup dulu.

Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana

cara membuat terang bulan mini empuk

Bahan-Bahan Untuk Membuat Terang Bulan Mini Sederhana :

  • 200 g terigu (setara 10 sdm terigu)
  • 50 g kanji/tapioka (setara 2 sdm)
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 telur
  • 1 sacet kecil mentega (setara 2-3 sdm mentega) cairkan
  • 300 ml air (blh ditambah 50 ml lagi jika adonan terlalu kental)
  • 1 sdt saft instan/fernipan
  • sejumput garam
  • 1 sdm baking powder (campur paling akhir)
  • Topping
  • gula pasir (utk taburan saat memanggang)
  • meses
  • keju (optional)
  • skm putih/coklat

Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana :

  1. Kocok (memakai wisk/garpu) telur dg gula, garam, fernipan
  2. Masukkan terigu+kanji, tambah air sambil terus di kocok perlahan.
  3. Tambahkan mentega cair, aduk hingga tercampur rata. Diamkan kurleb 15 menit
  4. Setelah 15 menit, tambahkan baking powder, aduk rata. Panaskan cetakan.
  5. Cetak dg cara menuang dg ceret kecil. Setelah adonan 1/2 penuh di cetakan benamkan sendok sayur ambil sedikit adonan yg ada di tengah hingga membentuk celah di tengah adonan. Tunggu hingga permukaan adonan mengeluarkan lubang kecil-kecil, taburi gula dan tutup cetakan. Angkat jika permukaan bawah adonan sdh kecoklatan.
  6. Beri toping sesuai selera, jgn lupa beri skm agar rasa lebih mantab.. Selamat mencoba..

Nah guys, sepertinya cukup sekian dulu tentang pembahasan dan resep cara membuat terang bulan mini empuk yang dapat saya sajikan untuk anda, semoga dengan membaca artikel ini anda dapat lebih tau tentang apa itu kue terang bulan dan cara membuat terang bulan mini empuk yang baik dan benar berdasarkan resep diatas,

dan bagi yang suka dengan kue wingko anda dapat membaca nya pada artikel kami yang menjelaskan tentang apa itu wingko?, fakta menarik kue wingko dan resep cara membuat wingko babat kukus nya juga tentunya, dan terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, semoga bermanfaat.

Cara Ternak Kambing Gibas Mudah Simpel Nggak Usah Pusing-Pusing

Oke guys selamat datang di blog saya pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara ternak kambing gibas. Langsung saja berikut penjelasannya tentang cara ternak kambing gibas .

Kambing

Cara Ternak Kambing Gibas
Kambing merupakan salah satu hewan ternak besar utama selain sapi. Tidak seperti ternak, di Indonesia ternak kambing masih banyak diusahakan secara tradisional.
Terdapat beberapa fokus utama dalam usaha ternak kambing, yakni bertujuan mengambil daging, kotoran sebagai bahan pupuk organik, dan mengambil susu. Beberapa jenis kambing seperti jenis etawa memang produktif menghasilkan susu.
Produk susu kambing dihargai lebih tinggi dibanding sapi. Hanya saja produksi susu kambing belum seintensif ternak sapi perah. Kebanyakan masih diperlakukan sebagai produk sampingan. Dimana tujuan utamanya tetap menghasilkan daging.

Jenis-jenis Kambing

Secara umum kambing dibedakan berdasarkan jenis lokal dan kambing luar. Namun sebenarnya banyak diantaranya yang berjenis campuran, alias tidak benar-benar murni. Berikut Ini merupakan jenis-jenisnya.

Kambing Lokal

Jenis kambing lokal yang paling banyak dikenal masyarakat adalah kambing kacang. Meskipun posturnya kecil bila dibandingkan kambing luar, kambing kacang termasuk hewan ternak yang tangguh. Kemampuan adaptasinya terhadap penyakit dan iklim tropis tak diragukan lagi.
Kambing kacang juga tidak rewel, dengan perawatan seadanya kambing ini masih bisa berkembang dengan baik. Reproduksinya gampang dan cukup produktif. Pakannya pun tidak sulit, kambing ini menyukai banyak jenis hijauan.

Kambing Impor

Kambing impor atau kambing luar merujuk pada jenis kambing yang didatangkan dari luar negeri. Biasanya didatangkan untuk meningkatkan efisiensi usaha ternak kambing. Ada yang didatangkan secara resmi oleh pemerintah, ada juga yang dilakukan para peternak atau pehobi.
Jenis-jenis kambing impor yang banyak terdapat di Indonesia diantaranya kambing etawa yang didatangkan dari India, kambing boer yang didatangkan dari Afrika Selatan dan kambing saanen didatangkan dari Swis.

Kambing Campuran

Kambing campuran merupakan hasil persilangan antara kambing lokal dengan kambing impor. Para peternak dan balai-balai penelitian pemerintah mencoba menyilangkan kambing-kambing ini dengan tujuan mendapatkan sifat unggul dari kambing impor dan ketahanan kambing lokal.
Jenis-jenis kambing campuran yang paling banyak dikenal masyarakat antara lain peranakan etawa (PE) dan kambing jawarandu. Kambing peranakan etawa didapatkan dari hasil silangan kambing etawa dengan kambing kacang. Sedangkan kambing jawarandu merupakan hasil silangan antara peranakan etawa dengan kambing kacang.

Cara Ternak Kambing Gibas

Hal yang harus faktor diperhatikan saat saat ternak kambing gibas. Berikut ini penjelasannya.
1. kambing tеrѕеbut harus memiliki badan уаng sehat baik kambing pejantan maupun kambing betina.
2. Perlu diperhatikan dalam memilih bibit kambing kacang аdаlаh mengenai tіdаk adanya cacat fisik pada bibit kambing tersebut.
3. Andа harus memilih bibit kambing kacang уаng berkulit bersih dan mengkilat.

Ciri Kambing yang Baik :

1.    Ciri untuk calon induk:
a. Tubuh kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus, tubuh
besar, tарі tіdаk tеrlаlu gemuk.
b. Jinak dan sorot matanya ramah.
c. Kaki lurus dan tumit tinggi.
d. Gigi lengkap, mampu merumput dеngаn baik (efisien), rahang аtаѕ dan bаwаh rata.
e. Dаrі keturunan kembar atau dilahirkan tunggal tарі dаrі induk уаng muda.
f. Ambing simetris, tіdаk menggantung dan berputing 2 buah.
2. Ciri untuk calon pejantan :
a. Tubuh besar dan panjang dеngаn bagian bеlаkаng lebih besar dan lebih tinggi, dada lebar, tіdаk tеrlаlu gemuk, gagah, aktif dan memiliki libido (nafsu kawin) tinggi.
b. Kaki lurus dan kuat.
c. Dаrі keturunan kembar.
d. Umur аntаrа 1,5 ѕаmраі 3 tahun.

KANDANG

Gunа sukses dalam beternak kambing kacang, cara beternak kambing kacang уаng berkualitas berikutnya аdаlаh mengenai usaha perawatan kandang tempat kambing tеrѕеbut tinggal.
Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Untuk Kandang
1. Kebersihan kandang. Lakukan pembersihan secara rutin gunа menghindari bermacam penyakit уаng dараt muncul.
2. Kualitas ventilasi уаng mаnа harus cukup dеmі kenyamanan kambing kacang anda.
3. Ukuran. Pastikan аndа menyesuaikan ukuran kandang dеngаn usia kambing kacang anda.

PAKAN

Jenis dan cara pemberiannya disesuaikan dеngаn umur dan kondisi ternak. Pakan уаng diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, mudah dicerna, tіdаk beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh.
Pada dasarnya ada dua macam makanan, уаіtu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dаrі kacang-kaangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral).

PENGENDALIAN PENYAKIT KAMBING KACANG

Sebaik apapun bibit kambing kacang уаng аndа miliki, tentu ѕаја ada waktu dimana ternakkambing kacang аndа mengalami bermacam penyakit уаng dараt berdampak tіdаk hаnуа pada proses reproduksi аkаn tеtарі јugа berdampak pada resiko kematian kambing tersebut.
Pengenalan jenis penyakit dan јugа pemilihan metode penanganan penyakit tеrѕеbut tentu harus аndа ketahui. Nаmun perlu diperhatikan рulа penyebab ара ѕаја уаng membuat penyakit kambing kacang іtu muncul. Bіlа diketahui penyebabnya, аndа tak perlu khawatir tеntаng bаgаіmаnа cara melakukan pencegahan.

PASCA PANEN KAMBING KACANG

Yаng menjadikan kambing kacang terkenal tentu ѕаја cepatnya proses reproduksi dаrі kambing tersebut. Sеlаіn mengenai pakan, аndа harus dараt рulа mengelola proses pasca panen dаrі ternak tersebut. Yаng perlu dipahami аdаlаh kараn waktu уаng tepat untuk menjual kambing kacang kе konsumen.
Waktu уаng tepat аdаlаh bіlа ѕudаh tіdаk ada penambahan berat badan lаgі pada kambing tеrѕеbut уаng bіаѕаnуа berusia 1 hіnggа 1,5 tahun. Apabila mengenai harga penjualan, аndа harus menyesuaikan dеngаn usia dan berat kambing kacang уаng іngіn dijual.
Tadi itu merupakan cara ternak kambing gibas. Semoga bermanfaat sekian dari saya dan sampai jumpa

Fakta Menarik dan Resep Cara Membuat Wingko Babat Kukus yang Enak

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat wingko babat kukus yang enak dan tentunya mudah untuk dipraktekkan dirumah ,Simak Penjelasan saya tentang apa itu wingko babat dan Resep membuat wingko babat di bawah berikut, simak dengan seksama ya guys,,

Kue Ketan atau yang kerap disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa.

Kue ini kerap kali dipasarkan di stasiun kereta api, stasiun bus dan uga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.Wingko pada umumnya berbentuk bundar biasa dan  disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko bisa dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas.

Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue wingko ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menimbulkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini.

Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titikpersimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya. di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Terdapat banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang.Kelapa yang dipakai untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah di wilayah sekitar tempat ini. Pada saat ini wingko merupakan makanan yang terkenal di daerah Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang dimana saat ini masih memakai nama Tionghoa

Fakta Menarik Tentang Seputar Wingko Babat Kukus

Mendengar kata Semarang, yang terlintas sudah pasti kulinernya. Nah, salah satu kuliner favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Atlas ini adalah wingko babat.Yap, camilan yang terbuat dari kelapa ini seakan jadi kuliner wajib buat oleh-oleh dari Semarang. Dengan tekstur  yang manis, wingko babat punya ciri khas rasa kelapa manis yang bikin kamu nggak berhenti menyantapnya.

Wingko babat merupakan teman serasi buat kamu ngeteh maupun ngopi di sore hari. Nggak heran sih, kalau nggak cuma para pelancong, tetapi juga warga lokal Semarang gemar sekali berburu panganan yang satu ini.Tapi, penasaran nggak sih tentang asal usul dari wingko babat? Well, Pegipegi punya 5 hal menarik seputar wingko babat yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!

1.Bukan Dari Semarang

Makanan sudah lama dikenal luas sebagai kuliner khas Semarang. Tapi, sejarah berkata kalau kue kelapa yang satu ini justru berasal dari Babad, Lamongan, Jawa Timur. Adalah warga Babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang pertama kali membawa wingko babat ke Semarang. Mereka memutuskan mengungsi dari Lamongan saat perang pecah di sana. Dengan keahlian membuat kue kelapa, keduanya pun mulai membuka usaha wingko babat mulai 1946 di Semarang. Sejak itu, istilah wingko babat asal Semarang pun tercipta.

2.Evolusi Rasa

Sejak pertama kali tercipta, wingko babat hadir dengan rasa kelapa yang manis dan gurih. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, wingko babat hadir dengan varian rasa yang lebih banyak. Wingko Babat Dyriana jadi salah satu merek wingko babat dengan lima rasa, mulai dari kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.

3.Merek Legendaris

Dari sederet merek wingko babat, nama Wingko Babad Kereta api adalah yang paling ngehits. Terdiri dari empat varian rasa, kelapa, nangka, coklat, dan vanilla, wingko babat yang satu ini terkenal dengan kemasan bergambar kereta api. Usut punya usut, ternyata Wingko Babad Kereta Api dulunya hanya dijual di sekitar Stasiun Tawang, Semarang. Dari situlah wingko babat ini menggunakan kereta api di mereknya.

Cara Membuat Wingko Babat Kukus

cara membuat wingko babat kukus

Bahan-Bahan :

  • 250 gr tepung ketan
  • 1 buah kelapa setengah tua parut
  • 200 gr gula / sesuai selera
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya/air kelapa
  • 1 sdm mentega

Cara Membuat Wingko Babat Kukus :

  1. Campur tepung,gula,kelapa,garam,mentega,air sampai rata
  2. Ambil sesendok bulatkan dan pipihkan,lalu panggang di teflon yg sudah dioles mentega, balik jika sudah berwarna coklat.
  3. Angkat,sajikan.

Nah tadi merupakan penjelasan dan resep mengenai cara membuat wingko babat kukus yang gurih,enak dan mudah dari artikel kami, semoga dengan membaca artikel kami anda dapat lebih tahu tentang bagaimana cara membuat wingko babat kukus yang baik dan benar, untuk yang ingin tahu lebih tentang cara membuat cupcake kukus tanpa mixer maka anda dapat mengunjungi artikel kami,, see you, semoga bermanfaat

Penggunaan Dana Desa Untuk Paud Guru Wajib Bersukur

Penggunaan Dana Desa Untuk Guru -Guru PAUD patuh bersyukur atas upaya keras yang dilakukan Direktorat Jenderal  PAUD dan Dikmas memperjuangkan meningkatnya keningkatkan kesejahteraan.

Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini mencapai 72 persen.

Meningkatnya APK PAUD akan dibarengi dengan upaya meningkatkan kesejahteraan bagi guru PAUD.

Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar mengatakan, dari total 19 juta anak usia dini di Indonesia, baru sekitar 12 juta anak yang sudah mendapatkan layanan PAUD.

Harris optimis APK PAUD akan cepat mencapai angka 100 persen dengan adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk PAUD dan dana desa melalui kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Kita mulai dengan BOP PAUD. Sekarang seluruh lembaga PAUD sudah kita berikan BOP. Tahun ini ada 3,5 trilyun (rupiah), tahun lalu 2,3 trilyun, dan tahun depan 4 trilyun.

Dihitungnya setiap anak 600-ribuan. Komitmen Kementerian Desa bahwa dana desa dapat dimanfaatkan bagi pembinaan PAUD harus ditanggapi secara baik oleh lembaga PAUD di desa,” ujar Harris Iskandar dalam Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Penuntasan Ikut PAUD Pra Sekolah Dasar di BP PAUD Dikmas Jawa Timur, Kamis (16/8).

Menurut Harris, harus diakui saat ini nasib guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah pedesaan yang berlatar belakang lulusan SMA  belum banyak dipikirkan oleh pemerintah.

Sebab untuk menjadi guru PAUD tidak mudah. Apalagi PAUD merupakan pendidikan fondasi bagi anak.

“Seperti yang disampaikan banyak guru hampir diseluruh negeri ini, para guru PAUD berseloroh gaji mereka itu Sajuta. Ini bukan jumlah gaji yang mereka terima sebesar sajuta rupiah, tetapi singkatan.

Sajuta itu artinya sabar, jujur dan tawakal. Ini menjadi tantangan tidak saja pemerintah pusat tetapi seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk lebih peduli untuk meningkatkan kesejahteraan bagi guru PAUD,” ujarnya.

Sementara itu, pegiat PAUD dan konsultan PAUD Bank Dunia Dr Yulianti Siantayani, M.Pd mengatakan tdak bisa kita pungkiri, persoalan paling mendasar yang hadapi para guru adalah kesejahteraan.

Dan yang paling memprihatinkan adalah nasib guru-guru PAUD. Saya banyak ditemui guru PAUD di daerah seperti Demak, Jepara, Pasuruan, Lumajang  atau di pesisir pantura yang hanya berpendidikan SMP atau SMA dengan gaji sekitar Rp 100.000/bulan.

“Padahal, negara itu mempunyai keinginan untuk mengentaskan pendidikan dengan standardisasi, termasuk bagi guru PAUD. Bagaimana mungkin mereka bisa mengajar dengan baik,  ketika mereka berada diruangan kelas, perhatian serta konsentrasi mereka terpecah dan sedih karena mereka bingung hari ini keluarganya di rumah akan makan apa,” katanya.

Dikatakan, guru PAUD perlu memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap upaya baik yang telah dilakukan pemerintah pusat untuk memberikan perhatian lebih kepada para guru.

Untuk PAUD saya mendapat informasi   akan ada bantuan operasional penyelenggaraan PAUD (BOP PAUD) bagi 180.000 lembaga PAUD.

Termasuk yang berada di daerah-daerah perbatasan, serta pengembangan mutu bagi 12.459 lembaga PAUD. Dan peningkatan mutu SDM untuk 11.398 guru PAUD.

serta mendorong pemanfaatan dana desa untuk pembinaan PAUD.

“Saya rasa pemerintah pusat telah cukup baik dalam upaya memberikan perhatian kepada program PADU dan TK.

Hanya saja pemerintah daerah berdasarkan catatan saya masih sangat terbatas dan masih kurang memberikan dukungan untuk program pendidikan anak usia dini,” katanya.

Padahal, untuk menjadikan anak Indonesia  yang cerdas dan pintar dibutuhkan pendidikan dasar atau fondasi kuat.

Antara lain karakter, kemampuan sosial, emosi, kognitif, dan bahasa.

Pendidikan ini dapat diberikan pada usia dini, yaitu empat tahun pertama usia emas hingga usia delapan tahun.

Jika melihat kondisi di lapangan, mana mungkin bila masih banyak pendidik PAUD yang input-nya berasal dari latar belakang berbeda, baik potensi maupun pendidikannya.

Menstandardisasi kompetensi yang dimiliki guru PAUD dan TK, tidak hanya dengan sertifikasi sebetulnya.

Sebab solusi tersebut tidak menjamin mereka menjadi pendidik hebat.

Misalnya seperti pengumpulan portofolio yang diharapkan bisa menghandel pembelajaran secara optimal, ternyata dalam praktiknya tidak.

Mestinya jika pemerintah ingin memberikan syarat standardisasi harus jelas, karena pengalaman selama ini banyak ijazah yang difiktifkan hanya untuk tujuan insentif.

Pendidikan di Indonesia memang sedang menuju ke arah sertifikasi, tapi proses tersebut juga dibutuhkan pengawalan dari awal hingga akhir agar pelaksanaannya tuntas.

Karena itu, sertifikasi dengan pendidikan profesi guru (PPG) dapat dijadikan sebagai formula yang ideal, yakni dua semester untuk enam bulan teori dan enam bulan praktik.

Selain itu, harus melibatkan pihak terkait, seperti lembaga mitra yang berkompeten dan perguruan tinggi.

Di samping itu, pemerintah harus bekerja sama dengan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta untuk memperluas akses S1 dan S2 PAUD.

Baca Juga Cara Membasmi Tikus Curut

Dengan PPG diharapkan dapat lebih maju daripada portofolio. Tentunya harus melibatkan pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan, akademisi, dan Badan Akreditasi Nasional (BAN) agar dapat bersinergi. Eko

Sekian Artikel Mengenai Penggunaan Dana Desa Untuk Paud ,Bagi yang sudah membaca terimakasih

Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal Simpel Dan Sederhana Nggak Pake Ribet Asalkan Mau Berusaha

Selamat datang di blog saya pada kesempatan ini saya akan mengajarkan tentang cara budidaya ikan nila kolam terpal. Oke langsung saja simak.

Budidaya Ikan Nila

Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal

Ternak ikan atau budidaya ikan adalah sebuah pekerjaan memahami tentang pemeliharaan seluruh jenis sumber daya perikanan. Aktivitas yang ini dikerjakan оlеh manusia dalam lingkup kekuasaan yang mempunyai tujuan kesejahteraan manusia.

Membudidayakan ikan merupakan upaya dari bentuk cara budidaya ikan perairan yang lebih terfokus dan mempriotaskann membudidayakan ikan baik di ruangan yang tertutup maupun tangki.

Kalau kita masuk ke dalam konteks pembahasan kita bisa disipulkan yakni cara ternak ikan nila merupakan sebuah pola dalam pemikiran tentang memahami jenis spesies ikan nila.

Pemikiran tentang cara ternak ikan nila bisa dikatakan sebuah pemikiran yang dipikirkan oleh seorang pemula maupun pebisnis dalam bidang ini.

Ikan Nila

Nila merupakan kategori ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan ini berasal dari Afrika, lebih tepatnya Afrika bagian timur, saat tahun 1969. Pada sekarang ini ikan ini telah berubah menjadi ikan peliharaan yang familiar di kolam-kolam air tawar di Indonesia.

Tidak hanya itu saja tapi ikan nila juga menjadi hama bagi setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya dari ikan nila yakni Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Nile Tilapia.

Cara Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal

Sebelum memulai budidaya ikan nila ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan, yaitu pemilihan benih, persiapan kolam, pemberian pakan, sampai penanganan penyakit. Simak hal yang dibawah ini :

A. Pemilihan Benih

Pemilihan benih adalah sebagai faktor penting yang akan menjadi penentu tingkat keberhasilan budidaya ikan nila. Untuk hasil optimal sebaiknya pakai benih ikan yang berjenis kelamin jantan.

Hal ini disebabkan pertumbuhan ikan nila jantan 40% lebih cepat dibandingkan ikan nila betina. Budidaya ikan nila dengan cara monosex (berkelamin semua) lebih efisien dibanding campuran.

Karena ikan nila memiliki sifat gampang memijah atau melakukan perkawinan. Hal ini apabila budidaya ikan nila dilakukan secara campuran, energi pada ikan akan habis untuk memijah dan menyebabkan pertumbuhan ikan sedikit terhambat.

Sekarang ini banyak yang menyediakan bibit ikan nila monosex. Jadi ini semua akan menjadi mudah.

Pengertian Monosex

Sistem monosex adalah upaya yang diterapkan untuk membuat ikan nila berkelamin jantan semua. Ikan Nila jantan mempunyai kecenderungan lebih cepat pertumbuhannya, pemilihan bibit ikan nila jantan agar dibudidayakan mampu mempersingkat masa panen.

Agar bisa membuat ikan nila menjadi monosex dilakukan dengan memberikan hormon metiltestosteron kepada benih nila. Tapi hal ini menyebabkan harga dari hormon ini cukup mahal, karena harus dimmport.

Saat ini telah ditemukan hormon metiltestosteron dari testis sapi, yang harganya relatif murah, hal ini menyebabkan proses produksi monosex ikan nila terbilang murah.

Cara Membuat Monosex

Memiliki 2 (dua) cara/metoda sex reversal yang bisa dilakukan agar membuat kelamin tunggal, yakni :

1. System Oral (Pemberian pakan berhormon)

Pada cara ini membuat kelamin tunggal dilaksanakan dengan cara mencampur hormon 17 methyl Testoteron pada pakan yang akan dikasih pada larva. Caranya sebagai berikut :

  1. Untuk satu(1)kg pellet (bentuk tepung) memerlukan campuran 60 mg 17 Methyl Testoteron
  2. Hormon 17? Methyl Testoteron kemudian dicampur dengan 20 ml alkohol absolud 90% dan aduk sampai rata, kemudian tambahkan 100 – 150 ml alkohol 70% dan aduk hingga homogen
  3. Selepas itu semprotkan dan tuangkan larutan hormon kedalam pelet secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata.
  4. Selanjutnya angin anginkan campuran tersebut sampai kering, tetapi ingat jangan coba – coba mengeringkannya dengan cara menjemurnya langsung dibawah terik matahari, hal ini akan merusak khasiatnya.
  5. Supaya mampu bertahan lama masukkan atau tuankan pelet kedalam plastik dan simpan dalam refrigerator. Dengan demikian pelet mampu bertahan hingga 3 bulan.
  6. Pemberian pakan berhormon dilaksanakan selama 21 – 25 hari diawali pada hari keenam (larva umur 6 hari) dengan dosis pemberian pakan 30% pada minggu pertama, 20% pada minggu ke kedua, serta 15% untuk minggu ke ketiga dari seluruh total biomassa.

2. Sistem Dipping (Perendaman)

Pada tahap ini usaha demi menjadikan kelamin tunggal/sejenis dilaksanakan dengan cara mencampur larutan hormon 17 Methyl testoreron pada air yang akan dipakai sebagai perendam telur pada saat ukuran bintik mata. Berikut caranya sebagai berikut :

  1. Timbang hormon 17 Methyl testoteron sebanyak 75 mg.
  2. Larutkan hormon dalam alkohol absolute 90% sekitar 3 hingga 4 tetes dan aduk sampai merata.
  3. Masukkan larutan hormon kedalam wadah (baskom, akuarium, dll) yang memiliki isi 15 liter air dan aduk sampai merata.
  4. Larutan boleh dipakai untuk 10.000 butir telur (Fase bintik mata), dengan cara merendam larva sekitar dalam kurun waktu 6 jam kedalam larutan yang diberi aerasi.
  5. Kemudian larva dipelihara didalam kolam pemeliharaan yang sudah dipersiapkan.

Mengingat begitu banyaknya konsumen penyuka ikan nila dan proses budidayanya yang mudah tentunya akan menumbuhkan minat pembudidaya ikan air tawar . Agar bernilai ekonomis tinggi maka mempersingkat masa panen ikan nila menjadi pilihan yang harus ditempuh.

Salah satunya adalah dari aspek perbenihan untuk hal ini perbaikan mutu genetika dengan program monosex sangatlah diperlukan.

B. Persiapan Kolam

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan nila koam. Metode ini jauh lebih menguntungkan dan mudah diterapkan. Terutama bagi pemula yang ingin memelihara ikan nila di rumah.

Pasalnya, metode ini tidak membutuhkan banyak tempat dan hasilnya pun lebih maksimal.

Adapun langkah budidaya ikan nila menggunakan kolam terpal, antara lain sebagai berikut.

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menyiapkan kolam terpal. Anda memang bisa membuatnya sendiri, tetapi untuk menghemat waktu Anda bisa membeli jadi.

Cara ini akan meminimalkan kesalahan saat proses pembuatan, harganya pun lebih murah. Untuk memaksimalkan hasil panen, sebaiknya gunakan kolam terpal persegi panjang.

Untuk ukuran kolam ikan nila 500 ekor, yakni panjang 2×3 meter dapat menghasilkan panen 100 hingga 200 kilogram ikan. Sementara ukuran kolam ikan nila 1000 ekor, yakni 4×6 meter dapat menghasilkan panen 300 hingga 400 kilogram ikan.

Besaran panen bervariasi, tergantung jenis benih ikan yang dipilih. Sesuaikan ukuran kolam ikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin usaha ternak ikan skala besar maka pastikan untuk menyiapkan ukuran kolam terpal lebih besar.

C. Penebaran Benih

Kolam yang sudah terisi air sedalam 60-75 cm sudah siap untuk ditebari benih ikan nila. Padat tebar kolam tanah pada budidaya ikan nila sekitar 15-30 ekor/m2. Dengan alasan, ukuran benih sebesar 10-20 gram/ekor dan akan dipanen pada berat 300 gram/ekor.

Sebelum, penebaran setidaknya melewati tahap adaptasi terlebih dahulu. Hal ini berguna supaya benih ikan terbiasa dengan kondisi kolam, sehingga mengurangi resiko kematian benih.

Caranya, biarkan ikan keluar dari wadahnya saat kita meletakkan benih dengan cara sedikit dimiringkan. Maksudnya letakkan benih kedalam air dan biarkan selama bebrapa jam dan biarkan ikan keluar sendirinya agar tidak stress.

D. Pemeliharaan Budidaya

Setelah semua persiapan usai dilakukan dan benih telah ditebarkan ke dalam kolam, langkah berikutnya ialah merawat ikan sampai usia panen. Tiga hal yang sanagat penting dalam pemeliharaan budidaya ikan nila ialah pengelolaan air, pemberian pakan dan pengontrolan hama penyakit.

  •  Pengelolaan Air

Supaya pertumbuhan budidaya ikan nila menghasilkan hasil yang maksimal, tetap melakukan pemantauan kualitas air kolam. Parameter patokan kualitas air ialah kandungan oksigen dan pH air.

Boleh juga melakukan pemantauan kadar CO2, NH3 dan H2S bila memungkinkan. Ketika kandungan oksigen dalam kolam menurun, perderas sirkulasi air dengan cara memperbesar aliran debit air.

Apabila kolam telah banyak kandungan NH3 dan H2S yang ditandai dengan bau busuk, cepat lakukan penggantian air. Lakukan dengan cara dengan mengeluarkan air kotor sebanyak ⅓ nya, setelah itu lakukan penambahan air baru.

Dalam kondisi normal, pada kolam seluas 100 m2 atur debit air sebanyak 1 liter/detik.

  • Pemberian Pakan

Pengelolaan pakan merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya ikan nila. Biaya pakan adalah hal yang komponen, biaya paling besar dalam budidaya ikan nila. Kasihlah ikan dengan pakan berupa pelet dengan kadar protein 20-30%.

Ikan nila memerlukan pakan sebanyak 3% dari berat pada tubuhnya setiap hari. Pemberian pakan dapat dilakukan pada saat pagi dan sore hari. Setiap dua minggu sekali, ambilah sampel ikan nila dengan acak setalah itu lakukan penimbangan pada bobotnya. Setelah itu sesuaikan jumlah pakan yang harus dikasih.

  • Pengontrolan Hama Dan Penyakit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ikan nila adalah ikan yang bisa dikatakan tahan banting. Pada kondisi normal, penyakit ikan nila tidak terlalu banyak mengkhawatirkan. Tapi bila budidaya ikan nila telah dilaksankan dengan intensif dan massal, resiko serangan penyakit harus diperhatikan.

Penyebaran penyakit ikan digolongkan sangat cepat, khususnya bagi jenis penyakit infeksi yang menular. Media penularan umumnya melewati air. Hal ini bisa menjadi sebuah lingkup yang menjangkau satu atau lebih kawasann kolam.

  • Pemanenan

Waktu yang dibutuhkan bagi budidaya ikan nila mulai dari penebaran benih sampai panen mengacu pada keperluan pasar. Ukuran ikan nila bagi pasar sangat  domestik berkisar sekitar 300-500 gram/ekor.

Pemeliharaan untuk ikan nila dari ukuran 10-20 gram hingga menjadi 300-500 gram diperlukan dan memakan waktu sekitar 4-6 bulan.

Oke jadi disini kita telah belajar ya guys tentang budidaya ikan nila kolam terpal dan sebagainya ya guys. Jadi gimana menurut kalian tertarik buat nyoba? atau kalian telah mencobanya?

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan dan kita cukupkan sampai sini saja ya guys. Sampai jumpa.