Cara Merawat Kuda Tunggang Yang Baik

Cara merawat kuda tunggang -Kebersihan dan kesehatan kuda merupakan hal yang paling utama untuk kuda anda.

Kuda yang bersih akan berdampak langsung apabila terjaga kesehatannya.

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus.

Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak.

Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan.

Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Cara ini dapat membuat kuda kalian bisa memberikan peforma terbaik saat berlari, berpacu dan berprestasi.

Makan dan grooming (mandi untuk kuda) senantiasa menjadi perhatian utama dalam menjaga kesehatan kuda anda. Berikut pembahasan lengkap mengenai cara merawat kuda tunggang yang benar.

Baca Juga Cara membuat gudeg nangka disini

Cara Merawat Kuda Tunggang

 

1. Memandikan Kuda Anda

cara merawat kuda yang pertama yaitu anda harus bisa memandikan kuda tersebut,agar kuda dapat terlihat segar dan bugar

Meski beberapa kuda cukup terlatih untuk tetap berdiri ketika anda memandikannya, tapi beberapa kuda masih berpaling dari anda secara alami.

Ikatlah kuda anda dengan ikatan yang mudah dilepas ditiang.Jika anda mengikat kuda anda di tiang, jangan mengikat terlalu kuat.

Jika terdapat sesuatu yang dapat membuat kuda anda merasa takut, ia pasti akan mencoba untuk berlari atau jatuh. pastikan juga ikatan kalian tidak begitu longgar agar kuda tidak kabur dari Anda.

2. Lepaskan Tapak Kudanya

Agar anda dapat mengangkat kakinya, letakkan tangan Anda ditelapak kaki kuda dan remas uratnya secara halus.

Jika ia tidak juga mengangkat kakinya, anda bisa bersandar dibahunya dan angkat kakinya. Pakailah hoof pick, mulai dari tumit dan korek kearah ujung kaki. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan batu, tanah, dan kotoran lainnya.

Pastikan anda membersihkan lekukan di dua sisi dari Frog(bagian licin berbentuk V dari tapak kuda).

Perlu anda perhatikan bahwa memakai hoof pick pada frog dapat mengakibatkan frog menjadi timpang sebab benda ini sangat sensitif.

Dengan mengorek kaki kuda anda terlebih dahulu, anda akan menyadari jika terdapat ketimpangan sebelum anda selesai melakukan grooming.

Hal ini sangat disarankan karena anda tidak hanya melihat ketimpangan, namun juga menghindarinya dengan menyingkirkan batu dan tanah yang dapat merusak frog atau melecetkannya.

Mengorek tapak kuda sebelum anda mengendarainya merupakan hal yang penting sekali. Terlebih lagi apabila kuda anda akan menggunakan tapak tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan kuda anda merasa lebih nyaman dan terhindar dari jamur hitam melakat yang berkembang di sekitar frog.

3. Gunakan Curry Comb Untuk Menyingkirkan Bulu Yang Longgar Dari Kuda Anda

Curry Comb merupakan sebuah sikat dengan bulu terbuat dari karet yang cukup elastis. Curry Comb dirancang untuk menglonggarkan tanah, lumpur, dan kotoran yang terdapat di bulu kuda Anda.

Untuk hasil yang terbaik dan agar kuda tetap bersih, gunakan curry comb sebelum anda menyikat kuda anda.

Curry comb dapat digunakan dengan gerakan melingkar kecil yang kuat diatas otot kuda. Hindari area yang bertulang lunak seperti muka, kaki, dan tulang belakang.

Mulailah dari area leher, tubuh hingga ke bokong. Lalu ulang kembali pada sisi lainnya. Curry comb harus digunakan dengan cara melingkar dari lawan arah pertumbuhan bulu kuda.

4. Gunakan Dandy Brush

Dandy Brush atau sikat keras adalah sikat dengan bulu yang keras untuk menyingkirkan tanah dan rambut yang dilonggarkan dengan Curry Comb.

Penggunaan sikar keras ini adalah dengan cara menyikat secara lurus dan pendek. Mulailah dari area leher dan berakhir dibagian ekor kuda.

Jangan gunakan Dandy brush pada daerah kaki kuda karena kaki kuda lebih sensitif. Jangan juga menggunakan dandy brush pada muka, telinga, rambut, ekor, dan kaki.

Karena alat ini dapat menyebabkan kuda langsung merasa gelisah dan terlebih lagi akan melarikan diri dari anda.

Untuk menghindari kuda anda dari stress, gunakan handuk atau kain halus pada bagian yang dibenci oleh kuda anda ketika menggunakan Dandy brush.

5. Bersihkan Dengan Menggunakan Sikat Halus

Sikat halus dapat digunakan diseluruh area kuda seperti wajah dan kaki. Selalu berhati-hati ketika membersihkan area wajah kuda anda karena satu gerakan mengejutkan dapat menyebabkan kuda anda menjadi panik.

Selesaikan grooming tubuh pada kuda anda dengan menyikat seluruh tubuhnya. Terdapat juga sikat khusus untuk area muka yang masih termasuk dalam sikat halus juga.

6. Membersihkan Muka Kuda

Ambil spons/lap basah lalu usapkan pada area mata dan hidung kuda anda. Gunakan spons yang berbeda untuk area bokong atau dibawah ekor. Karena ini biasanya lembab, kotor dan berjamur maka dari itu anda harus membersihkannya.

7. Membersihkan Rambut dan Ekor

Gunakarn sisir atau sikat rambut  kuda dengan bulu yang lebar agar menghilangkan kekusutan.

pakailah jari anda untuk memisahkan rambut-rambut yang kusam sebelum memakai sisir. Pegang seluruh bagian besar dari rambut kuda dengan tangan anda saat menyisir rambut kuda.

Hal ini untuk menghidari daya tarik yang tercipta ketika anda menyisirnya. Berdirilah disamping kuda anda untuk menghindari dari tendangannya jika ia terkejut oleh daya tarik yang diciptakan oleh sisir.

8. Semprotkan Cairan Anti Lalat

Ketika sedang musim panas, atau suhu panas, semprotkan cairan anti lalat ke kuda anda. Karena lalat dapat berkembang disekitar muka kuda dan menyebabkan infeksi.

Lalat besar atau yang disebut juga lalat kuda dapat menggigir kuda dan membuatnya stress.

Ketika anda sedang menyemprotkan cairan ini, usahakan untuk menghindari area wajah kuda.

Sekian Artikel mengenai cara merawat kuda tunggang ,bagi yang sudah membaca terimakasih

Cara Membuat Egrang Bambu

Halo sobat selamat datang di website saya. Kali ini kita akan bermain dan belajar cara membuat egrang bambu. Siapa sih yang nggak kenal dengan mainan kerajinan dari bambu sederhana yang satu ini. Mungkin bagi kita  jaman 90 an sudah tidak asing lagi

Mainan ini dulunya dimainkan oleh anak jaman 90-an dan anak – anak didesa. Nah jadi bagi kalian bukan anak tahun 90-an kalian bisa kok ngerasain mainan yang satu ini. Tenang aja disini kita juga akan belajar dan bermain bersama.

Yuk simak kita belajar dan bermain bareng. Sebelum masuk ke tahapan cara membuat egrang bambu kita pelajari dulu apasih egrang ini. Berikut penjelasannya.

Penjelasan Egrang

Cara Membuat Egrang Bambu

Egrang atau jangkungan merupakan tongkat atau galah yang digunakan seseorang supaya bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Kalau dalam konteks pembahasan kita  ialah egrang yang bisa digunakan untuk berjalan.

Pada egrang ini kita diperlengkapi dengan tangga sebagai pijakan berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki. Tujuannya agar kita bisa berjalan selama naik di atas ketinggian normal.

Pada dataran tinggi, pantai atau tanah yang labil, bangunan harus dibuatkan di atas jangkungan untuk melindungi supaya air, gelombang, atau tanah yang bergeser tidak merusaknya. Jangkungan sudah dibuat selama ratusan tahun yang lalu.

Tidak hanya itu egrang bisa digunakan sebagai kerajinan dari bambu.

Cara Membuat Egrang Dari Kayu Bambu

Alat dan Bahan:

  • Golok
  • Gergaji
  • Tali secukupnya
  • Kayu bambu dengan panjang 2 meter sepasang (berbentuk silinder atau bambu utuh) dengan diameter 10 cm
  • Kayu bambu sepanjang 30 cm sepasang, ukuran diameternya 5 cm.

Cara Membuat Egrang Bambu:

  1. Siapkan bambu yang sudah dipotong dengan ukuran 2 meter dan 30 cm seperti penjelasan di atas
  2. Tentukan tinggi pijakan egrang (bagi anak – anak biasanya setinggi 50 cm), kemudian tandai
  3. Bambu yang ditandai tadi dilubangi dan lubangnya disesuaikan dengan diameter bambu yang panjangnya 30 cm ( diameter 5 cm)
  4. Masukkan bambu 30 cm (sebagai pijakan) ke dalam lubang yang sudah disiapkan pada bambu 2 meter (lakukan hal yang sama pada yang satunya lagi)
  5. Ikat kuat bambu tersebut pada simpul antara pijakan bersama bambu yang tinggi memakai tali
  6. Egrang siap dimainkan. 

Teknik Memainkannya:

Setelah mengetahui cara membuat egrang selanjutnya kita akan membahas untuk teknik bermainnya. Berikut penjelasannnya.

  1. Pegang kedua egrang bambu bagian atas dengan posisi berdiri atau tegak
  2. Naiki pijakan egrang dengan posisi yang seimbang dengan mendahulukan kaki sebelah kiri, selanjutnya disusul dengan kaki kanan
  3. Pertama melanngkah gerakkan tangan kanan ke depan bersamaan dengan melangkahnya kaki kanan pada pijakan dan disusul oleh kaki kiri
  4. Untuk seterusnya, ulangi gerakan-gerakan pada teknik ke-3 supaya bisa berjalan dengan lancar menggunakan egrang

Tadi itu merupakan cara membuat egrang dari kayu bambu dan cara memainkannya. Selanjutnya kita akan membahas bambu yang digunakan sebagai pembuatan egrang dan macam – macamnya. Berikut penjelasannya.

Jenis Bambu Yang Bisa Dipakai

 Bambu Tali (Gigantochloa apus)

Bambu tali biasa disebut juga dengan nama bambu apus, pring tali, atau awi tali. Kalau dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali membentuk rumpun yang rapat dan mampu tumbuh hingga 20 meter.

Alasan bambu tali dipakai sebagai bahan kerajinan tangan adalah, karena bambu tali memiliki batang yang kuat, lurus, dan juga liat (lentur). Karena kualitasnya yang bagus, bambu jenis ini juga dimanfaatkan untuk bahan baku alat musik.

  • Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu wulung dikenal juga bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung kalau di Sunda. Sudah jelas dong, bambu wulung mempunyai warna yang agak kehitaman.

Di daerah Jawa Barat, kita menggetahui alat musik yang bernama angklung. Nah, tahukah kamu, bahwa bahan baku untuk membuat angklung adalah bambu wulung? Selain angklung, alat musik gambang dan calung juga memiliki bahan yang sam yakni bambu wulung.

Di samping itu, bambu wulung bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Pernah melihat jenis anyaman bambu yang mempunyai corak anyaman gelap dan terang? Nah, corak anyaman yang gelap itu merupakan jenis bambu wulung.

Okee hanya itu yanng dapat saya sampaikan. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan pembaca lainnya. Semoga juga pola sudut pandangan anak – anak juga berubah dengan adanya artikel ini.

Cara Membuat Gudeg Yang Enak Dan Juga Mantap

Cara membuat gudeg nangka -Siapa yang tidak kenal gudeg? Makanan khas asal Jogja ini sangat mudah ditemui dari penjual keliling, pedagang kaki lima hingga restoran.

Gudeg itu sendiri merupakan sajian yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan.

Gudeg umumnya berwarna cokelat yang berasal dari daun jati yang dimasak bersama dengan nangka muda.

Selain nangka muda, gudeg penyajiannya menjadi lebih spesial dengan ditambahkan bahan pelengkap yang lainnya.

Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan yaitu ayam, telur, kerecek atau lain sebagainya.

Masalah rasa, gudeg tidak bisa diragukan lagi, enak dan sedap akan anda rasakan saat menyantap gudeg.

Sensasi rasa manis dan gurih menambah kenikmatan dari sajian ini. Untuk anda yang tinggal di luar Jogja, mungkin agak sulit menemukan gudeg sehingga untuk menikmatinya anda harus membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat gudeg memang membutuhkan kesabaran, namun hasil yang didapatkan tidak akan sia-sia. Anda akan mendapatkan sajian yang lezat nan spesial ini.

Nah, untuk anda yang ingin membuat gudeg sendiri di rumah, pada kesempatan kali ini kami hadirkan resep dan cara membuat gudeg. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gudeg ini cukup praktis.

Baca Juga Permainan Anak Sunda Tradisional

Cara Membuat Gudeg Nangka

 

Penasaran dan ingin segera mencoba membuat gudeg di rumah? Mari simak resep dan cara membuat gudeg di bawah ini untuk memudahkan anda saat di dapur.

Nama Resep Resep dan Cara Membuat Gudeg yang Lezat dan Sederhana Waktu Memasak Persiapan : 40 menit Memasak : 80 menit Total : 120 menit Jumlah Porsi 5 Porsi.

Bahan-Bahan :

  • Bahan Utama Gudeg :
  • 800 gram nangka muda
  • 1/2 ekor ayam
  • 2 cm lengkuas
  • 1.000 ml air kelapa muda
  • 2 lembar daun salam
  • 1.000 ml santan yang diambil dari 1 1/2 butir kelapa
  • 5 lembar daun jati Bumbu Gudeg
  • 15 butir bawang merah
  • 8 butir kemiri
  • 135 gram gula merah
  • 6 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 2 1/2 sendok makan ketumbar.

Cara Membuat Gudeg Nangka :

  1. Menyiapkan Bahan-Bahan Gudeg Pertama kali, silahkan bersihkan nangka yang sudah anda siapkan.
  2. Kemudian potong-potong nangka dengan ketebalan sekitar 2 cm. Setelah itu, memarkan atau geprek lengkuas. Bersihkan ayam yang sudah anda siapkan.
  3. apabila sudah potong menjadi 4 bagian Haluskan bumbu-bumbu seperti yang telah disebutkan di atas.
  4. Kemudian masukan semua bahan dan bumbu gudeg ke dalam panci kecuali ayam.
  5. Aduk semua bahan dalam panci hingga merata. Masak semua bahan-bahan sambil diaduk  sesekali sampai cairan dalam panci tersisa setengah bagian. Setelah itu, masukan ayam dan aduk hingga merata.
  6. Tutup panci dan masak semua bahan dengan menggunakan api kecil sampai kuah mengering dan bumbu meresap sempurna.
  7. Setelah seperti itu, anda bisa langsung mematikan api kompor dan menyajikannya pada tempat saji yang sudah disiapkan sebelumnya.
  8. Gudeg sudah selesai dibuat. Nikmati sajian ini bersama dengan nasi putih hangat dan kerupuk agar semakin lezat dan berselera. Agar gudeg yang anda buat semakin spesial, anda bisa menambahkan bahan-bahan lainnya yang umumnya ditemukan pada gudeg.

Permainan Anak Tradisional Sunda Yang akan membuat anda bernostalgia

Permainan Anak Tradisional Sunda -Kekayaan ragam permainan asli nusantara emang gak ada duanya. Selain jumlahnya yang sangat banyak.

permainan anak tradisional juga dikenal memiliki unsur-unsur edukasi yang sangat positif. Salah satu permainan itu adalah Sorodot Gaplok.

Permainan yang menggunakan batu sebagai alat permainannya ini adalah permainan tradisional khas Jawa Barat, dimana biasanya dimainkan oleh anak laki-laki saja.

Sorodot Gaplok berasal dari dua kata, Sorodot yang berarti ‘meluncur’ dan Gaplok yang berarti ‘tamparan’.

Jadi Sorodot Gaplok adalah permainan meluncurkan batu ke batu lainnya yang nantinya bisa menimbulkan suara ‘plok’ seperti suara tamparan.

Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih, yang penting jumlahnya genap.

Karena kalau lebih dari dua orang biasanya akan dibagi menjadi dua tim yang jumlah anggotanya sama.

Setelah dibagi dua tim, kita harus menentukan tim mana yang main duluan dan tim mana yang kebagian jaga, biasanya dengan cara suit.

Setelah semua siap, tim yang bermain lebih dulu akan berjajar di garis lempar.

Secara bergiliran setiap anggota tim akan melemparkan batu yang diletakkan di atas punggung kaki mereka ke arah batu lawan yang sebelumnya diletakkan secara berdiri.

Melemparnya juga tidak sembarang melempar, kita harus mendekati garis lempar dengan cara ‘engklek’ terlebih dulu sebelum nantinya ‘menyorodotkan’ batu itu.

Jika si pelempar tidak mengenai batu lawan, dia harus melempar batu itu lagi dari tempat batu itu jatuh.

Tapi kali ini dia harus melempar melalui kedua kolong kaki dengan tangan.

Jadi dia harus jongkok dan melemparkan batu itu melewati kolong kakinya.

Tim pelempar harus menjatuhkan semua batu lawannya untuk menjadi pemenang karena kalau tidak tim mereka akan giliran menjadi tim penjaga.

Seperti disebut di awal tadi, permainan Sorodot Gaplok ini memiliki unsur edukasi yang sangat kuat.

Karena ternyata permainan ini bisa melatih kerjasama tim, meningkatkan jiwa sportifitas dan juga bisa melatih konsentrasi seseorang.

Selain itu permainan ini juga bisa melatih kepemimpinan serta ketangkasan seseorang loh Sobat Djadoel. So, Ayo Bermain Sorodot Gaplok lagi sekaligus bernostalgia!

Baca Juga Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai

2. ENGKLEK

 

Sekarang ini banyak sekali permainan modern yang bisa kita mainkan, mulai dari game di tablet sampai berbagai video game di komputer, baik yang online maupun offline.

Dibalik menjamurnya permainan modern saat ini, ternyata masih ada beberapa permainan tradisonal yang banyak dimainkan oleh anaka-anak zaman sekarang.

terutama anak-anak di pelosok desa. Salah satu permainan tradisional tersebut adalah engklek.

Engklek adalah permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia, banyak anak-anak yang memainkannya.

Saking populernya, banyak orang Indonesia yang menganggap engklek sebagai permainan khas tradisonal Indonesia.

Padahal sebenarnya engklek ini berasal dari negeri Pizza, Italia, tepatnya dari Kota Roma.

Di Roma sendiri permainan ini disebut dengan Hopscotch yang berasal dari kata Hop (melompat) dan scotch (garis-garis).

karena memang cara bermainnya adalah dengan melompat diantara berbagai garis yang digambar di tanah.

Awalnya permainan ini digunakan untuk melatih kekuatan, kecepatan dan stamina para prajurit Roma dalam upaya penjajahan di Glasgow, Skotlandia.

Saat itu arenanya sendiri dibuat dengan ukuran yang sangat besar, 31 meter.

Setelah Glasgow jatuh ke tangan Roma, para tentara Roma kemudian mengajarkan berbagai gaya hidup orang Roma termasuk mengajarkan anak-anak Glasgow untuk bermain Hopscotch.

Permainan ini kemudian menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru dunia dan menjadi permainan yang sangat populer di kalangan anak-anak Amerika, Asia dan Eropa.

Nama engklek atau sondah juga diduga berasal dari kata zondag-maandag.

Kata itu berasal dari Belanda yang kemudian menyebar ke nusantara pada zaman kolonial.

Pada zaman penjajahan, kerap dijumpai anak-anak perempuan Belanda yang bermain sondah. Hingga setelah Indonesia merdeka dari penjajahan.

permainan tradisional ini tetap bertahan dan menjadi semakin populer di kalangan anak-anak kecil di Indonesia.

Oleh karena itu, di Indonesia sendiri permainan ini bisa kita jumpai mulai dari Sabang sampai Merauke.

Namanya juga berbeda-beda di setiap tempatnya, di Jawa permainan ini disebut engklek.

di sebagian Jawa Barat ada yang menyebutnya sondah, orang Palembang menyebutnya cak engkle, di Manado disebut enge-enge, dan masih banyak lagi sebutannya.

3. ENCRAK

Permainan Tradisional Encrak ini dilakukan oleh dua hingga empat orang anak wanita dengan menggunakan kerikil atau biji-bijian, dari kerikil tsb.

diambil salah satu buah sebagai kokojo, permainan dilakukan dengan cara membalikkan telapak tangan yang mewadahi kerikil.

sehingga tertumpah, dan diupayakan tertahan oleh punggung tangan kemudian kokojo tsb dilempar keatas dan ditangkap kembali.

pada saat kokojo ada diudara kerikil yang berserakan diambil satu persatu atau lebih, pergantian pemain dilakukan apabila kerikil tsb tidak dapat di tangkap.

 

Permainan anak tradisional ini sudah sangat jarang sekali dimainkan saat ini.

Sekian Artikel Mengenai Permainan anak tradisional sunda , bagi yang sudah membaca terimakasih

Cara Ternak Ikan Gurame Cepat Panen Di Kolam Tanah

Cara Ternak Ikan Gurame Cepat Panen-Merupakan sebuah keiginan seseorang untuk mencari keuntungan secara cepat. Oke artikel saya pada kali ini akan menjelaskan tentang cara ternak ikan gurame cepat panen. Oke langsung saja simak artikel berikut.

Ikan Gurame

Cara Ternak Ikan Gurame

Merupakan salah satu ikan yang digemari banyak orang. Ini dikarenakan faktor dari dagingnya yang tebal dan lezat dimana gurame bisa diolah menjadi beragam masakan yang lezat.
Apabila anda melakukan cara budidaya ikan gurame maka harus disesuaikan dengan ukuran kolam yang nantinya akan menjadi tempat dari budidaya tersebut. Namun, jika kolam yang anda miliki ukurannya masih terbilang kecil – sedang, maka jangan memelihara terlalu banyak bibit gurame.
Hal ini akan mempengaruhi tumbuh dan perkembangan gurame itu sendiri.

Penjelasan Ikan Gurame

Ikan Gurami (Osphronemus goramy) merupakan sejenis ikan air tawar yang cukup populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di asia tenggara maaupun selatan. Selain itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara di dalam akuarium.
Ikan ini dikenal secara umum dengan nama gurami, ikan ini juga mempunyai beberapa sebutan lokal seperti gurame,grameh,kaloi,ikan kali, dan lain-lain.

Cara Tenak Ikan Gurame Cepat Panen Dikolam Tanah

1. Ketahui Jenis Kelamin 

Mengetahui cara membedakan mana gurame jantan dan mana gurame betina adalah hal yang harus anda ketahui sebagai dasar untuk melakukan budidaya.

Cara Membedakan Jenis Ikan Gurame:

1, Gurame jantan memiliki bentuk tubuh lebih ramping sedangkan betina memiliki tubuh lebih bulat.
2. Gurame jantan lebih lincah dan agresif dibandingkan gurame betina
3. Gurame jantan memiliki bagian dahi dna kepala yang menonjol sedangkan betina tidak.
4. Bagian perut gurame jantan meruncing. bagian perut gurame betina mebulat
5. Susunan sisik gurame betina terbuka dan jantan memiliki susunan normal
6. Sirip jantan bewarna hitam terang sedangkan betina bewarna putih.
7. Organ reproduksi jantan berbentuk runcing dan betina berbentuk oval.

2. Seleksi Induk

Seleksi indukan terbaik akan dilakukan dalam budidaya ikan apapun, termasuk ketika melakukan ternak gurame. Agar anda menghasilkan panen yang baik maka anda memang harus memulai dari indukan sehat dan unggul juga.
Hal utama dalam penyeleksian induk adlaah mengetahui bahwa indukan yang anda pilih memang telah siap untuk dibuahi atau melakukan proses pemijahan.
Indukan jantan harus memiliki berat antara 2 hingga 2,5 kg dan juga telah berumur 2 tahunan.
Dimana ciri-ciri lainnya adalah dengan mengamati sisik yang teratur dan besar. Warna tubuhnya bewarna cerah dan memiliki kesehatan fisik yang bagus. Sedangkan untuk indukan betina setidaknya memiliki berat 2,5 hingga 3 kg. Sama dengan indukan jantan setidaknya betina telah berumur 2 tahun, dimana alat kelamin telah nampak memerah.

3. Menentukan Lokasi Pembuatan Kolam

Walaupun tidak memerlukan sebuah syarat khusus, namun anda harus menentukan lokasi kolam. Setidaknya kolam tersebut nantinya harus berada di area yang cukup luas dan juga bersih dari segala hal yang bisa menganggu pertumbuhan ikan gurame.
Gunakan metode pembuatan kolam tanah yang baik dimana debit air adalah 15 hingga 20 m dengan ketinggian air kolam mencapai 70 cm.

4. Persiapan Kolam Tanah

Setelah anda menyiapkan lahan untuk membuat kolam tanah maka anda hanya perlu mebersihkan lahan dariu gulma dan melakukan penggalian tanah tersebut. Keringkan tanah selama 3 hari, keringkan tanah kolam hingga membentuk retakan pada tanah.
Jika tanah sudah terlihat retak maka ini menandakan tanah tersebut telah bebas dari bibit penyakit. Namun, anda harus membuat terlebih dahulu pintu air sebelum anda memasukan air kedalam kolam.
Ini dilakukan supa nantinya tidak ada binatang atau hama perusah yang bisa masuk kedalam air kolam. Pemupukan juga perlu dilakukan pada kolam berupa pupuk kandang dan kotoran ayam.

5. Pemijahan

Indukan yang telah dipilih akan beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi dan lingkungan air kolam bahkan tak jarang ini akan membutuhkan waktu 2 minggu agar mereka bisa saling berinteraksi. Setelah mereka saling nyaman maka indukan jantan akan membuat sarang dan menarik perhatian indukan betina.
Kemudian pemijahan akan terjadi ketika suasana tenah biasanya dari sore menjelang malam dan setelah itu betina akan mulai mengeluarkan telur-telur mereka.

6. Pemberian Pakan

Ketika bibit gurame sudah mulai menetas dan berkembang maka hal terpenting lainnya adalah memberi makan. Dimana pemberian pakan ikan gurame yang masih sedang dalam masa pemeliharaan harus dilakukan secara bertahap.
Berikan pakan 3 kali setiap hari dari pagi, siang dan sore. Selain pemberian pakan berupa pelet anda bisa juga memberi daun genjer, daun kankung, daun singkong dan daun sante. Jika gurame tersebut terlihat kelaparan maka anda bisa memberikan lebih banyak dari jumlah pakan yang biasanya.

7. Perawatan Kolam

Ketika anda melakukan budidaya ikan gurame maka anda juga harus melakukan perawatan kolam. Dimana kolam yan terawat akan menghasilkan ikan gurame yang sehat dan bebas darihama penyakit.
Periksa volume dari air kolam agar tidak ada ikan yang sakit, lihat juga warna dari air kolam jika terlihat sangat kotor dan keruh maka lakukanlah pergantian air kolam, periksa juga pH dan suhu dari air kolam tersebut.

8. Perawatan Ikan

Ikan gurame menghabiskan lumayan banyak waktu untuk bisa melakukan panen. Ini akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan ikan lain yang kisaran waktu pemeliharaan hingga panen hanyalah 1 hingga 2 bulan lamanya.
Sedangkna gurame biasanya perlu waktu 75 hari untuk bisa menikmati hasil panen. Namun lamanya waktu pemeliharaan ini akan memberikan waktu bagi peternak untuk memilih dan menentukan indukan gurame berikutnya dimana memang memerlukan waktu 2 tahun untuk bisa menjadi induk.

9. Ukuran Ikan Gurame

Gurame memiliki beberapa tahap pertumbuhan dan ini juga yang akan menyebabkan keragaman dari ukuran tubuh gurame tersebut sebelum dewasa dan bisa dipanen.
Dimana setiap ukuran dari pertumbuhan gurame memiliki sebutan masing-masing seperti ukuran biji oyong, silet, telapaktangan, bungkus rokok hingga ukuran umum yang biasanya digunakan sebagai ikan untuk dikonsumsi.

10. Persiapan Sebelum dan Ketika Panen

Agar anda bisa melakukan panen dari gurame maka anda bisa melakukan pengurangan volume air kolam terlebih dahulu. Perkecilah aliran air di dalam kolam hingga menjadi semakin kecil sampai yang tersisa hanya lubang terkecil pada sudut kolam tersebut.
Anda bisa meletakan dedaunan kecil yang diletakan diatas dari lubang air tersebut agar membuat ikan yang dipanen maerasa nyaman. Siapkan jaring agar anda lebih leluasa memanen ikan gurame besar dan bentangkan dari arah ujung kolam, kemudian tariklah jaring tersebut secara perlahan.
Kemudian pindahkan ikan hasil panen dengan jaring anda tersebut dari jaring ke tempat yang lebih baik seperti baskom atau drum dan bisa juga menggunakan tempat lainnya.

11. Perlakuan Pasca Panen

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan setelah melakukan pemanenan berupa :
Memperhatikan tingkat kepadatan ikan gurame yang diletakan di sebuah tempat, jangan sampai terlalu padat karena akan membuat ikan tersebut mudah mati. Pindahkan ikan-ikan ke tempat yang lain untuk mengurangi tingkat kepadatan.
Nah demikianlah cara budidaya ikan gurame cepat panen menggunakan kolam tanah, semoga bisa membantu dan memperluas wawasan anda.

 

 

Barang Antik Kuno Langka yang Sangatlah Menarik

Setiap orang mempunyai hobi dan ketertarikannya masing-masing, salah satunya ialah mengoleksi barang antik kuno.Barang merupakan barang kuno berusia tua dan dapat berbentuk apa saja misal benda seni, perabotan rumah tangga, senjata, atau   bisa juga mebel.

Tidak ada definisi atau kriteria tentang bagaimana sebuah barang dapat dikatakan antik. Tetapi UU Cukai Smooth-Hawlt 1930 mendefinisikan bahwa barang antik ialah barang yang dibuat setelah tahun 1700.

Karena sudah tua dan langka, harga barang antik luno yang dijual di pasaran memang tidak murah. Kolektor kolektor barang antik harus mempunyai dompet tebal untuk sekedar menambah koleksi mereka. Semakin besar nilai sejarah yang terkandung pada suatu barang, maka makin mahal pula harganya.

Berbagai Barang Antik Kuno Langka yang Ada di Indonesia

Berbagai Barang Antik yang Ada di Indonesia

  • Uang Indonesia Lama 25 Rupiah Soekarno

Uang lama yang sudah tak diterbitkan dan tak lagi berlaku rupanya menjadi benda yang sangatlah diminati para kolektor. Uang pecahan 5, 10, 25, 50, 100, dan 1000 Rupiah edisi lama ini dijual dalam tiga variasi nomor seri yaitu 1 huruf, 2 huruf, dan 3 huruf. Salah satu uang kuno yang paling dicari ialah uang pecahan Rp 25 bergambarkan Bung Karno.

Uang Indonesia Rp. 25 Seri Soekarno Th 1960 Perkeba bergambar proklamator Bung Karno di sisi depan dan seorang penari wanita di belakang. Kondisinya seperti baru, bersih, tidak sobek, dan tidak berlubang.

  • Guci Antik Qianlong

Berbicara soal barang antik kuno ini tentu tidak bisa lepas dari guci. Guci kecil yang berasal dari Dinasti Qing ini merupakan peninggalan Kaisar Qianlong. Meski bentuknya kecil, guci tersebut rupanya menjadi guci termahal di dunia. Ditemukan di sebuah rumah sederhana di London, guci setinggi 40 cm ini terjual seharga 50 juta Euro atau sekitar Rp 612 miliar dalam sebuah lelang.

  • Pemutar Piringan Hitam

Pemutar piringan hitam adalah benda mewah di masa lampau yang hanya bisa dimiliki oleh orang kaya saja. Menjadi salah satu alat hiburan untuk mendengarkan musik, pemutar piringan hitam masih diburu hingga sekarang. Meski saat ini telah ada alat yang lebih modern, pemutar piringan hitam mempunyai nilai historis dan seninya tersendiri. Nah, berburu pemutar piringan hitam tentu tidaklah lengkap jika tanpa berburu Vinyl-nya.

Tempat di indonesia untuk berburu pemutar piringan hitam ialah di Pasar Cikapundung yang berada di Jalan ABC, Kota Bandung. Di pasar ini dijual beragam piringan hitam mulai harga Rp 1 juta hingga Rp 4 juta.

  • Koin Kuno 1 Cent 1855

Koin telah menjadi alat tukar sejak masa lampau. Bentuk dan gambar koin pun mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Uang koin di masa lampau memiliki keunikan tersendiri, membuat para kolektor berlomba untuk memilikinya.

Salah satu koin kuno yang sangat langka di dunia ialah koin kuno Indonesia 1 cent tahun 1855 yang dibuat di masa penjajahan Belanda. Konon koin ini sangatlah sulit untuk didapatkan.

  • Dakon Jadul

Dakon merupakan permainan untuk anak-anak perempuan di masa lampau. Biasanya dimainkan oleh dua anak perempuan. Permainan dakon berbentuk papan panjang dengan beberapa cekungan lubang dan dua cekungan lubang besar di kedua sisinya. Pada zaman dahulu, biji dakon terbuat dari biji sirsak.

Papan dakon lawas banyak diminati kolektor barang antik karena bentuknya yang unik. Kini tidak ada lagi papan dakon yang terbuat dari kayu.

  • Uang Kertas Indonesia Seri Federal I (1946) 5 Gulden

Uang kuno memang menjadi barang antik yang tidak pernah usang untuk dikoleksi. Peminat uang kuno semakin hari semakin bertambah saja di seluruh dunia. Salah satu uang kuno yang paling dicari oleh kolektor ialah Uang kertas Indonesia seri Federal I (1946) Vijf Gulden/ Lima Roepiah warna orange. Uang ini sudah tergolong langka, namun kondisinya masih bagus, tidak sobek, dan tidak berlubang.

  • Replika Kendaraan

Barang antik sangat beragam macam dan jenisnya serta memiliki peminat masing-masing. Salah satu barang antik yang paling diminati adalah miniatur mobil antik. Kolektor miniatur ini bahkan rela berburu barang hingga ke luar negeri. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Terlaris Koleksi Mobil Diecast Mobil Kyosho 118 Miniatur Austin Healey 3000 dengan skala 1/18 ini dibuat sangat mirip dengan aslinya. Sangat cocok untuk menambah barang koleksi.

  • Uang Kuno 2.5 Cent Tahun 1897

Uang kuno yang diterbitkan pada zaman Belanda memang menjadi buruan para kolektor. Uang koin yang masih berupa satuan sen ini memang memiliki nilai sejarah bangsa yang tinggi.

Salah satunya yaitu Uang Koin Kuno Nederlandsch Indie senilai 2,5 cent. Koin yang dibuat pada tahun 1897 ini kini telah menjadi barang langka tentu yang layak dikoleksi.

  • Uang Kertas Rp5.000 Keluaran tahun 1958

Mata uang Indonesia mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Dalam setiap edisi, uang kertas selalu hadir dengan warna dan desain yang berbeda, sehingga uang lama yang sudah tidak beredar menjadi barang antik yang menarik untuk dikoleksi. Nilai sejarah yang terkandung dalam selembar mata uang kuno pasti sangat tinggi.Uang kertas kuno nominal Rp 5.000 tahun 1958 kini memiliki nilai jual yang tinggi karena nilai historis yang dimiliki.

Bagi para kolektor barang antik memiliki barang antik kuno langka adalah kesenangan tersendiri,dan memberikan sesuatu semacam rasa bangga.Jika anda ingin tau tentang banyak lagi tentang barang antik,bacalah artikel barang antik kuno.

Barang antik juga dapat dijadikan untuk barang investasi yang menguntungkan dan aman.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai Yang Mudah

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai -Nyamuk adalah binatang yang menjengkelkan. Kecil-kecil lincah dan pandai menggigit.

Gigitannya menyebabkan gatal dan noda merah di kulit, ditambah suara dengungan, lengkaplah binatang ini sebagai pengganggu tidur.

Selain itu, beberapa jenis nyamuk membawa penyakit yang berbahaya sperti malaria, Chikunguya, dan demam berdarah.

Saya termasuk orang yang membenci nyamuk. Gara-gara binatang ini saya terpaksa dirawat di rumah sakit karena demam berdarah. Sejak itu nyamuk menjadi musuh bebuyutan.

Nah kebetulan baru-baru ini beberapa teman di fb menyebarkan postingan tentang cara mengusir nyamuk dengan sereh.

Kaum perempuan yang biasa di dapur pasti mengenal tanaman sereh sebagai salah satu bumbu dapur.

Sereh bisa ditanam di halaman rumah atau juga bisa dibeli di pasar-pasar tradisional.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai

Belilah beberapa batang sereh di pasar, lalu disiangi, dibuang yang kering dan dibersihkan.

Menjelang malam, kira-kira di atas jam lima sore, mulailah kita mengolah sereh.

Pada saat itu nyamuk mulai keluar dari persembunyian untuk mencari mangsa-darah manusia.

Batang-batang sereh lalu diiris kasar, ditempatkan ke dalam wadah yang terbuka sesuai dengan kebutuhan.

Ada berapa ruang yang tidak boleh dimasuki nyamuk? Misalnya tiga  kamar tidur , satu ruang keluarga, satu ruang tamu. Maka total yang dibutuhkan lima wadah.

Kemudian letakkan wadah-wadah itu di dalam ruangan yang dimaksud. Setelah diamati, ternyata benar, gerombolan nyamuk tidak mau masuk ke dalam ruangan-ruangan tersebut.

Aroma sereh yang tajam tak disukai nyamuk sehingga binatang-benatang kecil ini memilih untuk hengkang dari ruangan yang beraroma sereh.

Alhasil, kaki dan tangan yang biasanya sudah merah dan bentol-bentol digigit nyamuk, dapat terselamatkan. Kulit pun menjadi mulus.

Berkat sereh, kesibukan menepok nyamuk menjadi hilang.  Kalau pada waktu Maghrib biasanya kita sudah dikeroyok gerombolan nyamuk, maka kali ini jadi sepi-sepi saja.

Para nyamuk tidak berani membuat kerusuhan. Memang masih ada yang nekad terbang melintas satu atau dua ekor.

Tetapi gigitannya melemah, gerakannya pun lunglai seakan kehilangan semangat. Berkat sereh, tidur pun kembali nyenyak (seperti iklan ya).

Mari kita tinggalkan segala macam obat nyamuk yang beredar di pasaran.

Zat kimia yang ada pada obat nyamuk sangat tinggi dan juga berbahaya untuk kesehatan, serta polusi.

Kita gunakan saja pembasmi nyamuk alami yang sudah diberikan Tuhan. Murah dan mudah.

Spesies Nyamuk

Nyamuk diketahui menyebarkan penyakit bawaan seperti demam berdarah dan malaria. Pelajari lebih lanjut tentang siklus hidup dan kebiasaan hewan pengisap darah ini yang biasanya ditemukan di Indonesia

Fakta Tentang Nyamuk

Pertanyaan-pertanyaan umum seputar hama nyamuk seperti:

  • Kapan nyamuk menggigit?
  • Mengapa saya mendapatkan gigitan nyamuk di malam hari?
  • Bagaimana nyamuk berkembang biak?

Pertanyaan-pertanyaan diatas mungkin menjadi beberapa hal yang paling sering di tanyakan oleh banyak orang.

Nyamuk Aedes

(Aedes Aegypti)

Gigitan yang berasal dari nyamuk Aedes memuncak pada perubahan intensitas cahaya (setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam)

Kemunculan

  • Nyamuk dewasa memiliki tanda hitam dan putih.
  • Larva bersemayam 45 derajat dari permukaan air.
  • Telur nyamuk berwarna hitam dan berbentuk seperti bola rugby

Siklus Hidup

  • Tahapan telur menjadian dewasa membutuhkan 6 – 8 hari.
  • Metamorfosis sempurna – telur, larva, pupa dan dewasa”

Kebiasaan

Habitat – Penampungan bagi pengembangbiak terutama yang jantan, dibuat dengan menggunakan air bersih.

Memilih warna yang gelap seperti hitam dan merah. Dapat terbang jarak pendek (50 – 100 m)”

Nyamuk Anopheles

(Anopheles SPP.)

Nyamuk Anopheles bertanggung jawab terhadap penyebaran malaria

Kemunculan

  • Nyamuk dewasa – pucat dan bertanda gelap pada sayap dan bertumpu pada sudut 45 derajat pada permukaan.
  • Larva bersemayam bersejajar pada permukaan air.
  • Telurnya panjang 1 mm dan mengapung pada sisinya.

Siklus Hidup

  • Tahapan telur menjadi dewasa membutuhkan 6 – 10 hari.
  • Metamorfosis sempurna – telur, larva, pupa dan dewasa

Kebiasaan

  • Habitat – Lebih suka air yang bersih dan tidak tercemar.
  • Ritme gigitan – Gigitan dilakukan pada malam hari dan beristirahat di luar maupun di dalam ruangan. (tergantung pada spesies).
  • Memililh warna gelap.
  • Nyamuk betina dengan satu kali menghisap darah dapat mengeluarkan 50 – 150 telur

Sekian Artikel mengenai Cara mengusir nyamuk denganserai

investasi yang menguntungkan dan aman

Investasi sering kali disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal,investasi yang menguntungkan dan aman yaitu suatu komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat.

Tabungan dari sektor rumah tangga yang melewati institusi intitusi keuangan pasti akan mengalir ke suatu sektor perusahaan.

Bila para pengusaha menggunakan uang tersebut untuk misal membeli barang-barang modal , pengeluaran tersebutlah yang dinamakan dengan investasi.

Sekarang ini, masyarakat Indonesia sudah semakin menyadari tentang pentingnya berinvestasi. Banyak dari masyarakat indonesia yang lantas lalu mencari apa investasi terbaik untuk mereka.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia secara tahunan mencapai sebesar 5,06% di kuartal pertama 2018 yang disumbang oleh pertumbuhan investasi.

Kondisi ini setidaknya memperlihatkan tren berinvestasi di indonesia pada tahun 2018 terus mengalami peningkatan dan bahkan kemungkinan investasi akan semakin diminati oleh masyarakat di Tanah Air.

Investasi yang Baik dan Menguntungkan di tahun 2019

Investasi yang Baik dan Menguntungkan di tahun 2019

1. Investasi Properti

Properti ialah salah satu jenis investasi terbaik.Investasi yang selalu saja mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kemungkinan akan turun sangatlah kecil.Investasi properti bisa dikatakan investasi yang menguntungkan,investasi ini akan selalu mengalami kenaikan terus menerus selama demand masih tinggi dan berdampak terhadap harga jualnya yang akan semakin tinggi.Jika kamu mempunyai properti berupa rumah, maka rumah tersebut bisa anda jadikan tempat usaha seperti kos-kosan misal,ditambah lagi dengan memaksimalkan kos tersebut untuk membuat usaha yang lainnya misal laundry, catering dan lainnya.

Investasi properti yang adalah sektor riil di negara berkembang seperti Indonesia tidaklah terlalu berpengaruh terhadap inflasi dikarenakan lebih kepada ekspektasi saja. Dalam hal ini, aset rill itu akan melindungi keuangan Anda terhadap inflasi.

2. Investasi Emas

Berinvestasi emas juga adalah salah satu investasi yang menguntungkan dan salah satu investasi terbaik. Investasi emas atau logam mulia masih saja menjadi investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi investasi ini ialah aset yang sangat mudah dijual atau diuangkan.

Tetapi tentu saja, berinvestasi emas tetaplah memiliki risiko, misalkan karena fisiknya yang kurang praktis sehingga memerlukan tempat penyimpanan yang dilengkapi dengan keamanan yang ekstra.

Risikonya akan lebih tinggi lagi jika Anda mempunyai emas-emas batangan dalam jumlah yang banyak sehingga tidak bisa menyimpannya di sebuah brankas yang kecil.

3. Investasi Reksadana

Reksa dana adalah salah satu investasi yang menguntungkan.Sederhananya, dengan berinvestasi reksa dana berarti kamu telah berinvestasi di saham, obligasi, dan deposito, tetapi dengan melalui perantara manajer investasi yang tentunya profesional.Manajer investasi di sini mempunyai tugas untuk mengumpulkan dana dan merekalah yang mengelola investasi anda dengan strategi yang mereka miliki.

Untuk mereka yang belum mempunyai pengalaman yang cukup di bidang investasi, reksa dana dapat jadi pilihan. Pasalnya, dengan adanya manajer investasi anda hanya cuma menyerahkan semuanya ke manajer investasimu saja.

Tapi, bukan berarti mereka yang sudah mempunyai pengalaman tidaklah cocok dengan investasi ini. Jika mereka yang  sudah berpengalaman ingin diversifikasi investasinya, reksa dana juga bisa jadi pilihannya karena relatif aman.

Selain itu, tingkat keuntungan yang bisa dihasilkan oleh investasi reksadana juga tak tergantung dari besar ataupun kecilnya nilai pembelian awal investor. Besarannya, tergantung pada pengelola atau manajer investasi dalam mengelola investasi reksana tersebut. Apa investasi yang menguntungkan terbaik lainnya? Simak di poin berikutnya!

4. Investasi Saham

Saham ialah  salah satu investasi yang menguntungkan berikutnya.  Saham ini jadi investasi yang menguntungkan terbaik selanjutnya. Saham adalah surat berharga yang menampakkan kepemilikan dari suatu badan usaha. Investasi ini juga bisa dikatakan investasi jangka panjang.Bila anda berinvestasi saham secara langsung anda juga bisa dikatakan  pemilik dari perusahaan tersebut. Tapi, porsi kepemilikannya tentu saja juga sesuai dengan investasi yang anda tanamkan di perusahaan tersebut.

Saham sendiri adalah berupa selembar kertas yang menyatakan bahwa nama yang sudah tercantum di atas kertas tersebut adalah pemilik saham atau perusahaan sesuai porsi atau berapa banyaknya penyertaan dalam perusahaan tersebut.

jika perusahaan tersebut berjalan dengan baik maka saham tersebut tentu saja akan memiliki nilai yang tinggi.

Investasi dapat anda lakukan jika anda ingin mudah saat har tua anda datang,karna denagn investasi anda dapat mendapatkan uang tanpa harus bekerja.Jika anda ingin tau lebih banyak lagi tentang investasi bacalah artikel investasi yang menguntungkan.

Baca juga artikel hp tercanggih samsung.Sekian semoga bermanfaat dan terimaksih.

Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat Pabrikan Yang Baik

Selamat datang di blog saya pada kali ini saya akan mengajak anda untuk mengetahui pupuk organik padat pabrikan yang baik. Nah oke langsung saja simak.

Penjelasan Awal

Budi daya tanaman secara organik semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dipengaruhi karena meningkatnya kesadaran petani akan pentingnya bahan pangan yang diolah secara organik.

Selain bisa diaplikasikan dalam pertanian skala besar, budi daya tanaman organik juga sangat cocok diaplikasikan untuk tanaman berskala kecil misalnya kebun, pekarangan rumah, halaman kosong dan sebagainya.

Tidak hanya tanaman pangan saja yang menggunakan model organik, tanaman hias juga bisa diaplikasikan menggunakan model organik. Mengingat hasil penanaman dengan cara organik akan lebih bagus dan menguntungkan.

Salah satu faktor penting keberhasilan tanaman organik adalah penggunaan pupuk organik yang berkualitas baik.

Di pasaran sekarang ini banyak tersedia pupuk organik padat pabrikan. Oleh karena itu agar tidak terjebak membeli pupuk organik berkualitas rendah kita perlu mengenali ciri-ciri pupuk organik padat pabrikan yang bagus.

Pupuk Organik Padat Pabrikan

Pengertian Pupuk Organik Padat

Pupuk padat organik atau pupuk organik padat merupakan pupuk yag berdasarkan dari material makhluk hidup yang bersifat organik serta memiliki bentuk yang padat pada hasil akhirnya.

Pupuk organik juga salah satu pendukung terbentuknnya pertanian organik. Pada dasarnya pertanian organik mempunya dua arti yaitu pertanian organik dalam arti khusus dan pertanian organik dalam arti umum.

Dalam pengertian khusus, pertanian organik merupakan pola pertanian yang bebas dari bahan-bahan kimia. Sedangkan pengertian pertanian organik dalam arti umum adalah kombinasi penggunaan produk organik dengan bahan kimia pada batas-batas tertentu.

Ciri Pupuk Organik Padat Pabrikan Yang Baik

Pupuk Organik padat berbeda dengan pupuk organik cair, karena itu untuk mengenali ciri pupuk organik padat yang bagus juga menggunakan metode yang berbeda.

  • Bau Dan Aroma 

Pupuk organik padat pabrikan yang bagus selalu berbau harum seperti bau tanah menandakan bahwa proses fermentasi aerobiknya sudah selesai.

Jangan pergunakan dulu bila baunya masih seperti kotoran atau bau pesing karena ini akan menimbulkan fermentasi lanjutan dalam tanah yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman.

  • Warna

Seperti warna humus yakni coklat kehitam-hitaman menandakan bahwa pupuk organik tersebut sudah benar benar matang. Warna yang masih coklat atau kehijau-hijauan tanda proses fermentasi belum selesai.

Kadang-kadang ada juga produsen nakal yang mencampurnya dengan karbon agar tampilan produk menarik. Tetapi ini sangat mudah dikenali dengan cara mengaduknya di air, maka airnya akan langsung menjadi hitam.

  • Tes Kantong Plastik

Kita bisa melakukan tes sederhana dengan memasukkan produk tersebut dalam kantong plastik dalam keadaan lembab (bila produk kering, dibasahi dulu kira kira kadar air 20%), ditutup rapat rapat kedap udara dan dibiarkan dalam suhu kamar selama 1 minggu.

Bila bentuknya masih baik dan baunya masih tetap seperti bau tanah, menandakan bahwa pupuk organik tersebut sudah benar-benar matang.

  • Tes Perkecambahan

Pupuk organik yang benar bila diatasnya ditaruh benih sehat, maka benih bisa tumbuh dengan baik.

  • Suhu

Pupuk organik yang telah matang mempunyai suhu rendah yang stabil walaupun disimpan dalam waktu yang lama.

Kita bisa mencobanya dengan memasukkan tangan disela-sela tumpukan karung pupuk. Pupuk yang benar terasa dingin di tangan.

  • Tes Gumpalan

Kita bisa mencobanya dengan mengambil segenggam pupuk organik dalam kondisi lembab, kemudian remas dengan kuat.

Maka pupuk organik murni akan mudah sekali menggumpal tetapi juga mudah sekali terurai. Pupuk organik yang ditambahi bahan lain seperti Clay (semacam serbuk liat untuk memudahkan granulasi) dan Dolomit terlalu banyak, setelah dikepal akan sulit kembali terurai.

  • Remah

Pupuk organik yang benar adalah yang tidak terlalu keras sehingga mudah terurai di dalam tanah dalam tempo yang singkat. Memilih pupuk organik yang berkualitas baik, baik itu cair maupun padat merupakan langkah awal keberhasilan budidaya tanaman secara organik.

Selain akan bisa memperbaiki kualitas tanah, hasil panen dari tanaman organik akan lebih sehat dan panen lebih banyak.

Oke tadi penyampaian dari say tentang pupuk organik padat pabrikan.

Hp Tercanggih Samsung yang Sangat Menggoda Untuk Dibeli

Dari tahun ke tahun,hp tercanggih Samsung selalu menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan beragam varian smartphone dengan desain dan spesifikasi yang menarik minat pembeli. Meski demikian, berbagai jenis ponsel pintar buatannya itu mampu memikat banyak orang, termasuk di Indonesia.

Nah, buat kamu yang sedang mencari HP Samsung keluaran terbaru di tahun 2019, berikut YaTekno telah siapkan daftarnya, lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

18 HP Samsung Terbaru di Tahun 2019

18 HP Samsung Terbaru di Tahun 2019

1. Samsung Galaxy A10

Samsung Galaxy A10
Harga Rp 1,7 Jutaan
  • Layar: IPS LCD 6.2 inches, 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7884 Octa
  • CPU: Octa-core (2×1.6 GHz & 6×1.35 GHz)
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Memori Internal: 32 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.0
  • OS & Baterai: Android 9.0 (Pie), 3400 mAh

Tidak seperti dulu, kini hp harga satu jutaan dari Samsung punya spesifikasi yang terbilang apik. Galaxy A10 ini misalnya, meski termasuk kelas HP entry-level, HP ini sudah mengusung rasio layar 19:9 hingga sudah mengadopsi sistem oprasi Android Pie.

Meski hanya membawa satu kamera belakang saja, Samsung sudah memperkuat sektor kameranya dengan lensa Ultra Wide 123 derajat. Tangkapan gambar yang lebih luas bisa kamu dapatkan dengan mudah pastinya.

Adapun sejumlah fitur menarik yang dihadrikan pada perangkat ini, seperti Face Recognition, Samsung Pay, Dolby Atmos, Samsung Knox dan One UI.

2. Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A10
Harga Rp 2,2 Jutaan
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inches, 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7884 Octa
  • CPU: Octa-core (2×1.6 GHz & 6×1.35 GHz)
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF + 5 MP, f/2.2, depth sensor
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0
  • OS & Baterai: Android 9.0 (Pie), 4000 mAh

Sebagai seri yang lebih tinggi dari Galaxy A10, tentunya Samsung memberikan spek yang lebih istimewa pada Galaxy A20. Keistimewaan yang ditawarkan oleh seri ini yakni sudah mengadopsi layar andalan Samsung, yaitu Super AMOLED.

Selain itu, Galaxy A20 juga menawarkan setup kamera yang lebih baik, dimana kamera belakangnya sudah membawa dual-camera. Baterainya pun dibuat lebih besar dengan kapasitas 4000 mAh.

Jika pada seri Galaxy A10 hanya andalkan fitur pemindai wajah saja, lain halnya dengan seri Galaxy A20 yang sudah mengadopsi fitur pemindai sidik jari.

3. Samsung Galaxy A30

Samsung Galaxy A30
Harga Rp 3,1 Jutaan
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 7904 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.7, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm, (ultrawide)
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0
  • OS & Baterai: Android 9.0 (Pie), 4000 mAh

Tidak seperti Galaxy M Series yang dimana mengandalkan konsep layar Infinity-V Display, Galaxy A30 ini tampil dengan tampilan berbeda dengan konsep layar berbentuk “U”.

Melihat spesifikasinya, bisa dipastikan jika HP ini menjagokan kekuatan kameranya, baik di lini depan maupun belakang. Berfokus pada kamera belakangnya, Samsung memberikan lensa Ultra Wide untuk sudut pandang objek yang luas.

Ultra Wide yang dibawanya memiliki sudut pandang lebar mencapai 123 derajat. Untuk fitur spesial yang dimilik, Galaxy A30 dilengkapi dengan fitur fast charging serta telah mengadopsi USB Type-C.

4. Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50
Harga Rp 3,7 Jutaan
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
  • Chipset: Exynos 9610 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori Internal: 64/128 GB, 4/6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 25 MP, f/1.7, PDAF + 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) + 5 MP, f/2.2, depth sensor
  • Kamera Depan: 25 MP, f/2.0
  • OS & Baterai: Android 9.0 (Pie), 4000 mAh

Kalau kamu punya dana lebih, bisa mempertimbangkan Galaxy A50. Dengan harga 3 jutaan, Samsung memberikan spesifikasi yang cukup bagus pada HP ini, seperti fitur Ultra Wide 123 derajat hingga dukungan Depth sensor.

Tidak sampai disitu, HP Samsung dengan sistem Android Pie ini juga menawarkan fitur menarik, yakni Flaw Detection. Fitur tersebut berfungsi untuk memberitahu pengguna apabila objek yang difoto buram, subyen foto berkedip, hingga lensa kotor sekalipun.

Mengingat baterainya yang jumbo dengan daya 4000 mAh, Samsung pun memperkaya fitur pengisiannya dengan Adaptive Fast Charging. Satu hal yang menarik perhatian dari Galaxy A50 yaitu telah dibekalinya fitur On Screen Fingerprint.

Samsung adalah pabrikan yang memproduksi smartphone smarphone yang sangat canggih,samsung adalah saingan terberat pabrikan iphone.Jika anda ingin mengetahui tentang hp hp tercanggih di dunia,bacalah artikel hp tercanggih di dunia.

Baca juga artikel yang tak kalah bermanfaat lainya yaitu tips menghemat uang bulanan anak kos.Sekian semoga bermanfaat dan terimaksih.