Cara Membuat Bola Ubi Kopong Isi Coklat Yang Lumer

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bola ubi kopong isi coklat. Tapi tahukah Anda apa itu ubi?

Ubi

cara membuat bola ubi kopong isi coklat

Berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih di perdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia.

Ubi jalar ternyata mempunyai beberapa golongan dalam jenis warnanya seperti putih kekuningan atau ada juga ubi jalar yang berwarna ungu. membuat bola ubi jalar itu mudah dan bola ubi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti halnya kimbab  degan cara membuat kimbab yang benar.

Selain sebagai kandungan utamanya, juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Ada beberapa varietas yang ada di Indonesia yaitu Daya, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Muara Takus, Cangkuang, Sewu.

Masing-masing varietas memiliki rasa khas yang berbeda-beda.Merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Daerah penghasil cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran, Sumedang.

Budidaya Ubi

Dapat di budidayakan melalui stolon/batang rambatnya. cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga stolon/batang rambat jalar mudah dimasukkan dalam tanah. pemeliharaannya cukup mudah.

Akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari langsung, pemeliharaan dari gulma untuk menghindari persaingan unsur hara di sekitar tanaman. pemberian pupuk UREA atau Organik akan menambah hasil panen yang lebih bagus.

Panen ubi yaitu dengan mencangkuli sekitar tanaman,ini untuk mempermudah rusak karena terkena cangkul atau alat pertanian.

Cara Membuat Bola Ubi Kopong Isi Coklat

1. Resep Cara Membuat Bola Ubi Kopong Isi Coklat

Menu ini termasuk menu sehat karena bola ubi memiliki karbohidrat tinggi dan kaya akan serat yang baik untuk tubuh, dan menu ini juga bisa menjadi solusi resep jajanan sehat untuk anak anda. Okelah tak perlau berlama-lama, mari kita siapkan bahan dan mulai membuatnya.

Bahan Bola Ubi :

  • 700 gram ubi kuning
  • 60 gram tepung terigu
  • 100 gram cokelat batangan/cokelat blok
  • 60 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung panir/tepung roti
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya (untuk merebus ubi)

Cara Membuat Bola Ubi Isi Coklat :

  1. Kupas ubi dan cuci bersih. Setelah itu potong dadu agar cepat matang saat direbus.
  2. Panaskan air lalu rebus ubi hingga matang. Setelah itu tiriskan.
  3. Setelah ubi matang, masukkan dalam wadah lalu tumbuk hingga halus.
  4. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, gula pasir, garam serta vanila bubuk kedalamnya. Setelah itu campur semua bahan hingga merata.
  5. Potong cokelat batangan atau cokelat blok sesuai selera atau sesuaikan ukuran potongannya dengan bola ubi yang akan dibuat.
  6. Bersihkan tangan atau pakailah plastik untuk melapisi tangan, lalu ambilah adonan ubi sedikit dan masukkan potongan coklat didalamnya. Setelah itu bentuk adonannya menjadi bola-bola.
  7. Letakkan bola ubi didalam piring yang berisi tepung terigu, lalu balur bola ubi dengan tepung terigu hingga merata.
  8. Masukkan bola ubi ke dalam telur yang sudah dikocok sebelumnya.
  9. Terakhir balurkan tepung panir atau tepung roti ke bola ubi sebelum digoreng.
  10. Setelah itu goreng bola ubi di dalam minyak yang panas sampai berwarna kuning keemasan.

3. Bola Ubi Ungu Kopong

Ternyata kalo ubinya ungu malah agak susah menentukan ini sudah matang apa belum gorengannya, apalagi bikinnya ini sudah sore. Kalo warna putih kan langsung keliatan warnanya jadi kuning. Begitu juga kalo ubi kuning, gorengan yang matang warnanya cokelat keemasan.

Aku tulis resep bola-bola ubi (bobobi) ungu kopong di bawah ini, dengan sedikit modifikasi. Untuk percobaan kedua, takaran gulanya aku kurangi dikit. Resep aslinya pakai 125 gr gula halus, ini aku pakai 100 gr gula halus aja, sudah manis rasanya.

Juga baking powdernya, di video cuma disebutkan 1 sendok baking powder, nah itu 1 sendok teh atau 1 sendok makan ya maksudnya? Sepertinya sih 1 sendok makan, tapi akhirnya aku bikin pakai 1 sdt aja , tetap berhasil kok.

Bahan :

  • 400 gr ubi jalar kuning
  • 100 gr gula halus
  • 100 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Bola  Ubi Ungu :

  1. Kukus ubi jalar kuning sampai matang.
    Hancurkan ubi yang telah dikukus pakai garpu hingga lembut.
  2. Buang serat-seratnya jika ada. Diamkan sebentar hingga agak dingin.
  3. Campurkan gula halus, tepung maizena, tepung tapioka dan baking powder sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk hingga rata.
  4. Tutup adonan dengan plastik selama kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil
  6. Siapkan wajan, isi dengan minyak agak banyak, nyalakan kompor.
  7. Jika minyak sudah sedikit panas, masukkan bola bola ubi tadi.
  8. Goreng hingga matang, jangan lupa tekan-tekan bola ubi agar tengahnya bisa kopong. ( Baca tips di bawah resep ini )
  9. Angkat, tiriskan.

 

 

 

Itulah ulasan tentang resep cara membuat bola ubi kopong yang bervariasi rasa dan cara membuatnya. Mudah dan Praktis bukan? natikan rese-resep saya berikutnya. Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat .

Cara Membuat Kimbab Yang Enak Dan Sederhana

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kimbab yang enak atau dalam bahasa indonesia gimbap. Tapi tahukah Anda apa itu kimbab?

Kimbab

cara membuat kimbab yang enak

Kimbab adalah makanan populer di Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim, biasa di kenal dengan nama nori dalam Bahasa Jepang. Gimbap lalu dipotong-potong dengan ukuran sekali suap.

Nasi dan rumput laut adalah dua bahan dasar gimbap. Isinya bisa bervariasi. Terdiri sumber protein (fish cake, daging kepiting imitasi, telur, atau daging sapi) dan sayuran (mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak).

Gimbap memang terinspirasi dari sushi gulung yang di bawa ke Korea pada masa kependudukan Jepang. Namun, gimbap berbeda karena nasinya di bumbui minyak wijen, bukan cuka beras seperti sushi.

Saat mencicipi keduanya, Anda akan merasakan perbedaan rasanya. Isi gimbap yang mengandung acar juga membuat gimbap terasa agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan mentah.

Selain itu, gimbap lebih mirip futomaki dari pada makizushi, jenis sushiyang paling populer di Indonesia.  Diameternya cenderung lebih lebar karena mengandung lebih banyak isi dan di potong lebih tipis. Selain gimbap reguler.

Salah satunya adalah samgak gimbap yang berbentuk segitiga dan di jual di minimarket di Korea Selatan.  Makanan ini dikenal dengan nama onigiri di Jepang. Ada pula chungmu gimbapyang hanya berisi nasi, biasanya disajikan bersama baby octopus berbumbu pedas serta kimchi lobak.

Sejarah Kimbab

Tidak diketahui asal-muasal gimbap. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini di adaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya adalah makanan rakyat yang murah dan di buat dari bahan yang sederhana.

Berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon, terdapat makanan yang di namakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering).

Bokssam adalah makanan ringan yang dibuat untuk dimakan ketika berpiknik atau sebagai bekal perjalanan. Di tengah-tengah variasi baru gimbap yang saat ini bermunculan, terdapat gimbap yang di anggap paling asli di Korea.

Cara Membuat Kimbab Yang Enak Dan Praktis

1. Cara Membuat Kimbab Tuna Kimchi Samgak

Merupakan salah satu makanan khas Korea yang sering dijadikan bekal makan siang. Cara membuatnya yang simple cocok dengan gaya hidup orang korea yang pali-pali alias serba cepat.
ada juga kulit samosa dengan cara membuat kulit samosa khas india yang enak.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di Korea, mulai dari restoran, vendor kaki lima, hingga mini market. Samgak kimbap menjadi salah satu jenis kimbap yang populer di negeri KPop ini.

Tak seperti kimbap kebanyakan, samgak kimbap punya bentuk unik, yaitu segitiga. Buat kamu yang suka bawa bekal makan siang, yuk coba bikin kreasi samgak kimbap yang praktis ini.

Tak seperti kimbap konvensional yang memerlukan banyak bahan, kamu hanya perlu bahan-bahan sederhana untuk membuat samgak kimbap. Ini beberapa bahan yang harus kamu

Bahan :

  • 4 cup nasi
  • 1 kaleng tuna
  • beberapa lembar nori
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdm cuka
  • 2 sdt gula
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 cup kimchi
  • 2 sdt gochujang
  • 2 sdt bubuk cabai

Cara Membuat Tuna Samgak Kimbab :

Untuk membuat samgak kimbap juga cukup mudah. Kamu tak perlu repot menggulung kimbap dengan alat khusus. Langkah-langkah membuat tuna samgak kimbap adalah sebagai berikut.

Persiapkan Nasi Untuk Kimbap :

  1. Campur cuka dengan gula dan garam.
  2. Ulet hingga semua larut
  3. Tuangkan campuran cuka ke dalam nasi, aduk-aduk, sisihkan.

Cara Memasak Isian Kimbap :

  1. Panaskan minyak goreng di atas teflon, tumis bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan 1 kaleng tuna, kimchi, bubuk cabai, dan 1/4 sdt gula
  3. Tumis selama beberapa menit sambil aduk hingga semua bahan tercampur rata
  4. Bila ingin rasa yang lebih pedas, bisa tambahkan pasta cabai Korea atau gochujang.

Tips Membuat Samgak Kimbab :

Untuk membuat samgak  yang mirip layaknya kimbap mini market, kamu bisa membeli nori khusus samgak kimbap. Nori ini di lengkapi dengan plastik kemasan kimbap yang mirip seperti yang dijual di supermarket Korea.

Supaya praktis dan bentuknya segitiga sempurna, kamu juga bisa membeli cetakan khusus kimbap. Kalau sudah menyiapkan nasi dan isiannya, ini langkah-langkah menyusun kimbap yang bisa kamu terapkan di rumah.

  1. Letakkan nasi di atas plastik bening yang sudah diberi sedikit minyak wijen
  2. Tuangkan isian kimbap di tengah nasi.
  3. Tutup kembali dengan menambahkan nasi di atasnya
  4. Kamu bisa mulai membungkus kimbap hingga isiannya tertutup dengan sempurna.
  5. Kemudian bentuk kimbap menjadi segitiga
  6. Setelah terbentuk, kamu bisa langsung menyelimuti kimbap dengan rumput laut kering.
  7. Samgak kimbap siap disantap.

 

 

 

Itulah ulasan tentang resep kimbab. Mudah dan Praktis bukan?Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat .

 

Cara Membuat Kulit Samosa Khas India Yang Renyah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kulit samosa khas india. Tapi tahukah Anda cara membuat kulit samosa? ya, simak resep berikut ini!

Samosa

cara membuat kulit samosa khas india

 

Samosa di makan dengan sosis cocol terdiri dari chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian berisi daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan.

Di Asia Tengah, isi terdiri dari daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.  Samboosa di Tajikistan, samsa bahasa Turki, sambusa di berbagai negara di Iran, dan chamuça di Goa dan Portugal. Tapi tak hanya kulit samosa yang enak ada juga samosa dengan cara membuat samosa isi ayam yang enak.

Sejarah Samosa

Mungkin ini adalah salah satu makanan yang paling banyak memiliki sejarah perjalanan di mulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India. Sejarah Samosa di makan sebagai cemilan oleh para pegadang dan musafir di perkemahan atau tempat istirahat selama perjalanan.

Terdapat buku resep masakan arab yang ditemukan dari abad ke 10 dan tercatat dengan nama “sanbusak”. Pada faktanya dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”, sehingga semua mulai bisa terlihat kaitannya.

Kurang lebih pada abad ke 11 lah baru para pedagang muslim mulai membawa samosa dalam perjalanan mereka ke India.

Hingga pada abad ke 13, sudah tidak hanya di makan oleh para pedagang saja, melainkan oleh para pejabat, orang penting dan sultan/raja.

Dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, dan kacang walnut, di hidangkan di dalam Istana Muhammad bin Tughluq(Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan.

Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur. Di Indonesia, di percaya di bawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak di perkenalkan dan di promosikan oleh restoran Arab dan India.

Ini adalah sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer namun banyak yang belum mengetahui asal usulnya.

Cara Membuat Kulit Samosa Khas India Dan

 

1. Cara Membuat Kulit Samosa Khas India

Sebenarnya cara membuat kulit samosa tidaklah susah. Hasilnya sangat memuaskan, renyah. Sebenarnya udah lama pingin berbagi resep kulit lumpia yang pake adonan kulit lumpia itu diputar putar ke wajan datar, cuma karena masih belum punya wajan datarnya, jadi di pending dulu.

Biasa prakteknya pake teflon, ukuran kulitnya agak kecil. Akhirnya memutuskan bikin kulit samosa aja, kulitnya ini bisa digunakan untuk lumpia juga, atau pangsit. cara membuat kulit samosa ini kebanyakan dari orang india.

Si empunya resep ini pake macam macam bahasa, jadi keren. Mungkin beliau orang somalia kali ya. Dari beberapa resep, ada resep yang menggunakan tambahan tepung maizena (pertama kali pake resep yang ini, hasilnya renyah juga, cuma karena ketipisan gilasnya, jadi susah di lepas.

Ada juga resep yang nguleni adonannya pake mixer roti, jadi sampai kalis elastis. Tekstur kulitnya jadi tipis, transparan, lentur dan halus sekali. Resep ini pun gak kalah mantapnya, hasilnya sangat memuaskan dan semua orang bisa membuatnya. Cek aja yuk.

Bahan :

  • 150 gr tepung protein sedang
  • 60-70 ml air
  • 1 sdm minyak sayur
  • garam
  • minyak untuk olesan

Cara Membuat Kulit Samosa :

  1. Masukkan tepung dalam wadah, tambahkan garam, minyak dan tambahkan air. (Aduk rata). Tuangkan air sedikit sedikit agar tidak kelembekan.
  2. Uleni selama 10 menit, hingga mulus dan kalis. Diamkan selama 15 -30 menit. Tutup dengan kain.#jika adonan masih terlihat belum mulus, uleni kembali.
  3. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata. Bulatkan.
  4. Gilas setiap bulatan selebar 5 inc
  5. Kemudian, ambil 1 adonan yang sudah dipipihkan, kemudian oles dengan minyak semua permukaannya kemudian taburi tepung tipis-tipis (tujuannya agar saat digilas, tidak lengket satu sama lainnya).
  6. Tumpuk dengan adonan lagi, kemudian oles lagi dan taburi tepung. Lakukan sampai habis.
  7. Untuk permukaan terakhir yang paling atas gak perlu dioles lagi ya.(setelah ditumpuk, lebih baik didiamkan dulu,min 15 menit ya agar adonan lentur)
  8. Setelah ditumpuk, taburi tepung tipis tipis kemudian gilas hingga menjadi selebar 9 inc (22,5 cm) kalau mau lebih tipis, bisa ditambah jadi 23 cm atau 24 ya.
  9. Adonan siap di oven/dipanaskan selama 1-2 menit, sampai agak kering. Jangan lupa dibolak balik.
  10. Kalau gak punya wajan datar, gunakan alas loyang kue kering, panaskan diatas kompor dengan api kecil. Bisa juga di oven ya.

 

 

 

Itulah ulasan tentang cara membuat kulit samosa khas india. Mudah dan Praktis bukan?, Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Singkong Keju Goreng

Singkong adalah makanan kampung yang rasanya begitu-begitu saja. Padahal, dengan bumbu dan cara memasak yang tepat, singkong bisa menjadi kudapan yang tak kalah dengan makanan Barat.Kali ini saya akan membagikan cara membuat singkong keju goreng yang bisa anda coba dirumah.

Cara Membuat Singkong Keju

cara membuat singkong keju

Kali ini, kita akan membahas cara membuat singkong keju. Makanan satu ini sangat menarik perhatian dan dijamin bikin ketagihan. Apalagi, ketika singkong ini teksturnya begitu empuk, merekah dan rasanya gurih nikmat.Jika anda penasaran silahkan simak resep dibawah ini.

1.Singkong Keju Renyah

Bahan-bahan:

  • Singkong
  • Bawang putih
  • Garam
  • Minyak goreng
  • secukupnya Untuk toping saos dan keju

Cara Membuat Singkong Goreng Keju Renyah:

  1. Pertama singkong dikupas dan bersihkan
  2. Rebus singkong beri garam dan bawang putih geprek, singkong benar2 terendam sampai matang matikan dan biarkan sampai dingin dan mengembang
  3. Goreng sampai warna ke emasan
  4. Sajikan tambahkan toping keju dan cocolan saos, mmm benar2 nikmat…

2.Singkong Keju Krenyes Gurih

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong (cari yg kualitas bagus klo bisa/punel meduk)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • garam
  • 1 sdt Baking Powder (bs skip)
  • secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat Singkong Keju Goreng Krenyeh Gurih:

  1. Setelah singkong dikupas dan dicuci bersih lalu potong2 sesuai selera tp jgn terlalu kecil ya nnt bs hancur sewaktu singkong direndam lalu dikukus sampai matang kira2 15mnt
  2. Bawang putih dihaluslan dg ketumbar beri garam lalu masukkan dlm wadah beri air secukupnya masukkan juga singkong yg br dikukus selagi panas sampai agak terendam bila dirasa kurang garam bisa ditambah. Rendam selama 30mnt – 60mnt klo singkongny bagus kualitasnya jgn tll lama direndam ya
  3. Utk pemberian baking powder bila dilihat singkongnya krg merekah br ditambahkan baking powder dlm rendaman singkong ya geyys tp klo tampak sdh merekah tdk perlu diberi baking powder
  4. Setelah ckp direndam llalu ditiriskan bila ingin disimpan bs lgsg dikemas dlm wadah tuperware atau plastik mica suka suka masukkan dlm frezer bs digoreng sewaktu waktu dan bila ingin sgr dimakan ya lgsg digoreng dg minyak secukupnya pakai api sedamg saja dan sebentar saja sdh matang jgn ditinggal selagi goreng ya geyys.

Kandungan Nutrisi Dalam Singkong

  • Karbohidrat

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Inil karena singkong menjadi sumber energiyang baik untuk Anda yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik akan menguras glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot. Ketika Anda makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam otot. Jadi,khasiat singkong adalah untuk menambah energi tak bisa disepelekan.

  • Serat

Singkong mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga dapat mengewangi Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.Anda juga bisa mencoba cara membuat bola bola coklat sederhana untuk menambah menu makanan anda.

Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat singkong juga bisa didapatkan bagi Anda yang memiliki diabetes. Makan singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

  • Mineral

Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini dibutuhkan untuk pertumhan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.

Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.

Sementara itu, mangan membantu pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium dibuthkan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga menjaga fungsi saraf tetap sehat.

  • Vitamin

Singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Cara Membuat Samosa Isi Ayam Sederhana Dan Enak

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat samosa isi ayam. Tapi tahukah Anda apa itu samosa?

Samosa

cara membuat samosa isi ayam

Samosa di makan dengan sosis cocol terdiri dari chutney, seperti chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian berisi daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan.

Di Asia Tengah, isi terdiri dari daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.  Samboosa di Tajikistan, samsa bahasa Turki, sambusa di berbagai negara di Iran, dan chamuça di Goa dan Portugal.

Sejarah Samosa

Mungkin ini adalah salah satu makanan yang paling banyak memiliki sejarah perjalanan di mulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India. Sejarah Samosa di makan sebagai cemilan oleh para pegadang dan musafir di perkemahan atau tempat istirahat selama perjalanan.

Terdapat buku resep masakan arab yang ditemukan dari abad ke 10 dan tercatat dengan nama “sanbusak”. Pada faktanya dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”, sehingga semua mulai bisa terlihat kaitannya.

Kurang lebih pada abad ke 11 lah baru para pedagang muslim mulai membawa samosa dalam perjalanan mereka ke India.

Hingga pada abad ke 13, sudah tidak hanya di makan oleh para pedagang saja, melainkan oleh para pejabat, orang penting dan sultan/raja.

Dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, dan kacang walnut, di hidangkan di dalam Istana Muhammad bin Tughluq(Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan.

Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur. Di Indonesia, di percaya di bawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak di perkenalkan dan di promosikan oleh restoran Arab dan India.

Ini adalah sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer namun banyak yang belum mengetahui asal usulnya. Tak hanya samosa nugget pisang juga bisa untuk jualan dengan resep nugget pisang untuk jualan yang menguntungkan.

1. Cara Membuat Samosa Isi Ayam

Pernahkah anda mendengar makanan yang bernama samosa ? belum ? jika begitu simak baik-baik artikel resep samosa berikut ini. Samosa adalah salah satu menu makanan khas timur tengah yang merupakan hidangan pastry.

samosa makanan yang khas dari timur tengah ini sangat identik sekali dengan menu daging kambing dan bumbu karinya . Dalam membuat samosa khas timur tengah ini dapat dibilang cukup mudah.

Daging kambing yang telah dibumbui kari lalu di bungkus dengan menggunakan kulit pastry yang renyah lalu digoreng hingga matang dan crispy. Selain proses pembuatannya yang mudah, salah satu yang khas dari samosa adalah bentuknya.

Berbentuk segitiga dengan isian daging kambing cincang dengan aneka bumbu rempah nya yang berbentuk segitiga ini merupakan salah satu ciri khas dari samosa .

Nah jika pada resep samosa yang asli dari timur tengah , kulit samosa yang digunakan untuk membungkus daging juga dibuat dari racikan mentega asli timur tengah yang berasal dari susu kambing. Namun kita akan membuat samosa versi lidah indonesianya.

Sehingga daging kambing kita ganti dengan daging ayam cincang yang mudah ditemui dimana-dimana dan terjangkau . sedangkan kulitnya kita menggunakan kulit lumpia yang siap pakai agar semakin praktis .

Jika kita liat samosa khas timur tengah ini merupakan camilan atau kudapan yang mirip sekali dengan lumpia . karena garing dan renyah diluar dan enak lezat didalam.

Isian daging ayam yang di kombinasi dengan bumbu rempah khas indonesia pastinya akan semakin membuat nikmat samosa ini. Sangat cocok lah dengan lidah orang-orang indonesia yang suka akan gurih dan lezat.

Samosa akan enak sekali jika dinikmati selagi hangat bersama saus sambal sesuai selera. Seperti saus sambal botolan , saus tomat , saus baberque , saus kacang dan lain sebagainya.

Samosa merupakan salah satu hidangan yang yumi sekali dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini . penasaran dan ingin membuatnya ? jika begitu silahkan simak bahan-bahan dan cara membuat samosanya di bawah ini .

Bahan :

  • Kulit lumpia siap pakai 10 lembar ( dibelah menjadi dua sehingga berbentuk memanjang )
  • Daging ayam 250 gram ( dicincang )
  • Bawang putih 2 siung ( dihaluskan )
  • Bumbu kari instan 1 sendok makan ( bisa dibeli di supermarket ) atau bisa juga menggunakan bumbu kari bubuk
  • Cabai bubuk 1 sendok makan ( jika anda suka pedas , silahkan tambahkan sesuai selera )
  • Kacang polong 2 sendok makan
  • Margarine 2 sendok makan
  • Garam dan gula secukupnya
  • Telur 1 butir ( dikocok lepas , digunakan sebagai perekat )

Pembuatan Samosa Isi Ayam :

  1. Pertama-tama panaskan margarine hingga meleleh lalu tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi .
  2. Selanjutnya tambahkan ayam lalu masak hingga berubah warna .
  3. Setelah itu masukkan bumbu kari , cabai bubuk , garam , gula dan kacang polong . aduk-aduk lalu tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering . angkat jika dirasa sudah matang .
  4. Kemudian siapkan kulit samosa lalu olesi bagian tepinya dengan menggunakan telur .
  5. Letakkan bahan isian di ujung atas kulit , lalu lipat bagian atas kulitnya sehingga menutupi isian dan berbentuk segitiga . lakukan seterusnya hingga semua bahan habis .
  6. Goreng samosa ke dalam minyak yang panas hingga semua bahan tercelup kedalam minyak ( bertujuan agar samosa matang dengan sempurna ) hingga berubah warna kekuningan . angkat , tiriskan .
  7. Siap disajikan dengan sambal botol atau sambal pilihan anda sesuai selera.

 

 

Itulah ulasan tentang resep samosa. Mudah dan Praktis bukan? jangan lewatkan juga Terimakasih atas perhatian Anda semua.

Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Bola Bola Coklat Sederhana

Bola-bola Coklat merupakan kue kering yang terbuat dari biscuit marie atau biscuit susu yang dihancurkan, lalu diberi susu kental manis agar kuenya dapat menyatu dan bisa Anda bentuk menjadi bulatan-bulatan berbentuk bola.Kali ini saya akan membagikan cara membuat bola bola coklat sederhana yang bisa anda coba dirumah.

Cara Membuat Bola Bola Coklat Sederhana

cara membuat bola bola coklat

Semua orang tentu sangat menyukai makanan yang bercita rasa manis ini.Bagi para pecinta cokelat, tentu segala jenis cokelat dan olahannya sangat menggoda untuk dicicipi.Ingin tau cara membuat bola bola coklat sederhana?silahkan simak artikel dibawah ini.

1.Bola Bola Coklat

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus biskuit marie
  • Misis coklat & misis warna warni
  • Permen kecil2
  • Dark Coklat
  • 4 sashet susu kental manis

Cara Membuat Bola Bola Coklat:

  1. Hancurkan biskuit mari hingga halus
  2. Tambahkan susu dan aduk hingga mudah di bentuk
  3. Bentuk bulat kecil2
  4. Lelehkan coklat batangan
  5. Masukkan bola2 ke dalam coklat yg sudah di lelehkan
  6. Hiasi dengan misis sesuai selera
  7. Bola bola coklat siap dihidangkan

2.Bola Bola Coklat Banana

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang uli
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm gula putih
  • 250 gr tepung panir
  • 100 gr cokelat
  • Secukupnya garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Bola Bola Coklat Banana:

  1. Cuci bersih pisang,susun pisang dalam kukusan.kukus ±20 menit.kupas lalu haluskan pisang.
  2. Siapkan adoan basah yaitu tepung terigu,gula dan garam campur dengan air,aduk sampai tercampur rata. gunakan airnya pakai feeling aja ya jangan terlalu encer jangan terlalu kental juga.
  3. Siapkan tepung panir dan cokelat untuk isian.berhubung cokelatnya keras karena baru keluar dr kulkas jadinya d taro d atas kukusan agar sedikit leleh biar mudah pada waktu pengisian.
  4. Setelah agak dingin ambil pisang yg sudah d haluskan tadi ±1sdm lalu pipihkan d atas tangan dan buat seperti mangkok kecil,lalu isi dg cokelat.
  5. Setelah d isi cokelat,rapatkan bulatan pisang lalu masukan pisang k adonan terigu lalu gulingkan d tepung panir sampai tertutup.
  6. Goreng bola-bola pisang nya sampai berwarna cokelat keemasan dan gunakan api kecil saja biar matangnya merata.Anda juga bisa simak cara bikin samosa arab enak yang bisa anda coba dirumah.

3.Bola Bola Coklat Ubi

Bahan-bahan:

  • Ubi (kukus)
  • Tepung tapioka
  • Tepung ketan
  • 1/2 sdt garam
  • Coklat DCC (isian)
  • Susu kental manis untuk topping
  • Choco chips (untuk topping)

Cara Membuat Bola Bola Coklat Ubi:

  1. Kukus ubi sekitar 15-20 menit, tes kematangan dengan cara di tusuk2 pakai garpu. Kalau sudah empuk itu sudah matang
  2. Setelah ubi matang, kupas ubi lalu haluskan menggunakan wisk atau garpu (saran: haluskan ubi selagi panas supaya lebih mudah)
  3. Setelah ubi di haluskan masukan tepung tapioka tepung ketan dan garam, tepung ketan harus lebih banyak dari tepung tapioka
  4. Aduk aduk hingga tercampur rata, hingga kalis
  5. Bulat2 kan adonan menggunakan tangan, isikan coklat di dalam nya. Setelah selesai lalu goreng
  6. Setelah di goreng lalu tambahkan topping sesuai kreasi (kalau saya pakai susu kental manis dan choco chip). Hidangkan selagi panas

4.Bola Bola Coklat Labu Kuning

Bahan-bahan:

  • 20 butir
  • 1/4 potong labu kuning
  • 200 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung tapioka
  • Meses coklat
  • Tepung panir
  • garam
  • gula

Cara Membuat Bola Bola Coklat Labu Kuning:

  1. Kukus dulu labu kuningnya sampai matang, angkat tiriskan, tunggu agak dingin kemudian di hancurkan.
  2. Campurkan dengan tepung terigu dan tapioka l, garam dan gula. aduk sampai kalis dan mudah di bentuk bola2
  3. Gulingkan pada tepung panir sampai tertutup
  4. Panaskan minyak dgn api kecil, masukan bola2nya goreng sampai ke emasan. Angkat.. tiriskan..

5.Bola Bola Coklat Biskuit Roma

Bahan-bahan:

  • biskuit
  • Susu kental manis
  • susu bubuk

Cara Membuat Bola Bola Coklat Biskuit Roma:

  1. Siapkan semua bahan,hancurkan biskuit
  2. Tambahkan susu kental manis ke biskuit yang sudah dihancurkan
  3. Bentuk adonak menajadi bulat
  4. Setelah adona dibuat bulatan” adonan dimasukan kedalam susu bubuk
  5. Semua bahan, bebas pakai merk apa saja.. porsi dan takaran bisa di sesuaikan.. lebih enak kalo di makan dingin.

Demikian artikel Cara Membuat Bola Bola Coklat Sederhana.Semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda,selamat mencoba.

Ini Dia !! Cara Menguji Madu Asli dan Palsu Supaya Kamu Tidak Salah Beli

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara menguji madu asli dan palsu. Namun, sebelum itu, tahukah kamu apa itu madu ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Madu ?

apa itu madu ?

Yap, seperti yang kita ketahui madu merupakan cairan yang menyerupai sirup namun, lebih kental dan manis. Madu sendiri berasal dari nektar bunga yang kemudian diolah oleh serangga atau lebih tepatnya lebah.

Terdapat unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dalam madu yang menyebabkan rasa manis pada madu, dan rasa manis ini hampir sama dengan rasa manis yang terdapat didalam gula.

Selain itu, madu juga memilik ciri-ciri yang menarik dan dioleskan jika digunakan untuk pemanggangan. Rasa yang berbeda dari gula dan pemanis lainnya pada madu menjadi salah satu mengapa madu ini sehat untuk digunakan.

Mikroorganisme dalam madu kebanyakan tidak bisa berkembang, dikarenakan rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6 saja.

Cara Menguji Madu Asli dan Palsu

cara menguji madu asli

Khasiat madu memang sangat terkenal, sehingga tak heran, banyak kalangan yang mengincar hasil olahan dari lebah ini. Namun, masih banyak terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab melalukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan.

Mereka biasanya menjual madu oplos dengan mencampurkan gula atau pemanis buatan. Biasanya penderita diabetes menggunakan madu sebagai alternatif.

Artinya akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes jika salah membeli madu yang telah dicampur dengan gula. Maka dari itu, saya akan memberikan tips bagaimana menguji madu asil dan palsu. Simak berikut ini.

  • Dengan Menggunakan Sendok

Sebelum membeli, biasanya penjual akan mempersilahkan kita untuk mencobanya terlebih dahulu. Saat tester yang diberikan oleh penjual, maka cobalah untuk memasukkan sendok atau pengaduk kedalam madu.

Kemudian angkat pengaduknya kira-kira 5-10 cm dari tempat madu tersebut. Ciri madu yang berkualitas, cairan madu tidak akan mudah putus.

Madu asli memang sulit untuk diputus alirannya karena teksturnya yang kental, madu palsu jika diangkat dengan sendok mudah putus cairannya.

  • Menggunakan Air Putih

Cara membedakan madu asli yang lainnya adalah dengan mencelupkan madu kedalam segelas air putih. Jika madu tersebut murni, maka tidak akan mudah larut dan langsung jatuh kedasar gelas yang telah diisi dengan air.

Sebaliknya, madu yang palsu akan mudah larut apabila dimasukkan kedalam gelas yang telah diisi air putih sebelumnya.

  • Dengan Meneteskan Madu Pada Kertas

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, karena kertas yang sudah dilapisi dengan madu asli dengan kualitas baik tidak akan mudah robek dan tembus ke sisi sebaliknya. Tetapi, jika kertas yang diolesi madu mudah robek dan tembus, bisa saja sudah dicampur dengan air.

  • Madu Asli Tidak Terkaramelisasi

Jika kamu sudah terlanjur membeli madu, maka cobalah untuk memanaskan madu yang kamu miliki tanpa ditambahkan bahan apapun. Apabila madu tersebut menggumpal atau terkaramelisasi, maka madu tersebut sudah dicampur dengan gula.

Sebaliknya, madu yang asli akan tetap berbentuk cairan dan hanya menunjukkan buih meski telah dipanaskan. Perubahan dari rasa pun tidak terlalu signifikan.

  • Jangan Menyimpan Madu Didalam Kulkas

Madu yang asli tidak akan mudah membeku dilemari es, berbeda dengan madu campuran. Tetapi, untuk menjaga kemurnian madu, sebisa mungkin untuk menyimpannya pada suhu ruangan.

Jika ditaruh didalam suhu kulkas yang rendah akan membuat tempat yang digunakan untuk menyimpan madu berembun. Jika embun yang berupa tetesan air ini tercampur dengan madu, maka, akhirnya akan sama dengan madu yang telah dicampur dengan air.

  • Menguji Dengan Menggunakan Roti

Kamu bisa mencoba ini pada saat sarapan. Jika madu tersebut murni maka akan selalu membuat roti menjadi keras. Apabila terdapat bahan lain didalam madu, maka roti akan menjadi basah dan lembek.

  • Menguji Madu Dengan Aroma

Aroma yang dimiliki madu asli biasanya tidak berbau masam. Kamu juga bisa menemukan zat berbusa putih didalamnya, lebih baik untuk kamu buang dengan segera. Ciri madu murni yaitu memiliki aroma yang ringan dan halus bahkan menggoda hidung kamu.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara menguji madu asli dan palsu, pastikan kamu tidak salah pilih ya. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat madu asli tanpa campuran bahan lain.

Akan sangat berguna untuk kamu yang ingin mengetahui cara pembuatannya supaya lebih aman untuk dikonsumsi. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.

Cara Bikin Samosa Arab Enak

Samosa adalah kudapan aslinya berasal dari Timur Tengah dan Asia Tengah, yang kemudian diperkenalkan ke negara lain di Asia Selatan seperti India. Samosa selalu dicirikan sebagai gorengan berbentuk segitiga berisi daging, kentang, dan sayuran, yang dimasak dalam bumbu kari.Kali ini saya akan membagikan cara bikin samosa arab murah.

Cara Bikin Samosa Arab

Samosa mirip sepert risoles dan nugget, samosa ini bisa dibekukan (frozen) dan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jadi tak perlu ragu jika anda ingin membuatnya sekaligus dalam jumlah banyak. Tinggal keluarkan dari freezer dan goreng kapanpun anda ingin menikmatinya.Jika ingin tau cara bikin samosa silahkan simak artikel dibawah

Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan kebudayaan.  Tidak hanya kebudayaan serta adat istiadat dari negeri sendiri tetapi juga dari negara yang sudah lama berhubungan dengan negara kita, salah satunya adalah negara arab.  Bukan karena penduduk Indonesia mayoritas muslim, tetapi karena bangsa Arab sudah menjalin kerja sama yang baik dengan Indonesia terutama pada sektor perdagangan. Soal makanan ternyata arab juga menyumbangkan banyak sekali sajian kuliner yang layak dicicipi, misalnya saja samosa arab.

Samosa adalah hidangan menyerupai pastel dengan kulit garing dan tipis.  Isinya berupa cincangan daging sapi, daging kambing atau daging ayam dengan bumbu kari yang kuat.  Sekali coba dijamin anda akan suka.  Kali ini kami akan menyajikan Cara Bikin Samosa Arab yang mudah anda buat di rumah.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Minyak goreng secukupnya

Kulit :

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Air sebanyak 50 ml
  • Telur ayam sebanyak 1 butir, kocok lepas
  • Mentega sebanyak 1 sdm, lelehkan

Isi:

  • Mentega sebanyak 2 sdm
  • Bawang bombay sebanyak 300 gram, cincang halus
  • Daging kambing sebanyak 250 gram, cincang halus
  • Bawang putih sebanyak 5 siung, cincang halus
  • Bumbu kari instan secukupnya
  • Air sebanyak 50 ml
  • Garam secukupnya
  • Cabai hijau sebanyak 100 gram, buang biji dan riis serong

Cara Bikin Samosa Arab :

Kulit :

  1. Campur semua bahan isi dalam wadah bersih. Aduk hingga tidak lengket di tangan atau kalis kemudian istirahatkan selama 30 menit.
  2. Gilas adonan dengan rolling pan atau botol kaca hingga pipih dan hingga tipis. Kemudian potong dengan ukuran 7 cm x 7 cm, sisihkan.

Isi :

  1. Siapkan wajan bersih lalu masukan sedikit margarin untuk menumis. Gunakan api sedang, biarkan hingga margarin melele
  2. Masukan bawang bombay, tumis hingga layu dan harum
  3. Tambahkan bumbu gulai, daging, dan air. Masak hingga daging berubah warna dan air berkurang.
  4. Tambahkan bahan terakhir yaitu cabai hijau. Masak sejewak, angkat dan dinginkan.

Penyajian :

  1. Ambil 1 bagian kulit lalu siis dengan 1 sampai 2 sendok makan bahan isi, lipat segitiga dan rapatkan kelilingnya agar isi tidak keluar.  Lakukan hingga adonan habis, sisihkan.
  2. Siapkan wajan dan masukan minyak untuk menggoreng., gunakan api sedang dan biarkan hingga minyak panas.
  3. Goreng samosa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.  Samosa arab siap untuk disajikan.

Jika tidak ingin menggunakan daging kambing, anda bisa menggunakan jenis daging lain seperti sapi atau ayam.  Walaupun bukan orang Arab dijamin lidah anda akan bergoyang ketika menyantap hidangan yang satu ini.Anda juga bisa mencoba cara membuat bubble tea pearl enak untuk menambah menu anda dirumah

Detail Produk Peluang Usaha Samosa 

Peluang usaha samosa -Samosa! Apa itu samosa! Anda pernah mencicpi makanan lezat yang satu ini! Samosa merupakan salah satu makanan yang diolah dengan cara digoreng. Samosa sendiri adalah salah satu makanan yang berasal dari daerah Timur Tengah.

Usaha samosa merupakan suatu makanan yang biasanya berisikan daging kambing. Makanan khas Timur Tengah memang identik menggunakan olahan daging kambing sehiangga cita rasanya lebih nikmat dan sangat khas. Selain menggunakan daging kambing, bahan isian samosa telah dimodifikasi dengan berabagai isi sayuran di dalamnya.

Di berbagai begara di dunia, samosa tekah hadir dalam berbagai inovasi dan kreasi yang berbeda. Samosa dibuat dari berbagai bahan dengan saus yang beragam.dibawah ini adalah peluang usahanya

Peluang usaha untuk samosa terbilang sangat propektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha samosa menjadi suatu pilihan usaha kudapan nikmat, menggoda serta akan sangat menguntungkan hingga banyak orang yang terpincut untuk menerjuni usaha tersebut.

Samosa menjadi suatu usaha kuliner yang menyajikan cita rasa nikmat, gurih dan lezat juga penyuka makanan ini sangat tinggi, jumlah peminatnya yang melonjak menjadikan usaha samosa sebagai salah satu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang.

Usaha samosa juga tidak mengenal waktu dan juga musim sehingga usaha ini bagus untuk pilihan usaha yang dijalankan terserah kapanpun. Usaha samosa juga menjadi salah satu usaha yang mudah dilakukan dengan keuntungan terbilang sangat fantatis.

Peluang usaha dari samosa ini memang cukup mencenangkan juga sangat cocok menjadi pilihan bisnis yang cemerlang. Samosa saat ini mulai banyak dicari orang sebagai kudapan lezat juga sangat menarik sehingga usaha samosa kini laris manis di pasaran.

Demikian artikel Cara Bikin Samosa Arab Enak.Semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda,selamat mencoba.

 

Tips Membeli AC Portable yang Baik dan Tepat Untuk Anda

Di artikel ini saya ingin sharing kepada anda bagaimana tips membeli ac portabel yang baik dan tepat untuk kebutuhan anda.

Tips Membeli AC PortableTips membeli ac portable

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa suhu udara di Indonesia mengalami kenaikan persepuluh (10) tahunnya. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan ini bisa mencapai 0,0360C hingga 1,3830C. Analisa data tersebut diambil dari BMKG dari tahu 1983-2003. Sedangkan menurut Panel Ahli Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPPC), Indonesia akan berada pada kondisi yang sulit dikendalikan jika kenaikan suhu udara mencapai 20C hingga tahun 2050.

Kenaikan suhu memang membuat tidak nyaman, apalagi bagi Anda yang mengharuskan bekerja di dalam ruangan. Maka kehadiran kipas angin atau yang lebih modern adalah air conditioner (AC), mulai dari AC split, standing floor, tipe cassete, AC window, cantral, duct, dan AC Portable akan sangat membantu.

Kelebihan AC Portable

1.AC Portable dapat dibawa ke mana-mana jika Anda memerlukannya, serta dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

2.Dengan bentuk yang dimiliki AC Portable ringkas dan tidak permanen, maka dalam pemasangan dan penggunaannyapun tidak memerlukan instalasi yang rumit apalagi sampai merombak tembok rumah Anda.

3.Saat AC Portable dinyalakan, maka akan tercipta kelembaban pada ruangan Anda. kelembapannya berbentuk menyerupai embun.

4.Selain spesifikasi dan fitur-fitur yang disediakan, yang lebih menarik lagi adalah harganya yang terjangkau. AC Portable berkali lipat lebih murah bila dibandingkan dengan AC jenis lainnya.

Semakin tinggi rate EER AC Anda, semakin kecil pula energi yang dikeluarkan dan tentunya membuat AC tersebut lebih murah karena tidak boros listrik.

Kekurangan AC Portable

1.Bagi Anda yang menyukai ketenangan, mungkin akan sering mengeluh saat AC ini dinyalakan, karena AC ini akan menimbulkan noise atau suara yang berisik.

2.Tidak seperti AC Konvesional lainnya yang memiliki 2 unit, indoor dan outdoor. AC Portable unit outdoor sebagai pembuangan udara panas diganti dengan pipa.

Pada AC Portable sistem outdoor ditugaskan kepada ventilasi (lubang angin) yang berada di belakang body AC.

3.Pada hentakan pertama, daya listriknya cukup besar bahkan lebih besar dari AC biasa.

4.Berhubung penggunaan AC ini sering berpindah-pindah tempat, kemungkinan AC Portable untuk mengalami kerusakan lebih besar jika dibandingkan dengan AC biasa.

Kini, terdapat banyak sekali merek AC Portable dari berbagai perusahaan eletronik. Melihat jumlah model AC yang begitu banyak membuat Anda kadang bingung memilih yang mana.

Nah, Sebelum masuk ke pembahasan apa anda sudah mengetahui merk ac terbaik dan hemat listrik, jika anda sudah mengetahui merk ac terbaik . Maka disini saya akan menyampaikan beberapa tips dan cara membeli ac portable yang baik dan sesuai untuk kebutuhan anda.

Tips Membeli AC Portable Baik dan Sesuai Untuk Kebutuhan Anda

1.Merk AC Portable

Ada banyak AC dari berbagai merek yang sudah terkenal karena kualitasnya. Jadi jangan terpengaruh pada merek yang belum jelas dan membelinya hanya karena harganya sangat murah.

Semakin terkenal dan semakin banyak pengguna suatu merek AC Portable tersebut, berarti kualitasnya semakin baik dan di atas rata-rata.

2.Melihat Fitur Tambahan

Setiap merek atau brand memiliki spesifikasi pada masing-masing produknya. Periksalah secara detail spesifikasinya dan mana yang lebih sesuai untuk ruangan Anda.

Bahkan kini banyak fitur-fitur yang ditawarkan pada produk AC Portable yang lebih memudahkan penggunanya.

Dari sekian banyak fitur yang ada, akan lebih baik jika Anda memilih AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Kenapa memilih fitur tersebut? Karena fitur tersebut akan lebih baik untuk kesehatan dan kenyamanan pengguna.

3.Pilih Daya/watt AC yang Sesuai

Seperti yang Anda tahu, semakin kecil PK AC, akan semakin rendah daya listrik yang dikeluarkan. Tidak ada salahnya Anda memilih AC Portable jenis low watt ini jika tegangan listrik di rumah belum tinggi.

Untuk AC jenis low watt, biasanya dimulai dari 225 watt ke atas. Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ialah apakah nantinya Anda akan sering membuka tutup pintu, AC akan sering dinyalakan lalu dimatikan lagi dan lain sebagainya.

Jika memang masih sering melakukan hal tersebut, akan lebih disarankan untuk memilih AC dengan watt rendah saja.

4.Penggunaan Listrik

Pilihlah AC yang tidak memboroskan listrik Anda dengan memilih AC yang efisien seperti AC Standard dan low watt. Dengan begini, jangan heran jika penggunaan listrik Anda akan naik jika Anda memilih memakai AC jenis inverter dan AC di atas 1,5 PK.

Demikianlah Tips membeli ac portable yang bisa saya sharing kepada anda semoga tips dan cara tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang hendak membeli ac portable.

Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin Mudah di Lakukan Sendiri

Di artikel ini saya akan memberi tips kepada Anda bagaimana cara memperbaiki ac ruangan tidak dingin. Nah, Cara memperbaiki ac ruangan tidak dingin bisa dilakuakan cukup mudah tentunya.

Di daerah  seperti halnya di perkotaan seringkali udara terasa panas baik siang hari maupun malam hari.

Sebelum masuk ke pembahasan apa anda mengetahui cara merawat ac inverter? Nah, jika anda sudah mengetahui beberapa hal cara merawat ac inverter. Maka disini saya akan menyampaikan beberapa tips dan cara mengatasi ac ruangan tidak dingin.

Cara Mengatasi AC Ruangan yang Tidak Dingin cara memperbaiki ac tidak dingin

Berikut ini saya ingin memberi tips cara memperbaiki ac tidak dingin. Apa yang anda lakukan apabila suhu di rumah mulai terasa panas? Salah satu caranya adalah menyalakan pendingin ruangan alias air conditioner (AC).

Permasalahan yang sering menghantui oleh kalangan pengguna AC adalah AC yang tidak dingin.

Fenomena ini kerap menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang karena mereka akan kepanasan dan berujung pada ketidakmampuan melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan lebih produktif.

Penyebab AC tidak dingin pun bisa juga faktor eksternal maupun internal. Maka dari itu, mari kita simak bersama dengan lebih rinci cara mengatasi ac ruangan tidak dingin.

1. Setingan Remot AC Yang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius.

Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruangan Anda. Maka dari itu, kamu harus mengatur suhu AC dengan benar.

Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius.

Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin ialah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, kamu bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja.

Cara menangulanginya cukup dengan melakukan pengaturan mode pada posisi cool atau Auto.

Anda juga bisa melakukan pengaturan di remot AC dengan mode kipas atau fan pada posisi maksimal agar udara yang keluar lebih kencang dan sejuk.

2. Outdoor AC Tidak Hidup.

Outdoor AC yang tidak hidup akan menimbulkan AC yang tidak dingin, kompresor AC tidak akan bekerja mensirkulasikan freon pada jalur pipa AC.

Untuk menangulanginya silahkan cek arus listrik yang keluar dari indoor, cek juga jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unit.

Jika kabel masih bagus dan arus sampai di outdoor unit kemungkinan ada komponen pada outdoor atau kompresor AC yang rusak.

3.Freon AC Kurang/ Habis

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya adalah kekurangan freon atau habis freon, zat yang mengandung klorin, Hidrogen, dan broming ini yang membuat AC menjadi dingin.

Jika freon kurang dari tekanan standard yang disarankan pada AC bisa membuat pipa dan evaporator AC menghasilkan gumpalan es, bahkan kalau freon AC kosong otomatis AC tidak akan dingin.

Freon yang kurang atau habis disebabkan karena ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, untuk itu sebelum dilakukan penambahan dan pengisian freon.

Untuk mengatasi kekurangan freon sebaiknya dilakukan pengecekan kebocoran pada jalur pipa dan melakukan pengelasan pada pipa yang bocor, setelah itu baru di isi freon.

4. Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor berguna untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator.

Jika kipas indoor tidak berputar atau putaran lemah maka akan menimbulkan udara diruangan tidak dingin dan akan menjadi udara didalam ruangan panas.

Kipas pada bagian outdoor berguna untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, jika kipas ini tidak berputar kompresor bisa menjadi panas, bahkan bisa membuat kompresor macet sehingga AC tidak akan dingin.

5. Pintu Dan Jendela Yang Terbuka

Saat kamu menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Jika belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin.

Pintu dan jendela yang terbuka sedikit bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk cara mengatasi AC ruangan tidak dingin satu ini, Anda hanya cukup menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan.

Apabila anda ingin keluar ruangan, segera tutup kembali pintu. Aksi ini termasuk simpel, lho. Jadi, pastikan kamu selalu menutup pintu dan jendela, ya!

Demikian tips dan cara mengatasi ac ruangan tidak dingin semoga tips tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang hendak ingin memperbaiki ac tidak dingin.