ada artikel kali ini, kita akan membahas secara mendetail bagaimana budidaya jagung pipil, apakah caranya sama seperti menanam jagung?, mari simak semua langkah dan penjelasannya.

Tanaman yang memiliki nama latin zea mays ini adalah salah satu tanaman komoditas biji-bijian yang biasanya dijadikan sumber energi oleh masyarakat dunia.

Oleh karena itu jika anda sarapan menggunakan jagung, anda secara tidak langsung sudah mengisi energi pada tubuh anda. Tanaman jagung dapat diolah menjadi apapun sehingga cukup menguntungkan bagi Anda yang ingin membudidayakannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembudidayaan tanaman jagung, mulai dari pengairan, penanganan hama, pemberian pupuk dan masih banyak lagi. kita akan pelajari satu persatu dan kita akan ulas mengenai budidaya tanaman jagung supaya hasil panen melimpah.

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

1. Budidaya Jagung Pipil Dengan Cara Melihat Kondisi Iklim

Jenis cuaca yang butuhkan oleh sebagian besar tanaman adalah daerah yang beriklim sedang, hingga daerah yang beriklim tropis yang basah. Tanaman jagung dapat tumbuh didaerah yang terletak antara 0-5 derajat Lintang Utara, hingga 0-40 derajat Lintang Selatan.

Pada lahan yang tidak beririgasi, pertumbuhan tanaman memerlukan curah hujan ideal, sekitar 85-200 mm/bulan dan harus merata. Pada fase pembungaan dan pengisian biji tanaman, jagung perlu mendapatkan cukup air. Sebaiknya jagung ditanam diawal musim hujan, dan menjelang musim kemarau.

2. Budidaya Jagung Pipil Dengan Cara Memperhatikan Media Tanam dan Lahan

Jagung tidak memerlukan persyaratan tanah yang khusus. Agar supaya dapat tumbuh optimum tanah harus gembur, subur dan kaya humus.

Jenis tanah yang dapat ditanami jagung antara lain andosol, latosol, grumosol, tanah berpasir. Pada tanah-tanah dengan tekstur berat masih dapat ditanami jagung dengan hasil yang baik dengan pengolahan tanah secara baik. Sedangkan untuk tanah dengan tekstur lempung/liat berdebu adalah yang terbaik untuk pertumbuhan.

Kadar keasaman pada tanah erat hubungannya dengan ketersediaan unsur-unsur hara tanaman. Kadar keasaman tanah yang baik bagi pertumbuhan tanaman jagung adalah antara 5,6-7,5.

Yuk baca juga Cara Menanam Sayuran Kangkung Mudah Untuk dilakukan.

Budidaya Tanaman Jagung

1. Budidaya Jagung Pipil yang Pertama Adalah Penanaman Bibit Jagung

Proses ini adalah inti dari budidaya tanaman jagung. Proses penanaman jagung ini akan sangat berpengaruh dengan hasil yang petani inginkan. Oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam menanam biji jagung. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menanam bibit jagung di lahan anda. Simak langkah-langkah berikut ini dengan seksama,

  • Buatlah bedengan pada lahan yang akan anda tanam dan berikan jarak antara 100 cm x 40 cm.
  • Kedalaman tanam sedalam 3 – 5 cm
  • Dalam satu lubang berisi 2 biji jagung
  • Tutup kembali lubang yang telah diberi bibit lalu anda siram.

2. Budidaya Jagung Pipil yang Kedua Adalah Perawatan Pada Tanaman Jagung

Jika anda sudah menanam jagung, maka anda wajib memelihara tanaman jagung yang anda punyai. Ada beberapa cara memelihara tanaman jagung yang dapat anda lakukan.

Jika anda berhasil memelihara tanaman ini, bisa dipastikan anda dapat menghasilkan tanaman jagung yang sangat berkualitas. Lalu, bagaimana cara pemeliharaan tanaman jagung?, simak cara-caranya berikut ini.

  • Penyulaman, tanaman jagung perlu anda sulam. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga anda harus melakukannya dengan benar. Jangan sampai anda terlambat. Waktu anda hanya 1 minggu untuk melakukan penyulaman
  • Penjarangan, langkah yang ini perlu anda lakukan, karena hal ini adalah tahap pengontrolan tanaman jagung. Anda dapat melakukan penjarangan saat jagung sudah berusia sekitar 1 minggu.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita, kalian juga bisa baca, Budidaya Tanaman Jagung Supaya Hasil Panen Melimpah. Terimakasih.