Cara Membuat Daur Ulang Sampah

Cara Membuat Daur Ulang Sampah

Artikel ini mengupas mengenai cara membuat daur ulang sampah yang bisa kamu jadikan inspirasi di rumah dengan bahan sederhana bisa menjadi karya cantik.

Setiap keluarga pasti mempunyai barang bekas yang sudah tidak pernah dipakai lagi. Padahal barang bekas tersebut bisa Anda gunakan untuk di daur ulang dan Anda olah kembali menjadi sebuah barang. Anda bisa memanfaatkan berbagai barang bekas yang ada di sekitar Anda untuk membuka sebuah lapangan kerja baru sambil ikut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan Anda. Barang daur ulang bisa menjadi sebuah usaha yang prospektif dan menyenangkan..

Ada banyak bahan di sekeliling Anda yang bisa digunakan untuk di daur ulang. Bahan-bahan seperti plastik bekas, botol, hingga kertas merupakan bahan daur ulang terbaik yang bisa Anda pakai. Sampah tersebut tidak bisa terurai oleh bakteri sehingga tidak akan bisa hancur di dalam tanah. Pisahkanlah sampah basah dan sampah plastik agar Anda bisa dengan mudah untuk mendaur ulang bahan plastik. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Pengertian Daur Ulang
  2. Manfaat Daur Ulang bagi Anda dan Lingkungan
    1. Membuka Lapangan Kerja Baru
    2. Meningkatkan Pendapatan bagi Anda
    3. Mengatasi Pencemaran Lingkungan
  3. 8 Ide Bisnis Daur Ulang yang Bisa Bermanfaat Jadi Uang
    1. Tas Belanja Ramah Lingkungan
    2. Tempat Serbaguna
    3. Hiasan Rumah
    4. Tirai Warna Warni
    5. Terompet dari Botol Bekas
    6. Penahan Charger Handphone
    7. Celengan Botol Plastik
    8. Sapu Ijuk Botol Bekas
  4. Sampah Rumahan yang Bisa Anda Daur Ulang Kembali
    1. Plastik
    2. Kertas
    3. Botol Plastik

1. Pengertian Daur Ulang

Tidak semua barang bekas bisa di daur ulang (Foto: Pixabay)

Sampah plastik yang dibuang sembarang akan membuat lingkungan menjadi kumuh bahkan bisa menghambat saluran air. Sampah plastik yang menumpuk juga akan menjadi tempat tumbuhnya penyakit karena tidak bisa diurai. Berbeda halnya dengan sampah organik seperti sayuran yang masih dapat diuraikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami.

Alternatif terbaik bagi sampah plastik adalah dengan melakukan daur ulang agar bisa dimanfaatkan kembali dan tidak mengganggu lingkungan. Mulailah dari memisahkan sampah organik dan anorganik agar Anda bisa memanfaatkan sampah plastik tersebut dengan mudah.

2. Manfaat Daur Ulang bagi Anda dan Lingkungan

Daur ulang sangat bermanfaat bagi Anda dan lingkungan (Foto: Unsplash)

Sampah merupakan sebuah material sisa yang tidak diinginkan oleh siapapun. Meskipun sampah merupakan material sisa, tiddak semua sampah harus langsung dibuang begitu saja. Sampah plastik yang tidak diolah terlebih dahulu dengan baik bisa merusak dan mencemari lingkungan. Padahal dengan mendaur ulang sampah tersebut akan ada banyak manfaat yang bisa Anda ambil.

a. Membuka Lapangan Kerja Baru

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi membuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih sulit dan terdapat banyak persaingan. Dengan memanfaatkan produksi daur ulang sampah, Anda bisa berkesempatan untuk menjadi sebuah pengusaha baru yang mengandalkan ide dan kreatifitas dalam bidang produksi daur ulang.

Agar usaha Anda bisa lebih berkembang dan menerima pesanan lebih banyak maka Anda akan membutuhkan orang lain yang bisa membantu Anda. Dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk bekerja dengan Anda maka Anda bisa mengurangi jumlah pengangguran.

Selain terbukanya kesempatan kerja baru, Anda juga bisa mengasah keterampilan dan jiwa seni. Buatlah barang yang bisa menarik perhatian konsumen.

b. Meningkatkan Pendapatan bagi Anda

Dengan berjualan hasil produksi daur ulang maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Barang daur ulang mempunyai nilai ekonomi yang baik dan bisa diperjual belikan. Gunakan momen emas ini untuk Anda memasarkannya secara online ataupun membuka pesanan langsung.

Menjual hasil produksi Anda sendiri juga bisa melatih kemampuan pemasaran sekaligus memperluas relasi Anda yang bisa bermanfaat di kemudian hari nanti.

c. Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Sampah plastik tidak bisa diurai secara alami dan membutuhkan proses yang panjang agar bisa hancur. Oleh karena itulah, agar tidak mencemari lingkungan maka Anda bisa melakukan daur ulang dari sampah plastik. Manfaatkan setiap botol plastik dan berbagai sampah plastik lainnya untuk dijadikan sebuah kerajinan.

3. 8 Ide Bisnis Daur Ulang yang Bisa Bermanfaat Jadi Uang

Ada banyak ide bisnis daur ulang yang bisa Anda jadikan uang (Foto: Unsplash)

Barang daur ulang sangatlah praktis dan mudah untuk diolah agar bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sampah plastik yang tidak di daur ulang akan merusak lingkungan oleh karena itulah Anda bisa turut berperan untuk mendaur ulang sampah tersebut dan menjadikannya sebagai penghasilan tambahan bagi Anda. Di bawah ini terdapat beberapa ide bisnis daur ulang yang bisa Anda manfaatkan.

1. Tas Belanja Ramah Lingkungan

Hindari untuk menggunakan kantong belanja plastik sebagai bentuk untuk mengurangi limbah (Foto: Pexels)

Jika Anda senang berbelanja ke supermarket maka biasanya Anda akan diberikan kantong plastik untuk menyimpan belanjaan Anda. Padahal, Anda bisa membuat tas belanja ramah lingkungan sendiri dengan menggunakan bahan yang sederhana. Anda cukup menyiapkan beberapa lembar koran, lem, gunting, tali hingga karton bekas sebagai bahan dasarnya.

Gunakanlah 2 lapis koran agar tas menjadi kokoh  dan potonglah hingga menyerupai sebuah persegi. Lipatlah koran tersebut agar bagian bawahnya bisa tertutup dan berikan lem agar koran tidak terbuka. Setelah semua koran sudah berbentuk seperti tas belanja maka Anda bisa menambahkan karton pada bagian dalam untuk memperkuat struktur dari tas. Tambahkanlah tali pada bagian atas agar Anda bisa dengan mudah membawanya.

2. Tempat Serbaguna

Caption: Botol plastik bisa dirubah menjadi berbagai tempat sederhana dengan mudah (Foto: Pixabay)

Apabila Anda menemukan berbagai botol plastik berukuran 1.5 liter maka Anda akan bisa merubahnya menjadi berbagai tempat penyimpanan serbaguna. Potonglah botol plastik tersebut menjadi setengah bagian. Hiaslah dengan menggunakan cat air agar mempunyai warna yang menarik dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

3. Hiasan Rumah

Anda bisa menghias rumah dengan menggunakan berbagai botol plastik. (Foto: Pexels)

Botol dan sendok plastik dengan ukuran sedang dan kecil juga bisa Anda manfaatkan untuk menjadi hiasan. Potonglah botol plastik dan sendok plastik bekas menjadi dua bagian. Tempelkanlah sendok bekas ke bagian dalam botol dengan menggunakan lem sampai seluruh permukaan botol plastik tertutup dengan sendoknya. Hiaslah dengan menggunakan cat air agar mempunyai warna yang menarik. Hiasan sederhana tersebut bisa Anda pajang di mana saja dengan bebas.

4.Tirai Warna Warni

Anda bisa membuat tirai sendiri dengan mudah dengan menggunakan bahan daur ulang (Foto: Pexels)

Apabila jendela kamar Anda masih belum mempunyai tirai maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dengan menggunakan berbagai bahan daur ulang yang Anda punya. Anda bisa menyiapkan kertas koran bekas dan botol plastik bekas, tali, gunting, lem dan cat air. Potonglah koran dan botol secara memanjang dengan lebar yang berukuran sama.

Tempelkan botol plastik dan koran dengan menggunakan lem. Berikanlah warna yang menarik dengan menggunakan cat air. Setelah kering, Anda bisa mengikatnya dengan tali dan menggantungkan tirai tersebut pada kamar Anda.

5. Terompet Dari Botol Bekas

Botol bekas bisa dikreasikan menjadi sebuah terompet (Foto: Pixabay)

Botol bekas bisa Anda kreasikan dengan mudah agar menjadi terompet sederhana. Terompet yang dibuat dari botol bekas bisa menjadi salah satu kreasi kerajinan yang sangat menjual dan menarik untuk dipasarkan. Anda hanya membutuhkan botol plastik 1.5 liter bekas, lakban, balon berukuran besar, kertas koran bekas, dan karet gelang.

Potonglah botol plastik tepat pada bagian tengah menjadi dua bagian yang sama panjang. Lubang pada bagian mulut botol bisa anda tutup dengan menggunakan balon tiup hingga tidak ada udara yang bisa masuk. Ikat kencang mulut dan dasar botol yang sudah dilubangi dengan karet gelang. Semakin kencang ikatan karetnya maka suara yang dihasilkan akan semakin nyaring. Tutuplah celah yang ada pada botol dengan menggunakan lakban hingga rapat. Hiaslah terompet dengan menggunakan cat air agar lebih menarik untuk dilihat dan dijualkan.

6. Penahan Charger Handphone

Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah ketika ingin mengisi ulang daya handphone tetapi stop kontak yang tersedia terlalu tinggi dan tidak ada meja di sekitarnya untuk meletakkan handphone Anda. Dengan menggunakan botol bekas sampo, Anda bisa membuat penahan charger handphone sederhana agar handphone bisa tetap Anda isi ulang dan disimpan.

Siapkan sebuah botol sampo bekas, cutter, spidol dan amplas. Gambarlah botol sampo bekas dengan menggunakan spidol mengikuti bentuk dan ukuran kotak stop kontak beserta handphone Anda. Potonglah dengan mengikuti garis dengan menggunakan cutter. Haluskan potongan tersebut dengan menggunakan amplas agar tidak terlalu tajam.

sahabat juga bisa membaca artikel sebelumnya mengenai contoh daur ulang sampah untuk informasi menarik lainya