Cara Membuat Keripik Sukun Pedas Manis

Cara Membuat Keripik Sukun Pedas Manis

cara membuat keripik sukun pedas manis

Cara Membuat Keripik Sukun Pedas Manis secara umum sebutan dari sebuah tanaman yang memiliki buah tanpa biji ini, nama latinnya sendiri adalah yakni Artocarpus communis Forst atau Artocarpus Altilis. Di Indonesia tanaman ini memiliki sebutan yang sungguh.

Tanaman sukun ini tumbuh cukup baik di kepulauan Nusantara karena tumbuhan ini hanya bisa hidup pada daerah yang lembap dan cukup sinar matahari. Tanaman sukun juga bisa berkembang di daerah pesisir pantai hingga dataran.

Dengan lahan kurang dari sekitar 600 meter dari permukaan laut, serta tanaman ini tahan terhadap curah hujan yang tinggi ataupun rendah. Oleh karena itu di daerah Pasifik dan Asia Tenggara merupakan daerah yang baik untuk bagi perkembangan tanaman ini.

Buah sukun ini menurut penelitian mengandung komposisi nutrisi yang baik dan cukup bagus. Apabila digunakan sebagai makanan pokok pengganti suatu beras ataupun sebagai alternatif pengganti beras sehari hari.

Kebanyakan masyarakat tradisionil  ini dalam mengolah buah sukun dengan cara dikukus, direbus atau digoreng. Rasanya cukup sangat gurih dengan sedikit rasa manis, teksturnya yang sangat lembut dan empuk ketika sudah dimasak hampir menyerupai roti.

Sukun adalah nama sejenis suatu pohon yang berbuah. Buah sukun ini tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk. Yang mirip dengan roti setelah dimasak atau digoreng. Sukun dapat diolah secara utuh atau dipotong-potong terlebih dulu direbus,serta digoreng.

Setelah dimasak dapat diiris-iris dan dikeringkan pada di bawah matahari atau dalam tungku, sehingga awet dan dapat disimpan yang lama. Buah sukun ini juga dapat dijadikan keripik. Selain itu buah tersebut banyak mengandung banyak sumber karbohidrat .

Kelebihan Dari Buah Sukun Ini

Dagingnya juga dapat di jadikan tepung setelah dilakukan proses pengeringan terdapat juga kandungan pati ,gula,protein dan sedikit zat lemak. Untuk daun nya bisa kita jadikan untuk pakan ternak . Serta kulit batang nya dapat djadikan sebagai bahan sebuah pakaian local.

Sukun dapat kita jadikan sebagai makanan cemilan kita baik di rumah maupun di luar rumah. Selain itu dapat menemani waktu santai kita bersama sanak saudara serta teman-teman kita di saat berkumpul dirumah.

Untuk membuat stick dari sukun kita dapat melakukannya sendiri di rumah. Serta kita dapat mengkreasikan rasa stick sukun ini yang pada umumnya hanya rasa manis gurih dan asin. Kripik sukun pedas manis ini merupakan jenis makanan ringan yang sangat gurih, serta renyah.

Makanan ringan ini terbuat dari bahan dasar berupa buah sukun. Pembuatannya sangatlah mudah, pasti semua orang juga bisa membuatnya dengan cara tersendiri. Cara membuat keripik sukun pedas manis ini juga mudah.

Cara Membuat Keripik Sukun Yang Mudah

cara membuat keripik sukun pedas manis 3

Kebanyakan resep kripik sukun ini menyarankan untuk merendam irisan sukun dalam air kapur sirih agar mendapatkan rasa yang lebih gurih dan tidak mudah lembek. Bagi anda yang ingin tanpa kapur sirih maka cukup rendam saja dalam bumbu bawang putih dan garam saja.

Bahan Bahan:

Keripik Buah Sukun
1 buah sukun, potong tipis dengan diameter 1-2 mm
1 buah bawang putih secukupnya
3 sdm garam secukupnya

Bumbu Bumbu :

7 buah siung bawang merah
5 buah siung bawang putih
7 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit kecil
5 lembar daun buah jeruk, iris yang lembut
1 buah tomat yang segar, bagi menjadi 8 bagian
3 sdm gula pasir secukupnya
2 sdm kecap manis seperlunya
garam secukupnya saja

Cara Membuat Keripik:

1. Sukun yang sudah diiris tipis itu direndam di air bawang dan garam
selama kurang lebih 15 menit. Tiriskan dan goreng hingga sampai garing
2. Panaskan minyak goreng untuk menumis sebuah bumbu 4-5 sdm
3. Bumbu ditumbuk yang kasar atau bisa dengan bantuan penghalus bumbu.
Jangan sampai terlalu sampai halus.
4. Tumis bumbu dengan api yang sedang kira-kira 6-7 menit.
5. Bumbu yang sudah matang biasanya beraroma harum dan beruba warna kecoklatan
6. Jika bumbu telah bersarang, sukun yang sudah selesai digoreng bisa
dimasukkan sembari kecilkan api hingga paling kecil.
7. Balado keripik sukun siap untuk disajikan, selamat mencoba dirumah.

Itulah ulasan mengenai cara membuat keripik sukun pedas manis. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.