Pakan adalah asupan atau makanan yang akan kita berikan kepada hewan ternak atau hewan peliharaan. Pakan menjadi suatu komponenyang sangat berpengaruh didalam usaha peternakan baik sapi, kambing, ayam, burung, ikan dan juga ternak lainnya, cara membuat pakan sapi perah cukup mudah dan tidak sulit.

Salah satu cara yang kita dapat lakukan melalui teknik pemberian pakan dengan pemenuhan kualitas dan nutrisi yang bagus adalah melalui pemberian pakan konsentrat.

Cara Membuat Pakan Sapi Perah Dengan Komposisi Yang Tepat

cara membuat pakan sapi perah

Langkah membuat konsentrat sapi bisa kita buat sendiri untuk lebih menghemat biaya produksi didalam sebuah usaha peternakan. Konsentrat adalah jenis pakan tambahan yang pokok untuk mendukung usaha penggemukan sdalam sapi. Harga pakan konsentrat yang cukup tinggi di sebuah pasaran semakin memperkuat peternak untuk bisa membuat pakan secara mandiri.

Makanan utama bagi ternak sapi baik itu sapi perah maupun sapi potong adalah hijauan. Pakan hijauan yang disebut terdiri dari : rumput gajah, jangung, rumput lapangan, dan juga jerami. Pakan adalah makanan ataupun asupan yang penting akan kita berikan untuk hewan ternak. Pakan menjadi sebuah komponen yang sangat penting disebuah usaha peternakan. Baik peternakan sapi, kambing, ayam, ikan, burung, dll.

Salah satu cara yang dapat dilakukan melalui teknik pemberian pakan dengan pemenuhan kualitas dan juga nutrisi yang bagus adalah melalui proses pamberian pakan jenis konsentrat. Kita bisa memilih beberapa bahan yang cukup mudah kita dapatkan dilingkungan tempat tinggal dengan harga yang lebih terjangkau.

Beberapa hal yang perlu diketahui didalam proses pembuatan pakan konsentrat agar mendapatkan hasil dengan kualitas yang tidak kalah dengan pakan buatan pabrik. Langkah utama sebelum terjun pada bisnis peternakan kita juga membuat analisa usaha untuk penggemukan sapi, Baca juga artikel tentang cara ternak sapi perah.

Pakan konsentrat bisa kita berikan melalui beberapa cara :

  1. Konsentrat bisa diberikan dalam bentuk kering ataupun basah.
  2. Untuk proses penggemukan pada sapi pemberian pakan konsentrat bisa diberikan sebanyak 2 – 2,5 % dari berat sapi per harinya.
  3. Pakan konsentrat bisa diberikan antara waktu 2 -3 jam sebelum pakan hijau akan diberikan.

Cara Membuat Konsentrat Sapi Dengan Campuran Yang Tepat

cara membuat pakan sapi perah

Cara membuat konsentrat sapi dengan melalui analisa usaha agar hasil yang akan kita dapat bisa sesuai dengan keinginan peternak untuk mendapatkan laba atau penghasilan yang besar. Pakan konsentrat merupakan jenis pakan yang mempunyai mutu tinggi, dengan kandungan banyak protein tinggi. Membuat pakan konsentrat kita perlu mengetahui beberapa hal dibawah ini seperti :

  1. Mengukur berat badan ternak sapi
  2. Dapat menggunakan bahan – bahan yang ada dilingkungan sekitar, yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.
  3. Mengetahui tujuan dari usaha peternakan didalam usaha pembudidayaan ternak sapi, dari mulai pembibitan ataupun penggemukan.

Bahan – bahan dibawah ini bisa dipilih yang sesuai untuk bisa diberikan sebagai bahan campuran untuk pakan konsentrat yang terdiri dari :

  1. Tepung ikan untuk sumber protein
  2. Bungkil kelapa yang dibuat dari sisa pembuatan minyak kelapa sebagai sumber protein
  3. Bungkil kedelai sebagai sumber protein
  4. Dedak atau bekatul sebagai sumber energi
  5. Polard atau bungkil gandum sebagai sumber energi
  6. Cacahan gaplek atau singkong
  7. Vitamin ternak atau vitamin jadi
  8. Urea sebagai sumber protein
  9. Garam sebagai sumber mineral
  10. Ampas tahu
  11. Jagung giling
  12. Molases atau tetes tebu
  13. Kulit kacang hijau
  14. Sorgum
  15. Tepung tapioka

Cara membuat konsentrat sapi yang memiliki nutrisi sangat tinggi sehingga bisa menyehatkan ternak secara alami. Pakan konsentrat atau sering disebut dengan pakan penguat dapat terdiri dari biji – bijian yang sudah digiling secara halus seperti : bungkil kelapa, jagung, dedak, bekatul, dll. Pakan yang baik sebagai ransum tentu tidak akan menganggu kesehatan pada ternak saat mengkonsumsinya.

jika anda ingin mempelajari tata Cara Membuat Wajik Kacang Ijo Enak.

Demikian informasi tentang ternak sapi perah yang dapat saya sampaikan,Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.