Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis – Kue Bugis adalah salah satu kue tradisional yang memiliki rasa lezat, lembut dan mudah dibuat. Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya yang membedakannya adalah ukuran dan bentuknya.

Pada artikel Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis ini Akan saya bagikan Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis yang tentunya bisa anda buat sendiri dirumah. Penasaran bagaimana Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis ? Simak Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis berikut ini

Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis

Bahan untuk Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis

  • 150 gr tepung ketan putih.
  • 50 gr kentang rebus, dihaluskan.
  • 20 gram gula tepung.
  • 1/4 sdt garam.
  • 100 ml santan dari.
  • 1/4 kelapa, dipanaskan.
  • 15 ml air suji (dari 15 daun suji dan 3 daun pandan).
  • 2 tetes pewarna hijau.
  • 1/2 sdt minyak goreng daun pisang.

Isi bahan untuk Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis

  • 50 gr kelapa parut kasar.
  • 25 gram gula merah, sisir halus.
  • 1/8 sdt garam.
  • 1 lembar daun pandan.
  • 25 ml air.

Langkah dan Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis

  1. Untuk membuat kue isi, kami mencampur semua bahan dan memasak sambil diaduk sampai halus, dingin.
  2. Campur tepung ketan putih, kentang, tepung dan garam, aduk rata.
  3. Tuang santan hangat, air suji, dan pewarna hijau sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai rata.
  4. Tambahkan minyak goreng, uleni hingga rata Ambil sedikit campuran kulit lalu ratakan, berikan campuran isi.
  5. Bentuk bundar agak pipih. Letakkan di atas daun pisang yang dilapisi tipis dengan minyak.
  6. Kukus selama 15 menit dengan api sedang sambil dibuka setiap 2 menit sampai matang.
  7. Bungkus dengan daun pisang segar dan segar. Sajikan dengan teh hangat.

Kue bugis adalah kue Indonesia atau camilan tradisional dari tepung beras ketan lunak, diisi dengan kelapa parut manis. Nama ini disarankan untuk dikaitkan dengan kelompok etnis Bugis Sulawesi Selatan sebagai makanan tradisional mereka, dan itu berasal dari Makassar. Di Jawa kue yang hampir sama disebut kue mendut.

Kue bugis, bersama dengan kue lapis dan nagasari adalah di antara kue populer atau makanan ringan manis tradisional Indonesia, yang biasa ditemukan di pasar tradisional Indonesia sebagai jajan pasar.

Kue ini terbuat dari tepung ketan (beras ketan) sebagai kulitnya, diisi dengan daging kelapa parut yang dimaniskan dengan gula aren. Kulitnya terbuat dari adonan pipih yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung gandum, kentang tumbuk, santan (santan), gula dan garam, dan diwarnai dengan suji atau pandan berwarna hijau.

Isi manisnya terbuat dari parutan kelapa, gula aren, garam, dan daun pandan untuk aroma. Kue bugis tradisional dibungkus dengan daun pisang, biasanya daun pisang muda yang tipis dan berwarna hijau kekuningan, namun versi kontemporer mungkin menggunakan pembungkus plastik.

Tepung Ketan

Banyak kue tradisional Indonesia menggunakan tepung ketan dalam pembuatannya. Sebut saja klepon, wingko, kue ketan, kue gambir, pangsit, bubur candil, bulat, dan sebagainya. Teksturnya khas, yaitu berat menempel.

Tepung ketan terbuat dari ketan putih atau ketan hitam yang ditumbuk sampai halus. Untuk tepung ketan putih, warnanya sama seperti tepung beras. Tapi, ketika diencerkan, tepung ketan akan terasa lebih pekat dan lebih tebal dari tepung beras.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat dan Membungkus Kue Bugis dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Kue Bugis Tradisional dan Kreasi Kue Bugis Mudah, Lezat yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.