Cara Pemupukan Jagung Yang Tepat – Budidaya tanaman atau menanam jagung manis adalah bisnis yang sangat jelas sekali, mengingat tanaman ini merupakan golongan tanaman pokok di beberapa daerah di Indonesia.

Cara menanam jagung manis pun tidak sulit jika kita tanam di kebun. Konsumsi buah jagung manis hampir semua orang pernah merasakannya, olahan buah ini banyak sekali seperti membuat jasuke (jagung susu kedelai) dan jenis olahan lainnya.

Jika anda ingin menanam jagung manis dengan benar anda harus tau takaran pupuk yang harus di sediakan. Alangkah baiknya anda tau urutan penanamannya sebagai berikut.

Cara Pemupukan Jagung Yang Tepat

Persiapkan Lahan

cara pemupukan jagung yang tepat

Sebelum cara pemupukan jagung yang tepat sebaiknya anda mempersiapkan lahan. Lahan yang baik untuk menanam jagung sebaiknya di lakukan pembajakan agar proses pertumbuhan jagung juga baik.

Proses pembajakan sangat penting di lakukan selain bermanfaat untuk mengemburkan tanaman proses pembajakan juga bisa menghilang kan gulma seperti rumput yang tumbuh di lahan.

Ketika proses pembajakan di lakukan rumput akan terbalik tertimbun tanah sehingga rumput akan mati dan tanah yang tadinya sudah mulai mengeras akibat proses menanam sebelumnya akan gembur lagi dan baik untuk di tanami kembali.

Pemupukan Lahan Kosong

cara pemupukan jagung yang tepat

Setelah proses pembajakan selesai sebaiknya melakukan langkah selanjutnya untuk persiapan lahan ini di lakukan. Penaburan pupuk kohe atau kotoran hewan bisa dari kohe kambing, sapi, ayam dan lain sebagainya.

Penaburan kohe dilakukan seminggu sebelum proses penanaman dan satu hari setelah proses pembajakan atau bisa bersamaan setelah proses pembajakan selesai di lakukan.

Proses ini penting di lakukan ini karena sebagian lahan akan mengalami penurunan kadar kesuburan akibat penanaman sebelumnya.

Dan juga pemakaian pupuk kimia membuat tanah akan menjadi rusak sehingga dengan melakukan penebaran kohe kembali diharapkan.

Kesuburan tanah akan kembali seperti semula, walaupun tidak baik seperti semula paling tidak bisa menambah sedikit unsur kesuburan tanah. Tanah bisa digunakan untuk menanam agar mendapatkan jagung bertongkol besar.

Penanaman Benih

cara pemupukan jagung yang tepat

Untuk penaman benih agar jagung bertongkol besar sebaiknya di lakukan pada pagi hari dengan cuaca sedang sedang dan  tidak turun hujan dan tidak terlalu panas.

Artinya pada saat itu tanah masih terlihat lembab dan tidak basah ketika hal itu sampai terjadi lakukan proses penanaman secepat mungkin.

Penanaman benih bisa dilakukan dengan cara pembuatan kubang dengan menggunakan kayu dengan diameter 6 cm berbentuk tongkat.

Bambu yang di lancipkan pada bagian bawah berfungsi untuk membuat lubang, dalam bahasa jawa sering di sebut dengan menajuk.

Buat lubang dengan kedalaman lebih kurang 7 cm berjarak antara lubang ke lubang yang lain. Sekitar 30 cm agar saat jagung tumbuh zat hara dalam tanah tidak saling berebut.

Setelah lubang dibuat masukkan benih jagung tersebut ke dalam lubang kemudian tutuplah kembali. Benih tersebut dengan menggunakan tanah setelah di masukkan ke lubang tersebut.

Pemupukan dan Pemeliharaan Tanaman Jagung

Pemupukan Jagung Manis

Pemupukan jagung manis bisa di lakukan ketika jagung anda sudah mulai tumbuh agak besar, sekitar tinggi 30 cm, pemupukan pertama bisa di lakukan.

Kita lakukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur NPK bisa pupuk jadi atau pupuk pupuk campuran.

Namun biasanya petani lebih sering menggunakan pupuk campuran artinya pupuk masih terpisah antara N , P dan K untuk melakukan pemupukan tersebut harus disatukan terlebih dahulu baru di taburkan ke tanaman jagung.

Setiap jagung berikan sekitar setengah genggam dengan menaburkan pada bagian bawah tanaman jagung secara keseluruhan setiap tanaman.

Proses pemeliharaan yang lain yang harus di lakukan adalah melakukan penyiangan yaitu proses pembersihan rumput pada sekitar jagung.

Proses penyiangan di lakukan sebaiknya 2-3 minggu setelah proses pemupukan atau 2 minggu sebelum proses pemupukan agar pupuk yang di tabur tidak ikut terbuang dengan percuma.

Penyiangan yang benar di lakukan dengan cara mengoret dalam kata lain membersihkan dengan menggunakan cangkul pada bagian – bagian bawah tanaman. Membersihkan sampai rumput benar-benar bersih.

Pemupukan ulang bisa di lakukan 1 kali lagi atau bisa juga tidak lagi di lakukan namun penyiangan sebaiknya di lakukan lagi ketika rumput sudah mulai tumbuh lagi.

Karena rumput merupakan sumber penyakit yang bisa menular ke tanaman jagung jika tidak segera di bersihkan.

Dan ketika hama sudah menyerang pada jagung akan susah untuk di hilangkan. Penyiangan merupakan salah satu pencegahan dari penyakit tanaman jagung yang harus di lakukan.

Ketika proses ini di lakukan secara benar dan sesuai dengan baik kemungkinan panen kita juga akan menghasilkan hasil maksimal. Buahnya juga akan bertongkol besar juga berisi.

Yahh, jadi begitulah cara pemupukan jagung yang tepat. Saya harap dengan membaca artikel ini anda dapat memahaminya. Sekian dan terimakasih