Hai guys selamat datang di artikel saya paada kali ini kita akan masuk dan membahas tentang kerajinan dari bambu tempat pensil. Sebelumnya kalian apa kabar? Tentunya baik dan sehat kan. Semoga kalian membaca artikel ini dengan seksama ya.

Sebelum itu untuk masuk ke materi tentang cara membuat  kerajinan dari bambu tempat pensil. Oke kita langsung masuk ke materi aja. Berikut penjelasannya :

Kerajinan

Kerajinan Dari Bambu Tempat Pensil

Kerajinan merupakan suatu karya seni yang dibuat menggunakan ketrampilan manusia. Pada umumnya suatu kerajinan mampu membuat suatu hiasan cantik. Tidak hanya hiasan cantik tetapi juga menghasilkan benda siap pakai dengan seni tingkat tinggi cukup dengan sedikit sentuhan.

Produk kerajinan dihasilkan dengan sangat unik. sebuah kerajinan akan memiliki keunikan tersendiri apabila dibuat dengan manual,yakni meggunakan tangan manusia tanpa menggunakan mesin.

Penjelasan Anyaman

Anyaman merupakan sebuah benda yang dirangkai oleh serat sehingga menghasilkan benda yang kaku. Pada umunya untuk membuat perabot dan keranjang.

Tumbuhan selalu  menjadi bahan dasar anyaman. Tetapi plastik juga memiliki serat jadi bisa juga digunakan. Bahan yang digunakan bebas,bisa bagian manapun.

Contohnya inti batang rotan dan tebu atau keseluruhan ketebalan tanaman, semacam dedalu contohnya. Bahan yang terkenal dan selau dipakai atau digunakan sebagai anyaman adalah bambu dan gelagah.

Pada awalnya rangkanya dibuat dari bahan yang lebih keras atau kaku. Selanjutnya itu bahan yang lebih elastis dan lentur  digunakan untuk mengisi rangka.

Anyaman mempunyai sifat yang kuat tetapi ringan. Hal ini mennyebabkan anyaman cocok sebagai perabot yang sering dipindah-pindah.

Anyaman selalu dipakai sebagai perabot di teras maupun beranda. Kerajinan yang dibuat dan diciptakan oleh tangan manusia yang memiliki bentuk indah dengan cara di anyam.

Pada kerajinanan yang dilihat ialah proses mengatur bilah bambu pandan atau bahan lain dengan cara tumpang tindih dan menyilang-nyilangkan.

Contoh Kerajinan Anyam

  • Lampu Tidur
  • Tas
  • Tudung Nasi
  • Topi Petani

Tips Usaha Kerajinan Dari Bambu

Oke pada kal ini saya akan beri tips nya dulu,sebelum memasuki usaha kerajinan dari bambu. berikut ini tipsnya

Hampir keanyakan orang mengira bahwa berbisnis kerajinan dari bambu ini pemasukannya kurang baik,bisa dikatakan keuntungan yang didapat tidak seberapa alias kecil.

Wajar saja karena mereka yang tidak memasuki bisnis ini mereka hanyalah orang yang suka beranggapan.Padahal mereka belum mencobanya atau sudah ada yang mencobanya tetapi berhenti ditengah jalan.

Mungkin karena mereka mengira bahwa bisnisnya harus sama dengan lakunya krusty krab yang orang ramai mengantri. Bisa saja mereka yang beranggapan seperti tadi  mereka tidak menekuni pekerjaannya.

Tapi menurut pelaku bisnis kerajinan tangan yang sudah lama masuk kedalam bisnis ini malah mengaku sebaliknya. Hasil kerajinan yang mereka buat malah diapresiasi dengan baik oleh masyarakat.

Mereka pun cukup puas dan bangga karena hasil karnnya di jual dan diapresiasi oleh masyarakat. Pada pertama mulanya bisnis kerajinan dari bambu ini hanyalah hobi semata.

Dimulai dari sebuah hobi tadi mereka mengembangkannya menjadi suatu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Ingat,pekerjaan yang mudah ialah ketika hobi kita dibayar.

Pekerjaan apapun ketika dilakukan oleh sebuah tangan orang yang kreatif bisa membuahkan hasil yang menjanjikan. Sampah pun mampu diubah menjadi emas yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Tidak mudah untuk menemukan kesempatan bisnis yang tingkat keberhasilannya tinggi. Bukan berarti tidak mungkin ya.

Mirip halnya dengan bisnis kerajinan tangan kayak kerajinan dari bambu ini. Kita perlu melakukan survey tentang tingkat keberhasilannya dan kerajinan tangan seperti apa yang baik untuk di tekuni salah satunya seperti kerajinan dari bambu ini.

Oke kita masuk ke dalam tips sukses berbisnis kerajinan dari bambu yang bisa membantu Anda untuk melakukan bisnis kerajinan anyaman ini:

Buat Dengan Hal Yang Anda Sukai/Cintai

Bisnis yang dilakukan dari hobi yang dibayar ialah bisanis yang menyenangkan. Kalau kita masuk kedalam kerajinan. Maka,kerajinan yang bermula dari hobi kemudian dikembangkan menjadi salah satu usaha yang menyenangkan.

Dalam bisnis Anda akan mengalami masa dimana anda laris dan dimana anda tidak laris (bukan berati anda akan langsung bangkrut). Oleh karena itu niat yang kuat bisa membantu Anda untuk mempertahankan bisnis yang diimasuki hingga mencapai sebuah keberhasilan.

Kenali Harga Jual

Sebelum memulai dan menekuni bisnis ini,ada baiknya Anda harus tahu harga yang  beredar. Lalu sekiranya seberapa pantas untuk orang yang akan membeli produk Anda.

Cara mengetahuinya, dengan mencari informasi dari internet atau langsung tersun ke sentra kerajinan tangan dan lain sebagainya. Disana anda bisa memata matai harganya.

Siap Bersaing Dengan Mengeluarakan Inovasi

Didalam dunia bisnis kita bisa dikatakan sedang berperang. Siap tidak siap kita harus siap. Karena jika kita siap kita akan maju terus. Sebaliknya jika kkita tidak siap kita akan mengalami kebangrutan.

Saat ini sudah beraneka ragam jenis produk kerajinan tangan yang beredar. Namun Anda tetap harus bisa bersaing untuk menciptakan hal hal baru yang belum pernah ada.

Tidak hanya dalam bentuk barang. Tetapi melainkan kualitas dan strategi pemasarannya pun harus Anda perhatikan. Contoh dengan menambahkan beberapa bahan lain dalam produk Anda.

Bisa juga dengan cara pemasarannya yang berbeda dalam usaha yang dengan yang Anda jalani.

Miliki Potensi Dilingkungan

Angkat kemungkinan yang ada di sekitar anda supaya produk yang Anda buat mempunyai ciri khasnya. Karena biasanya konsumen akan membeli suatu produk untuk kenang-kenangan ketika ia sedang berkunjung di daerah tertentu.

Bermain Wawasan Dan Jaringan

Contoh bermain wawasan dan jaringan ialah dengan Anda memperluas dan memaksimal wawasan yang ada. Anda dapat juga memperluas jaringan dengan sesama para pengrajin untuk menaikkan jalannya bisnis kerajinan Anda.

Berbagi atau bertukar ilmu dan pengalaman bisa dilakukan dengan teman sesama pengrajin. Tidak menutupi kemungkinan juga Anda akan mendapat tambahan modal bisa berupa pinjaman dari komunitas yang sedang Anda ikuti.

Mulailah Usaha secara Perlahan tapi Pasti

Diman mana usaha akan mendapatkan mode pasang dan mode surut. Oleh karena itu dibutuhkan keseriusan dalam berusaha. Dalam menjalani usaha, Anda bisa melakukan dari yang kecil kemudian bertahap dikelola hingga menjadi besar.

Apa yang diinginkan pasar anda harus tau sebelum Anda menghabiskan uang untuk memasarkan produk Anda. Kesalahan fatal dalam usaha yaitu pemilik tidak sabar untuk mendapatkan keuntungan dalam tempo singkat.

Akhirnya modal yang dikeluarkan tidak terbayar dengan keuntungan yang didapatkan. Jadi dalam binis ini sebaiknya anda bermain aman.

Bisnis kerajinan pada dasarnya menunjukkan kemajuan dalam tempo yang tidak singkat. Perkembangannya terlihat setelah satu atau dua tahun menjalankan bisnis.

Ingat anda seorang pengrajin kerajinan bambu bukan seorang Mr.Krabs!

Cara Membuat Kerajinan Dari Bambu Tempat Pensil

Alat dan Bahan

  1. Bambu (bekas pun boleh)
  2. Papan bekas
  3. Lem
  4. Amplas
  5. Cat atau plitur
  6. Pisau dan cutter
  7. Gergaji bila perlu

Cara Membuat

  1. Potong bambu tipis-tipis, ukuran sesuai yang Anda inginkan. Pada artikel ini, kami contohkan ukurannya 6 cm. Potongan ini untuk sisi pinggir bawah dan atas tempat pensil.
  2. Buat potongan untuk bagian alasnya. Sesuaikan luasnya dengan ketebalan potongan bambu untuk sisi pinggir atas dan bawah tersebut.
  3. Buat potongan untuk penutup sampingnya. Panjangnya sesuai dengan keinginan Anda. Bila Anda kesulitan membuat potongan yang cukup panjang dengan bambu yang tersedia, taka pa menggunakan kayu atau papan kayu. Meski tidak semuanya terbuat dari bambu, namun sentuhan bambu akan tetap terlihat.
  4. Lem bagian-bagian itu dengan. Jangan lupa diamplas, dibersihkan, dan dikeringkan dulu sebelum dilem ya!
  5. Tunggu sampai kering.
  6. Cat sesuai keinginan Anda.
  7. Selesai!