Keripik Singkong Renyah

Keripik singkong renyah adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu digoreng. Nama makanan ini memang sudah terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ciri khas rasanya yang enak dan renyah membuat semua orang suka. Makanan ini termasuk kedalam golongan makanan ringan.

Keripik Singkong Renyah

Keripik Singkong Renyah

Keripik singkong memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat orang yang memakan nya merasa ketagihan untuk terus memakan nya, oleh karena itulah cukup banyak orang yang membuka usaha keripik singkong. Entah itu keripik singkong yang di jual kiloan hingga dengan kemasan yang menarik. Tentu keripik singkong yang memiliki kemasan yang bagus harga jual nya lebih mahal.

Bahkan keripik singkong ini ada yang di jual di pinggir jalan menggunakan gerobak hingga usaha yang memang dibuat sedemikian rupa agar keripik singkong terlihat lebih bagus dan berkelas untuk dijual. Semua nya memang tergantung dari target market para pengusaha itu sendiri, apakah kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas.

Cara Membuat Keripik Singkong

Baiklah, kali ini untuk bisa membuat keripik singkong yang enak, gurih dan lezat tentu nya anda membutuhkan resep membuat keripik singkong renyah, sehingga berikut ini kami akan mengulaskan cara membuat keripik singkong yang renyah untuk membantu anda membuat keripik singkong di rumah

Bahan:

  • 1 kg singkong yang masih segar
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air
  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah:

  1. Singkong yang sudah anda pilih dan masih segar harus anda kupas kulit nya terlebih dahulu. Kemudian cuci singkong yang sudah anda kupas tersebut dengan air hingga benar-benar bersih.
  2. Iris singkong tipis-tipis dan sama ukuran nya agar mudah ketika menggoreng nya tidak ada yang kurang matang atau gosong nantinya. Gunakan alat pemotong keripik singkong serbaguna agar potongan nya bisa bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirisnya. Jika tidak punya, anda bisa menggunakan pisau yang tajam agar irisan nya bagus. Namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
  3. Kemudian masukkan singkong yang sudah di iris tipis-tipis ke dalam air yang sudah anda tambahkan kapur sirih agar singkong tersebut nantinya akan lebih renyah rasa nya.
  4. Setelah itu haluskan bumbu yang sudah ada di atas, dan setelah halus, anda bisa memasukkan nya ke dalam rendaman singkong tersebut. Lalu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Kemudian angkatlah singkong yang sudah anda rendam tadi dan tiriskan hingga tidak ada air yang menempel atau hingga keripik tersebut kering tanpa harus di jemur di bawah matahari.
  6. Setelah itu panaskan minyak di atas api sedang, kemudian goreng singkong yang sudah kering tadi hingga matang atau krispi. Saat di goreng jangan lupa sambil di aduk agar singkong tersebut tidak menempel satu sama lain.
  7. Kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan.
  8. Setelah itu tunggu keripik singkong tersebut agar tidak ada minyak yang menempel atau hingga keripik dingin.
  9. Setelah itu anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti perasa coklat, keju atau perasa lain nya. Anda juga bisa membuat nya original dengan tidak menambahkan apapun ke dalam nya.
  10. Setelah itu anda bisa memasukkan keripik tersebut ke dalam toples penyimpanan atau ke dalam wadah plastic.

Cara Penyajian

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh. Sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang memudahkan anda dalam menggoreng keripik buah dan sayur dan tersedia produk mesin lainnya di grosir mesin.