Kopi Luwak , Kopi Mahal dari Indonesia

luwak kopi

Luwak kopi – Kopi luwak merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dipanen dari kotoran musang bersih. Minuman ini memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan kopi pada umumnya, dan diduga hal ini disebabkan adanya proses fermentasi pada perut luwak.

Luwak kopi  Indonesia merupakan minuman mewah yang diekspor dengan harga yang sangat tinggi.

Kopi luwak jawaban salah satu kopi termahal di dunia karena minuman yang mempunyai aneh dan aneh yang sangat langka. Kopi luwak Indonesia laris manis dan sangat digemari di kalangan pecinta kopi karena memiliki rasa yang halus dan lembut di perut.

Tidak semua orang mengapresiasi minuman ini karena banyak yang senang dengan bahan yang berasal dari kotoran luwak.

Karena, minuman ini juga di cap buruk di berbagai negara.

Berbagai kasus miring tentang produk minuman khas Indonesia ini. Namun, industri kopi luwak Indonesia tidak perduli dan terus laku di pasaran dengan harga tinggi.

Penyebabnya Luwak Kopi Mahal

Ada tiga faktor utama yang membuat harga kopi luwak Indonesia lebih mahal dari kopi pada umumnya.

Awalnya minuman ini ditemukan saat pemerintah kolonial Belanda menerapkan penanaman kopi paksa. Orang yang tidak sadar kopi menemukan sesuatu yang sehat di kotoran musang. Mereka mengolah biji dari tanah, memanggang, dan kemudian memfermentasi.

Pemerintah Belanda menikmati minuman ini. Kemudian mereka mengumpulkan dan menjual kopi luwak Indonesia yang sangat mahal itu.

Prosesnya dimulai saat tanaman kopi memasuki masa panen. Buah yang siap dipanen berubah menjadi merah. Luwak memiliki kebiasaan dan kemampuan memilih kopi kualitas terbaik, sehingga hewan memakan biji buah dengan bijinya yang bagus.

Buah yang dimakan akan dicerna, dan sistem pencernaan hewan ini tidak bisa merusak lapisan kopi, hanya daging dan kulitnya saja. Pada hewan yang pencernaan kucing ini, bijinya akan mengalami proses fermentasi.

Kotoran atau feses dari musang ini nantinya akan dikumpulkan untuk dibersihkan. Proses pencuciannya bisa memakan waktu hingga 5-7 kali. Proses pencucian juga berlangsung di udara sehingga tetap bersih.

Setelah dibersihkan, selanjutnya dilakukan pemanggangan atau pemanggangan. Proses pemanggangan hanya mencapai tingkat pemanggangan sedang. Alasannya adalah untuk melestarikan karakter yang unik.

Gunakan mesin roasting kopi ntuk hasil pemanggangan yang lebih cepat. Biji yang dipanggang dikemas utuh (biji utuh) atau bubuk untuk dijual.

Beberapa tempat penangkaran telah membuka kedai kopi luwak sehingga pengunjung bisa menikmati kopi yang lebih mahal ini segera setelah disangrai.

 

Harga Luwak Kopi

Harga kopi  luak  Indonesia di pasaran di atas Rp1.000.000 per kilogram. Secangkir kopi luwak di Jakarta misalnya, harganya sekitar Rp70.000 per cangkir. Di luar, secangkir minuman berharga sekitar $ 35 USD. Harga benih atau bubuk adalah 100 sampai 600 USD per 450 gram.

Perbedaan kopi loak dengan kopi biasa

Proses kopi luwak Anda melalui alur yang lebih panjang sebelum mencapai cangkir Anda. Karena prosesnya yang berbeda, rasa dan kandungan di dalam kopi termahal di dunia pasti tidak akan sama dengan kopi biasa.

1. Rasa

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dari minuman ini, warna yang dihasilkan sama dengan kopi, biasanya hitam kecokelatan. Namun, jika saya Berbicara tentang bau dan rasa, mereka pasti sama.

Rasa kopi luwak sangat empuk, tidak ada sisa rasa yang pahit, dan ada sedikit asam buah yang menyegarkan. Rasa atau rasa akhir dari kopi termahal itu sangat bersih, tidak meninggalkan rasa getir.

kopi luwak Indonesia selalu memiliki rasa buah yang unik. Padahal, biji kopi di setiap daerah memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Proses fermentasi alami dalam perut musang cukup kuat, dan rasa buahlah yang telah difermentasi.

Aroma minuman mewah ini lebih harum dan lebih kuat. Tidak ada jejak bau kotoran hewan atau bau tak sedap lainnya.

2. Isi Kandungan

Menurut hasil penelitian Universitas Hasanuddin,
Tidak ada perbedaan jenis zat yang ada pada kopi luwak dengan kopi biasa. Namun ada perbedaan kadar zat yang terkandung di dalamnya:

Persentase kafein pada  Robusta Luwak 1,77% dan luwak arabika 1,74%, sedangkan proporsi kafein pada Robusta reguler 1,91% dan Arabika reguler 1,85%.
Kandungan protein pada  luwak robusta 16,23% dan yoghurt arabika 14,84%, sedangkan  robusta biasa 18,34% dan arabika polos 16,72%.

Demikian pembahasan tentang luwak kopi , kopi asli indonesia yang harganya sangat mahal. Untuk hasil yang maksimal gunakan mesin kopi berkualitas