Manfaat Rebusan Cengkeh dan Kayu Manis – Cengkeh (Syzygium aromaticum (L) Merr & Perry) adalah bumbu lama yang digunakan dalam industri rokok kretek, makanan, minuman dan obat-obatan.

Bagian tanaman yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah bunga, tangkai bunga dan daun cengkeh.

Pengolahan cengkeh pun tidak sembarangan. Cengkeh dengan kualitas baik biasanya diolah dengan menggunakan mesin perontok cengkeh terbaik agar kualitasnya tidak menurun.

Penggunaan cengkeh kemudian berkembang dalam industri kosmetik. Belakangan ini terdapat beberapa temuan yang mungkin merupakan pengembangan dari penggunaan cengkeh untuk keperluan lain.

Diantaranya sebagai obat bius ikan dan pemberantasan hama dan penyakit tanaman.

Banyaknya kegunaan cengkeh disebabkan oleh bunga, tangkai bunga dan daunnya yang mengandung minyak cengkeh yang memiliki cita rasa dan aroma khas yang disukai banyak orang.

Selain minyak yang mempunyai sifat stimulan, anestesi, karminatif, antiemetik, antiseptik dan antispasmodik.

Tak hanya sebagai bumbu masak, penambah aroma pada kopi, dan pengharum kue, manfaat kayu manis untuk kesehatan juga sangat banyak.

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan, kayu manis sebaiknya dikonsumsi secara bijak, agar efek samping dapat dihindari.

Kayu manis, yang biasa digunakan untuk memasak, terbuat dari ekstrak kulit kayu pohon kayu manis.

Rempah yang satu ini telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat. Manfaat kayu manis untuk kesehatan terbilang beragam meski perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait khasiatnya.

 

Cara Membuat Air Seduhan Cengkeh dan Kayu Manis

Manfaat Rebusan Cengkeh dan Kayu Manis

Bahan:

  • 1 sendok teh cengkeh
  • 1 kulit kayu manis kecil
  • setengah sendok teh bubuk jahe
  • 1 gelas air

Cara Membuat Seduhan Air Cengkeh dan Kayu Manis:

  1. Tuangkan secangkir air dan didihkan.
  2. Tambahkan cengkeh, kayu manis dan bubuk jahe ke dalam air dan biarkan meresap selama 3-4 menit.
  3. Matikan api.
  4. Saring teh dan sajikan.

Manfaat Rebusan Cengkeh dan Kayu Manis

Mengatasi Diabetes

Kombinasi zat dalam kayu manis dan cengkeh dapat meningkatkan fungsi hormon insulin, sehingga sangat baik bagi mereka yang yoiu yang memiliki riwayat diabetes.

Mengatasi Sembelit

Untuk mengatasi sembelit karena sulit buang air besar Anda bisa minum cengkeh dan air rebusan kayu manis di pagi hari, ini akan membantu melancarkan pencernaan Anda agar tidak sembelit lagi.

Mengatasi Diare

Kandungan zat dalam cengkeh dan kayu manis dapat meredakan dan mengobati diare berbeda dengan manfaat madu untuk mengobati luka, cara Anda bisa minum kayu manis  dan cengkeh air matang sebanyak 3 kali sehari.Turunkan Berat Badan

Cengkeh dan kayu manis sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kandungan zat dalam kedua rempah mampu membantu tubuh dalam proses membakar lemak dengan baik.

Melancarkan Haid

Bagi wanita yang memiliki masalah atau gangguan yang terkait dengan siklus menstruasi mereka, Anda dapat minum air cengkeh dan rebusan kayu manis secara berkala untuk melancarkan siklus menstruasi Anda.

Obat Flu

Minum air cengkeh dan rebusan kayu manis 3 kali sehari sementara hangat berbeda dengan manfaat bunga lawang untuk diet,ini akan  mengobati flu yang  Andaalami.

Obat Radang Tenggorokan

Tidak hanya mampu mengobati flu saja, air rebusan cengkeh dan kayu manis juga sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan.

Obat Sakit Gigi

Kandungan zat dalam cengkeh sangat baik untuk meredakan rasa sakit yang Anda rasakan saat sakit gigi.

Pemutisan Gigi

Selain mengobati sakit gigi, air rebusan cengkeh dan kayu manis juga bisa menjadi putihkan gigi sehingga Anda akan lebih percaya diri.

Kedokteran Demam

Untuk mengobati demam berbeda dengan manfaat kayu manis untuk diabetes,caranya sangat mudah  dan praktis. Anda bisa minum air rebusan cengkeh sebanyak 3 hingga 5 kali sehari.