Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana resep kue basah modern yang enak dan bikin ketagihan.
Kue adalah camilan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya kue bercita rasa manis atau ada pula yang gurihdan asin.
Kue biasanya diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.
Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak dari Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya  dari negara China seperti kue bakpia.
Banyak macam  kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara itu beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh budaya Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.
Awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi sekarang dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah menyebar luas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering , kue pastri , dan kue tart atau bolu.
Kue bisa dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.
Biasanya Kue basah bertekstur lembut, empuk dan tidak  bertahan dalam waktu lama. Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lebih mudah basi.
Kue basah umumnya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan biasanya sering ditemui di pasar tradisional di Indonesia.

Macam – Macam Resep Kue Basah Modern

1.Brownies

Brownise merupakan camilan yang cocok dihidangkan di berbagai acara dan suasana. Brownies biasa juga dijadikan sebagai buah tangan yang akan kita bawa untuk keluarga tercinta dirumah.
Biasanya brownies yang sering kita makan memiliki dua lapisan yang di mana di antara lapisan tersebut diberi sesuatu baik coklat maupun variasi lainnya.

Cara Membuat Resep Kue Basah Modern Brownies

BAHAN :
  •  Tepung terigu 200 g. Ayak
  • Coklat batang 300 g
  • Coklat bubuk 75 g. Ayak
  • Susu segar 200 ml
  • Mentega 300 g
  • Telur ayam 6 butir
  • Gula pasir 250 g
  • Garam sdt
  • Baking powder 1 sdt
CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH MODERN BROWNIES :
1. Tim coklat batang dan mentega pada panci secara bersamaan. Setelah leleh                     tambahkan garam. Aduk sampai rata.
2. Siapkan wadah untuk mengocok telur. Kocok telur dengan pasir hingga berbusa.
3. Masukkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan                 dengan susu yang sudah kita siap kan. Aduk sampai rata.
4. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan mentega.
6. Kukus selama 20 menit atau sampai matang.
7. Olesi kue dengan coklat batang serta mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.
8. Brownies siap disajikan.
Sebagai pemanis saat disajikan Anda bisa menambahkan meses pada bagian atas brownies atau variasi lain sesuai dengan yang anda inginkan.

2. Bolu

Bolu atau biasa disebut kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur.
Kue bolu dan cake biasanya dimapttangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.
Cake yang dihias menggunakan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).
Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pada pesta ulang tahun.

Cara Membuat Resep Kue Basah Modern Bolu Biasa

BAHAN – BAHAN :
  •  12 lembar daun pandan.
  •  250g margarin atau mentega.
  •  250g gula pasir.
  •  4 butir telur ayam.
  •  1 bungkus bubuk vanili.
  •  320g tepung terigu.
  •  1 bungkus baking powder
  •  Susu kental secukupnya.
CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH MODERN BOLU:
1. Panaskan oven kira-kira 170°C
2. Daun pandan ditumbuk atau diblender, diberi air lalu diperas hingga diperoleh larutan         dari daun pandan 120ml.
3. Margarin atau mentega dipanaskan hingga cair.
4. Gula pasir, telur, dan vanili dikocok dengan mixer sampai rata tercampur semuanya.
5. Masukkan tepung terigu dan mentega cair secara bergantian, kocok sampai rata.
6. Masukkan baking powder
7. Lalu,masukan susu kental dimasukkan ke larutan daun pandan, diaduk hingga rata, lalu     campuran ini dituangkan ke adonan. Aduk sampai rata.
8. Oleskan merata loyang dengan margarin lalu taburi tepung terigu sedikit,agar tidak             lengket.
9. Tuangkan adonan ke loyang (sebaiknya persegi yang memanjang), panggang dalam         oven yang sudah panas selama kira-kira satu jam atau sampai matang.

Terimakasih telah membaca ulasan dari kami apabila anda ingin mengetahui lebih dalam bagaimana resep kue basah kukus. Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Dan jangan lupa baca bagaimana cara membuat donat kentang sederhana.