Pada artikel kali ini akan di beri tahu tentang bagaimana resep perkedel jagung pedas yang mantap. Ternyata gorengan yang sangat digemari oleh banyak orang ini memang bukan hanya mudah untuk dibuat, tetapi memang juga cukup terjangkau dari segi harga nya lho. Perkedel jagung merupakan warisan kuliner yang sangat dipengaruhi oleh kuliner dari spanyol dan juga negara portugis. Portugis memang pernah berlayar dan berdagang di negara Indonesia hingga ingin menguasai beberapa area yang ada di indonesia.

Dengan seringnya orang negara portugis melakukan aktivitas di negara Indonesia, ada juga banyak budaya dan pengaruh yang mereka bawa. Ternyata biji jagung yang merupakan tanaman asli dari amerika dibawa dan diperkenalkan ke negara indonesia oleh portugis. Dan karena tanah di Indonesia memang sangat cocok untuk menanam jagung, semakin banyak pula hasil panen jagung. Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat adalah bakwan jagung.

Perkedel jagung yang ada di Indonesia juga memiliki tekstur butiran karena jagung memang tidak dihaluskan secara merata sehingga tetap bisa dirasakan bulir-bulir jagung nya setelah digoreng. Sajian ini memang bisa kalian kolaborasikan hanya dengan sajian lauk pauk lainnya yang ada dimeja makan kalian.

Dan bukan hanya itu saja lho, untuk digado oleh sendiri pun bisa menjadi hidangan yang masih benar-benar bisa untuk dinikmati. Dan memang hanya saja, oleh kalian bisa juga untuk ditambahkan sambal pedas ketika kalian sedang menyantap makanan seperti ini supaya rasanya akan semakin nikmat dan juga enak.

Resep Perkedel Jagung Pedas

resep perkedel jagung pedas

Bahan:

  • 2 buah jagung manis, dipipil
  • 2 buah jagung manis, diparut
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 75 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 tangkai seledri, diiris halus
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 buah cabai rawit merah

Cara Membuat Bakwan Jagung Pedas:

  1. Campurkan jagung manis pipilnya, jagung manis parut, tepung terigu, dan juga tepung beras. Kemudian bisa langsung di aduk merata.
  2. Setelah itu masukkan bumbu yang halus, telur, air, garam, merica, gula, seledri, dan juga daun bawang. Lalu aduk sampai merata.
  3. Sendokkan bentuk bulat dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

Manfaat dari Memakan Jagung

resep perkedel jagung pedas

 

Nutrisi pada jagung yang ada dikandungnya antara lain kaya vitamin B1, vitamin B5, asam folat dan vitamin C. Dari kandungan nutrisi yang dimilikinya, jagung memang dapat membantu tubuh kalian untuk bisa menghasilkan sel-sel yang baru dan melawan penyakit. Seorang ibu hamil pun memang membutuhkan asam folat dikarena kan asam folat memang diyakini bahwa sangat ampuh untuk membentuk saraf janin saat didalam kandungan nya.

Mengkonsumsi jagung memang bisa menjadi solusi bagi ibu hamil untuk bisa mendapatkan asam folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Para pakar kesehatan juga memang menyarankan para penderita anemia untuk rutin mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat ini karena akan vitamin B1 dan B5.

Ternyata selain kandungan nutrisinya yang penuh dengan gizi, jagung juga memiliki serat yang cukup tinggi lho. Dan seperti yang kita ketahui bersama, pada serat yang baik dikonsumsi untuk mereka yang memiliki masalah pada pencernaan. Dan sebagai pemilik serat yang tinggi, jagung bisa menjadi makanan ampuh untuk membantu memerangi masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Demikian tadi telah di beri tahu tentang bagaimana resep perkedel jagung pedas yang enak, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.