Contoh Tempat Sampah Organik Dan Anorganik

Contoh Tempat Sampah Organik Dan Anorganik

Contoh Tempat Sampah Organik Dan Anorganik Adalah sebuah tempat sampah yang memiliki fungsi ganda. Untuk memilah mana sebuah sampah yang bisa diolah kembali(organik)  dan mana sampah yang tidak bisa diolah(non organik).

Tong Sampah Organik adalah sebuah penampungan sampah-sampah yg mudah diurai oleh tanah dan mudah hancur tanpa sisa dalam waktu yang  sangat singkat. Contohnya : ialah sampah sisa suatu makanan, daun-daunan, semua itu bisa hancur dengan sendirinya

Tong Sampah non Organik adalah suatu penampungan sampah sementara yang sulit diurai oleh tanah dan limbah atau sampah ini bisa diolah kembali oleh tangan-tangan kreatif . Contohnya : ialah sampah seperti suatu botol, kaca, kertas, serta plastik

Dengan sebuah tempat sampah organik dan non organik ini pengelola kebersihan. Lebih mudah untuk pemilahan suatu sampah mana yang harus dibuang atau diberdayagunakan. Untuk di pakai kembali atau  untuk didaur ulang menjadi  suatu barang yang berguna.

Contoh Sampah

1.Sampah Bersifat Organik

Pengertian sampah organik ialah suatu limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup atau alam. Misalnya suatu manusia, hewan, serta tumbuhan yang telah melalui prosese pelapukan atau pembusukan.

Jenis sampah ini tergolong sanagt ramah lingkungan sebab dapat diurai oleh bakteri pengurai secara alami dan berlangsung cepat. Serta contoh tempat sampah organik dan anorganik. Dalam sebuah pengelolaan sampah itu harus benar.

Contoh Dari Sampah Organik

Contoh dari sampah organik secara umum dapat kita ketahui adalah semua sisa yang berasal dari makhluk hidup atau dapat diurai kembali oleh alam. Seperti: suatu kotoran, daun, bangkai, kulit telur, kardus, kertas, makanan sisa seperti sayur, buah, nasi,serta lain sebagainya.

Manfaat Dari Sampah Organik

Manfaat sampah organik ini ialah antara lain dapat meningkatkan kesuburan pada tanah. Sebab sampah ini jika diproses dengan yang benar dapat dijadikan sebagai pupuk alami bagi tanah. Biasa disebut sebagai pupuk kompos dan pupuk kandang.

Jika tanah ini yang diberi pupuk dari sampah ini maka tanahnya akan menjadi lebih bernutrisi dibanding tanah yang biasa. Oleh karenanya itu menjadikan tanaman yang ditanam di tanah tersebut menjadi jauh lebih sehat.

Selain itu juga, sampah organik ini juga bisa dijadikan barang dengan nilai ekonomis tinggi seperti mebel serta perabot rumah tangga. Serta dapat mengetahui contoh tempat sampah organik dan anorganik.

2.Sampah Yang Non-Organik

Pengertian dari sampah non-organik ialah segala sisa manusia yang sulit untuk diurai kembali oleh bakteri atau memerlukan waktu yang cukup  sangat lama sekali untuk penguraiannya hingga ratusan tahun.

Contoh Dari Sampah Non-Organik

Umumnya dari sampah non-organik berasal dari sampah industri. Contoh dari suatu sampah non-organik ialah: plastik, kaca, besi, kain, kaleng, ban, pulpen, spidol, serta lain sebagainya. Serta contoh tempat sampah organik dan anorganik.

Manfaat  Dari Sampah Non-Organik

Sampah jenis ini dapat juga diambil kembali manfaatnya setelah dilakukan daur ulang menjadi produk yang baru. Contohnya yaitu limbah plastik yang jika didaur ulang bisa dibuat menjadi mainan, kursi, meja, serta lain sebagainya.

Limbah besi ini bisa dilebur terlebih dahulu lalu kemudian dijadikan bahan dasar dalam pembuatan produk baru. Seperti pagar rumah, paku, palu, serta lain sebagainya. Karna ini contoh tempat sampah organik dan anorganik.

Dalam proses suatu pemanfaatan jenis sampah ini. Diperlukan suatu daya kreatif yang sangat tinggi oleh si pembuatnya sehingga dapat dijadikan barang yang juga berkualitas ekonomi yang sangat tinggi.

Dampak Sampah Organik dan Non Organik Terhadap Lingkungan Manusia

contoh tempat sampah organik dan anorganik

Setelah mengetahui suatu definisi, contoh, serta manfaat dari suatu sampah organik dan non organik maka selanjutnya kita akan membahas dampaknya. Keberadaan dari sampah di bumi tentu saja bukan tidak menghasilkan apa-apa.

Selain bisa berdampak positif juga jika dimanfaatkan dengan benar. Tapi juga bisa memberikan sebuah dampak negatif untuk bumi bahkan kepada makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Serta contoh tempat sampah organik dan anorganik.

Dampak Bagi Kesehatan

Sampah yang tak dibuang pada suatu tempatnya tentu akan mengganggu lingkungan serta kesehatan seseorang dan akhirnya menjadi pemicu timbulnya suatu penyakit. Seperti: penyakit disentri, kudisan, diare, jamur, serta lain sebagainya.

Bahkan akan dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh manusia saja tapi juga pada tumbuhan dan hewan yang berada di sekitarnya. Maka dari itu harus diwaspadai terhadap sampah itu. Ini contoh tempat sampah organik dan anorganik.

Berbeda dengan adanya sebuah contoh tempat sampah organik dan anorganik,serta bagaimana kita dalam memanfaatkanya.

Itulah ulasan mengenai Contoh Tempat Sampah Organik dan Anorganik. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua di rumah. Serta dapat menjadi pembelajaran. Sekian dan Terima Kasih.