Pola cara hidup hemat anak kos bagi kalian anak kos sebenarnya cukup gampang untuk dilakukan.Anda pertama haruslah berolahraga agar sehat,kalu anda sehat tentu tidak akan mengeluarkan uang untuk beribat ke dokter bukan?

jika Anda kesulitan untuk berolah raga di gym serta membayar mahal, Anda bisa berolah raga secara murah dengan cara berlari-lari kecil keliling komplek perumahan Anda ataupun bersepeda.

Murah dan manfaatnya sama bahkan cenderung lebih bagus untuk kesehatan Anda. Atau jika Anda merupakan orang dengan jiwa petualang yang besar, Anda dapat mendaki gunung sembari berolah raga Anda juga dapat sekaligus liburan atau jalan-jalan. Bila kita mau menerapkan pola cara hidup sehat, sebenarnya tak akan menghabiskan dana Anda dengan jumlah yang cukup besar.

Cara Hidup Hemat Anak Kos yang Mudah  dan Praktis

Cara Hidup Hemat yang Dapat Anda Lakukan

 

1. Prioritas: Kebutuhan dan keinginan

Hal ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh dalam menekan pengeluaran Anda. Jadwalkan belanja anda dengan daftar yang pasti akan digunakan setiap bulannya. Janganlah anda memasukkan barang atau hal-hal yang hanya bersifat keinginan anda ke dalam daftar prioritas.

Ingat, Anda dapat untuk hidup tanpa harus nonton film di bioskop satu bulan sekali, tapi Anda tidak akan bisa untuk hidup dengan hanya makan satu bulan sekali, juga minum satu bulan sekali,dan mencuci baju satu bulan sekali. Sudah jelas perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanyalah untuk kepuasan sementara.

2. Pengeluaran < Pendapatan

Merasa pengeluaran Anda taklah seberapa? Kalau begitu jelas Anda tidak diperkenankan untuk secara semena-mena menghambur-hamburkan uang demi kepentingan yang sifatnya sebuah keinginan, bukan keperluan.

Usahakan Anda tidak berhutang untuk memenuhi kebutuhan anda yang setiap waktunya bisa mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Dilihat dari aspek psikologis, kebiasaan berhutang juga sangat tidak baik karena menimbulkan perasaan yang tidak tenang, selalu cemas, serta gelisah di setiap waktu.

3. Menjaga Kesehatan

Salah satu cara hidup hemat yaitu dengan senantiasa menjaga kesehatan. Lalu, apa hubungannya kesehatan dengan cara hidup hemat? Pola hidup sehat akan meminimalisir Anda untuk terkena penyakit yang harus membutuhkan bantuan dokter untuk menanganinya. Jelas ketika Anda memakai jasa dokter Anda akan membutuhkan uang yang jumlahnya relatif tidak sedikit.

Hal ini akan berpengaruh di jumlah pengeluaran Anda yang dapat menjadi lebih tinggi daripada pendapatan Anda setiap bulannya. Ketika hal itu menjadi sebuah kebiasaan, pada akhirnya Anda sendiri akan selalu merasa kekurangan untuk memenuhi hal-hal yang bersifat memanglah sebuah kebutuhan.

4. Bijak Dalam Berbelanja

Tentu saja Anda menyadari bila Anda lebih menyukai belanja di supermarket yang terkenal bersih dan sejuk bukan? Mereka juga memakai jasa pemasaran yang selalu dapat untuk mengundang Anda untuk masuk dan ingin berbelanja di toko mereka dengan teknik-teknik tersendiri.

Jika Anda telah masuk dalam sebuah toko, kecenderungan Anda membeli barang-barang yang bukan untuk kebutuhan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

5. Fasilitas Berlibur Murah  

Setiap orang pasti membutuhkan rekreasi untuk refreshing dari kepenatan bekerja. Akan tetapi, perhatikan bahwa pengeluaran Anda untuk berlibur tidak perlu mencapai angka fantastis. Ingat, Anda tentu berlibur untuk melepas kepenatan Anda dari rutinitas bekerja bukan, dan tentu bukan untuk menambah beban dan masalah pada finansial akibat karena tidak selektif untuk memilih fasilitas berlibur.

Anda bisa berhemat ketika berlibur dengan membeli tiket penerbangan dengan harga promo, hotel yang tidak perlu berbintang lima, menggunakan kartu kredit khusus treveling, atau bahkan Anda tidak perlu mengharuskan diri berlibur hingga ke luar negeri. Jangan memaksakan hal yang Anda rasa tidak mampu dan tidak perlu.

6. Membawa Bekal  

Kebiasaan satu ini juga akan mengantarkan Anda sebagai pribadi yang mempunyai prinsip cara hidup hemat. Hemat pangkal kaya dan hal ini haruslah dimulai dari kebiasaan kebiasaan kecil. Bawalah selalu bekal dari rumah daripada Anda membeli makanan di luar (yang biasanya dijual dengan harga yang dipatok jika dihitung hingga lima kali lipat). Selain bisa menghemat pengeluaran Anda, membawa bekal dari rumah lebih jelas kebersihan dan gizinya.

7. Membeli barang-barang Investasi

Anda merasa mempunyai uang lebih dan menyadari Anda tidaklah cukup ‘kuat’ untuk membawa banyak dana? Jika memanglah begitu, Anda dapat mengalihkan dana cair yang Anda miliki menjadi bentuk barang yang mempunyai nilai investasi seperti emas dan tanah.

Dua barang ini adalah contoh barang investasi dengan kemungkinan untuk rugi yang sangatlah kecil dan jarang untuk mengalami penurunan nilai, apalagi dengan harga tanah. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperkecil jumlah dana cair yang siap untuk anda pakai dan berpotensi bisa langsung untuk dibelanjakan.

Menjadi anak kos kita harus pandai betul untuk mengatur pengeluaran,kita harus hemat.Jika anda ingin tau lebih banyak bacalah artikel cara hidup hemat.Baca juga artikel menarik cara investasi reksadana di bareksa.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.