Apa kabar para pecinta Cupcake, nah pada kesmpatan ini saya akan membahas tentang cara membuat cupcake kukus tanpa mixer yang lembut dan enak tentunya, Cocok untuk dihidangkan bersama keluarga ataupun disajikan untuk orang yang akan singgah ke rumah nih guys,

Apa Itu Cupcake?

Cupcake adalah kue yang berukuran kecil dilapisi kertas atau bahasa pasaran di Indonesia yakni kue cangkir. Cupcake banyak dicari oleh banyak orang selain karena Cupcake ini mempunyai tekstur yang lembut tapi juga berasa manis.Kue cupcake termasuk hidangan kue yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang.

Tekstur bentuknya yang mungil dan lucu dengan berbagai macam filling yang khas membuatnya menjadi kue yang cukup disenangi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, makanan yang dibuat dengan cara kukus juga jauh lebih unggul dalam segi tekstur akan menghasilkan kue cupcake yang lebih lembut.

Ada yang sudah bosan menikmati kue cupcake yang  diolah melalui proses panggang menggunakan oven, mungkin anda bisa mencoba membuat beberapa cupcake kukus dengan mengikuti resep cara membuat cupcake kukus ini yang tidak kalah mudah dan simpel dengan resep cupcake yang dipanggang.

Cara membuat cupcake kukus tidaklah berbeda dengan cara membuat cupcake panggang, perbedaannya hanya terletak pada cara mematangkan adonannya saja, cupcake kukus membuat adonan matang dengan cara dikukus menggunakan kukusan dan cupcake panggang yang diolah menggunakan oven untuk membuat adonan matang sempurna.

Menghidangkan cupcake telah menjadi kebiasaan, terutama di Amerika yang konon menjadi awal mula perkembangan kue cupcake sejak abad 19, di Amerika, masyarakat biasa menyantap cupcake sebagai camilan, karena kue cupcake masih masuk kedalam kategori kue manis terpopuler, bersamaan dengan donat dan kue macaroon.

Bahkan penjualan kue cupcake pun tidak terbatas, dilakukan di toko kue saja, melainkan juga dijual di mobil bahkan di truk. Cupcake bisa dihidangkan sebagai camilan bahkan menu kue ulang tahun, cukup dengan menyusun kue cupcake menjadi menara tinggi seperti menara kue ulang tahun biasanyanya. Resep cara membuat cupcake kukus oreo ini cocok dinikmati selagi hangat.

Asal Usul CupCake

Zaman sekarang nih cupcake emang jadi salah satu camilan berasa manis yang populer baik di seluruh penjuru dunia. Kalo kita ngelihat sejarah, istilah cupcake sendiri muncul pertama kali di akhir abad ke-19 buat menamai seluruh jenis kue yang terbuat dari bahan-bahan yang diukur sama cangkir teh.

Cupcake tradisional yang pertama kali dan gampang diinget terbuat dari 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung dan 4 butir telur. Nah, karena masih pakai cara tradisional, buat memanggang cupcake, kebanyakan orang bakal pakai cangkir tanah liat sebagai loyang buat ngebentuknya. Makanya dinamain cupcake, guys!

Cara Membuat Cupcake Kukus Tanpa Mixer

cara membuat cupcake kukus oreo

Bahan-Bahan :

  •  100 gram tepung terigu
  •  3 butir telur ayam
  • 100 gram mentega
  •  2 sendok teh baking soda
  •  100 gram gula pasir
  •  35 gram cocoa powder
  •  100 gram mentega
  •  2 sdt vanila extract
  •  24 biskut oreo
  • 100 gram confectioner sugar

Cara Membuat Cupcake Kukus Oreo :

  1. Pada dalam mangkuk mixer kocok 100 gram mentega dan gula sampai lembut.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok sampai tercampur merata.
  3. Tambahkan tepung, baking soda, 1 sendok teh vanili dan cocoa powder sambil dikocok dan tercampur rata.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin dengan porsi yang sama yaitu 3/4 penuh.
  5. Kukus selama 20 menit atau sampai matang di kukusan dengan suhu 180 derajat celcius. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan.
  6. Taruh 180 gram mentega dalam mangkuk mixer listrik, kocok sampai lembut.
  7. Tambahkan gula halus dan 1 sdt vanili lalu kocok dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata.
  8. Kemudian naikkan kecepatan menjadi sedang dan kocok lagi 1 sampai 2 menit kemudian tambah.
  9. Tuangkan satu sendok oreo cream dam di atas cupcake coklat dan tambahkan 1 keping biskuit oreo

Itulah ulasan tentang cara membuat cupcake kukus tanpa mixer, dan bagi kalian yang ingin mengetahui lebih tentang cara bikin martabak telur kulit lumpia yang lezat dan mudah anda dapat mengunjungi artikel kami kapanpun anda mau, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan readers sekalian.