“Saya ingin tau bagaimana sih cara investasi saham itu, langkah-langkah apa yang harus saya lakukan agar dapat memulainya?” Apakah Anda pernah mempunyai pertanyaan tersebut tapi tidak tahu harus bertanya ke mana? Finansialku akan menjawab pertanyaan Anda mengenai langkah-langkah yang perlu Anda persiapkan untuk memulai investasi saham.

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang mempunyai rata-rata hasil investasi yang besar. Sampai sekarang ini pun,cara investasi saham masih menjadi instrumen investasi yang menawarkan hasil investasi yang relatif paling tinggi di antara instrumen investasi lainnya.

Cara Investasi Saham yang Benar

Langkah Awal Memulai Investasi Saham

1. Mengenali Keuntungan Investasi Saham

Di dalam cara investasi saham, ada dua jenis keuntungan yang dapat untuk didapatkan oleh investor, yakni Capital Gain, dan pembagian Dividen.

Capital Gain sendiri merupakan keuntungan yang didapat dari selisih harga pembelian dan penjualan saham tersebut, dimana gejolak harga saham itu sendiri berasal dari permintaan dan penawaran yang telah berlaku di pasar. Capital Gain ini bisa Anda peroleh dari trading ataupun  investasi jangka panjang.

Sebagai contoh, jika tahun lalu Anda membeli saham PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) dengan jumlah100 lot di harga Rp500, itu berarti Anda membeli saham dengan modal berjumlah Rp5 juta. Sekarang ini, harga saham SMBR telah mencapai Rp3.090 per lembarnya, sehingga nilai modal Anda sekarang menjadi Rp30,9 juta.

2. Mematangkan Pengetahuan Sebelum Berinvestasi

Salah satu syarat mutlak sebelum anda memilih dan membeli sebuah instrumen investasi atau cara investasi saham yaitu mempelajari serinci-rincinya, tentang instrumen tersebut . Anda membeli saham, itu berarti Anda membeli sebagian kecil dari kepemilikan suatu perusahaan.

Anda dapat memilih berbagai saham dari ratusan perusahaan yang telah terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia.

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki fungsi sebagai pasar saham. BEI adalah pasar modal, sehingga fungsinya yaitu untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan modal atau juga disebut dengan  emiten, dengan pihak yang bisa untuk memberikan modal atau investor.

3. Menyiapkan Modal Berinvestasi

Berapa modal yang saya perlukan untuk memulai cara investasi saham? Sekarang ini banyak broker yang membuka untuk  batas minimal setoran modal awal yang sangat minim hingga Rp100.000.

Sekuritas-sekuritas tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan nasabah, meskipun beberapa sekuritas masih ada yang mematok untuk  batas modal awal sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta.

4. Memilih Broker dan Membuka Rekening Efek

Untuk bisa melakukan transaksi di bursa saham, maka setiap investor cara investasi saham haruslah mempunyai rekening efek terlebih dahulu, seperti misal untuk menabung di bank harus memiliki rekening tabungan terlebih dahulu.

Sekuritas atau broker merupakan perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia. Mereka merupakan anggota bursa yang menghubungkan antara investor dengan perusahaan perusahaan publik, atau untuk menghubungkan antara satu investor dengan investor yang lainnya.

5. Melihat Saham Berdasarkan Kapitalisasi Pasarnya

Kapitalisasi pasar adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh para investor untuk memilih saham. Kapitalisasi pasar menunjukkan harga sebuah perusahaan, yang dapat dihitung dari harga saham dikalikan dengan jumlah lembar sahamnya. Semakin besar kapitalisasi pasarnya,maka  semakin mahal pula perusahaan tersebut dihargai oleh pasar.

Investasi memanglah hal yang memjanjikan untuk mendapatkan uang pada jangka waktu yang lama,selain cara investasi saham ada banyak lagi loh investasi investasi yang menguntungkan lainya.Nah di bawah ini adalah investasi investasi yang munglin cocok untuk anda.

Investasi yang Baik dan Menguntungkan di tahun 2019

Investasi yang Baik dan Menguntungkan di tahun 2019

1. Investasi Properti

Properti ialah salah satu jenis investasi terbaik.Investasi yang selalu saja mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kemungkinan akan turun sangatlah kecil.Investasi properti bisa dikatakan investasi yang menguntungkan,investasi ini akan selalu mengalami kenaikan terus menerus selama demand masih tinggi dan berdampak terhadap harga jualnya yang akan semakin tinggi.Jika kamu mempunyai properti berupa rumah, maka rumah tersebut bisa anda jadikan tempat usaha seperti kos-kosan misal,ditambah lagi dengan memaksimalkan kos tersebut untuk membuat usaha yang lainnya misal laundry, catering dan lainnya.

Investasi properti yang adalah sektor riil di negara berkembang seperti Indonesia tidaklah terlalu berpengaruh terhadap inflasi dikarenakan lebih kepada ekspektasi saja. Dalam hal ini, aset rill itu akan melindungi keuangan Anda terhadap inflasi.

2. Investasi Emas

Berinvestasi emas juga adalah salah satu investasi yang menguntungkan dan salah satu investasi terbaik. Investasi emas atau logam mulia masih saja menjadi investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi investasi ini ialah aset yang sangat mudah dijual atau diuangkan.

Tetapi tentu saja, berinvestasi emas tetaplah memiliki risiko, misalkan karena fisiknya yang kurang praktis sehingga memerlukan tempat penyimpanan yang dilengkapi dengan keamanan yang ekstra.

Risikonya akan lebih tinggi lagi jika Anda mempunyai emas-emas batangan dalam jumlah yang banyak sehingga tidak bisa menyimpannya di sebuah brankas yang kecil.

Investasi saham adalah investasi yang menjanjikan,karna hanya dengan melakukan cara investasi saham yang benar yaitu dengan menanam modal kita akan mendapat keuntungan sampai kapanpun seumur dengan yang kita investasikan itu.Jika anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang saham bacalah artikel cara investasi saham.

Baca jua artikel menarik macam macam barang tambang organik.Sekian semoga bermanfaat dan terimaksih.