Barang tambang adalah bahan baku yang bersifat sangat penting. Macam macam bahan tambang organik sangatlah dibutuhkan oleh semua manusia, meskipun terkadang kita tak menyadari seberapa besarkah kebutuhan kita terhada macam macam  barang tambang tersebut.

Negara- negara di dunia sangatlah memerlukan macam macam bahan tambang untuk bisa memenuhi segala kebutuhan negara tersebut. Nah,maka dari itulah negara yang memiliki banyak sumber tambang dianggap sebagai negara yang kaya.

Barang tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat untuk diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat untuk diperbaharui maksudnya ialah apabila sumber daya alam tersebut habis maka akan memerlukan waktu yang sangat lama lagi  untuk mendapatkan gantinya. Sebagai contoh ialah minyak bumi.

Minyak bumi terbentuk dari fosil- fosil makhluk hidup jutaan tahun yang lalu hingga akhirnya terbentuklah minyak bumi. Jika persediaan minyak bumi di dunia habis, maka akan membutuhkan waktu berjuta- juta tahun lamanya untuk mendapatkan kembali persediaan minyak bumi tersebut.

Macam Macam Bahan Tambang Organik

Jenis- jenis Bahan Tambang

Tidak hanya Indonesia yang mempunyai banyak barang tambang, namun negara- negara lain di dunia juga mempunyai sumber barang tambang. Macam macam barang tambang yang ada di bumi ini jenisnya ada bermacam- macam. Macam macam barang tambang yang ada di bumi ini antara lain sebagai berikut:

  • Batu bara

Jenis macam macam bahan tambang yang terkenal ialah batu bara. Batu bara telah seringkali kita dengar. Batu bara di zaman dahulu dipergunakan sebagai bahan bakar kereta api. Batu bara merupakan macam macam bahan tambang yang multifungsi. Batu bara juga adalah bahan baku pembuatan plastik, untuk bahan bakar usaha rumahan kecil, pengganti kayu, dan bahan bakar jangka panjang PLTU.

  • Perak

Macam macam bahan tambang yang selanjutnya ialah perak. Perak adalah saudara dari emas, sama- sama logam mulia. Perak juga seringkali disebut dengan emas putih. Perak memiliki warna putih, tidak seperti emas yang mempunyai warna kuning. Namun kesamaan dari keduanya ia;lah keduanya sama- sama berkilau.

Apabila emas sering kali dijadikan untuk lambang kekayaan yang berwujud batangan, namun tidaklah berlaku untuk perak. Perak sering dipakai sebagai bahan baku membuat perhiasan.

  • Gas Alam

Salah satu jenis dari bahan tambang yang sangat diminati dunia karena keberadannya sangat penting adalah gas alam. Gas alam adalah macam macam bahan  tambang yang sangat banyak dipakai dalam berbagai macam industri.

  • Gipsum

Gipsum, ternyata merupakan macam macam bahan tambang yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Gips banyak sekali manfaatnya, seperti dipakai pada industri keramik.

  • Minyak Bumi

Minyak Bumi adalah macam macam bahan tambang yang paling baik di dunia, salah satunya ialah minyak bumi. Kedudukan minyak bumi di mata dunia amat sangatlah penting. Keududkan minyak bumi ini amat sangat penting dikarenan masyarakat di seluruh dunia memerlukan minyak bumi untuk bahan bakar kendaraa, sebagai keperluan rumah tangga,pembangkit listrik, bahan baku industri, dan yang lainnya.

  • Belerang

Belerang adalah mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme. Macam macam bahan tambang ini banyak dipakai untuk industri pupuk, kertas, cat, plastik, dan lainnya. Persebaran belerang di Indonesia berkaitan pada gunung- gunung api yang sekarang masih aktif, seperti di Dieng (Jawa Tenga), gunung Solok di Sumatera Barat, gunung Kerinci di Jambi, dan yang lain lain.

  • Bauksit

Bauksit ialah jenis mineral alumunium hidroksida yang terjadi karna proses pelapukan dari batuan granit. Bausit memiliki ciri sangat lunak, relatif ringan dan berwarna putih kekuning kuningan. Bauksit sering dipakai sebagai bahan utama pembuatan alumunium dan bahan sebagai bahan dasar industri kimia. Tambang bauksit di Indonesia bisa untuk kita temukan di Riau, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

  • Nikel

Satu lagi jenis macam macam bahan tambang yang juga sangatlah penting keberadaannya. Macam macam barang tambang itu ialah nikel. Nikel juga sering kita degar disaat sedang menyimak pelajaran ilmu pengetahuan di sekolah, khususnya untuk  barang tambang yang dihasilkan di Indonesia Nikel sebenarnya adalah logam yang dalam pemakaiannnya banyak dicampur dengan besi supaya menjadi tahan karat dan juga menjadi baja.

Itulah beberapa jenis macam macam bahan tambang yang ada di Bumi ini. Dan di bawah ini kita akan membahas tentang macam macam bahan  tambang yang saat ini di anggap sebagai macam macam bahan tambang yang paling berharga dan sebagai pertanda kekayaan,sudah tau kan teman,yak betul barang tambang itu adalah emas.

Berikut ini adalah teknik untuk memisahkan barang tambang emas murni dengan pasir pasir atau tanah tanah yang menempel pada emas.

Macam macam bahan tambang sangatlah penting untuk kelangsungan hidup manusia,tanpa adanya bahan tambang manusia akan kesusahan dalam kelangsunagn hidup mereka.Jika anda ingin tau tentang lebih banyak lagi tentang bahan bahan tambang bacalah artikel macam macam bahan tambang.

Baca juga rtikel menarik rumah paling cantik dan mewah di dunia.Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.