Cara Masak Cumi Basah Hitam

Mungkin sesekali kamu bisa mencoba masakan dengan bahan utama cumi seperti di restoran seafood. Tenang saja. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara masak cumi basah hitam tidak sesulit yang dibayangin kok.

Nah, kalau kamu tidak punya banyak waktu dan mau masak yang simpel, cepat, dan enak, kamu wajib Tahu Cara Masak Cumi Basah Hitam yang sangat mudah dan sederhana.

A. Pengertian Cumi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama itu ”Cephalopoda” dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan.

1. Cara Masak Cumi Basah Hitam

cara masak cumi basah hi

Bahan:

  • 500 gr cumi basah
  • 1 buah kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1/2 ruas jahe
  • 1 batang serai
  • 3 helai daun salam
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt penyedap Royco

Cara masak Cumi Basah Hitam:

  1. Cumi-cumi dibiarkan utuh tapi Anda boleh membuang ruas tulangnya tanpa membuang isi cumi dan kepala cumi.
  2. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kunyit diulek sampai halus.
  3. Kemudian geprek jahe dan batang serai. Lalu cuci daun salam hingga bersih.
  4. Kalau sudah, panaskan minyak goreng dan tumis semua bumbu sampai baunya harum.
  5. Tambahkan air 1/2 gelas, garam, dan penyedap.
  6. Cumi-cumi dimasukkan dan masak sampai air menyusut.
  7. Dalam proses memasak cumi basah, sebaiknya wajan ditutup agar bumbu meresap.
  8. Makanan cumi basah bumbu hitam siap disajikan.

1. Menurunkan Kolesterol Berkat Kandungan Lemak Sehatnya

Cumi mentah memiliki total kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah. Setiap 100 gram cumi-cumi hanya mengandung 1,2 gram lemak total, tapi hanya 0,5 gram saja yang merupakan lemak jenuh.

Lemak tak jenuh dianggap sebagai lemak ‘sehat’ dan penting untuk dimasukkan sebagai bagian dari pola makan sehat.

Lemak sehat sebagai salah satu manfaat cumi-cumi ini membantu mengurangi kolesterol tinggi dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Selain itu, lemak tak jenuh berfungsi sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh juga membantu tubuh menyerap jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E dan K.

2. Membangun Otot karena Tinggi Protein

Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik. Setiap 100 gram cumi-cumi menyediakan 16 gram protein, atau sekitar 30 persen dari nilai asupan harian yang dibutuhkan pria dewasa.

Protein ini dibutuhkan tubuh dalam membangun otot yang sehat, tetapi juga penting untuk diet karena membantu mengontrol nafsu makan. Tubuh memproses protein secara perlahan sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama.

3. Memasok kebutuhan vitamin harian tubuh

Manfaat cumi-cumi lainnya adalah memasok kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Setiap 100 gram cumi-cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E.

Selain vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium setiap 100 gram cumi-cumi. Vitamin dan mineral tersebut memegang peranan penting dalam perkembangan tubuh.

4. Rendah Kandungan Merkuri

Keamanan pangan laut selalu menjadi kekhawatiran banyak orang karena bahaya merkuri yang bersembunyi di baliknya. Merkuri telah lama diketahui dapat berdampak buruk pada sistem saraf tubuh.

Itulah artikel cara memasak cumi basah, beserta manfaatnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.