Tahu bakso adalah makaanan yang mengkombinasikan adonan bakso dan tahu. tahu bakso menjadi oleh oleh khas yang di gemari masyarakat. Resep Tahu Bakso Tanpa Ayam itu mudah mari simak resep berikut.

Pengertian Tahu Bakso

Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya berisi campuran antara tepung dan daging sapi yang dibentuk memanjang. Namun sekarang, ada pula produsen yang menggunakan isian lain seperti udang, kepiting ataupun ayam.

Cara membuatnyapun cukup mudah yaitu setelah campuran daging, tepung dan penyedap rasa dicampur jadi satu. Lalu adonan tersebut dimasukkan kedalam tahu, yang sebelumnya telah dibelah pinggirnya.

Kemudian goreng hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan. Tahu bakso sendiri, merupakan makanan khas warga Semarang. Hampir disetiap warung makan, di Semarang selalu meyediakan tahu bakso sebagai kudapannya.

Bahkan di kawasan dalam kampus Universitas Diponegoro, Tembalang, banyak mahasiswa yang berjualan tahu bakso.

Harga yang relatif murah membuat tahu bakso tak pernah berhenti dicari orang. Tahu bakso ini dijual dari Rp 500 sampai Rp 5.000, tergantung dari besarnya ukuran dan bahan pembuat isian.

Semakin besar dan semakin banyak isian yang dipakai, maka harganya semakin mahal. Pembeli tahu bakso sendiri, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Selain bisa dinikmati ditempat, tahu bakso juga biasa digunakan sebagai oleh-oleh khas Kota Semarang.

Resep Tahu Bakso tanpa Ayam

resep tahu bakso tanpa ayam

Bahan:

  • 150 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung terigu
  • 20 iris tahu goreng kecil
  • 4 siung bawang putih
  • 2 btng daun bawang
  • 1 sdt mrica bubuk
  • 1 sdt garam
  • secukupnya¬†Air putih

Cara Membuat Tahu Bakso tanpa Daging:

  1. Campur tepung tapioka dan tepung terigu dan mrica bubuk
  2. Haluskan garam + bawang putih. Kemudian campur pd tepung tadi
  3. Iris halus daun bawang. Kemudian campur pd tepung
  4. Uleni dgn air putih biasa. Sampai kental. Tidak encer
  5. Belah tahu dan masukan adonan secukupnya. Lalu kukus sktr 20 menitan. Dan tahu udah siap d hidangkan

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

1. Memberikan Energi untuk Beraktifitas

Bakso terbuat dari daging giling atau ikan dan tepung yang merupakan sumber karbohidrat, lemak dan protein. Tidak hanya membuatmu kenyang, kalori yang terkandung dalam bakso tentunya akan cukup untuk memenuhi energi harian dan dapat mendukung aktifitasmu.

Meskipun demikian sebaiknya jangan mengkonsumsi bakso dipagi hari karena tidak baik untuk kesehatan.

2. Mencukupi Kebutuhan Protein

Bahan dasar bakso yang berkualitas biasanya diambil dari daging sapi atau ikan yang juga berkualitas baik. Daging sapi atau ikan yang menjadi bahan dasar bakso tersbut juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Jika diolah dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang sehat, bakso mampu memenuhi kebutuhan protein harian yang tidak hanya penting dalam menjaga kesehatan tubuh tetapi juga untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan merangsang terbentuknya sel tubuh yang baru.

3. Mencegah Anemia

Bakso yang terbuat dari daging merah atau ikan juga kaya akan berbagai mineral termasuk zat besi yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Jadi,mengkonsumsi bakso sehat juga bisa jadi alternatif untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mengatasi anemia ya, Guys terutama saat kamu merasa lemas atau sedang dalam masa menstruasi.

Itu lah artikel tentang tahu bakso tanpa ayam serta manfaatnya, semoga bermanfaat.