Siapa yang tidak suka dengan kerupuk nasi. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk nasi pedas yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

A.Pengertian Nasi

Hasil gambar untuk GAMBAR NASI

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang ‘pera’ (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

B.Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

1. Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

2. Mendukung Pertumbuhan Manusia Dari Bayi Sampai Tua

Sebagai makanan pokok, nasi merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

3. Meningkatkan Mood Baik

Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

4. Mencegah Kanker

Brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu.

1. Resep Kerupuk Nasi Pedas

Bahan-bahan:

  • 400 gram Nasi sisa
  • 1 1/2 sdt Garam
  • Ketumbar Bubuk
  • Bawang Putih Bubuk
  • Secukupnya Kaldu bubuk (bila suka)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas:

  1. Siapkan wadah, campur semua bahan. Boleh tes rasa.
  2. Panaskan kukusan, kukus 15 menit. Angkat dan langsung ditumbuk sampai halus/lembut.
  3. Siapkan kertas nasi. Ambil sedikit nasi dan tipiskan (boleh pke ulekannya/rooling pin) lakukan sampai habis.
  4. Kemudian jemur sampai kering. Kira kira 2-3 hari (tergantung ketipisannya) dan panas teriknya
  5. Bila sudah benar2 kering. Boleh deh digoreng dengan minyak banyak dan panas (mendidih). Simpan dlm toples agar tetap kriukk

Demikianlah artikel yang telah saya buah semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan.