Siapa yang tidak suka dengan kerupuk wortel. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat  kerupuk wortel untuk dijual yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

A.Pengertian Wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

B.Jenis Wortel

Di Indonesia, jenis wortel yang umum ditanam adalah chantenay dan nantes. Berikut jenis-jenis wortel yang populer dikonsumsi di Indonesia.

1. Chantenay Red Cored

Berbentuk kerucut, bagian pangkal besar, garis tengah ±4—5 cm dan panjagnya ± 15 cm. Berwarna oranye tua serta berdaging halus dan manis. Umur panennya ± 70 hari.

2. Royal Chantenay

Ciri-cirinya sama dengan jenis Chantenay Red Cored, namun memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu ± 18 cm.

3. Chantenay

Jenis wortel yang biasa ditanam di Indonesia ini berbentuk kerucut. Bagian pangkalnya besar, garis tengah ± 6 cm, dan berwarna oranye. Memiliki umur panen ± 70 hari.

4.Nantes

Berbentuk silindris dengan perbedaan antara garis tengah pangkal dan ujung yang sedikit. Wortel jenis ini berujung tumpul, bergaris tengah ± 3—4 cm, berukuran panjang ±16—19 cm. Warnanya oranye dan beraroma enak. Memiliki umur panen 2—3 bulan. [WO/KW]

C.Kandungan Wortel

 

1.Vitamin dan Mineral

Wortel mengandung vitamin A yang menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, wortel mengandung biotin (salah satu vitamin B) yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein. Kemudian, terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium, salah satu mineral yang terdapat pada wortel berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. Dengan kandungan vitamin dan mineral ini manfaat wortel cukup krusial untuk kesehatan manusia.

2.Karbohidrat

Karbohidrat pada wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wortel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3.Serat

Pada wortel terdapat serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat tersebut membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Selain itu, serat tersebut juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

4.Senyawa

Wortel mengandung banyak senyawa, seperti karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin sebagai antioksidan, beta karoten dan alpa karoten yang mengolah vitamin A, serta poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Oleh sebab itu manfaat wortel cukup banyak buat manusia.

Cara Membuat Kerupuk Wortel Untuk Dijual

Hasil gambar untuk gambar kerupuk wortel

1.Cara Membuat Kerupuk Wortel Susu Coklat

Bahan-bahan:

  • Nasi sisa semalam
  • 1 mangkok tepung tapioka, tambah jika kurang
  • 7 siung bawang putih
  • Ketumbar bubuk
  • 1/2 kg wortel, parut dg parutan keju
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Langkah Membuat Kerupuk Wortel Susu Coklat:

  1. Rendam nasi sisa semalam 1-2 jam, tiriskan nasi (jika perlu agak diperas).
  2. Masukkan nasi kedlm blender, tambahkan bawang putih, ketumbar bubuk, garam dan kaldu bubuk (jangan tambah air saat memblender). Blender hingga halus dan tercampur. Tuang dalam mangkok dan masukkan wortel parut.
  3. Aduk rata adonan nasi blender dan wortel parut. Lalu tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk dg spatula kayu. Jika sudah mendekati kalis/tdk lengket ditangan. Uleni dg tangan.
  4. Bentuk lonjong, rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Simpan dikulkas semalaman agar mudah saat diiris. Jika sudah semalaman dikulkas, keluarkan. Iris tipis2.
  6. Jemur sampai kering, 1-2 hari (saya digresik jemur cuma sehari).
  7. Goreng dalam minyak panas dan api sedang hingga merekah. Tiriskan. Masukkan dalam toples saat sudah dingin. Siap dijadikan cemilan.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.