Cara Membuat Kerupuk Kulit ikan Lele

Cara Membuat Kerupuk Kulit Ikan Lele Nikmat Untuk Keluarga Di Rumah, Keripik merupakan makanan ringan yang bisa di makan sebagai pelengkap nasi atau bisa juga di jadikan sebagai camilan. Kerupuk pada umumnya terbuat dari tepung tapioca yang diolah dan di  di beri campuran seperti udang atau ikan dan  biasanya kerupuk di potong dengan menggunakan mesin pemotong kerupuk ikan berkualitas.

Banyak jenis ikan yang di pakai sebagai perasa pada kerupuk ini, lele merupakan salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang nikmat lele juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Namun kali ini saya akan bagikan resep dan cara membuat kerupuk kulit lele, pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Langsung saja yukk, kita lihat resep dan cara membuat kerupuk kulit lele berikut ini.

Bahan-bahan dalam cara membuat kerupuk kulit lele

  • 1 kg kulit lele segar
  • 250 gram bawang putih
  • 125 gram garam
  • 2 liter air
  • 1 liter minyak goreng
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Kerupuk Rambak Lele :

  1. Campurkan kapur sirih dalam 1 liter air, aduk sampai kapur sirih larut. Sisihkan.
  2. Rendam kulit lele kedalam air kapur selama kurang lebih 5-10 menit. Cuci kulit lele hingga bersih.
  3. Kemudian didihkan sisa air yang 1 liter tadi, dan tuangkan kedalam kulit lele. Tambahkan bawang putih dan garam, aduk sampai rata.
  4. Diamkan kulit lele dan biarkan terendam hingga bumbu meresap. ±2 mnt.
  5. Lalu angkat dan tiriskan kulit lele.
  6. Selanjutnya Jemur hingga kering sekitar 1 hari.
  7. Panaskan minyak, goreng kulit lele hingga mengembang dan matang.
  8. Angkat dan tiriskan.

Manfaat Kerupuk Kulit Ikan Untuk Kesehatan

1. Menambah Energy

Ini dia salah satu dari 6 manfaat kerupuk ikan bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa anda gunakan sebagai camilan, sehingga anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar karena meskipun tanpa harus makan nasi karena kerupuk ikan memang mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa anda gunakan sebagai camilan penunda lapar.

Karbohidrat yang terkandung pada kerupuk ikan sebanyak 65,6 % yang itu artinya kerupuk ikan memang mengenyangkan, sehingga anda akan memiliki energy yang cukup banyak untuk bisa menahan rasa lapar, atau bahkan bisa anda gunakan sebagai pengganti nasi.

2. Sebagai Pelindung Tubuh

Kerupuk ikan juga bisa membantu anda untuk menambah daya tahan tubuh anda, kandungan ikan yang berupa zat besi juga masih ada di dalam kerupuk ikan, sehingga tidak heran jika kerupuk ikan bisa membantu anda dalam ketahanan tubuh karena zat besi memang bisa membuat kekebalan tubuh anda meningkat.

Jadi manfaat kerupuk ikan bagi tubuh anda adalah anda tidak akan mudah terkena penyakit, virus yang masuk ke dalam tubuh anda akan di lawan oleh zat besi yang terkandung dalam kerupuk ikan tersebut.

3. Menambah Cairan

Kadar air yang ada pada kerupuk ikan memang tidak terlalu tinggi, namun kerupuk ikan masih mengandung air sebanyak 16,6 % sehingga bisa membantu anda dalam mengumpulkan sedikit cairan dan bisa membantu proses pencernaan kerupuk ikan tersebut.

4. Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium yang dimiliki ikan segar masih melekat pada kerupuk ikan, kandungan dari kalsium tersebut masih ada sebanyak 2 % dan fosfor sebanyak 20 % sehingga bisa sedikit membantu pertumbuhan tulang anda.

Tulang memang membutuhkan kalsium yang biasanya di dapat dari susu atau ikan segar, namun kerupuk ikan yang di anggap hanya sebagai camilan biasa tersebut ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang orang yang mengkonsumsinya, meskipun memang kandungan kalsium nya tidak banyak.

5. Tinggi Kandungan Protein

Kandungan protein yang ada pada ikan juga ada di kerupuk ikan, kandungan yang sangat penting ini memang banyak memiliki manfaat. Kandungan protein yang tinggi dapat bisa membantu memenuhi kebutuhan protein anda. sebenarnya apa saja manfaat protein yang terkandung dalam kerupuk ikan? Ini dia manfaatnya:

  • Protein bisa membantu anda dalam meningkatkan ketahanan tubuh, jadi selain kandungan zat besinya, kandungan protein nya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda.
  • Akan membantu anda dalam meningkatkan massa otot, sehingga otot anda lebih kuat.
  • Membantu pertumbuhan serta regenerasi sel, biasanya sel-sel memang banyak berada di tubuh manusia, dan terutama pada otak, sehingga dengan bantuan protein ini, otak akan mengalami perkembangan sehingga menjadi lebih pintar ketika berpikir. Lancarnya proses regenerasi sel akan membuat nya menjadi lebih berkembang.
  • Protein juga akan membantu anda untuk pembentukan energy tubuh, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi kekurangan engery atau lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Kerupuk Kulit Ikan Lele Nik mat Untuk Keluarga Di Rumah ada yang lebih lengkap lagi yang membahas mengenai kerupuk kulit ikan yaitu usaha kerupuk kulit ikan dan analisa usahanya dan jika kalian ingin belajar yang lainya contoh: cara membuat emping tinggal mampir aja habis itu muncul tinggal baca aja sekian terimakasih.