Hai teman-teman kembali lagi ke artikel saya lagi, lain artikel, lain pembahasan kan, kali ini saya akan memberitahu anda dan teman-teman sekalian, bagaimana Cara Membuat Marning Jagung yang Nikmat ada sih yang lebih lengkap lagi mampir aja ke usaha marning jagung, yakin gak mau untung besar dengan modal kecil. Di situ lengkap kok dan kalian sudah pernah mendengar bukan tentang panganan marning?.

Marning adalah penganan yang dibuat dari butiran jagung kering yang digoreng dengan minyak panas. Penganan kelompok snek ini dikenal luas di kawasan Jawa Tengah, terutama di bagian selatan, seperti Kedu dan Yogyakarta. Di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur yang berbahasa Madura, camilan ini dikenal dengan sebutan jambudi.

Camilan dari bahan jagung memang membuat siapa pun ketagihan, salah satu camilan renyah dan gurih yang disukai dari bahan jagung ini ialah marning jagung. Camilan satu ini menjadi salah satu pilihan masyarakat, marning jagung kaya akan kandungan gizi dan mampu melancarkan asi untuk ibu menyusui.

Cara Membuat Marning Jagung yang Nikmat dan Menyehatkan

Bahan yang digunakan:

  • 1 kg jagung berkualitas bagus
  • 2 sdm garam
  • 15 gr kapur sirih
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm ebi, seduh
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih jagung, tiriskan sebentar.
  • Rebus jagung bersama 3 liter air. Tambahkan kapur sirih dan garam. Aduk rata. Rebus hingga mendidih.
  • Kecilkan api. Rebus selama 3-4 jam hingga jagung lunak, mekar, dan kulitnya terlepas. Angkat, tiriskan.
  • Jemur hingga agak mengering.
  • Campur jagung yang sudah dijemur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  • Jemur kembali hingga kering. Angkat.
  • Panaskan minyak. Goreng jagung hingga mekar dan berwarna kuning. Angkat, tiriskan.
  • Masukan marning jagung pada toples agar tetap terjaga kerenyahannya.

Resep Marning Jagung Pedas

Bahan-bahan:

  • 1/2 bungkus marning rasa asin
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih (1 siungnya diiris)
  • 8 cabe rawit
  • 1/4 batok gula merah
  • Secukupnya air dan minyak

Cara Membuat:

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, dan gula merah sampai benar-benar halus
  2. Iris bawang putih tipis, campurkan bersama marning
  3. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus yang sudah diulek. Aduk, tambahkan air sedikit saja. Aduk lagi sampai mendidih dan menjadi karamel.
  4. Masukkan marning, aduk sampai semua bumbu merata.
  5. Angkat dan sajikan. Tidak perlu pakai garam karena marningnya sudah asin. Tapi kalo mau tambahin garam atau penyedap, ga apa-apa. Tergantung selera kalian saja.

Cara Memilih Jagung

Jagung  adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

1. Perhatian kesegaran jagung

Tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kelembaban dari daun jagung tersebut. Daun jagung dengan kualitas baik juga memiliki daun yang mampu menutupi hingga bonggolnya. Selain itu, kita juga disarankan membeli jagung dengan kualitas yang masih segar yaitu dengan posisi atas yang tidak kering dan masih lembab sebab itu mengindikasikan kesegaran dari jagung yang akan kita beli.

2. Belilah jagung dengan berat daun yang seimbang

Saat kamu membeli jagung maka perhatikan juga bagian daunnya. Apabila daun tersebut memiliki berat yang seimbang antara satu dan lainnya maka dapat dikatakan bahwa jagung tersebut dalam keadaan yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Sementara bagi jagung dengan berat daun tidak seimbang dapat menjadi indikasi bahwa daun tersebut telah dimakan jamur maupun serangga.

Jagung memiliki rumbai pada bagian ujungnya, rumbai tersebut dapat mengindikasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesegaran dan kualitas dari jagung. Rumbai dengan warna kuning kecokelatan dan lengket, namun lembut merupakan indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selanjutnya apabila rumbai telah berwarna hitam dan terasa basah karena bisa jadi jagung sudah tua.

3. Perhatikan batang bawah jagung

Batang bawah pada jagung juga dapat menunjukkan kualitas serta kesegaran dari jagung yang akan kita beli. Batang bawah jagung yang berwarna cokelat menjadi indikasi bahwa jagung tersebut sudah tua dan bisa jadi tidak segar lagi. Maka pilihlah jagung dengan batang bawah yang masih terlihat segar dan lembab agar kualitasnya masih baik dan aman untuk dikonsumsi.

4. Pilihlah kualitas biji yang bagus

Hal selanjutnya yang dapat dilihat dari jagung adalah melalui pengecekan biji jagung tersebut. Biji jagung yang baik memiliki penampilan yang gemuk dan kencang, sebaliknya apabila biji jagung terasa licin maka bisa jadi jagung telah mengering. Selain itu, untuk ukuran dari biji jagung tersebut pilihlah yang berukuran mungil namun padat. Sebab jika membeli jagung dengan biji berukuran besar-besar, maka bisa diasumsikan bahwa jagung tersebut terlalu tua dan memiliki banyak pati.

5. Lihat bagian rumbainya

Jagung memiliki rumbai pada bagian ujungnya, rumbai tersebut dapat mengindikasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesegaran dan kualitas dari jagung. Rumbai dengan warna kuning kecokelatan dan lengket, namun lembut merupakan indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selanjutnya apabila rumbai telah berwarna hitam dan terasa basah karena bisa jadi jagung sudah tua.

Itulah beberapa informasinya jika kurang coba aja lihat pemanfaatan tepung singkong sebagai alternatif tepung terigu kali aja bisa mengugah niat anda unntuk usaha. Sekian terimakasih ya.