Siapa yang tidak suka dengan kerupuk udang. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep kerupuk udang yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Udang merupakan salah satu boga bahari yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam dunia hewan, udang masuk ke dalam ordo decapoda dan banyak dibudidayakan secara komersial dalam budi daya perairan. Udang dan kerang merupakan salah satu penyebab alergi yang utama.

Pengertian Udang

Udang adalah salah satu jenis makanan laut yang digemari banyak orang. Dan dapat diolah dengan cara apa saja, seperti digoreng, dikukus, dibakar, maupun dijadikan salad, udang memang tetap enak untuk dikonsumsi. Bahkan udang juga sering dijadikan kerupuk udang .

Jenis-jenis Udang

Berikut ini adalah berbagai jenis-jenis udang yang wajib kamu tahu:

1.Udang Pancet

Disebut juga udang windu atau juga tiger shrimp. Udang Pancet memiliki kulit yang tebal dan keras, berwarna hijau kebiru-biruan dengan garis melintang agak gelap. Udang pancet biasanya berukuran sedang hingga besar. Yang berukuran besar biasanya diolah sebagai udang bakar madu, kari udang, atau sate udang. Kamu bisa membuat hidangan simpel berupa Udang Asam Manis dengan menggunakan udang pacet.

2.Udang Lobster

Disebut juga udang barong dan udang karang. Ukuran terbesarnya bisa mencapai hingga 2 kilogram dengan ciri khas kulitnya yang tebal dan keras. Tak hanya disajikan di restoran mewah, beberapa pengusaha kuliner muda mulai melirik lobster sebagai makanan yang harganya terjangkau. Contoh hidangan lobster populer: Lobster Asam Manis, Lobster Bakar, dan Lobster Thermidor.

3.Udang Galah

Beredar di pasaran dengan nama freshwater shrimp. Udang galah merupakan udang sungai atau danau air tawar. Terdiri dari bermacam warna: hijau kecokelatan, hijau kebiruan, kuning kecokelatan. Berbercak seperti udang windu, tapi bentuknya lebih bulat. Udang galah cocok dimasak untuk udang saus mentega, udang saus padang, atau udang bakar.

4.Udang Jerbung

Di sebut dengan udang putih atau white shrimp. Berwarna putih kekuningan dengan bintik hijau, atau berwarna putih kemerahan. Udang jerbung dikenal dengan sebutan berbeda-beda di mancanegara, dan kamu boleh berbangga hati karena Indonesia merupakan penghasil udang jerbung terbesar di dunia.

Cara Memilih Udang: 

  • Udang yang segar sama sekali tidak berbau.
  • Saat ditekan kulitnya, terasa keras dan kenyal (untuk udang berkulit tipis) serta tidak lembek.
  • Warnanya terlihat segar dan tidak pucat.
  • Kepalanya masih sangat melekat pada badan udang.

Nah, buat kamu yang suka makan udang, sudah tahu belum, ini nutrisi dan manfaat yang terdapat di balik udang.simak lah berikut ini:

1.Nutrisi dan Manfaat yang Terkandung Dalam Udang

Meskipun  berukuran kecil, namun ternyata nutrisi yang terdapat di dalam udang cukup banyak, mulai dari protein, kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3. Bila dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi dan mudah juga untuk dioalah menjadi makanan misalnya membuat kerupuk udang.

a.Protein Untuk Pembentukan Sel Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam udang yaitu rendah lemak. Dalam 3 ons udang  kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total. Protein yang dalam udang ini bermanfaat untuk membentuk sel tubuh.

Selain itu protein yang terkandung dalam udang  juga diperlukan untuk membangun , memperbaiki jaringan tubuh serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimia lainnya dalam tubuh. Karena tubuh tidak memiliki persediaan protein, maka kamu perlu memenuhi kebutuhan protein setiap harinya melalui makanan yang diolah menggunakan udang contohnya kerupuk udang.

b.Kebutuhan protein

Tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Remaja pria dewasa yang aktif, misalnya, membutuhkan sekitar hampir 200 gram protein sehari yang bisa dipenuhi dalam tiga kali makan.

Sedangkan remaja wanita dewasa, dan kebanyakan pria pada umumnya membutuhkan 170 gram protein per hari yang bisa dipenuhi dalam dua kali makan. Anak-anak, kebanyakan wanita dewasa  dan lansia hanya membutuhkan protein sebanyak 140 gram setiap harinya yang bisa dibagi dalam dua kali.Dengan demikian sebaiknya kita mengolah makanan yang terbuat dari udang agar terhindar dari penyakit tersebut oalah lah udang dengan berbagai macam makanan misalnya membuat kerupuk udang dan bakso udang.

c.Yodium Untuk Membantu Produksi Hormon

Setiap tubuh manusia memerlukan yodium , namun hanya bisa didapatkan dari asupan makanan.  berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Tanpa asupan yodium yang cukup, kamu berisiko mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain garam, udang juga merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium.dan salah satunya kerupuk udang  yang bisa membantu mendapatkan asupan yodium.

Resep Kerupuk Udang Anti Gagal

Kerupuk Udang Kelempang

Bahan-bahan:

  • 1 kg udang digiling
  • Secukupnya garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • gula
  • 150 ml air dingin
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng
  • 1/2 kg tepung sagu tani

Resep Kerupuk Udang Kelempang:

  1. Campurkan udang giling dengan air, garam, gula, dan penyedap.
  2. Masukan sedikit demi sedikit sagu.
  3. Uleni dan Bentuk memanjang adonan dengan sedikit sagu.
  4. Rebus diair mendidih.
  5. Setelah mengapung angkat, dinginkan dan masukan didalam flezer.
  6. Potong tipis-tipis dan jemur dibawah terik matahari.
  7. Setelah kering goreng dengan minyak diatas api kecil.

Selamat mencoba.