Cara membuat pakan kambing fermentasi tentunya tidak mudah. Artikel ini akan membantu anda dalam membuat pakan kambing fermentasi. Simaklah di bawah ini!

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Memberikan pakan fermentasi kambing terhadap hewan hewan ternak termasuk khususnya pada hewan kambing mempunyai pengaruh yang sangat berbeda. Hal ini dapat kita lihat kepada kualitas daging hewan kambing dan sekaligus harga penjualan yang mengalami peningkatan dengan drastis.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan vitamin kambing biar cepat besar.

Mutu hewan kambing ternak yang semakin baik pastinya akan berbanding lurus dengan harga penjualan. Sehingga pastinya mampu untuk mendongkrak sekaligus menopang omset penjualan daging hewan kambing ternak.

Cara memelihara kambing yang benar tentunya akan membuat kambing tidak stres. Dengan kambing yang tidak stres maka napsu makan kambing akan terjaga dan kambing pastinya akan cepat besar

Salah satu alasan yang menyebabkan petani mendapatkan masalah adalah pakan ternak. Kita pastinya sangat memerlukan pakan ternak yang terjamin mutu dan gizinya untuk mendapatkan hasil yang tentunya maksimal.

Tetapi, seringnya pakan yang sejenis itu sangatlah mahal. Maka kita memerlukan adanya ide pakan ternak modern yang relatif murah dan banyak kita jumpai dan terbuat dari limbah seperti jerami dan debog pisang.

Alat dan Bahan Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing

Alat dan Bahan Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing

Dalam membuat pakan fermentasi untuk hewan kambing ternak, kita tentunya memerlukan sebagian alat dan bahan. Menggunakan alat dan bahan untuk membuat pakan fermentasi kambing ternak,yaitu sebagai berikut:

  1. Kita bisa menggunakan pisau pemotong atau bisa juga golok untuk memotong bahan pakan yang akan kita fermentasi.
  2. Kita bisa menggunakan tong besar, terpal atau plastik besar sebagai tempat untuk menampung bahan fermentasi yang telah kita potong-potong.
  3. Selain itu, kita juga memerlukan bahan alami yang akan kita gunakan, yaitu gedebog pisang atau jerami sebagai bahan utama membuatnya. Kebutuhan bahan alami ini adalah 80%.
  4. Tetesan garam dan air tebu atau gula pasir.
  5. Kita dapat menambahkan dedak atau bekatul dengan ampas tahu kebutuhannya ialah 20%. Yang mana komposisinya 15% untuk ampas tahu dan 5% untuk bekatul atau dedak.
  6. Air secukupnya.

Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing

Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing

Sebelum mulai metode fermentasi pakan hewan kambing, kita menyiapkan larutan suplemen organik yang telah tercampur dengan larutan gula pasir/air tebu dan air. Selepas ramuan fermentasi makanan kambing jadi,kita harus mendiamkan selama 15 menit. Sambil menunggu ramuan tersebut jadi, kemudian kita memulai untuk proses:

  1. Menyiapkan area untuk fermentasi makanan hewan kambing ternak. Kita juga dapat memakai terpal yang sudah kita siapkan supaya mempermudah proses ramuan fermentasi makanan kambing dengan larutan bahan lainnya.
  2. Mencacah jerami atau debog pisang menggunakan pisau yang sudah sedari tadi kita siapkan. Metode ini bermanfat untuk mempermudah proses fermentasi sekaligus pemberian ramuan fermentasi terhadap bahan fermentasi lebih merata.
  3. Setelah mencacah jerami atau debog pisang, lalu campurkan bersama bahan alami lainnya semacam dedak atau bekatul dan ampas tahu.
  4. Menaburkan garam hingga rata.
  5. Proses selanjutnya adalah menyiramnya bersama ramuan bumbu fermentasi yang telah kita larutkan selama 15 menit tadi kemudian aduk sampai merata.
  6. Hasil fermentasi sudah siap pakai
  7. Masukkan seluruh bahan tadi ke dalam plastik atau tong dan tutup hingga rapat.
  8. Proses fermentasi makanan kambing sedang berlangsung. Kita hanya perlu menunggu dalam kurun waktu 1 hingga 3 jam untuk bahan utama fermentasi gedebog, sedangkan untuk bahan utama jerami waktunya 24 jam

Kelebihan Fermentasi Pakan Kambing

Jika kita menyamakan secara langsung antara makanan alami dengan pakan fermentasi, pakan fermentasi kambing memiliki berbagai kelebihan. Contoh kelebihan tersebut adalah:

  • Bisa memberi nutrisi sistem pencernaan pada kambing
  • Dapat meningkatkan produksi susu terhadap kambing, yang terutama yaitu pada kambing etawa
  • Membuat hewan kambing ternak lebih cepat gemuk atau bertambah bobot secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi kambing ini dapat kita simpan tentunya sesuai dengan keperluan kita maupun peternak (fermentasi pakan kambing dapat bertahan cukup lama dengan meminimalisir takaran kandungan nutrisi dan gizi)
  • Bisa dengan cepat menopang kebutuhan nutrisi kambing karena fermentasi pakan kambing terdapat nutrisi yang berguna untuk menambah nafsu makan kambing tersebut
  • Daging hewan ternak kambing akan dapat menjadi rendah kolesterol dan tidak berbau kambing atau prengus
  • Menopang sekaligus menjaga dan meningkatkan zat gizi dan daya tahan tubuh, serta meningkatkan kekebalan pada hewan kambing ternak
  • Bisa dengan mudah mengurangi amoniak sekaligus bau feses hewan yang kurang sedap dan kurang enak sehingga bisa dengan mudah mengurangi pencemaran udara dalam lingkungan
  • Feses atau tinja ternak kambing yang kita olah menjadi pupuk akan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik
  • Air kencing atau urine pada kambing ternak akan lebih sedikit sekaligus bisa kita manfaatkan sebagai biogas alami, sehingga pemeliharaan hewan ternak kambing jauh lebih mudah

Demikian mengenai cara membuat pakan kambing fermentasi. Dengan pakan kambing fermentasi, biaya pakan akan lebih murah dan hasil lebih maksimal. Semoga bermanfaat