Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa

Cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa memanglah tidak mudah. Maka dari itu simaklah artikel berikut ini.

Jenis Pakan Kambing Terbaik

Jenis Pakan Kambing Terbaik

Ada beberapa jenis pakan kambing terbaik yang bisa dulur pilih. Dulur bisa menggunakan pakan hijauan, pakan konsentrat, pakan dari sisa pertanian dan pakan fermentasi.

Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis pakan kambing:

a. Pakan Hijauan

Pakan hijauan umumnya didapat dari rumput, dedaunan dari pohon besar dan rumput budidaya. Jenis rerumputan yang ditanam untuk pakan kambing contohnya adalah rumput clitoria ternatea, setaria, brachiaria dan masih banyak lagi.

Sedangkan jenis rerumputan alami yang biasa digunakan untuk pakan kambing adalah rumput lapangan. Cara menanam rumput yang baik dan benar tentu sangat mempengaruhi napsu makan kambing ternak.

b. Pakan Dari Sisa Pertanian

Pakan kambing yang berasal dari sisa bahan pertanian umumnya digunakan karena dapat mempermudah pencarian pakan, utamanya pakan hijauan yang harus merumput setiap hari.

Dengan menggunakan pakan sisa pertanian, dulur bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Beberapa contoh pakan dari sisa pertanian adalah dedak padi, kulit singkong, daun singkong, pepaya, kangkung liar, daun jagung, hingga jerami padi.  Pakan dari sisa pertanian tersebut merupakan sumber energi yang baik untuk ternak kambing.

Selain sumber energi, beberapa jenis pakan dari sisa pertanian juga mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan kambing. Contohnya adalah daun kacang tanah, daun kacang panjang, daun gamal, daun kedelai daun kaliandra, daun lamtoro dan daun turi.

c. Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat perlu diberikan karena mengandung protein tinggi yang dapat mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan anakan kambing.

Kelebihan dari pemberian pakan konsentrat ini adalah praktis, nutrisinya terukur, dan sangat baik dalam membantu mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan kambing.

d. Pakan Fermentasi

Umumnya, pakan hijauan tidak selalu tersedia diwilayah dulur. Utamanya pada musim kemarau, beberapa daerah di Indonesia mengalami masa kering yang dapat mengeringkan pakan hijauan.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing Jawa

Dari jenis pakan terbaik yang sudah disebutkan di atas, yang akan kita bahas kali ini yaitu pakan fermentasi saja. Penggunaan pakan fermentasi dengan kombinasi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan terbukti lebih ekonomis dan efisien selain itu juga meningkatkan keuntungan 2 kali lipat.

Salah satu masalah yang menguntungkan bagi peternak adalah pakan ternak. Kualitas dan pakan yang terjamin tentunya dituntut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, biasanya pakan seperti itu sangat mahal.

Selain dengan cara fermentasi pakan kambing, kita juga dapat menggunakan vitamin kambing biar cepat besar.

Alat dan Bahan Pembuatan Fermentasi Kambing

Alat dan Bahan Pembuatan Fermentasi Kambing

Untuk membuat pakan fermentasi ternak diperlukan :

  • Alat cacah atau bisa gunakan golok dll
  • Terpal, plastik besar atau tong besar
  • Jerami atau Rumput
  • Tetesan gula pasir atau tebu
  • Suplemen probiotik, (Yang saya Praktekkan dengan menggunakan Solagri)
  • Air
  • Bekatul atau dedak

Proses Pembuatan :

  • Cacah jerami atau Rumput dengan golok atau anda bisa menggunakan alat cacah, tahapan ini berfungsi agar proses fermentasi menjadi lebih mudah
  • Siapkan tempat pembuatan, bisa menggunakan terpal, plsatik besar ataupun ¬†bisa gunakan tong besar
  • Larutkan gula pasir atau tebu dengan air ditambah dengan Solagri
  • Masukan jerami / Rumput , dedak serta bekatul pada tempat pembuatan yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Siram semua bahan yang telah tersusun rata di dalam tempat pembuatan dengan larutan gula dan Solagri yang tadi telah dilarutkan dengan air
  • Aduk semua bahan hingga merata
  • Setelah semuanya telah diaduk secara merata , selanjutnya tutup tempat pembuatan dengan terpal atau dengan apapun. pastikan menjadi kedap udara .
  • Jika semua sudah tertutup rapat (kedap udara) proses fermentasi sedang berjalan , sekarang tunggu 1 – 14 hari pakan fermentasi yang sudah di buat dari jerami/rumput akan segera jadi.
  • Setelah pakan fermentasi yang telah dibuat tadi sudah jadi, sekarang bisa memberikan hewan ternak pakan fermentasi tersebut
  • Alangkah lebih baiknya pakan fermentasi itu dianginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit setelah itu baru bisa diberikan pakan fermentasi itu pada ternak.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa. Dengan pakan fermentasi, maka kambing akan lebih cepat gemuk dan berisi. Semoga bermanfaat.