Cara Memelihara Ayam di Rumah Yang Menguntungkan

Cara beternak ayam di rumah dapat menjadikan kesibukan sekaligus peluang bisnis yang mengguntungkkan jika dilakukan dengan cara yang sesuai. Berikut akan kami jelaskan tentang cara memelihara ayam di rumah yang menguntungkan.

Memelihara Ayam

memelihara ayam

Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat di rumah. Salah satunya adalah beternak ayam. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencoba aktivitas ini.

Yuk baca agar ternak ayam paling cepat panen walaupun hanya menjadi peternak rumahan

Cara Memelihara Ayam di Rumah

cara memelihara ayam

1 Pastikan Memiliki Cukup Kandang

Hal terpenting sebelum Anda mulai memelihara ayam adalah memastikan bagian beranda Anda mengizinkannya. Tidak memiliki banyak ruang untuk ayam dapat membuat ayam stres dan tidak sehat. Jika ruang terbatas, ayam bisa cepat lelah dan kehilangan nafsu makan.

Ukuran ideal kandang ayam adalah tinggi 2,25 sampai 2,5 meter dan lebar 4 sampai 8 meter untuk 8 sampai 12 ekor ayam.

2. Posisikan Kandang di Dekat Rumput

Ayam bisa diberi makan saat berada di dekat rumput. Anda juga secara tidak langsung menghemat biaya pakan ayam. Namun kebersihan area dekat kandang ayam perlu diperhatikan.

Hindari tempat yang penuh dengan sampah karena ayam dapat memakan pakan busuk yang dapat menyebabkan penyakit.

Penggunaan kandang tidak hanya sebagai tempat tinggal ayam saja, tetapi juga sebagai tempat para peternak untuk bekerja.

Terutama yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari seperti memberi makan dan minum, mengobati ayam yang terserang penyakit dan membersihkan kandang berbagai macam kotoran. dan seterusnya.

Peternak harus mampu membuat kandang yang sehat dan nyaman agar hewan yang hidup di dalamnya betah dan bahagia karena terhindar dari gangguan hewan seperti musang, ular, tikus, dll.

Kandang yang aman dan nyaman akan memberikan efek positif pada pertumbuhan ternak.

3. Sertakan Pembatas Kandang

Banyak sekali insiden ayam menyerang pemukiman warga lainnya. Pastikan Anda membuat sekat untuk kandang ayam. Pastikan ayam Anda tidak menabrak jalan bebas hambatan.

Dengan memberikan batas kandang, Anda sudah terhindar dari kejadian buruk seperti ayam yang bisa saja tertabrak kendaraan warga. Pastikan ayam terlindungi dari pencurian.

Sekat atau pembatas berguna untuk membatasi ruang gerak DOC. Kandang yang tidak diberikan sekat bisa menyebabkan DOC ayam menjadi bebas bergerak ke sana kemari padahal tubuh DOC ini tidak boleh terlalu banyak bergerak.

4. Posisikan Kandang Ayam ke Timur

Ada beberapa posisi kandang ayam yang sangat dianjurkan. Yang pertama adalah memastikan kandang ayam tidak menempel ke lantai. Hal ini disarankan karena saat hujan bagian bawah kandang tidak basah dan lembab.

Setelah itu, disarankan posisi kandang menghadap ke timur. Ini untuk menjaga insting ayam tetap peka terhadap sinar matahari. Kunjungi pakan ayam petelur untuk mengetahui pakan ayam yang berkualitas.

5. Berikan Suplemen Ayam

Untuk memastikan ayam yang Anda pelihara tetap sehat, penting untuk menambahkan suplemen ayam. Ada berbagai aditif ayam yang tersedia di pasar online Indonesia. Pastikan Anda memilih ayam suplement yang sudah terbukti berkualitas.

Hindari aditif ayam untuk mempercepat ayam dan menjadi gemuk karena ayam lebih cepat gemuk tetapi sebenarnya dapat menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat.

6. Memilih Tempat Pakan yang Bagus

Meski hanya dipelihara di rumah, ada baiknya menyimpan pakan ayam di tempat khusus. Saat menggunakan pakan ayam, Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan lingkungan.

Tempat makan ayam tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran tergantung kebutuhan yang Anda butuhkan.

Banyak juga marketplace yang menawarkan berbagai macam tempat pakan ayam yang berkualitas dan murah. Hal ini dapat meminimalisir resiko beternak ayam di rumah yang dapat membuat kotor dan berantakan.

Demikian pembahasan mengenai cara memelihara ayam di rumah. Dengan mengikuti tata cara diatas diharap kita dapat sukses memelihara ayam secara mandiri. Semoga bermanfaat.