Perawatan Harian Ayam Aduan,Dijamin Sering Juara!!

Halo semua!! Pada kesempakan kali ini kita akan membahas tentang perawatan harian ayam aduan. Simak bareng-bareng yuk.

Ternak Ayam Aduan

ternak ayam aduan

Memiliki ayam aduan yang mulia adalah dambaan setiap pecinta ayam aduan. Perawatan dan pelatihan khusus diperlukan untuk mencapai hasil ternak yang maksimal.

Pada dasarnya merawat ayam tidak jauh berbeda, pemeliharaan rutin adalah kunci sukses setiap ayam.

Perawatan harian adalah faktor terpenting dalam meningkatkan kualitas sabung ayam di Bangkok. Karena itu, sebagai seorang botoh, kita tidak boleh meremehkan peran perawatan rutin ini.

Perawatan Rutin Ayam Aduan Untuk Menjadi Juara.

perawatan harian ayam aduan

Kesalahan dalam merawat ayam aduan bisa menimbulkan kerugian bagi peternak. Jadi jika Anda ingin memiliki ayam aduan yang berkualitas.

Tentu saja, setiap penggemar ayam aduan memiliki jalurnya sendiri untuk pemeliharaan ayam aduan harian. Pada kesempatan kali ini sekarang kita akan melihat perawatan rutin ayam aduan yang paling sering dilakukan.

Oiya bagi para peternak ayam yang ingin sukses beternak jangan lupa baca cara ternak ayam paling cepat panen juga yaa.

1. Merawat Ayam Sejak Usia Dini

Cara terbaik untuk melawan ayam adalah dengan merawatnya sejak dini, yaitu saat ayam tersebut baru menetas menjadi dewasa.

Merawat ayam sejak kecil memiliki nilai kepuasan tersendiri sehingga kita bisa menyaksikan tumbuh kembang ayam buruan kesayangan kita.

Selain itu, merawat ayam sejak dini dapat mengurangi resiko tidak terbentuknya bibit champion. Apalagi jika ayam yang kita pelihara berasal dari keturunan ayam juara maka akan sangat menyenangkan.

2. Merawat Ayam Muda

Ayam aduan muda adalah ayam yang berumur nol (dari menetas) sampai berumur 7 bulan. Ayam yang masih muda harus dirawat dengan sebaik mungkin, karena tahap ini merupakan tahap tumbuh kembang ayam.

Kesalahan dalam merawat anak ayam bisa berdampak buruk bagi ayam. pertumbuhan terganggu, mudah sakit, tidak mencapai ukuran ideal, dan masalah lainnya.

Carilah jenis pakan yang mengandung unsur hara yang cocok untuk ayam muda, seperti pakan biasa, nasi, dan jagung giling. Pakan ayam aduan hampir sama juga dengan pakan ayam joper.

Kemudian jangan lupa berikan vaksin dan berikan vitamin pada ayam muda agar terhindar dari penyakit. Kemudian bagian yang paling penting adalah anak ayam tidak boleh berkelahi karena dapat menghambat pertumbuhannya.

3. Memandikan dan Mengeringkan Ayam

Mencuci dan mengeringkan ayam merupakan perawatan harian yang harus dilakukan saat ayam sudah dewasa. Selama ini ayam biasanya berumur 7 bulan atau lebih, jadi ini adalah tahap peningkatan kualitas ayam aduan.

Maka tak heran, hampir semua pecinta gamecock menerapkan hal ini.Memandikan ayam bermanfaat untuk membangun otot pada ayam muda.

Selain itu, mencuci ayam secara rutin jauh lebih sehat. Kemudian penjemuran ayam berguna untuk membangun stamina dalam pertarungan melawan ayam bangkok agar bisa bersaing dalam waktu yang lama.

Kemudian waktu memandikan ayam adalah 7-9 pagi. Setelah dimandikan, ayam bisa dijemur kurang lebih satu atau dua jam di bawah sinar matahari pagi.

Jika proses perawatan ini dilakukan secara rutin, hasilnya akan terlihat setelah satu bulan perawatan.

4. Memberikan Ramuan Herbal

Jamu gamecock sering dipandang sebagai doping untuk meningkatkan kualitas gamecock dan dapat dipandang sebagai kebiasaan yang aneh.

Namun pada kenyataannya, pengetahuan tentang pemberian herbal untuk mengendalikan ayam telah dikenal sejak zaman dahulu.

Manfaat jamu dalam mengendalikan ayam antara lain kemampuan memberi makan ayam, menambah stamina, membuat ayam lebih agresif, dan masih banyak lagi manfaat lain pemberian jamu.

Ada beberapa resep ayam herbal berbeda di Bangkok yang bisa Anda buat. Berikut cara termudah memerangi jamu ayam.

Bahan Membuat Ramuan Herbal Ayam Aduan:

  • Gula merah
  • Madu
  • Telur bebek
  • Kunyit

Cara Membuat Ramuan Herbal Untuk Ayam Aduan:

  1. Haluskan terlebih dahulu kunyit hingga halus
  2. Lalu haluskan gula merah
  3. Pisahkan kuning telur bebek dan campur dengan setengah sendok teh madu, aduk rata
  4. Selanjutnya tambahkan kunyit dan gula merah.

Berikan jamu pada ayam aduan dewasa dengan meminumnya, lalu perhatikan takaran yang tepat untuk ayamnya. Biasanya 1 butir telur bisa diberikan untuk dua ayam jantan dewasa. Pemberian jamu bisa dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

Sekian pembahasan kita tentang perawatan harian ayam aduan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam beternak ayam aduan ya.