Cara Melatih Ayam Aduan Muda Agar Lincah Saat Bertarung

Hai gais!! Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas pembahasan mengenai cara melatih ayam aduan muda. Penasaran kan? simak bareng-bareng yuk.

Melatih Ayam Aduan Muda

Untuk membuat ayam aduan Anda kuat dan ulet, ayam aduan Anda harus dirawat dan dilatih dengan cermat karena masih muda. Ini dihitung hingga usia 10 bulan setelah menetas, tetapi beberapa mengatakan 6 bulan.

Ayam yang dipelihara secara intensif sejak usia muda akan tumbuh optimal dan menjadi juara saat dewasa.

Untuk pakan ayam aduan agak berbeda dengan pakan ayam pedaging,dikarenakan ayam aduan lebih banyak mengeluarkan tenaganya.

Sangat disayangkan bahwa banyak peternak ayam yang berjuang keras mengabaikan hal ini, mereka cenderung meremehkan perawatan ayam.

Ketika mereka masih muda atau mereka tidak meremehkan tetapi melakukan kesalahan dalam perawatan dan pelatihan mereka. Sehingga yang terjadi adalah ayam menjadi rusak dan pertumbuhannya tidak maksimal.

Kunjungi juga cara ternak ayam paling cepat panen agar kalian mengetaui lebih lanjut seputar tips ternak ayam cepat panen.

Melatih Kekuatan Fisik Ayam Aduan Muda

melatih kekuatan fisik ayam aduan muda

1. Latihan Untuk Leher

Kelenturan leher ayam bangkok membuat gerakannya lebih halus dan lebih cekatan untuk menghindari serangan kepala dari lawan.Latihan otot leher membuat gerakan sadap ekor lebih fokus.

Latih otot leher untuk memijat leher ayam setiap pagi. Lakukan pijatan ke bagian kepala ayam di kanan lalu ke kiri. lakukan gerakan perlahan sebanyak 30 kali.

2. Latihan Untuk Tubuh

Tubuh adalah kunci ayam aduan super, memungkinkan Anda untuk bergerak lebih bebas. Latih gerakan tubuh ayam bangkok dengan senam ringan setiap pagi.

Caranya adalah dengan memutar tubuh ayam ke kanan dan ke kiri. Masukkan tangan Anda di antara celah-celah sayap ayam dan gerakkan tubuh ayam ke kanan dan ke kiri sebanyak 30 kali.

3. Latihan Untuk Kaki

Kaki adalah senjata ayam aduan yang hebat, pelatihan kaki adalah suatu keharusan bagi ayam aduan. Caranya sederhana, kita harus menggerakkan punggung ayam lainnya ke depan tidak lebih dari 30 kali.

4. Latihan Untuk Sayap

Gerakan senam ini memperkuat otot sayap ayam di Bangkok. Gerakan-gerakan dalam latihan ini membuat otot sayap Anda lebih lentur dan lincah saat digerakkan.

Anda bisa memulai latihan ini dengan mengangkat tubuh ayam lalu memegang dada ayam dari belakang dengan tangan kanan.Selanjutnya, tangan kiri Anda memegang pangkat ekor.

Kemudian lepaskan tangan kanan dan kiri Anda dan arahkan ke bawah. Gerakan ini membuat ayam mengepakkan sayapnya sehingga otot-ototnya ikut terlatih.

5. Latihan Lari

Latihan lari merupakan latihan fisik yang dapat membantu otot dan pernapasan. Ada banyak cara untuk melatih berjalan di atas ayam Bangkok.

Salah satu caranya adalah dengan menyediakan kandang roda yang bisa diputar dan membiarkan ayam-ayam berlarian di sekitar perangkat.

Namun banyak juga yang menggunakan teknik manual dimana ayam dikunci dengan cara ini kemudian berlarian di sekitar kandang yang telah disediakan sebelumnya. Lakukan latihan lari ini selama sekitar 30 menit, tetapi jika Anda tidak terlalu lelah, jangan dipaksakan

Melakukan Sparing Dengan Ayam Lain

sparing ayam

 

Untuk memperkuat mental dan pernafasan ayam, Anda bisa melakukan sparring antar ayam muda satu dengan yang lain.

Hal ini dapat mengasah mentalitas dan teknik ayam bangkok untuk menjadi master, namun juga memperhatikan usia lawan, bila memungkinkan harus sesuai, selain itu durasi sparring hanya 5 sampai 10 menit.

Setelah selesai sparring, ayam langsung diistirahatkan selama 2 minggu, namun tetap dirawat dengan baik. ayam dimandikan, dikeringkan dan dirawat bekas luka setelah sparring.

Setelah 2 minggu Anda bisa melakukan sparring untuk kedua kalinya dengan durasi yang lebih lama sekitar 15 menit. Ingatlah untuk tidak terburu-buru dengan memilih lawan yang lebih dewasa dan lebih tangguh.

Kesalahan Saat Merawat Ayam Aduan Muda

Nah, pada poin pertama kesalahan dibahas dulu baru kemudian perawatan dan pelatihannya:

  • Penyediaan tempat yang buruk untuk ayam atau kondisi kandang yang tidak ideal menjadi tidak nyaman dan stress untuk ayam bangkok.
  • Jenis pakan yang kurang baik dan pertumbuhan yang buruk.
  • Anak ayam yang masih muda seringkali didiskriminasi dari ayam lain atau ayam dewasa, membuat mereka lemah mental dalam pertempuran.
  • Ayam muda sering berkelahi satu sama lain untuk kepemimpinan.
  • Kesalahan terakhir adalah mengawinkan ayam muda terlalu dini ketika mereka belum matang.

Sekian artikel tentang cara melatih ayam aduan muda,dengan membaca artikel ini semoga kalian berhasil dalam melatih ayam aduan kalian ya. Terimakasih semua.