Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat vco tanpa pemanasan dengan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu vco atau yang sering disebut dengan minyak kelapa murni ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu VCO ?

apa itu vco ?   VCO atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dengan cara diekstrak dari kelapa segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Selain itu, hal ini bertujuan agar kandungan alaminya tidak rusak. Maka dari itu, minyak vco berpotensi sebagai antioksidan. Senyawa seperti asam laurat, kaprat dan kaplirat dapat menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

cara membuat vco tanpa pemanasan

Peralatan dan Bahan Yang Dibutuhkan:

  • 5 butir kelapa yang sudah tua
  • Botol kaca
  • Saringan
  • Tissu warna putih yang tidak ada parfum atau pewanginya
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Corong
  • Kain putih yang biasa digunakan untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  • Mesin pengaduk atau mixer

Cara Membuat VCO

  1. Parut kelapa dan langsung lakukan pemerasan pada kelapa untuk mengeluarkan santannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau tengik pada minyak kelapa yang sudah jadi.
  2. Setelah proses pemerasan kemudian santan dimasukkan kedalam kantong plastik dan ikat dengan karet gelang, diamkan santan selama 1- 2 jam hal ini, dilakukan untuk memisahkan antara kanil dan endapan.
  3. Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan, bagian atas adalah kanil dan bagian bawah adalah endapan.
  4. Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bagian bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tersebut, kemudian segera tutup lubangnya apabila bagian air sudah habis.
  5. Tuang bagian santan kental ( kanil ) kedalam wadah bertutup kemudian diamkan kira-kira 24 jam.
  6. Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.
  7. Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adalah minyak, dibawahnya adalah ampas ( blondo ), dan paling bawah adalah air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air.
  8. Siapkan botol bersih yang dibagian atasnya diisi corong berlapis saringan atau tissu tanpa parfum. Sendok minyak secara perlahan lalu tuang ke saringan, biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol
  9. Atau bisa juga dengan memasukkan wadah plastik tersebut kedalam kulkas selama 1 – 2 jam sehingga minyak akan membeku. Dengan cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, kemudian taruh pada wadah dan tunggu hingga minyak mencair.
  10. VCO sudah siap digunakan.

Manfaat VCO ( Virgin Coconut Oil )

Manfaat vco
  • Membantu Mengatasi Jerawat

Walaupun VCO kaya akan kandungan pelembab dari minyak esensialnya, namun, salah satu manfaat vco untuk kecantikan yang dikenal adalah membantu mengatasi masalah jerawat. Apalagi saat ini jerawat bukan hanya masalah bagi remaja yang puber, tetapi juga serung menghantui orang dewasa. Karena, selain faktor hormon, penyebab jerawat bisa disebabkan karena bakteri yang menempel pada kulit. Inilah mengapa kandungan asam laurat yang bersifat antibakteri di VCO ini bisa membantu mengatasi jerawat. Jika rutin menggunakan VCO tidak hanya mengatasi jerawat akan tetapi mencegah timbulnya jerawat batu. Cara menggunakannya pakailah VCO pada saat malam hari sebelum tidur dengan mengusapkannya sedikit demi sedikit ke biang jerawat. Tetapi anda jangan khawatir, tekstur VCO yang ringan dan mudah diserap tak akan menimbulkan jerawat baru.
  • Sebagai Make Up Remover

Penghapus riasan atau make up remover adalah barang wajib bagi para wanita yang gemar berdandan. Jika make up remover yang tidak cocok untuk wajah akan menimbulkan jerawat atau alergi. Namun. jika kita menggunakan vco sebagai pengganti make up remover staandar anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Caranya menggunakannya sangat mudah ana hanya perlun menuangkan minyak VCO di telapak tangan anda, kemudian gunakan minyak tersebut untuk memijat wajah dengan gerakan memutar. Setelah itu, pijat selama kurang lebih lima menit dan bilas dengan air untuk melunturkan make up bahkan yang waterproof sekalipun.
  • Membantu Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Kandungan dari asam lemak dalam VCO hampir 50% kandungan adalah asam laurat. Pada saat asam laurat dicerna asam lemaks sehat ini akan berubah menjadi zat yang biasa disebut monolaurin. Kandungan asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur. Nah, itu tadi sedikit penjelasan menganai cara membuat vco tanpa pemanasan dengan mudah dan manfaat vco. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.