Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat wingko babat kukus yang enak dan tentunya mudah untuk dipraktekkan dirumah ,Simak Penjelasan saya tentang apa itu wingko babat dan Resep membuat wingko babat di bawah berikut, simak dengan seksama ya guys,,

Kue Ketan atau yang kerap disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa.

Kue ini kerap kali dipasarkan di stasiun kereta api, stasiun bus dan uga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga.Wingko pada umumnya berbentuk bundar biasa dan  disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko bisa dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas.

Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue wingko ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menimbulkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini.

Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titikpersimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya. di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Terdapat banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang.Kelapa yang dipakai untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah di wilayah sekitar tempat ini. Pada saat ini wingko merupakan makanan yang terkenal di daerah Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang dimana saat ini masih memakai nama Tionghoa

Fakta Menarik Tentang Seputar Wingko Babat Kukus

Mendengar kata Semarang, yang terlintas sudah pasti kulinernya. Nah, salah satu kuliner favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Atlas ini adalah wingko babat.Yap, camilan yang terbuat dari kelapa ini seakan jadi kuliner wajib buat oleh-oleh dari Semarang. Dengan tekstur  yang manis, wingko babat punya ciri khas rasa kelapa manis yang bikin kamu nggak berhenti menyantapnya.

Wingko babat merupakan teman serasi buat kamu ngeteh maupun ngopi di sore hari. Nggak heran sih, kalau nggak cuma para pelancong, tetapi juga warga lokal Semarang gemar sekali berburu panganan yang satu ini.Tapi, penasaran nggak sih tentang asal usul dari wingko babat? Well, Pegipegi punya 5 hal menarik seputar wingko babat yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!

1.Bukan Dari Semarang

Makanan sudah lama dikenal luas sebagai kuliner khas Semarang. Tapi, sejarah berkata kalau kue kelapa yang satu ini justru berasal dari Babad, Lamongan, Jawa Timur. Adalah warga Babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang pertama kali membawa wingko babat ke Semarang. Mereka memutuskan mengungsi dari Lamongan saat perang pecah di sana. Dengan keahlian membuat kue kelapa, keduanya pun mulai membuka usaha wingko babat mulai 1946 di Semarang. Sejak itu, istilah wingko babat asal Semarang pun tercipta.

2.Evolusi Rasa

Sejak pertama kali tercipta, wingko babat hadir dengan rasa kelapa yang manis dan gurih. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, wingko babat hadir dengan varian rasa yang lebih banyak. Wingko Babat Dyriana jadi salah satu merek wingko babat dengan lima rasa, mulai dari kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.

3.Merek Legendaris

Dari sederet merek wingko babat, nama Wingko Babad Kereta api adalah yang paling ngehits. Terdiri dari empat varian rasa, kelapa, nangka, coklat, dan vanilla, wingko babat yang satu ini terkenal dengan kemasan bergambar kereta api. Usut punya usut, ternyata Wingko Babad Kereta Api dulunya hanya dijual di sekitar Stasiun Tawang, Semarang. Dari situlah wingko babat ini menggunakan kereta api di mereknya.

Cara Membuat Wingko Babat Kukus

cara membuat wingko babat kukus

Bahan-Bahan :

  • 250 gr tepung ketan
  • 1 buah kelapa setengah tua parut
  • 200 gr gula / sesuai selera
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya/air kelapa
  • 1 sdm mentega

Cara Membuat Wingko Babat Kukus :

  1. Campur tepung,gula,kelapa,garam,mentega,air sampai rata
  2. Ambil sesendok bulatkan dan pipihkan,lalu panggang di teflon yg sudah dioles mentega, balik jika sudah berwarna coklat.
  3. Angkat,sajikan.

Nah tadi merupakan penjelasan dan resep mengenai cara membuat wingko babat kukus yang gurih,enak dan mudah dari artikel kami. Resep wingko babat ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha dengan untung yang lumayan besar loh.

Kita tinggal membuat wingko babat sendiri lalu, branding dan packing. Lalu, hasil dari usaha yang kita jalankan tinggal kita simpan didalam brankas deh.

Semoga dengan membaca artikel kami anda dapat lebih tahu tentang bagaimana cara membuat wingko babat kukus yang baik dan benar, untuk yang ingin tahu lebih tentang cara membuat cupcake kukus tanpa mixer maka anda dapat mengunjungi artikel kami,, see you, semoga bermanfaat