Cara ternak entok cepat bertelur. Entok adalah jenis unggas yang sudah cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Meskipun tidak sepopuler ternak ayam, entok juga merupakan unggas yang diternak secara konvensional sebagai bisnis yang cukup menguntungkan untuk pemula.

Entok

Banyak orang tidak suka daging entok karena daging mereka keras dan memiliki bau tengik. Entok juga memiliki postur yang lebih tinggi dan lebih besar dari bebek, jadi tentu saja daging yang dihasilkan juga lebih besar. Entok daging memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan jenis unggas lainnya.

Inilah yang kemudian membatasi konsumen untuk makan daging ini. Tentunya mereka yang memiliki beberapa jenis penyakit seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Meski demikian daging entok juga mengandung lemak, protein dan kalori juga memiliki manfaat.

Salah satunya sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan program diet dan mengalami anemia. Daging entok umumnya tidak dijual dan tersedia di semua restoran atau rumah makan. Berbeda dengan daging ayam atau bebek yang bisa dengan mudah didapatkan.

Untuk mendapatkan entok olahan kadang-kadang kita harus berusaha keras untuk mencarinya. Karena pengolahan yang tidak tepat dapat membuat tekstur dan rasa daging menjadi tidak enak. Namun, tentu saja ini bukan alasan untuk tidak menjalankan cara ternak entok cepat bertelur.

1. Persiapan Kandang Entok

Langkah awal sebelum memulai ternak entok, tentu saja, kamu harus menyiapkan persiapan terpenting, yaitu kandang untuk ternak entok. Kandang entok harus dibuat dengan nyaman karena entok akan menghabiskan semua kegiatannya di dalam kandang. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar kandang kandang adalah lokasi yang ideal untuk budidaya:

  1.  lokasi kandang jauh dari rumah, atau setidaknya 10-20 meter.
  2. Ini untuk menghindari bau tak sedap yang menyebar di rumah dan lingkungan.
  3. Untuk ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah entok yang akan diternak.
  4. Semakin banyak entok yang ternak tentu membutuhkan kandang yang lebih luas.
  5. Sangkar harus memiliki dinding yang tinggi sehingga entok tidak bebas masuk atau keluar kandang.
  6. Jika luas kandang adalah 10 meter maka buat 5 meter untuk tempat berteduh dan lokasi makan, sedangkan 5 meter dibuat pemisah dan diberi genangan air.
  7. Genangan air ini adalah tempat bermain dan berjemur.
  8. Bisa menggunakan bambu sebagai bahan untuk dinding atau pagar kandang dan asbes sebagai bahan atap kandang.
  9. Sesuaikan luas kandang dengan total populasi entok.
  10. Buat drainase supaya air bisa mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan bau tak sedap.
  11. Sediakan juga tempat makan dan minum di kandang.

2. Pemlihan Bibit Entok

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

Sesudah kandang siap, maka langkah selanjutnya adalah memilih bibit unggul yang nantinya akan digunakan sebagai induk. Risiko kegagalan sangat rentan terjadi jika dibudidayakan sejak anak. Namun, hasil ini tentu akan lebih besar jika panen tiba, daripada dengan pengembangbiakan melalui induk yang selain harganya lebih mahal juga risiko induk tidak menghasilkan telur juga besar. Oleh karena itu, untuk memilih bibit dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Anakan berasal dari induk dengan asal yang jelas.
  • Anakan itu sehat, gesit dan aktif bergerak.
  • Usia ideal untuk anak entok  6-7 hari setelah menetas memiliki berat minimum 100-200 gram.
  • Pengangkuta dari lokasi ke kandang harus diperhatikan dan tidak membuat anak entok stres.
  • Setelah tiba, segera lepaskan anakan ke dalam kandang dan berikan makanan khusus yang telah disediakan.

3. Pakan Untuk Entok

Pada pemberian pakan untuk entok dalam kesehariannya dapat diberikan sebanyak 2 kali. Yakni dilakukan pada pagi hari dengan jumlah 40% dan sore hari sebanyak 60%. Ketika DOE entok berusia satu hari ternyata pakan yang dibutuhkan sekitar 30 gram. Semakin bertambahnya usia entok maka akan mempengaruhi konsumsi pakan yang akan semakin bertambah juga. Maka kamu harus melakukan perkiraan untuk penambahan pakan entok. Perlu adanya penambahan 6 gram setiap hari untuk pemberian pakannya.

a. Pakan Anak entok umur 1-14 hari

Pakan entok untuk umur 1-14 hari harus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok. Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh serta saluran pencernaan. Untuk kebutuhan nutrisi yang dibutukan oleh anakan entok antara lain seperti protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin.

Sedangkan untuk jenis pakanyang tepat dan sesuai dengan usia entok tersebut adalah jenis pakan seperti pelet atau konsentrat starter. Jenis pakan tersebut merupakan pakan kualitas pabrikan yang diformulasikan untuk anakan entok agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari entok tersebut.

b. Pakan Entok Usia 15 – 35 hari

Disaat umur 15-35 hari kebutuhan pakan sedikit menurun dibanding dengan umur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bertujuan agar laju pertumbuhan bobot cepat. Untuk jenis pakan yang dapat diberikan agar entok cepat besar yakni jenis bekatul atau dedak halus, umbi – umbian, ampas tahu, biji jagung dan anake sayur – sayur lainnya.

Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.

c. Pakan Usia 36 Sampai 60 Hari

Pada umur 36-60 hari, entok cenderung lebih membutuhkan vitamin dengan mineral dengan jumlah yang besar. Hal ini  dikarenakan untuk menjaga rangka dan kesehatan entok tetap baik. Biasanya pada umur ini peternak bisa memformulasikan sendiri jenis pakan yang akan diberikan untuk entok.

Biasanya terdiri dari  ikan runcah, menir, bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu nasi aking dab masih banyak lainnya.

Cara Membuat Pakan Fermentasi dari Gedebog Pisang 

Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan pohon pisang dapat kita temukan di seluruh daerah di Indonesia. Pohon pisang selain banyak dimanfaatkan oleh masyarakat ternyata juga dapat bermanfaat untuk entok. Banyak peternak yag memanfaatkan gedebog pisang sebagai pakan entok. Tentu pemberiannya pun tidak langsung diberikan begitu saja, tetapi sebelumnya peternak harus memfermentasikan terlebih dahulu.

Proses membuat fermentasi dari gedebog pisang ini dinilai cukup mudah dilakukan dan lebih irit jika dilihat dari sisi biaya.Untuk meghasilkan fermentasi yang berkualitas kamu perlu mencacahnya agar menjadi ukurannya lebih kecil sehingga mudah untuk dicerna. Jika kamu ingin lebih mudah mencacahnya kamu bisa menggunakan mesin. Kandungan yang terdapat dalam gedebog pisang tergolong relatif sedikit sehingga dalam pembuatan pakan fermenasi tersebut perlu adanya campuran pakan lain. Bahan pakan campuran tersebut dapat berupa jagung giling, bungkil kedelai dan bahan lain yang mudah di dapat di daerah kamu.

4. Persiapan Untuk Entok Bertelur

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

 

Untuk mempercepat proses bertelur. Maka poin yang paling penting adalah hubungannya dengan pemberian makan yang tepat. Pada tahap ini, entok membutuhkan banyak protein untuk menghasilkan telur berkualitas tinggi. Berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti siput atau siput. Kandungan protein tinggi dari makanan tambahan dari siput atau siput akan membantu tembakau menjadi lebih baik dalam menghasilkan telur. Anda tentu bisa dengan mudah mendapatkan siput di sawah.

Selain makanan, faktor lingkungan juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena lingkungan yang tepat akan dapat memicu belokan untuk dapat bertelur. Lebih baik bagi lingkungan untuk senyaman mungkin dan tidak merasa stres. Entok sangat menyukai lokasi di darat dan air, jadi Anda harus membuat kolam di kandang sehingga penyok bisa bermain di kolam.

Sekian dulu dari saya, semoga dengan ini dapat membantu anda dalam cara ternak entok cepat bertelur. Terima kasih