kandang entok yang baik adalah hal yang penting dalam Cara ternak entok. Entok menjadi salah satu usaha yang potensial,  terutama untuk masyarakat pedesaan. Entok memiliki daya tahan terdapat serangan penyakit dan sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu entok dapat dipelihara bersamaan dalam kandang hewan unggas lainnya, seperti ayam, itik dan angsa.

Penjelasan Tentang Entok

Entok, ayam dan itik dapat dipelihara secara bersamaan karena sifat unggas pada umumnya tidaklah jauh berbeda. baik itu dari segi pembuatan pakan ataupun cara pemeliharaannya. Disamping itu, kita Akan memperoleh keuntungan ganda,

misalnya, entok dapat mengerami telur itik atau ayam di samping telur entok sendiri. Demikian juga dalam pemberian pakan, dapat dilakukan secara bersamaan di dalam satu tempat. Entok termasuk hewan yang aktif bergerak,

oleh sebab itu dalam membuat kandang harus disesuaikan dengan kondisi yang disenangi oleh entok yakni kandang umbaran. Selain membuat kandang yang disukai entok, kita juga harus memperhatikan keamanan entok itu sendiri.

terutama ancaman dari hewan pemangsa seperti anjing, ular, kucing dan lain sebagainya. Jangan lupa sediakan kolam genangan agar entok dapat berendam. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kandang ternak entok

1. Membuat pagar untuk kandang Entok

Pagar yang melindungi kandang ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga keamanan entok dari serangan pemangsa, dan supaya entok tidak keluar dari areal kandang. Dalam membuat pagar kita dapat menggunakan kayu, bambu, beton semen, seng, atau menggunkan asbes.

Agar entok tidak keluar kandang Usahakan tinggi kandang tidak kurang dari 2 meter. Apabila pagar kandang terbuat dari bambu berilah plastik, untuk menghindari cuaca yang sangat dingin ketika musim hujan, hal ini akan mengurangi resiko entok terserang penyakit.

2. Lantai Kandang Entok

Lantai kandang dapat anda cor plaster semen atau hanya dengan tanah saja. itu semua tergantung dengan keputusan Anda. Apabila Anda cor semen maka buatlah lantai yang agak miring hal ini bertujuan agar air kotoran entok tidak menggenang sehingga tidak banyak lalat yang berkumpul. Kotoran yang tergenang ini juga dapat menimbulkan berbagai penyakit untuk entok.

3. Buat Kandang Khusus Untuk Bibit Entok

Kandang untuk entok anakan biasanya dibuat panggung hal ini bertujuan untuk menghindari dari hewan pemangsa. Biasanya kandang ini terbuat dari papan kayu, bambu, atau tripleks. Usahakan dinding dan lantai kandang dibuat agak rapat supaya tikus tidak dapat masuk.

4. Lokasi Kandang

Tidak dipungkirilagi jika kandang entok selalu dalam kondisi becek dan kotor. Kandang yang kotor akan menimbulkan bau yang kurang sedap, apabila lokasi kandang berada di daerah yang tidak padat penduduk maka tidak menjadi masalah. Tetapi jika lokasi kandang berada di daerah yang padat penduduk ini dapat menimbulkan masalah seperti Anda akan dikomplain warga sekitar kandang karena menimbulkan aroma bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu sebaiknya anda membatasi jumlah dan ukuran kandang entok.

5. Buat Kolam di pekarangan kandang

Kandang Entok Yang Baik

Entok sangat senang berenang,  dengan diberi kolam entok dapat minum dan mandi di kolam tersebut. fungsi lain dari pembuatan kolam adalah ketika cuaca panas entok dapat mengatur suhu tubuhnya dengan cara berendam di kolam.

6. Sanitasi Lingkungan dan Pengendalian Penyakit

Entok merupakan jenis unggas yang bisa dibilang cukup kebal terhadap serangan penyakit, terlebih jika telah diberi vaksin. Meski demikian, kamu tetap perlu menjaga kebersihan lingkungan kandang entok sebagai bentuk pengendalian penyakit.

Kandang yang kotor karena jarang dibersihkan bisa meningkatkan risiko penyebaran penyakit pada entok.

sekian dulu tentang kandang entok yang baik, terima kasih