Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Berkembang

Pada artikel ini saya akan memberi tahu anda cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan berkembang dan adapun yang lebih lengkap mengenai lovebird seperti cara ternak lovebird yang menjanjikan. Burung lovebird sangatlah berbeda dari spesies burung paruh bengkok yang lainnya, ukuran tubuh burung lovebird ini termasuk kecil. Karena kemolekan inilah, banyak orang-orang yang tertarik untuk memelihara sepasang burung lovebird ini. Apalagi pemeliharaan lovebird cenderung mudah. Lovebird tahan pada segala jenis cuaca. Burung ini cenderung lebih menyukai kondisi lahan yang kering dan iklim yang panas.

Ternak burung lovebird menjadi kegemaran beberapa orang. Dan salah satu jenis burung yang familiar untuk diternakan adalah lovebird. Kenapa burung ini dinamakan lovebird karena menurut para peneliti, lovebird hidupnya harus secara berdampingan dan sangat menyayangi satu sama lain. Bahkan mereka hanya memiliki 1 kekasih sepanjang hidup mereka.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Burung betina yang telah mencapai umur dewasa kelamin secara berkala akan memproduksi sel telur (ovum). Lalu diproses sedemikian rupa dalam saluran reproduksinya. Termasuk di dalam pembungkusan ovum dengan bahan kerabang ataupun cangkang yang ada di dalam oviduct.

Serta dikeluarkan melalui kloaka pada bentuk telur seperti pada umumnya. Kalau burung betina dikawini burung jantan, maka sebelum pembungkusan oleh bahan kerabang, sel sperma dari burung jantan akan membuahi dulu sel telur / ovum.

Yang hasilnya terlihat dari adanya noktah berwarna hijau pada terdapat pada permukaan kuning telur, yang disebut dengan discus germinalis/ bakalan calon embryo.

Memasang lampu full spektrum dalam kandang penangkaran

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur harus menggunakan lampu jenis full spektrum. Sebab penerangan ini memiliki spektrum yang mendekati spektrum sinar matahari. Jadi begitu bermanfaat tidak hanya untuk manusia saja, melainkan juga mahluk hidup lainnya seperti burung dan tumbuhan. Lampu ini juga memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin).

Sehingga membuat nyaman secara visual, yang berarti bisa memberi suasana tenang dan sejuk pada burung dalam kandang. Tempatkan lampu pada bagian atas kandang penangkaran. Lampu penerangan ini juga dapat dipakai dalam kandang yang jarang terkena cahaya atau sinar matahari.

Memasang kotak sarang secara tepat

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur dengan memasang gelodok disesuaikan dengan ukuran lovebird. Jangan menggunakan gelodok yang terlalu kecil (misalnya untuk parkit) atau gelodok yang terlalu besar (misalnya untuk nuri).

Gelodok yang baik digunakan untuk lovebird harus mempunyai lubang pintu. Dengan mempunyai diameter sesuai dengan ukuran tubuh burung.Bagian dalamnya juga tidak terlalu sempit, akan tetapi tidak terlalu luas. Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang, dengan ketebalan 2,5 cm.

Mengubah dan mengatur pola makan

Mengubah pola makan adalah salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang lazim dalam penangkaran lovebird. Perubahan pola makan biasanya diatur dengan menyediakan pakan yang bisa membuat birahi burung terdongkrak.

Berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina supaya cepat bertelur. Jenis pakan yang dimaksud antara lain kangkung, tauge, dan biji kuaci.

Memberikan suplemen untuk burung lovebird

Yang terakhir adalah pemberian suplemen bagi lovebird, tetapi cara ini tidak wajib anda lakukan. Anda boleh memberikan suplemen, dan boleh juga tidak memberikan suplemen.

Sedangkan cara untuk pemberian suplemen ini pastinya mamapu meningkatkan birahi lovebird jantan dan juga lovebird betina. Selain meningkatkan birahi, suplemen bisa meningkatkan peluang telur bisa menetas. Serta untuk menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru menetas. Pilihlah suplemen yang terpercaya yang telah direkomendasi oleh dokter hewan.

Mengganti minum Lovebird

Usahakan anda bisa setiap hari minuman Lovebird diganti dengan minuman yang baru. Selain itu, anda juga harus membersihkan tempat minum dengan cara digosok dengan menggunakan sikat gigi.

Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih atau semprot dengan pakai sprayer. Setelah tempat minum dibersihkan, berikanlah minuman Aqua galon atapunu air sumur yang tidak terdapat bau besi ataupun bau lumpur.

Demikian informasi mengenai cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan tidak ada salahnya kan jika kalian mempelajari yang lainya seperti cara membuat pakan lele dari ampas tahu dengan mudah dan sekian terimakasih.