Kali ini saya akan memberikan contoh Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, Apakah Anda yang tinggal di rumah? Ibu menyusui? Atau wanita karier dan Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan?

Seorang ibu rumah tangga pada umumnya identik dengan perannya sebagai seorang istri yang bertugas untuk merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarga.

Banyak ibu yang sebelumnya memiliki pekerjaan harus berhenti dari pekerjaan demi mengurus keluarga mereka. Banyak ibu yang memiliki tingkat pendidikan tinggi dan tidak mempergunakan ilmunya karena tidak dapat bekerja.

Namun sekarang zaman telah berubah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa perlu bekerja di kantor. Banyak hal yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu meninggalkan keluarga Anda dan Anda tetap mengurus keluarga.

Berikut 12 Inspirasi Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga :

1 MUA (Makeup Artist)

MUA (Makeup Artist)

Wanita selalu senang akan berdandan. Apabila Anda memiliki bakat dalam estetika dan keinginan untuk menggunakan bakat dan kreativitas Anda untuk membuat orang terlihat cantik, mungkin menjadi makeup artis adalah karier yang tepat untuk Anda.

Anda dapat melatih mengenakan makeup pada diri Anda sendiri dan teman-teman Anda sehingga Anda bisa mengembangkan dan menyempurnakan teknik dan keahlian Anda.

Anda perlu juga bereksperimen dengan beberapa merek makeup. Banyakmakeup artist memilih merek tertentu dibanding yang lain, karena kualitas produk tiap merek berbeda-beda.

Anda juga perlu bereksperimen dengan beberapa jenis tekstur seperti alas bedak cair dan bedak. Pelajari mana yang cocok untuk jenis kulit tertentu, misalnya kulit kering dan berminyak.

2 Reseller

Reseller

Reseller merupakan bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil yang dijalankan dengan cara menjual kembali suatu barang. Sistemnya, kita membeli barang darisupplier dengan harga grosir, kemudian, kita menjualnya kembali dengan harga konsumen.

Peluang bisnis online untuk ibu rumah tangga ini cukup tinggi, terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki pergaulan yang luas.

Hal ini karena cara pemasarannya dengan memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Cara ini sangat ampuh untuk berjualan karena mudah dan tidak membutuhkan biaya.

Berbagai barang yang marak dijual dengan sistem reseller sangatlah luas.

Barang tersebut mulai dari barang fashion seperti baju, tas, sepatu dan aksesoris, dan sampai makanan mulai dari makanan sehat, makanan impor dan cemilan khas.

Sebelum melanjutkan membaca Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga disini saya juga memiliki Resep Kue Pancong Untuk Usaha Dan Peluang Usahanya

3 Bisnis Catering

catering

Pekerjaan ini sangat tepat bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan senang bereksperimen di dapur dengan berbagai resep pilihan.

Bisnis katering adalah salah jenis bisnis yang tidak pernah sepi, sebab sepanjang tahun orang-orang akan selalu membutuhkan layanan tersebut.

Usaha ini dapat dimulai dari skala kecil, yakni dengan menawarkan dan memenuhi kebutuhan orang-orang terdekat, seperti tetangga, teman, keluarga, sahabat.

Namun, jika ditekuni dengan giat, maka usaha katering rumahan ini bisa berkembang menjadi besar dan memiliki banyak pelanggan.

4 Butik Online

Butik Online

Bisnis ini akan cocok dengan ibu yang sedang bekerja. Ini berarti bahwa sementara Anda berada di tempat kerja, Anda mungkin mampu untuk mengelola butik Anda secara online, karena semuanya terhubung di internet.

Anda bisa membuat penjualan pakaian, sepatu, dan aksesoris mode. Anda mungkin diminta untuk membangun sebuah website yang sangat menarik sehingga Anda dapat menarik banyak orang.

5 Voice Over Artist

Voice Over Artist

Jika Anda tinggal di rumah dan memiliki suara merdu, Anda dapat mempertimbangkan menjadi suara Anda lebih dari seniman.

Ini berarti bahwa Anda dapat meminjamkan suara Anda untuk karya-karya seni besar seperti buku audio, jingle radio, dan lain sebagainya. Ini adalah pekerjaanfreelance dan berarti Anda dapat bekerja dengan waktu Anda sendiri.

6 Membuat Tas

Membuat Tas

Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga.

Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen. Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun, kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen.

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu modal yang dibutuhkan. Bukan hanya modal uang saja yang dibutuhkan, namun juga modal keterampilan dalam memproduksi tas.

Persiapan selanjutnya yaitu mencari jaringan yang dapat diajak untuk bekerja sama, baik untuk mencari bahan baku, sampai jaringan pemasaran.

Selain itu, usahakan untuk membuat desain tas yang unik dan menarik, agar produk Anda tidak mudah ditiru produsen lain dan diminati oleh konsumen.

7 Cleaning Service

Cleaning Service

Saat ini mencari asisten rumah tangga sudah semakin sulit. Banyak orang yang membutuhkan jasa untuk cleaning service. Selain bisa membersihkan rumah pribadi, jasa cleaning service juga bisa melayani jasa pembersihan untuk kantor, restoran, kost dan tempat lain sebagainya.

Jasa yang ditawarkan bisa berupa paket kebersihan lengkap, dimana rumah konsumen dibersihkan secara total termasuk semua furniture. Atau juga jasanya per item, misalnya khusus membersihkan gudang, khusus membersihkan karpet, khusus membersihkan kristal lampu, dan seterusnya.

8 Freelance Menulis Konten

Freelance Menulis Konten

Jika Anda memiliki kemampuan baik dalam menulis, maka Anda bisa mendapatkan uang dari menjadi Freelance menulis konten.

Anda dapat memanfaatkan beberapa website seperti Project.co.id dan Sribulance untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis freelance.

9 Bisnis Spa

Bisnis Spa

Memiliki perhatian khusus terhadap perawatan tubuh dan juga memiliki kemampuan di dalam melakukan pelayanan spa, maka tidak ada salahnya Anda membuka peluang bisnis dari hal ini.

Tidak perlu besar dan mewah, Anda dapat membuka sebuah perawatan atau spa rumahan yang unik dengan harga lebih terjangkau dari salon-salon kecantikan sekitar rumah, juga dengan konsep yang unik seperti bahan buah-buahan lokal yang segar dan bahan lainnya.

Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

10 Bisnis Day Care

Bisnis Day Care

Anda tinggal di kota besar? Bisnis ini merupakan bisnis yang tengah marak.

Keberadaan day care bisa menjadi solusi pengasuhan anak bagi para orangtua yang bekerja. Selain itu, bisnis ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Untuk day care kelas menengah atas, margin usahanya bisa mencapai 40-45%. Sedangkan untuk kelas menengah-bawah, margin usahanya bisa mencapai 20%.

11 Desain Grafis

Desain Grafis

Desain grafis merupakan proses kreatif yang tersebar dalam segala hal akhir-akhir ini. Mulai dari situs web, antarmuka aplikasi hingga kemasan produk, tangan berbakat seorang desainer grafis tampak di mana-mana.

Ini dapat menjadi karier yang memuaskan, juga menantang.

Bermodalkan komputer dan aplikasi standar industri seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, Anda dapat memulai mempelajari dan membuat desain-desain Anda sendiri.

12 Bisnis Tempat Les Belajar

Bisnis Tempat Les Belajar

Senang mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang mata pelajaran tertentu, maka Anda dapat membuka tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah Anda.

Ini adalah sebuah pekerjaan yang memang butuh kemampuan yang sangat baik, karena itu pastikan Anda memiliki kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

Anda juga dapat merekrut tenaga pengajar yang kompeten dan profesional, ketika bisnis Anda ini berkembang.