Kandang entok untuk bertelur

Untuk memulai beternak entok yang menguntungkan, terdapat beberapa perkara yang perlu kamu ketahui seperti kandang entok untuk bertelur. Nah, disini akan kami berikan beberapa tips dan cara membuat kandang entok petelur, yang bagus dan sederhana.

Menentukan Lokasi Kandang Entok

Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah, menentukan lokasi yang baik untuk kandang entok. Salah satu perkara yang harus diingat dalam menetapkan lokasi, adalah memilih tempat yang jauh dari kerumunan warga setempat.
Karena pada umumnya, tidak semua orang dapat bertahan dengan aroma entok, atau memiliki alergi tersendiri. Meskipun sekiranya, lokasi memang cukup padat dan terbuka, pastikan kalian selalu membersihkan kandang entok, untuk mencegah tersebarnya aroma tidak sedap di lingkungan warga.

2. Luas Kandang Entok

Salah satu faktor penentu dalam kesuksesan beternak adalah, dengan memperhatikan ukuran kandang yang ideal untuk entok. Luas kandang yang diperlukan entok, bisa disesuaikan dengan jumlah entok yang akan dibudidayakan.
Namun, kami menyarankan kepada kalian, buatlah kandang entok dengan ukuran yang cukup luas. Supaya, ketika entok sudah mulai bertelur. Kalian tidak perlu repot lagi membuat kandang baru, karena kapasitas kandang yang kalian miliki masih luas.

3. Membuat Pagar Kandang Entok

Mengingat entok merupakan hewan ternak yang sering diumbar, dan berkeliaran pada siang hari, dan seolah kandang hanya sarana tempat beristirahatnya pada malam hari. Jadi, alangkah baiknya, kalian membuatkan pagar di sekeliling kandang, agar entok hanya dapat berkeliaran disekitaran kadang.
Biasanya, para peternak membuat pagar kandang, dengan menggunakan bambu. Namun, seiring berkembangnya zaman, sudah semakin banyak bahan untuk pagar kandang modern, yang dibuatkan secara mudah untuk dipasang. Seperti halnya, jaring kandang yang sudah banyak dijual di pasaran

4. Bahan Untuk Dinding Kandang

Untuk menjaga entok dari cuaca yang tidak baik, kalian harus membuatkan dinding kandang, dengan bahan-bahan kokoh, agar tidak roboh pada saat tertiup angin. Bahan yang biasa digunakan itu seperti, bambu, papan, dan juga triplek.
Pembuatan dinding juga, dapat membantu kalian dalam merawat entok. Yaitu dengan membuatkan, sekat-sekat pada kandang, yang digunakan untuk memisahkan entok berdasarkan umur, maupun memisahkan entok yang sedang sakit.

5. Bahan Untuk Atap Kandang

Sudah pasti setiap bangunan rumah, harus memiliki atap. Sama halnya dengan kandang entok. Pemilihan bahan untuk atap kandang, memang suatu hal yang sangat perlu diperhatikan. Karena pada umumnya, atap merupakan bagian kandang yang berfungsi, sebagai pelindung entok dari hujan maupun terik sinar matahari.
Kami menyarankan kalian, agar tidak menggunakan bahan seng. Karena, pada saat musim kemarau, suhu di dalam kandang akan menjadi panas. Jadi, gunakanlah bahan seperti terpal atau asbes, agar dapat menciptakan kenyamanan dalam beternak.

6. Tempat Bertelur Entok

Sebenarnya, tempat yang bagus untuk entok bertelur ini, mencangkup setiap bagian di area kandang. Karena dengan keseluruhan lingkungan yang baik, entok pun akan lebih sempurna memproduksi telurnya.
Namun untuk alas kandang entok yang baik, kami sarankan gunakanlah pasir. Selain mudah dibersihkan, pasir juga merupakan media yang mudah kering, sehingga sulit untuk ditumbuhi jamur, maupun benih penyakit yang berbahaya bagi kesehatan entok.

7. Membuat Tempat Pakan dan Minum Entok

Tahap selanjutnya adalah, membuatkan tempat pakan dan minum entok. Mungkin kalian sering melihat beberapa peternak, yang memberikan pakan entok dengan menggunakan baskom. Namun menurut kami, penggunaan baskom untuk tempat pakan entok, sedikit tidak baik.
Karena, cara makan entok dikenal memang sangat rusuh. Jadi, dengan jumlah entok yang banyak, akan membuat pakan bertumpah-tumpahan, sehingga dapat mengotori sekeliling kandang.
Jadi akan lebih baik, jika kalian menggunakan bahan yang lebih besar dan juga panjang, lalu dipotong menggunakan mesin pemotong. Tujuannya supaya, entok bisa makan teratur sembari berbaris.
Dan untuk tempat minum, biasanya para peternak modern sering menggunakan DOQ, atau jika ingin lebih sederhana, kalian bisa membuatkannya dengan botol bekas dan tutup toples.

8. Buat Saluran Air Dalam Kandang

Langkah yang terakhir adalah, pembuatan saluran air pada kandang entok. Tahap ini dilakukan bertujuan agar, kandang entok tidak dipenuhi dengan bendungan air, dan mencegah aroma kotoran entok, agar tidak tercium ke pumukiman warga.
Setelah terbentuknya saluran air, pastikan kalian selalu menjaga kebersihan pipa paralon, agar tidak ditumbuhi kotaran seperti lumut, lendir, dan juga jamur.