Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Cara membuat kandang entok dari bambu. Kandang adalah komponen penting ketika beternak entok. Kandang merupakan sebuah rumah bagi bebek. Meskipun hanya kandang entok sederhana, namun tetap harus diperhitungkan dengan tepat agar entok nyaman dan tidak mudah stres dalam kandang.

Sehingga entok bisa menghasilkan daging dan telur yang berkualitas unggul. Memperhatikan kandang merupakan salah satu cara beternak entok yang baik. baca juga Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur.

Lokasi Yang Cocok Untuk Kandang Entok

  1. Jauh dari keramaian dan suara bising
  2. mudah dilewati transportasi, hal ini untuk memudahkan pengangkutan hasil ternak
  3. Dekat dengan sumber air bersih
  4. Aman dari hewan buas
  5. Atap kandang harus bisa melindungi dari panas dan hujan. asbes merupakan atap yang direkomendasikan karena bisa awet sampai beberapa tahun.
  6. Kandang sebaiknya menghadap ke timur atau arah matahari terbit. Hal tersebut bertujuan supaya sinar matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang dan mengurangi bau karena kotoran entok. Selain itu, kandang tetap terjaga dalam kondisi kering sehingga entok tidak mudah terserang penyakit.
  7. Kandang yang terlalu sempit tidak bagus untuk entok, karena pertumbuhan mereka akan terhambat. Dan kandang yang terlalu lebar juga tidak baik, karena energinya akan terbuang saat berlarian atau bermain sehingga proses petumbuhannya bisa terhambat. Tidak harus menggunakan kandang entok modern, kamu bisa membuat kandang yang ekonomis artinya kandangnya tidak harus mahal, yang paling penting adalah memenuhi syarat kandang entok yang baik
  8. Dinding kandang terbuat dari tembok atau bambu dengan tinggi dinding 60 cm dari tanah, sisanya biarkan terbuka saja. Bisa kamu tutup dengan kawat atau bilah bambu. Cara membuat kandang entok dari bambu sangat mudah.

Beberapa Langkah Pembuatan Kandang Entok Dari Bambu

Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Ada beberapa tipe kandang yang digunakan untuk beternak entok. banyak peternak membuat kandang entok dari bambu. Tidak hanya karena cara membuat kandang entok dari bambu yang mudah,

sebab modal untuk membuat kandang dari bambu cukup terjangkau. Yang perlu anda siapkan dalam membuat kandang entok adalah bahan utama yaitu bambu. Sebab bambu disini memiliki peran sebagai dinding dan tiang.

Dalam pemilihan bambu sebaiknya pilihlah yang memiliki struktural kuat sehingga tidak cepat keropos. Meskipun dinding dan tiang kandang terbuat dari bambu, tetapi untuk atap kandang tetap memakai genteng karena supaya menahan panas matahari dan hujan serta tahan lama.

Kandang entok dari bambu juga memiliki kekurangan yaitu tidak terlalu tahan lama, mungkin masa berlakunya sekitar 5 thn. Untuk ukuran kandang entok bisa menyesuaikan luas lahan.

Aspek Dalam Pembuatan Kandang Entok Dari Bambu

1. Ukuran Kandang

Dalam pembuatan kandang biasanya ukuran kandang menyesuaikan dengan berapa jumlah bebek yang akan diternakan. Selain disesuaikan dengan banyaknya hewan ternak juga harus disesuaikan dengan anggaran biaya pada peternak.

2. Letak Kandang

Untuk letak pembuatan pada kandang sebaiknya buat kandang jauh dari pemukiman warga, jarak anatar kandang dengan rumah sebaiknay 10 meter. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan orang atau hewan ternak terkena infeksi virus menular.

3. Arah Kandang

Untuk arah pembuatan kandang sebaiknya menghadap ke timur atau barat. Kandang dengan arah timur atau barat bertujuan agar hewan ternak dapat terkena sinar matahari secara langsung sehingga hewan ternak terhindar dari serangan penyakit.

4. Konstruksi Kandang

Konstruksi pada kadang umumnya paling banyak adalah penggunaan bambu, paku dan kawat. Namun dapat memanfaatkan bahan – bahan bekas, kamu bisa menggunakan mesin dari Cv. Rumah Mesin

a. Atap Kandang

Cara Membuat Kandang Entok Dari Bambu

Atap kandang merupakan tempat untuk berlindung bebek dari hujan, panas dan tiupan angin. Pada pembuatan atap ini dapat terbuat dari bahan – bahan alami seperti ijuk, jerami, rumbai serta bahan buatan manusia berupa terpal, seng, asbes

b. Dinding Kandang

Dinding merupakan komponen yang tidak akan terpisah pada sebuah bangunan. Bahan yang dapat di gunakan untuk membuat dinding kandang  yaitu anyaman bambu, bilah – bilah bambu, kawat kasa serta triplek. Bahan tersebut dapat digunakan sebagai sekat pemisah antara kandang satu dengan kandang yang lainnya juga.

c. Lantai Kandang

Lantai pada kandang dapat berupa lantai yang langsung terhubung dengan tanah maupun dialasi dengan semen. Dalam pembuatan kandang mengugunakan semen sangat dianjurkan karena mempermudah dalam pembersihan tetapi jika tidak

memadahi bisa juga dicampur dengan serbuk gergaji, sekam dan kapur. Bahan ini digunakan agar untuk menjaga kadang agar tetap bersih dan tidak becek akibat terkena air.

Untuk menjaga agar kandang tidak menimbulkan bau, sebaiknya lantai kandang dibersihakan secara rutin. Penggunaan sekam padi serta bahan lainnya sebagai alas lantai sebaiknya diganti agar terhidar dari infeksi virus.