Siapa yang tidak suka dengan keripik singkong . Keripik gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika sedang minum kopi,susu dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep keripik singkong balado yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan- bahan yang mudah didapatkan.

Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta merupakan tumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Pengertian Singkong

Hasil gambar untuk pengertian singkong

Singkong adalah singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per pohon.Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tetapi tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa atau yang terus menerus sering tergenang air.Singkong juga dapat dibuat keripik singkong.
Dengan pertumbuhan yang normal, pohon singkong gajah dapat mencapai tinggi 4 sampai dengan 5 meter. Ditemukan oleh Professor Ristono, guru besar Universitas Mulawarman, pada tahun 2006.
 lalu dikembangkan pada tahun 2008. Produksi rata-rata Singkong Gajah segar jenis ini per hektar adalah 120 ton, Umur tanaman 10 bulan sudah dapat dipanen.

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

1.Singkong Manggu

Adalah singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

2.Singkong Menterga atau Singkong Kuning

Dapat  disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya. Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya lebih enak dan manis.

3.Singkong Gajah

Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm.

4.Singkong Putih

Memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong.

5.Singkong Mukibat

Singkong yang satu ini merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

6.Singkong Emas

Merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Klasifikasi Tanaman singkong

Klasifikasi tanaman singkong adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan
Divisi : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji
Sub Divisi: Angiospermae atau berbiji tertutup
Kelas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Manihot
Spesies : Manihot utilissima Pohl.; Manihot esculenta Crantz sin.
Tumbuhan singkong (Manihot esculenta) merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat alternative selain sebagai sayuran atau makanan yaitu sebagai yaitu obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, bisul, dan bisa meningkatkan stamina.
Sumber artikel diatas dari Dunia Tumbuhan

Kandungan Singkong dan Daun Singkong

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.
Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
Karena kandungannya itulah tanaman singkong sejak zaman dahulu dijadikan sebagai tanaman obat alternatif untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Keripik Singkong Coklat Lumer

Bahan-bahan

  1. 750 gr singkong dan iris tipis panjang agar mendapat penampilan yang sempurna
  2. 500 ml Air es
  3. 1 sdt garam dapur
  4. secukupnya Minyak goreng
  5. 1 sdt air kapur sirih
  6. Bahan- bahan yang digunakan untuk pelapisnya
  7. 200 gr Gula pasir
  8. 2 sdt bubuk cokelat
  9. 200 ml air matang

Langkah

  1. Cara-cara dan langkah-langkah membuat keripik singkong berlapis cokelat Rendam singkong yang sudah di iris tadi dengan air kapur sirih, garam, dan air es. Lalu diamkan selama 30 menit. Lalu angkat dan tiriskan, cuci sampai bersih dan keringkan. Goreng singkong sampai matang dan kering. Siapkan bahan untuk lapisannya, campur gula pasir, air, dan cokelat bubuk. Lalu kayu manis bubuknya dan tambahkan garam. Aduk sampai merata. Langkah selanjutnya masak bahan lapisan yang sudah dicampur tadi hingga berbusa lalu masukkan singkong tadi dan aduk rata. Kecilkan api lalu aduk hingga kering. Setelah semuanya matang angkat dan tiriskan. Tata dengan rapi dan tambahkan cokelat cair untuk sausnya. Agar rasanya lebih aziiib.

    Selamat mencoba.