Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat minyak kelapa untuk wajah berminyak dan untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu apa itu minyak kelapa ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Minyak Kelapa ?

apa itu minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak yang terbuat dari daging kelapa segar dan terdiri dari bahan-bahan yang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.
Selain itu, minyak kelapa mengandung kandungan lemak jenuh yang tinggi dan meski demikian lemak jenuh jenis ini merupakan jenis lemak jenuh MCT ( Medium Chain Triglycerides ) dan lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi.
Selain itu, Minyak kelapa banyak ditemui dan harganya tergolong murah, ternyata berkhasiat sebagai perawatan wajah alami. Minyak kelapa memiliki kadar antioksidan dan vitamin E yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan membantu menutrisi kulit kamu.
Selain digunakan untuk perawatan wajah minyak kelapa ini sangat baik kecantikan dan kesehatan. Dikarenakan minyak kelapa merupakan minyak alami yang tidak memiliki efek samping.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah Berminyak dan Untuk Kesehatan

manfaat minyak kelapa untuk wajah berminyak dan untuk kesehatan

  • Membantu Mengatasi Wajah Berminyak

Manfaat minyak kelapa mampu membantu mengatasi wajah berminyak dikarenakan kulit yang berminyak masih membutuhkan kelembapan terutama jika kulit terkena dehidrasi dari dalam.

Cara menggunakannya, setelah kamu cuci muka gunakan minyak kelapa hangat pada wajah dan leher. Jangan lupa lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari. Jika wajah berjerawat namun tidak parah, maka kamu jangan berhenti karena inilah tanda perbaikan kondisi kulit.

  • Membantu Meremajakan Kulit

Saat ini, untuk membantu meremajakan kulit, kamu nggak harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menghilangkan kerutan manja diarea sekitar mata lagi. Kamu hanya perlu  menggunakan serum yang terbuat dari campuran air mawar dan minyak kelapa.
Dengan pemakaian secara rutin dan teratur, dijamin kerutan-kerutan yang tidak diinginkan akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, wajah kamu akan terlihat lebih segar dan kenyal.
  • Sebagai Pelembab Alami

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering, ternyata minyak kelapa bisa kamu gunakan sebagai pelembab alami. Caranya pun sangat mudah, cukup oleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan kulit yang kering sambil dipijat-pijat.
Hal ini bertujuan selain membuat tubuh kamu sedikit rileks, dengan cara dipijat akan membantu minyak kelapa menyerap kekulit kamu secara maksimal.
Setelah itu, sebelum kamu berpakaian pastikan juga minyak kelapa sudah benar-benar kering dan meresap kekulit kamu, hal ini dilakukan supaya tidak ada bekas noda minyak kelapa yang menempel dipakaian kamu.
  • Membantu Mencegah Osteoporosis

Manfaat minyak kelapa membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin yang larut di dalam lemak, contohnya magnesium dan kalsium. Kandungan kalsium yang mencukupi dalam tubuh mengarah pada struktur dan kepadatan tulang yang lebih kuat.

Dengan demikian, maka mengonsumsi minyak kelapa dalam bentuk alaminya dapat membantu mengurangi gejala pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh osteoporosis.

  • Membantu Mencegah Penyakit Gusi dan Karies Gigi

Sebenarnya berkumur dengan menggunakan minyak kelapa telah digunakan turun temurun sebagai salah satu metode alami untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Seperti mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah.

Beberapa penelitian melaporkan, rutin berkumur dengan minyak kelapa dapat secara efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus juga mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan gingivitis dan infesi gusi.

  • Membantu Menstabilkan Gula Darah

Makan dengan menu yang diperkaya dengan kandungan MCT ( 65% dapat anda peroleh dari minyak kelapa ) telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh.

Kandungan MCT juga dilaporkan dapat memelihara aksi dan resistensi insulin, walaupun sejauh ini baru dibuktikan lewat percobaan tikus lab. Selain itu, minyak kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

  • Membantu Menekan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu kandungan minyak kelapa yaitu minyak kelapa mengandung lemak jenuh sehat yang dapat meningkatkan kolestrol “baik” ( HDL ) dalam tubuh.

Selain meningkatkan kolestrol baik, kandungan ini mampu membantu mengubah kolestrol “jahat” ( LDL ) menjadi bentuk yang lebih jinak.

Selain itu, minyak ini juga dapat meningkatkan faktor resiko lain dan karena itu melindungi mampu melindungi terhadap penyakit jantung.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk wajah berminyak dan untuk kesehatan. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat minyak goreng dari buah kelapa sawit, yang akan sangat berguna untuk kita. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.