Kemajuan dalam dunia peternakan saat ini diikuti juga dengan perkembangan manfaat rumput odot untuk kambing yang pesat.

Termasuk juga dengan penyediaan pakan, seiring dengan majunya zaman, alternatif penyediaan pakan yang kontinyu, berkualitas serta murah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan.

Apalagi Indonesia adalah negara agraris yang terkenal dengan kontur alam yang sangat mudah untuk bercocok tanam maka dari ada salah satu ungkapan yang terkanal yaitu“tongkat batu dan kayu jadi tanaman” yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia.

Pakan adalah salah satu faktor penting atau penunjang keberhasilan dari dunia peternakan. Selain dari bibit dan manajemen pemeliharaanya.

Dalam literatur, Hartanto (2008), menyebutkan bahwa kebutuhan pakan menjadi aspek yang penting untuk mengembangakan usaha peternakan bahkan 80 persen total biaya produksi dikeluarkan untuk biaya pakan.

Kualitas dan kuantitas menjadi faktor utama untuk pemberian pakan guna menunjang pertumbuhan bobot badan yang maksimal dan produksi susu yang tinggi untuk usaha ternak perah.

Pengertian Manfaat Rumput Odot Untuk  Kambing :

rumput odot

Rumput odot adalah jenis rumput yang memenuhi kriteria sebagai hijauan yang kalau dikembangkan dengan maksimal bisa untuk sumber hijauan yang ketersediannya bisa kontinyu, berkualitas dan murah.

Rumput odot untuk pakan kambing atau rumput gajah mini yaitu jenis rumput yang sangat disukai oleh ternak kambing.

Menurut cerita, rumput odot dibawa masuk ke Indonesia oleh orang TKI yang berasal dari Tulung Agung yang bernama Pak Odot. Nama latin rumput odot yaitu Pennisetum pupureum cv. Mott.

Rumput odot berasal dari negara Amerika dan rumput odot masih satu sekerabat dengan rumput gajah. Rumput odot memiiliki kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar lebih dari 80% dan dengan kandungan protein sebanyak 15%.

Jika kalian memelihara hewan ternak kambing atau hewan ternak lainnya tentunya kalian akan mengenal dengan yang namanya rumput odot. Manfaat Rumput odot untuk kambing ini sangatlah berbeda tampilannya dengan rumput gajah.

Ketinggian rumput ini hanya 1 m dan mempunyai batang dengan ukurannya yang pendek hinggga masanya berbunga.

Sama dengan Jenis-Jenis Rumput Pakan yang lain rumput odot memiliki produksi tinggi sehingga mudah berkembang.Diwaktu musim hujan. Batang dari rumput odot lebih lunak sehingga disukai oleh hewan ternak.

Tak hanya itu saja kualitas nutrisi rumput odot lebih tinggi dibanding rumput gajah. Sehingga tak heran banyak peternak yang mencari-cari rumput odot. Permintaan rumput odot memang sangatlah tinggi seiring peningkatan dari kebutuhan di kalangan peternak.

Kandungan dan Manfaat Rumput Odot Untuk Pakan Kambing

Rumput odot mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut:

  1. 14% Protein kasar
  2. 14,35% Protein kasar didalam daun
  3. 8,1% Protein kasar pada batang
  4. 2,72% Kadar lemak kasar pada daun

Keunggulan Manfaat Rumput Odot Untuk Kambing

Rumput odot mempunyai keunggulan dibandingkan dengan rumput yang lain. Keunggulan rumput odot adalah bisa tumbuh lebih cepat dibandingkan rumput jenis yang lainnya.

Rumput ini mempunyai batang yang pendek dan mepuk, berdaun lembut dan tidak berbulu, mampu beradaptasi pada lahan kritis sekalipun, tidak perlu dilakukan perwatan khusus. Terdapat 50-80 batang dalam satu rumpun.

Cara Penanaman Rumput Odot Untuk Pakan Kambing :

Cara penanaman rumput odot bisa dilakukan dengan cara stek. Penanaman stek dilakukan dengan cara memotong dahulu batang odot lalu dibenamkan di dalam tanah.

Batang yang ditanam dipotong sepanjang 16-20cm kemudian ditanamkan sedalam 5-11 cm. Penanaman rumput odot bisa dilakukan dengan cara monokultur.

Penanaman monokultur tujuannya untuk memacu pertumbuhan rumput odot dengan baik. Hal ini dilakukan karena rumput odot mempunyai batang yang pendek sehingga sangat sulit tumbuh kalau ditanam bersama rumput gajah atau tanaman lain yang memiliki ukuran lebih tinggi dari rumput odot.

Untuk menanam rumput odot, penanaman dilakukan dengan membuat gundukan tanah lebih dahulu dengan lebar sekitar 70-80 cm dan ketinggian sebesar 19cm. Jarak tanam antar ruas batang yaitu sekitar 60-70 cm. Pada tahap pertumbuhan rumput perlu menambahkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan rumput.

Pemupukan bisa diaplikasikan pada umur 16 hari setelah tanam dengan menggunakan pupuk kimia majemuk yaitu NPK sebanyak 60 kg per hektar. Pemupukan juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan pupuk cair dari urin sapi maupun pupuk cair buatan.

Pemanenan rumput odot bisa dilakukan mulai usia tanam sekitar 75-80 hari setelah tanam. Rumput yang sudah layak dipanen memiliki ciri berupa ruas batang berukuran sekitar 15cm. Untuk pemanenan rumput odot sebaiknya mulai dilakukan kalau rumput berusia lebih dari 61 hari.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat rumput odot untuk kambing dan cara penanaman rumput odot untuk pakan kambing.Sekian dari saya semoga bermanfaat terimakasih:)