Masalah Sampah Di Indonesia Yang Besar

Masalah Sampah Di Indonesia Yang Besar

masalah sampah di indonesia

Masalah Sampah Di Indonesia ini terus bergelut dalam kehidupan kita sebagai manusia, khususnya yang ada di kota metropolitan. Bantar Gebang itu, nama sebuah tempat pembuangan sampah yang menampung sampah berton-ton dari seluruh penjuru Jabodetabek.

Lahan yang tergolong sangat luas untuk menampung sebuah sampah di kota Jakarta. Adapun luas lahan yang berperan sebagai tempat untuk pembuangan akhir (TPA) ini mencapai sekitar 108 Ha. Serta masalah sampah di indonesia yang terbesar yang sangat merugikan.

Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina. Khususnya Sampah di kota Jakarta mencapai 6.000 — 6.500 ton per hari. Diperkirakan total jumlah sampah Indonesia di tahun 2019 akan mencapai sekitar 68 juta ton.

Proses terjadinya sebuah sampah sangat didominasi oleh adanya kegiatan manusia. Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat dengan pola hidup yang semakin konsumtif sudah tentu diikuti dengan meningkatnya produksi sampah.

Di semua daerah ini, sampah selalu menimbulkan sebuah masalah yang rumit untuk dipecahkan. Manusia mempunyai berbagai jenis aktivitas untuk memenuhi kesejahteraan hidupnya dengan memproduksi suatu bahan makanan, minuman, barang serta lainnya.

Dari sumber daya alam yang telah tersedia. Di sisi lain aktivitas tersebut menghasilkan suatu barang-barang yang akan dikonsumsi. Namun di sisi yang lain aktivitas tersebut juga menghasilkan bahan buangan yang tidak diinginkan atau tidak berguna.

Masalah Sampah

Makin hari makin bertambah sangat banyak, hal ini erat hubungannya dengan sebuah ketersediaan ruang hidup manusia yang relatif tetap, dan serta bahan buangan ini dikenal dengan nama sebuah sampah.

Kuantitas suatu sampah yang semakin hari semakin bertambah berimplikasi terhadap semakin tingginya gundukan-gundukan di TPA Bantar Gebang. Sepintas tersirat dalam suatu benak kita, sampai kapan gundukan-gundukan sampah ini akan habis.

Butuh waktu untuk bertahun-tahun untuk mengurai sampah, khususnya suatu sampah plastik. Sampah plastik ini merupakan sebuah sampah yang bersifat anorganik, artinya sangat sulit  sekali untuk terurai menjadi satu dengan tanah.

Perilaku masyarakat yang sering membuang sampah ke aliran kali acapkali berdampak negatif ke lingkungan. Mulai dari bencana banjir sampai timbulnya masalah-masalah penyakit.  Kesadaran masyarakat khususnya yang di ibukota Jakarta masih harus perlu ditingkatkan.

Pengertian Sampah

masalah sampah di indonesia

Sampah adalah suatu buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sementara didalam sebuah UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.
Disebutkan bahwa sampah adalah suatu sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam. Yang berbentuk seperti padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai.
Sampah yang berasal dari beberapa tempat, yakni seperti :
  1. Sampah dari sebuah pemukiman penduduk pada suatu pemukiman biasanya sampah dihasilkan oleh suatu keluarga yang tinggal disuatu bangunan atau asrama. Jenis sampah yang dihasilkan ini biasanya cendrung organik.
  2. Sampah dari tempat-tempat umum dan perdagangan sebuah tempat umum adalah tempat yang dimungkinkan banyaknya orang berkumpul dan melakukan kegiatan. Tempat-tempat tersebut mempunyai suatu potensi yang cukup besar.

a. Dampak Terhadap Kesehatan

Lokasi dan pengelolaan sampah ini yang kurang memadai (pembuangan suatu sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang sangat cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti, hewan lalat dan anjing yang dapat menjangkitkan suatu penyakit.
Potensi bahaya bagi kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut ini :
  • Sebuah Penyakit diare, kolera,atau tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Penyakit demam berdarah ini (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat.
  • Jenis Penyakit jamur ini dapat juga menyebar (misalnya seperti jamur kulit).
  • Penyakit yang dapat menyebar akan melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dapat dijangkitkan oleh cacing pita(taenia). Cacing ini sebelumnya masuk kedalam suatu pencernakan binatang ternak melalui makanannya.

Berbeda dengan adanya sebuah masalah sampah di indonesia yang besar,serta cara kita dalam memanfaatkannya pula.

Itulah ulasan mengenai sebuah masalah sampah di indonesia yang besar. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta bisa menjadi pembelajaran untuk anda semua dalam mencegah penyakit. Sekian dan Terima Kasih.