Dampak Sampah Botol Plastik

dampak sampah botol plastik

Dampak Sampah Botol Plastik Minuman dalam botol plastik memang memberikan kesan simple dan mudah untuk dibawa kemana saja. Design botol ini yang unik serta minimalis tidak jarang membuat para peminumnya menyimpan botol tersebut untuk kembali digunakan.

Untuk menghilangkan sebuah aroma dan rasa, biasanya botol ini akan dicuci terlebih dahulu lalu kemudian digunakan hingga berulang-ulang kali. Itu sebuah dampak sampah botol plastik yang akan merugikan lingkungan sekitar.

Seperti yang sudah diketahui bahwa plastik berdampak buruk bagi lingkungan. Plastik ini dapat terurai tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Serta dan proses terurainya bisa dengan berlangsung antara 450 sampai 1.000 tahun.

Sekitar 50 miliar sebuah botol plastik akan digunakan setiap tahun di seluruh dunia, sehingga lokasi pembuangan sampah ini hampir tidak akan bisa cukup untuk menampung semuanya. Serta dampak sampah botol plastik juga berpengaruh di lingkungan.

Perlu diketahui bahwa setiap botol kemasan memiliki suatu tanda segitiga di bawah botol dan ada simbol di tengah segitiga. Hal ini merupakan suatu bentuk spesifikasi kegunaan botol. Biasanya pada botol ini air minum menggunakan kode PET (Polyethylene Terephthalate).

Jenis Botol

Botol jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai, misalnya pada botol air mineral ini, botol jus serta lain-lain. Jenis botol inilah yang biasa digunakan untuk berulang kali sebagai wadah air minum. Itu juga dampak sampah botol plastik.

Botol plastik ini dengan kode PET terbuat dari berbagai unsur sintetis atau kimia ini dapat mengeluarkan zat yang bernama bisphenol A (BPA). Zat ini merupakan suatu bahan kimia industri yang telah digunakan untuk membuat plastik dan resin tertentu sejak 1960-an.

Beberapa penelitian ini telah menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA tersebut. Serta dampak yang di timbulkan juga berpengaruh pada kondisi lingkungan.

Dari Dr Seema Singhal, Asisten sebuah Profesor, Sebuah Departemen Obstetri dan Ginekologi. Serta All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) menyatakan bahwa Botol berkode PET memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang bagi para perempuan.

Hati-hati saat kita memilih suatu botol plastik. Serta dan pastikan plastik daur ulang tidak digunakan untuk barang-barang yang erat kaitannya dengan konsumsi. Seperti menjadi suatu wadah makanan serta wadah minuman.

Dampak Botol Plastik

dampak sampah botol plastik

Sudah tidak bisa untuk dipungkiri lagi, saat ini banyak sekali minuman dalam kemasan yang menggunakan botol plastik. Penggunaan suatu botol plastik semakin marak di kalangan masyarakat. Seakan sudah menjadi suatu budaya untuk mengkonsumsi minuman.

Dibalik itu semua terdapat suatu fakta yang mengejutkan, penggunaan suatu botol plastik memiliki dampak yang sangat buruk terhadap residu lingkungan. Sampah sampah dari botol plastik ini menjadi penyumbang bencana banjir.

Selain itu Botol plastik bisa menjadi ancaman terhadap suatu bencana lingkungan. Hal tersebut karena proses suatu penguraian botol plastik bisa memakan waktu 450 sampai 1.000 tahun. Sehingga sampah botol plastik ini akan menjadi limbah yang sangat berbahaya.

Sudah banyak sekali negara yang mengurangi produksi botol plastik terhadap minuman kemasan. Hal tersebut juga dilakukan untuk mengurangi dampak bencana lingkungan yang ditimbulkan dari botol plastik.

Alasan Bahaya Penggunaan Botol Plastik Bagi Lingkungan

1. Sampah Botol Plastik Tidak Bisa Diurai Serta Semakin Menumpuk

Sampah botol plastik ini tidak bisa sepenuhnya diurai, butuh waktu hingga sekitar 100 tahun agar bisa diurai. Hal ini memberikan suatu dampak buruk terhadap lingkungan. Hampir sekitar 3 juta ton sampah plastik diseluruh dunia berasal dari botol minum plastik.

2. Produksi Botol Plastik Akan Menguras Sebuah Sumber Daya

Produksi plastik ini sangat memerlukan sumber daya yang cukup banyak. 1 buah botol minum plastik setidaknya membutuhkan sekitar 3x jumlah kandungan air yang terkandung dalam botol tersebut.

3. Penyumbang Sampah Yang Terbesar

Botol plastik ini menjadi penyumbang sampah paling besar. Hal tersebut karena dari total semua produksi botol minuman plastik ini hanya separuh botol yang bisa di daur ulang dan sisanya akan berakhir ditempat sampah.

Itulah ulasan mengenai sebuah Dampak Sampah Botol Plastik yang harus di jaga. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semua. Serta bisa menjadi pembelajaran juntuk anda semuanya. Sekian Dan Terima Kasih.