Pakan Ayam Agar Cepat Besar dan Gemuk. Apa Saja Yaa?

Cara membuat ayam agar cepat gemuk tidak sesulit yang kita pikirkan. Ada beberapa jenis pakan yang sudah dikenal ampuh oleh para peternak. Dibawah ini adalah pakan ayam agar cepat besar dan gemuk.

Ternak Ayam

Para peternak yang baru memulai bisnis ini meyakini bahwa pertumbuhan Ayam Kampung Super tidak bisa tumbuh dengan cepat dan tidak beragam. Cara memelihara ayam potong dengan ayam kampung super juga hampir sama.

Namun hal tersebut terjadi karena para peternak baru belum memahami secara detail teknis atau cara beternak ayam tersebut. Jenis pakan ayam jawa juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ayam jawa.

Biasanya peternak yang baru memulai beternak ayam jawa memasok pakan pabrik (broiler), namun untuk tahap atau tahap akhir biasanya peternak memasok pakan pabrik yang dicampur dengan jagung tanah atau dedak.

Padahal, hal ini bisa berakibat turunnya nutrisi yang diserap tubuh ayam sehingga ayam yang tumbuh tidak beragam.

Bahan pakan konvensional adalah bahan baku yang sering digunakan dalam pakan yang biasanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup (misalnya protein) dan disukai oleh hewan ternak.

Pada dasarnya,bahan pakan yang umum digunakan antara lain bahan makro seperti jagung, bungkil kedelai, gandung, tepung ikan dan bahan lainnya.

Untuk bahan baku yang terbuat dari bahan yang tidak banyak digunakan sebagai produk sampingan dari agribisnis atau peternakan dan perikanan.

Pakan dari kandungan nutrisinya masih cukup untuk diolah menjadi pakan. Pakan ini biasanya berasal dari agroindustri atau dari peternakan dan perikanan. Boleh juga kunjungi artikel ternak ayam paling cepat panen agar hasil ternak kalian lebih memuaskan.

Definisi Pakan

definisi pakan ayam

 

Makanan ternak adalah segala sesuatu yang dapat dimakan hewan ternak dan tidak membahayakan kesehatan mereka. Secara umum pengertian pakan untuk hewan yang digunakan meliputi kuantitatif, kualitatif, kontinuitas dan keseimbangan pakan yang dikandungnya.

Pakan adalah segala sesuatu yang dapat diberikan sebagai sumber energi dan nutrisi. Istilah pakan seringkali diganti dengan bahan baku pakan.

Bahkan seringkali ada penyimpangan yang menunjukkan bahwa penggunaan kata feed sebagai bahan baku pakan olahan diganti dengan pellet, crumble atau bubur.

Pakan Ayam Agar Cepat dan Gemuk

pakan ayam agar cepat bertelur

1. Ransum

Ransum adalah hewan siap pakan yang dibuat dari berbagai jenis bahan pakan yang sebelumnya telah dihitung (dihitung) berdasarkan kebutuhan industri dan energi.

Menurut pakar, ransum dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan bentuk: tumbuk, pelet dan streusel.

Tumbuk adalah bentuk ransum yang paling sederhana, yaitu campuran bubuk (tepung) dan butiran.

Pellet merupakan ransum yang berasal dari berbagai komponen pakan dengan perbandingan komposisi yang dihitung dan spesifik. Bahan tersebut diolah dengan mesin pelet (pelletizer) agar lebih sempurna mengurangi kehilangan unsur hara.

Ransum berbentuk pelet yang dipotong menjadi 2-3 bagian untuk memperkecil ukurannya agar dapat dimakan oleh ternak.

Keunggulan ransum berbentuk pellet adalah distribusi komponen pakan lebih merata, sehingga kehilangan unsur hara mudah dicegah dan tidak tersebar saat dikonsumsi oleh hewan ternak.

2. Konsentrat

Konsentrat dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan kandungan nutrisinya, yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein. Fokus sebagai sumber protein, jika kandungan protein lebih dari 18% maka Total Digestible Nutrient (TDN) 60%.

Ada konsentrat yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Turunan hewani mengandung lebih dari 47% protein. Mineral Ca lebih dari 1% dan P lebih dari 1,5% serta kadar serat kasar di bawah 2,5%.

Misalnya: tepung ikan, tepung susu, tepung daging, tepung darah, tepung bulu dan tepung cacing. Diperoleh dari tumbuhan, kadar protein di bawah 47%, mineral Ca di bawah 1% dan P di bawah 1,5% Serat kasar lebih dari 2,5%.

Misalnya: Tepung Kedelai, Tepung Biji Kapuk, Tepung Bunga Matahari, Tepung Wijen, Tepung Kedelai, Bungkil Kelapa, Bungkil Kelapa Sawit, dll.

Konsentrat sebagai sumber energi bila kadar protein di bawah 18%, TDN 60%, dan minyak mentah. serat lebih dari 10%. Misal: dedak, jagung, lunak dan polar.

3. Zat Aditif

Zat aditif adalah zat yang harus ditambahkan dalam jumlah yang relatif sedikit, kadang diperlukan untuk melengkapi ransum yang telah disiapkan, yang berfungsi sebagai penambah rasa, campuran asam amino / asam amino dan campuran vitamin.

Aditif adalah bahan atau kombinasi bahan yang biasa digunakan dalam campuran ransum yang digunakan dalam jumlah kecil untuk memuaskan

Kebutuhan tertentu misalnya untuk mendorong pertumbuhan, meningkatkan daya cerna seperti antibiotik, hormon, probiotik, pewarna, perasa.

Pembahasan di atas adalah dasar utama kita untuk memahami pakan ayam agar cepat besar dan gemuk. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan kita tentang cara beternak ayam.

Terimakasih.